cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak

Bagaimana cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak? Kenapa kita harus selalu mengecek masa aktif dari nomor 3 yang digunakan secara rutin? Tidak usah bingung, mari kita bahas beberapa hal tersebut secara lengkap!

3 (Tri) sendiri merupakan salah satu provider telepon dan juga internet dengan jumlah pengguna di Indonesia yang sangat banyak. Hal ini karena provider tersebut mampu memberikan layanan terbaik dengan harga terjangkau.

Jadi tidak heran jika kebanyakan para pengguna 3 berasal dari kalangan muda yang butuh layanan internet cepat dengan harga yang bersahabat. Akan tetapi, kesibukan yang dimiliki biasanya membuat para pengguna lupa untuk mengecek status aktivasi dari nomor 3 yang digunakan.

BACA JUGA: Cara Isi Pulsa di m-Banking Mandiri yang Mudah dan Praktis

Kenapa Harus Cek Nomor 3 Masih Aktif atau Tidak?

Picjumbo/Viktor Hanacek

Untuk saat ini, mengetahui masa aktif dari nomor yang digunakan memang begitu penting. Jadi jika Sedulur lupa untuk melakukan transaksi dengan menggunakan kartu tersebut, maka akan membuat nomor kartu hangus dan sudah tidak bisa digunakan lagi untuk mengirim SMS, telepon, dan terhubung ke internet.

Itulah kenapa sangat penting untuk mengetahui masa aktif dari kartu 3 yang digunakan. Dengan begitu, maka Sedulur tetap dapat melakukan berbagai macam transaksi menggunakan kartu yang dimiliki. Dan kegiatan yang butuh nomor telepon tersebut juga tidak akan terganggu, terutama dalam kondisi darurat.

BACA JUGA: Cara Transfer Pulsa Smartfren ke IM3, Mudah Banget!

Cara Cek Nomor 3 Masih Aktif atau Tidak?

cek kuota tri
Unsplash/Jenny Ueberberg

Nah, bisa dibilang jika ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperpanjang masa aktif. Bagi Sedulur yang ingin tahu bagaimana cara untuk cek nomor 3 masih aktif atau tidak, langsung saja simak dan ikuti beberapa cara yang akan dijelaskan di bawah ini!

1. Dengan mengisi pulsa

Cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak yang pertama sebenarnya sangat mudah. Hanya saja, Sedulur harus menyiapkan uang untuk melakukan pembelian pulsa. Silahkan beli pulsa dengan nominal bebas, sesuai dengan kebutuhan.

Jika nantinya pulsa yang dibeli sudah masuk, maka akan muncul pesan pemberitahuan dari pihak operator 3. Nah, di dalam pemberitahuan tersebut, Sedulur dapat melihat berbagai macam informasi mengenai kartu 3 yang digunakan, termasuk dengan masa aktifnya.

Akan tetapi jika setelah membeli pulsa tidak juga ada pesan yang masuk, kemungkinan besar nomor tersebut sudah tidak aktif. Dengan begitu, maka Sedulur telah membeli pulsa dan tidak mendapat apa-apa. Sehingga untuk cara ini memang tidak terlalu direkomendasikan.

2. Mengecek lewat kode dial

Cara yang berikutnya adalah dengan menggunakan kode dial. Ya, bagi Sedulur yang tidak punya uang untuk membeli pulsa, maka bisa menggunakan kode dial. Selain itu, kode dial juga sudah menjadi cara untuk cek masa aktif kartu 3 sejak dulu kala.

Nah, jika ingin cek masa aktif kartu 3 dengan menggunakan kode dial, langsung saja ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini.

  • Pertama, silahkan buka dulu aplikasi telepon yang ada di HP Sedulur.
  • Setelah itu, langsung saja tulis kode *111#.
  • Kemudian tekan tombol Call atau Panggil.
  • Jika sudah, nantinya akan muncul menu berisikan beberapa pilihan nomor.
  • Silahkan pilih nomor 1 untuk Kuota dan juga Data Reguler.
  • Lalu akan muncul menu opsi lagi, pilih nomor 1 untuk Cek Kuota.
  • Lanjut dengan memilih nomor 2 untuk Kuota Data.
  • Terakhir, pilih nomor 4 untuk mengecek sisa kuota sekaligus masa aktif nomor yang digunakan.
  • Selesai, menu pemberitahuan akan muncul di layar HP.

