transfer pulsa telkomsel ke smartfren

Tahukah Sedulur, jika saat ini bisa transfer pulsa Telkomsel ke Smartfren? Ya, tidak jarang pulsa yang dimiliki tiba-tiba habis padahal sedang dalam kondisi darurat. Apalagi jika tidak ada orang di sekitar yang menggunakan provider seluler yang sama, tentu akan membuat panik.

Bagi para pengguna Smartfren, tampaknya akan merasa lebih tenang ketika tahu informasi yang satu ini. Tidak hanya sesama pengguna provider Smartfren saja, kini Sedulur bisa kirim pulsa antar provider, khususnya dari Telkomsel ke Smartfren.

Lantas bagaimana cara untuk transfer pulsa Telkomsel ke Smartfren? Langsung saja simak penjelasan yang sudah dihimpun dari berbagai sumber terpercaya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Menghentikan Paket AON Tri, Gampang Dijamin Berhasil!

Cara Transfer Pulsa Telkomsel ke Smartfren

cara mendapatkan kuota gratis Indosat
Pexels

Perlu untuk diketahui, bahwa ada tiga cara transfer pulsa dari Telkomsel ke Smartfren yang dapat dilakukan. Mulai dari melalui SMS, menu panggilan atau dial up, hingga dengan kode khusus. Setiap cara sebenarnya sama-sama efektif.

Hanya saja kenyamanan masing-masing pengguna untuk memilih cara mana yang dinilai paling mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama.

1. Melalui SMS

Untuk cara yang pertama adalah melalui SMS, sama seperti kebanyakan metode transfer pulsa di provider lainnya. Cara yang satu ini sangat mudah, hanya saja mungkin Sedulur membutuhkan waktu selama beberapa saat hingga akhirnya pulsa dari Telkomsel bisa ditransfer ke nomor Smartfren.

Jika Sedulur tertarik untuk mencoba metode yang pertama ini, langsung saja ikuti langkah-langkah transfer pulsa Telkomsel ke Smartfren berikut:

  • Pertama, buka dulu aplikasi ‘SMS’ atau ‘Pesan’ yang ada di ponsel.
  • Setelah itu, ketik pesan dengan format ‘TPULSA(Spasi)Nominal Pulsa’. Pastikan format pesan yang dituliskan sudah benar, tidak kesalahan satu huruf pun.
  • Jika sudah, kirim pesan tersebut ke nomor Smartfren yang ingin ditransfer pulsa.
  • Jika pesan telah terkirim, nantinya Sedulur akan menerima pesan balasan dari operator Telkomsel yang berisikan informasi transfer pulsa.
  • Silahkan beri konfirmasi dengan mengirim balasan pesan ‘YA’.
  • Tunggu selama beberapa saat, maka pulsa sudah berhasil ditransfer ke nomor Smartfren tujuan.

2. Melalui Dial Up

Cara yang berikutnya adalah melalui menu dial up. Bagi yang belum tahu, dial up sendiri adalah menu dimana biasanya Sedulur ingin mengecek sisa pulsa, sisa kuota, nomor ponsel, dan lain sebagainya. Nah, di dalam menu tersebut, ternyata ada juga layanan untuk mengirimkan pulsa.

Tentu saja Sedulur bisa memanfaatkan layanan pengiriman pulsa ini ke nomor Smartfren yang sedang membutuhkan pulsa secara darurat. Berikut ini cara melakukannya:

  • Pertama, silahkan buka dulu menu ‘Telepon’ atau ‘Call’ yang ada di ponsel.
  • Setelah itu, ketik kode *323#, kemudian tekan tombol ‘Panggil’ atau ‘Call’.
  • Jika berhasil memanggil kode tersebut, maka Sedulur akan mendapati tampilan berupa menu dari Telkomsel.
  • Nah, langsung saja ketik nomor yang sesuai dengan opsi layanan atau menu untuk transfer pulsa, tekan ‘OK’.
  • Sekarang silahkan masukkan nomor Smartfren yang akan ditransfer pulsa, tekan ‘OK’.
  • Lanjut dengan memasukkan nominal pulsa yang ingin ditransfer ke nomor tersebut, tekan ‘OK’.
  • Tunggu selama beberapa saat, nantinya akan muncul jendela pemberitahuan keberhasilan proses transfer pulsa dari Telkomsel ke Smartfren yang telah dilakukan.

3. Melalui Kode *858#

Bisa dibilang jika metode yang satu ini hampir sama seperti sebelumnya, yakni dengan menggunakan menu dial up. Ya, selain menggunakan kode *323#, Sedulur juga bisa menggunakan kode *858# untuk melakukan transaksi transfer pulsa ke provider lain.

Jadi jika metode yang sebelumnya sudah dicoba tapi tidak berhasil, maka Sedulur bisa lanjut mencoba langkah-langkah sebagaimana yang ada di bawah ini:

  • Langkah pertama, buka dulu aplikasi ‘Telepon’ atau ‘Call’ di ponsel yang digunakan.
  • Setelah itu, ketik kode *858#, kemudian tekan tombol ‘Panggil’ atau ‘Call’.
  • Jika sudah muncul menu pop up, ketik nomor yang sesuai dengan opsi menu transfer pulsa, klik ‘OK’.
  • Pada jendela yang berikutnya, masukkan nomor Smartfren yang ingin ditransfer pulsa, klik ‘OK’.
  • Kemudian pada kolom kosong yang ada, isilah nominal pulsa yang ingin dikirim, klik ‘OK’.
  • Tunggu beberapa saat, pulsa sudah berhasil ditransfer. Sama seperti sebelumnya, nantinya akan muncul pemberitahuan dari pihak Telkomsel mengenai keberhasilan transaksi yang dilakukan.

BACA JUGA: 10 Kode Dial Paket Indosat Murah 2023, Solusi Internet Terbaik!

Syarat Transfer Pulsa Telkomsel ke Smartfren

cara mengatur apn axis 4g
Pexels

Perlu untuk digaris bawahi, jika cara yang sudah dijelaskan di atas sebenarnya tidak hanya dapat digunakan untuk transfer pulsa ke provider Smartfren saja. Namun juga ke beberapa operator seluler yang lainnya.

Kendati demikian, tentu saja ada syarat dan ketentuan yang perlu Sedulur perhatikan sebelum melakukan transfer pulsa Telkomsel ke operator lain tersebut. Nah, untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa syarat yang harus dipenuhi.

  • Status kartu SIM dari si pengirim pulsa harus masih dalam masa aktif, atau minimal tiga hari sebelum habis.
  • Jumlah nominal pulsa yang bisa di transfer minimal adalah Rp5.000.
  • Batas maksimal pula yang dapat ditransfer yakni sebesar Rp1.000.000 untuk satu harinya.
  • Transaksi transfer pulsa ke operator lain tersebut dikenakan biaya sebesar Rp1.500.
  • Sisa pulsa setelah proses transaksi pengiriman pulsa berhasil dilakukan yakni minimal Rp 5.000.

Mungkin hanya itu informasi seputar cara dan syarat transfer pulsa Telkomsel ke Smartfren yang bisa dilakukan. Pastikan dulu untuk memahami dan mengecek setiap syarat transfer pulsa yang sudah ditentukan, agar proses transfer tidak mengalami kegagalan.

Selain itu, jangan lupa untuk mengecek nomor tujuan yang akan menerima pulsa sebelum pulsa dikirim. Jangan sampai mengirim ke nomor yang salah, karena hanya akan merugikan Sedulur sendiri.