Salah satu permainan anak yang sangat disukai dan diminati satu ini memiliki segudang manfaat lho! Yuk, mari langsung kita simak ulasan manfaat permainan lompat tali di bawah ini.

Salah satu permainan tradisional anak yang selalu dapat membuat anak ceria dan bahagia, karena lompat tali merupakan permainan yang dilakukan secara berkelompok. Selain itu, tentu saja permainan lompat tali menggunakan tali karet agar tali yang digunakan elastis dan mudah dimainkan.

Cara bermain lompat tali sangat mudah, dengan gerakan melompat yang menjadi gerakan utama dalam permainan ini. Oleh karena itu, jika ada pertanyaan yang menanyakan apa gerakan utama dalam melakukan permainan lompat tali? Jawabannya adalah dengan berlari dan melompati tali yang dipegang oleh lawan bermain.

Apakah Sedulur sebagai orangtua yang pada masa kecil dulu ikut memainkan lompat tali pernah bertanya, dari mana sebenarnya asal usul lompat tali? Jika Sedulur dan Ibu Super belum tahu, yuk mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini. Karena Superapp.id akan menjelaskan terkait asal usul lompat tali dengan segudang manfaat bagi anak.

-->

Baca Juga: 10 Jenis Permainan Tradisional Super Seru, Sudah Coba?

Asal Usul Permainan Lompat Tali

Asal Usul Permainan Lompat Tali
deliknews.com

Pengertian lompat tali merupakan permainan melompati tali dengan beberapa peraturan tertentu. Permainan satu ini dimainkan oleh anak-anak, baik anak perempuan maupun anak laki-laki. Permainan lompat tali berasal dari Indonesia dan merupakan permainan tradisional anak di Indonesia, yang bisa Sedulur temui hampir di setiap daerah di Indonesia.

Lompat tali yang dimainkan oleh anak-anak diduga telah anak sejak masa penjajahan Belanda di Indonesia, pada awalnya permainan ini dimainkan oleh anak-anak orang Belanda yang ada di Indonesia. Beberapa sumber menyebutkan bahwa permainan satu ini berasal dari benua Eropa dan menyebar ke seluruh dunia ketika masa penjajahan berlangsung.

Mulai dari benua Asia, benua Amerika hingga benua Afrika. Namun, terkait asal-usul permainan ini masih simpang siur, butuh penelitian lebih lanjut dan mendalam. Karena setiap negara yang memiliki peradaban tinggi di masa lalu, seperti Cina, Mesir dan Eropa mengklaim bahwa lompat tali merupakan permainan dari nenek moyang mereka.

Terlepas dari perdebatan tersebut, faktanya terdapat beberapa manfaat permainan lompat tali bagi tumbuh kembang anak. Dalam kesempatan kali ini Superapp.id akan menjelaskan beberapa manfaat dari bermain lompat tali. Yuk, mari langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

Manfaat Permainan Lompat Tali untuk Anak-Anak

1. Sebagai Hiburan

1. Sebagai Hiburan
steemitimages.com

Manfaat dari bermain lompat tali bagi anak yang pertama adalah sebagai hiburan. Jika saat ini hiburan untuk anak-anak adalah dengan bermain gadget, anak-anak di masa lalu yang belum terdapat teknologi gadget canggih seperti saat ini menggunakan berbagai permainan tradisional sebagai hiburan.

Salah satu hiburan yang sangat ampuh adalah permainan lompat tali. Karena permainan lompat tali dimainkan secara berkelompok, dan tentu saja dapat secara ampuh memberikan kebahagiaan bagi anak-anak karena dimainkan bersama sahabat.

2. Melatih Otot Motorik Anak

2. Melatih Otot Motorik Anak
kumparan.com

Manfaat lainnya dari bermain lompat tali adalah untuk pertumbuhan otot-otot pada tubuh anak. Karena, permainan lompat tali dapat melatih dan meningkatkan kekuatan otot motorik anak. Cara bermain lompat tali yang menuntut anak untuk melompat, mengharuskan anak-anak menggunakan segenap kekuatan otot motoriknya. Secara bertahap, hal tersebut sangat baik bagi pertumbuhan otot motorik anak.

Baca Juga: Mengajarkan Anak Mengenal Asmaul Husna Beserta Artinya

3. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak

3. Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak
kumparan.com

Permainan lompat tali dilakukan secara berkelompok, hal tersebut tentu saja dapat berdampak baik bagi perkembangan kemampuan sosial anak. Karena dengan bermain secara berkelompok, anak-anak dituntut untuk bekerja sama dan melakukannya secara tim.

Dalam hal ini, kemampuan komunikasi anak akan meningkat dan anak-anak pun akan belajar untuk mempercayai temannya. Hal ini sangat baik dalam meningkatkan kemampuan sosial anak.

4. Menumbuhkan Keberanian Anak

4. Menumbuhkan Keberanian Anak
gpswisataindonesia.info

Hal yang paling jelas dari manfaat bermain lompat tali bagi anak adalah dapat menumbuhkan kepercayaan diri anak. Bagaimana tidak? Sang anak saat bermain lompat tali harus melewati tali dengan ketinggian tertentu. Untuk menghadapinya, anak-anak yang memiliki ketakutan, didorong untuk mengatasi ketakutannya dan melawannya.

