Dalam menjalani kesibukan sehari-hari, terkadang kita lupa nomor telepon sendiri. Hal ini bisa terjadi pada semua pengguna operator, termasuk Telkomsel. Tapi tidak perlu khawatir, ada cara cek nomor Telkomsel lewat SMS yang mudah dilakukan.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengecek nomor Telkomsel selain melalui SMS. Namun pada kesempatan kali ini, kita akan lebih berfokus untuk cara cek nomor Telkomsel lewat SMS, karena sangat mudah dan cepat.

BACA JUGA: 3 Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Smartfren Anti Ribet

Apa itu Layanan Cek Nomor Telkomsel?

Unsplash/Rasheed Kemy

Layanan cek nomor Telkomsel merupakan sebuah layanan bagi para pengguna operator Telkomsel, untuk melakukan pengecekan nomor kartu Telkomsel yang ada pada ponsel yang dimiliki. Dengan ini, maka Sedulur bisa mengetahui nomor Telkomsel yang sedang digunakan.

Mungkin jika paket atau bungkus kartu Telkomsel masih disimpan, Sedulur bisa melihat nomor yang digunakan pada bungkus tersebut. Namun jika sudah hilang, maka cara satu-satunya yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan layanan cek nomor Telkomsel ini.

Mengapa Harus Cek Nomor Telkomsel?

Nah, jadi ada berbagai hal yang mengharuskan Sedulur mengetahui nomor Telkomsel yang digunakan. Misalnya saja, seperti ketika ingin membagikan nomor telepon kepada orang lain, atau pada saat mengisi daftar identitas tertentu.

Bagaimana Cara Cek Nomor Telkomsel Lewat SMS?

Seperti yang tadi sudah dikatakan, jika cara cek nomor Telkomsel lewat SMS sendiri cukup mudah. Sedulur hanya perlu mengirim pesan singkat, dengan cara ketik kata kunci “INFO”. Kemudian kirimkan pesan tersebut ke nomor 808.

Setelah itu, tunggulah selama beberapa saat sampai ada pesan balasan dari Telkomsel di dalam kotak masuk. Biasanya Sedulur akan langsung menerima pesan yang berisi informasi nomor Telkomsel yang sedang digunakan saat ini.

BACA JUGA: 8 Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Indosat, Mudah Banget!

Apa Nomor Telkomsel Harus Aktif Ketika Layanan Cek Nomor Dilakukan?

cara cek nomor telkomsel lewat sms
Pexels/Porapak Apichodilok

Ya, jadi sebelum Sedulur mengirimkan SMS tersebut, pastikan jika kartu SIM Telkomsel yang digunakan masih aktif dan juga terdaftar. Jika kartu SIM sudah tidak aktif atau bahkan belum aktif, maka harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Berapakah Tarif Layanan Cek Nomor?

Bicara soal tarif, untuk pelanggan prabayar Telkomsel, akan dikenakan tarif sebesar Rp100 untuk setiap permintaan sudah termasuk PPN 10%. Sementara untuk pelanggan pascabayar Telkomsel, tarif yang dikenakan yakni sebesar Rp100 untuk tiap permintaan, namun belum termasuk PPN 10%.

Apakah Layanan Cek Nomor Termasuk Layanan Berlangganan?

Jawaban dari pertanyaan yang ada di atas adalah tidak. Jadi dalam hal ini, Sedulur hanya akan dikenakan tarif pada saat melakukan permintaan pengecekan nomor saja.

Apakah Layanan Cek Nomor Bisa Digunakan Pada Semua Jenis Ponsel?

Tentu saja, layanan cek nomor Telkomsel yang satu ini dapat digunakan pada semua jenis ponsel, baik itu ponsel pintar maupun ponsel keluaran lama.

Nah, itu dia cara cek nomor Telkomsel lewat SMS dan beberapa hal lain mengenai layanan cek nomor Telkomsel yang harus Sedulur ketahui. Dari informasi yang ada di atas, bisa disimpulkan jika cara untuk mengecek nomor Telkomsel melalui SMS itu sangat mudah.

Hanya saja, sebelum itu Sedulur perlu memastikan jika nomor yang digunakan dalam keadaan aktif dan sisa pulsa masih mencukupi untuk menggunakan layanan tersebut.