3. Pakai fitur SMS

Kemudian cara yang selanjutnya adalah menggunakan pesan singkat alias SMS. Namun sebelum itu, pastikan Sedulur masih punya sisa pulsa untuk mengirim SMS. Hal ini karena cara cek masa aktif kartu 3 yang satu ini memang membutuhkan pulsa untuk melakukannya.

Bagi Sedulur yang ingin tahu cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak, bisa menggunakan layanan SMS seperti yang ada di bawah ini.

  • Langkah pertama, Sedulur bisa masuk ke dalam aplikasi SMS yang ada di HP.
  • Setelah itu, buat pesan baru.
  • Kemudian langsung saja ketik “info(spasi)data”.
  • Pastikan pesan sudah ditulis dengan benar, lalu kirim SMS tersebut ke 234.
  • Jika sudah, tunggu saja selama beberapa saat.
  • Nantinya akan muncul SMS balasan dari operator 3.
  • Nah, di dalam SMS balasan tersebut, Sedulur bisa mengetahui tentang info pulsa, kuota, dan tentu saja masa aktif.

4. Menggunakan aplikasi Bima+

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin mudah pula para pengguna kartu 3 untuk mengecek masa aktif nomor yang digunakannya. Salah satunya cara cek masa aktif kartu 3 yang mudah, yakni dengan aplikasi Bima+.

Namun jika ingin menggunakan cara yang satu ini, pastikan ponsel terhubung dengan internet, ya! Jika sudah dipastikan, ikuti langkah-langkah pengecekan berikut ini.

  • Bagi yang belum punya aplikasi Bima+, silahkan download dulu melalui Google Play Store atau App Store.
  • Buka aplikasi yang sudah didownload, kemudian lakukan pendaftaran dengan nomor yang ingin di cek masa aktifnya.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasi Bima+, dan login dengan menggunakan nomor 3 tersebut.
  • Lalu pada menu profil, perhatian tab yang ada di bagian atas.
  • Di bagian tab itu, Sedulur bisa langsung mengetahui jumlah kuota yang tersisa, sisa pulsa, dan juga masa berlaku masa aktif kartu 3.

5. Lewat situs BimaTri

Jika beberapa cara cek nomor 3 masih atau tidak di atas belum ada yang sesuai, tidak usah khawatir. Masih ada cara cek masa aktif kartu 3 terakhir yang menggunakan situs resmi dari operator 3, yakni BimaTri. Sama seperti dengan aplikasi, cara cek melalui situs ini juga membutuhkan koneksi internet.

Kendati demikian, Sedulur tidak perlu repot untuk mendownload aplikasi tambahan. Nah, langsung saja , berikut ini cara cek masa aktif kartu 3 dengan menggunakan situs BimaTri.

  • Pertama, silahkan buka dulu aplikasi web browser yang ada di HP Sedulur.
  • Dari web browser tersebut, akses dan kunjungi alamat dari BimaTri, yakni https://bima.tri.co.id/.
  • Pada halaman awal di situs, klik pada tombol Login yang ada.
  • Silahkan masukkan nomor kartu 3 yang ingin di cek masa aktifnya. Sedikit info, jika masa aktif kartu sudah habis, maka Sedulur tidak akan bisa melakukan login.
  • Tunggu saja hingga memperoleh kode verifikasi lewat SMS, Sedulur dapat masukkan kode Sedulur dalam kolom yang ada di situs BimaTri.
  • Nah, tunggulah selama beberapa saat hingga muncul tampilan halaman utama dari situs BimaTri.
  • Sedulur dapat melihat informasi secara mendetail tentang nomor kartu, sisa pulsa, dan juga masa aktif kartu 3 yang digunakan.

Kurang lebih begitulah informasi mengenai cara cek nomor 3 masih aktif atau tidak. Silahkan pilih cara mana yang sekiranya paling mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan untuk selalu mengecek masa aktif dari kartu yang digunakan secara rutin.

Jika ternyata nomor 3 milik Sedulur tidak aktif, jangan ragu untuk melakukan aktivasi ulang agar nomor tersebut bisa kembali digunakan.