Tidak semua anak berani melompati tali dalam bermain lompat tali, terutama ketika ketinggian tali sudah melebihi tinggi badan anak. Namun, setiap anak-anak yang bermain lompat tali akan selalu dapat mengatasi ketakutannya dan berhasil melompati ketinggian tali. Hal tersebut merupakan jawaban kenapa lompat tali sangat baik untuk menumbuhkan keberanian anak.

5. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak

5. Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak
tempo.co

Selain menumbuhkan keberanian anak, permainan lompat tali juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Secara bertahap, ketika anak bermain lompat tali, anak-anak harus melompati ketinggian yang sudah di atur berdasarkan aturan bermain. Hal tersebut sama dengan teori belajar konsep spiral di mana anak belajar dari hal yang mudah menuju sulit.

Dari hal-hal sederhana, menuju hal yang lebih rumit. Dengan menghadapi hal tersebut secara bertahap, kepercayaan diri anak akan tumbuh dan semakin meningkat, karena sang anak merasa mampu atas setiap tantangan yang dihadapi. Secara psikologis, hal tersebut sangat berpengaruh untuk kepercayaan diri anak.

6. Melatih Kedisiplinan

6. Melatih Kedisiplinan
kumparan.com

Hal yang sangat penting yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam mendidik setiap anaknya adalah memperhatikan kedisiplinan anak. Salah satu cara untuk melatih kedisiplinan pada anak bisa Sedulur dapat dalam permainan lompat tali. Kedisiplinan pada anak dapat terbangun ketika anak-anak harus menaati setiap peraturan dalam lompat tali.

Peraturan permainan lompat tali mulai dari melompat sesuai urutan baris, hingga melompat yang wajib melewati ketinggian tali yang sudah ditentukan. Setiap anak tidak bisa melewati urutan dan tahapan permainan sesuai keinginan mereka. Oleh karena itu, kedisiplinan anak akan tertanam sejak dini yang berawal dari bermain lompat tali.

7. Membakar Kalori

7. Membakar Kalori
kumparan.com

Permainan lompat tali menggunakan media karet yang disusun sebagai tali. Anak-anak yang bermain lompat tali diharuskan untuk melompat melewati tali karet yang dibentangkan. Oleh karena itu, untuk melakukan hal tersebut, tentu saja sang anak harus berusaha sekuat tenaga, pada titik ini kalori yang terdapat pada tubuh anak akan terbakar dengan baik.

Bukan hanya berfungsi sebagai hiburan bagi anak, namun permainan melompat pada tali sangat efektif untuk membakar kalori dan membuat tubuh anak menjadi sehat. Dampak baik dari tubuh yang sehat adalah dapat memberikan efek kebahagiaan dan keceriaan pada anak, yang pada akhirnya akan berdampak baik pada tumbuh kembang kejiwaan anak.

8. Meningkatkan Kemampuan Otak

8. Meningkatkan Kemampuan Otak
popmama.com

Memainkan permainan lompat tali membutuhkan keselarasaan antara otak dan otot, dengan memiliki ritme yang pas dalam permainan  ini, itu tandanya kemampuan otak telah berkembang cukup baik. Karena salah satu manfaat dari bermain lompat tali adalah meningkatkan kemampuan otak.

Lompat lai dapat membantu pengembangan otak kiri dan kanan, hal tersebut sangat baik untuk meningkatkan kesadaran spasial, meningkatkan keterampilan membaca bagi anak, dan tentu saja meningkatkan daya ingat. Keseluruhan manfaat tersebut dapat membuat anak lebih waspada dalam menjaga diri.

9. Menambah Tinggi Badan

9. Menambah Tinggi Badan
liputan6.com

Secara kesehatan, permainan lompat tali yang dimainkan oleh anak dapat memberikan dampak positif bagi tinggi badan anak. Walaupun tinggi badan secara umum dipengaruhi oleh faktor genetis, namun dengan rutin melakukan olahraga yang merangsang tinggi badan, tulang-tulang anak akan meresponnya dan memberikan perkembangan yang signifikan bagi tinggi badan anak.

Dengan anak-anak yang melompat pada setiap permainan lompat tali, bisa digunakan sebagai pilihan alternatif untuk memperkuat tulang. Karena masa kanak-kanak merupakan masa yang baik untuk pertumbuhan secara fisik, terutama pertumbuhan tulang untuk tinggi badan anak.

Semoga penjelasan mengenai asal-usul dan manfaat permainan lompat tali di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur Super dan Ibu Super dalam memperhatikan tumbuh kembang anak. Berikan anak kebebasan untuk bermain, termasuk memainkan permainan lompat tali yang penuh manfaat di atas.

Jangan lupa juga untuk menunjang pertumbuhan anak dengan berbagai asupan bergizi. Sedulur bisa mendapatkan berbagai asupan bergizi untuk tumbuh kembang anak dengan membelinya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Mulai gunakan Aplikasi Super sekarang juga, terutama untuk keperluan harian Sedulur Super sekalian. Selamat mencoba!