Menjadi orangtua yang baik adalah impian bagi hampir semua orang. Setiap orangtua pasti berharap agar anak mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan sehat, baik secara jasmani maupun rohani. Agar bisa memenuhi harapan tersebut, maka para orangtua pasti berusaha yang terbaik dan diimbangi oleh doa untuk anak.

Salah satu cara untuk mengusahakan agar anak bisa tumbuh dengan sholeh dan sholehah adalah dengan berdoa. Setiap agama pasti mempunyai doa yang bermakna hampir sama yaitu untuk kebaikan. Didalam doa pasti mempunyai banyak keutamaan dan manfaat yang luar biasa. Bagi seorang muslim, ada berbagai macam doa yang bisa dipanjatkan sesuai apa yang kita inginkan kepada Allah SWT. Tak terkecuali doa untuk anak yang dimunajatkan orangtua agar soleh dan sholehah.

Berikut ringkasan doa-doa untuk anak yang bisa dibaca dan dihafalkan

Doa untuk anak lelaki dan perempuan

boy in black long sleeve shirt sitting beside girl in gray sweater
Photo by Hasan Almasi on Unsplash

Doa untuk anak perempuan maupun lelaki sebenarnya sama saja. Sedulur bisa membaca doa berikut ini.

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوْلَادَنَا أَوْلَادًا صَالِحِيْنَ حَافِظِيْنَ لِلْقُرْآنِ وَالسُّنَّةِ فُقَهَاءَ فِى الدِّيْنِ مُبَارَكًا حَيَاتُهُمْ فِى الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ

-->

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah

 Artinya: “Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka didunia dan di akhirat”

 Doa untuk anak yang jauh

Ketika jauh dari anak, yang diharapkan oleh orangtua adalah keselamatan pada anaknya. Dilansir dari NU Online Nabi Muhammad SAW kerap melafalkan sebuah doa untuk keselamatan anak-anaknya Hasan dan Husein.

أُعِيْذُكُمَا بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لَامَّةٍ

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya: “Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.” (HR Abu Daud)

Doa untuk anak ulang tahun

Salah satu waktu yang tepat untuk memunajatkan doa kepada anak adalah saat ulang tahun. Beberapa doa untuk anak yang singkat untuk dilafadzkan pada momen ulang tahun adalah seperti di bawah ini.

Doa agar menjadi anak yang baik

Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.”

Baca Juga: 25 Doa Sehari-hari yang Wajib Diajarkan Pada Anak-anak

Doa agar sehat dunia akhirat

للَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى

Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal ‘afwa wal ‘aafiyah fii diinii wa dun-yaaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur ‘awrootii wa aamin row’aatii.

Doa untuk anak agar berbakti kepada orangtua

 

Allahumma Barìklìy Fìì Awladìy, Wa La Tadhurruhum, Wa Waf Fìqhum Lì Tho’atìk, War Zuqnìy Bìrrohum.

Artinya: ”Ya Allah limpahkanlah barokah kepadaku dan anak-anakku, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, limpahkanlah kepada mereka taufik untuk taat kepada-Mu dan karuniakanlah kepadaku rejeki berupa bakti mereka.”

Doa untuk anak agar rajin beribadah

 “Rabbij’alni Muqimaṣ-salāti Wa Min Zurriyyati Rabbanā Wa Taqabbal du’a.

Artinya: “Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mengerjakan sholat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.” (QS Ibrahim ayat 40).

Doa agar anak sholeh dan sholehah

“Wallazina yaqulụna rabbanā hab lanā min azwājinā wa zurriyyātinā qurrata a’yuniw waj’alnā lil-muttaqina imāmā.”

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata: ‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan anak-anak kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa,’” (QS Al-Furqan: 74).

Doa agar anak menjadi cerdas

Allaahummam-la’ Quluuba Aulaadìnaa Nuuron Wa Hìk-matan Wa Ahlìhìm Lìqobuulì Nì’matìn Wa Ashlìh-hum Wa Ashlìh bìhìmul Ummah.”

Artinya: “Ya Allah, isilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang layak untuk menerima nikmat-Mu, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.”

Khasiat berdoa untuk anak

person showing both palms while sitting on chair
Photo by Jeremy Yap on Unsplash

Ada banyak sekali khasiat dalam berdoa terutama dari ibu untuk anaknya. Keajaiban dalam doa yang dipanjatkan oleh seorang ibu sangat banyak, karena sebagaimana disebutkan oleh Rasulullah SAW bahwa ibu sangat istimewa dan disebutkan selama 3 kali, baru kemudian bapak. Jadi, doa seorang ibu pasti diijabah oleh Allah SWT.

Selain doa dari orangtua ke anak, sebaiknya sebagai anak juga harus mendoakan orangtuanya. Berikut beberapa doa dari anak ke orangtua:

Doa pertama:

Alloohummaghfirlii waliwaalidayya warham humma kamaa rabbayaa nii shaghiiraa.

Artinya: 

“Wahai Tuhanku, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil.”

Doa kedua:

Allaahummaghfirlii dzunuubii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa robbayaanii shoghiiro, waliljamii’il muslimiina walmuslimaati, walmu’miniina wal mu’minaati Al ahyaa’i minhum wal amwaati, wataabi’ bainanaa wa bainahum bil khoiraati, robbighfir warham wa annta khoirur roohimiin, walaa haula walaa quwwata illaa billaahil’aliyyil adhiimi.

Artinya: 

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan kasihanilah keduanya sebagaimana beliau berdua merawatku ketika aku masih kecil, begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat.

Doa ketiga:

Allahummaghfirlii, waliwaalidayya, war hamhumma, kamaa rabbayaanii shagiiraa. Walijami’il muslimina, walmuslimaati, walmu’miniina, wal mu’minaati, al ahyaa’i minhum wal amwati, wataabi’ wabainanaa, wa bainahum bil khairaati, rabbighfir warham wa anta khairur raahimiina. Walaa quwwata, illa biilaahi ‘aliyyil adzim.

Artinya:

“Ya Allah, berikanlah ampunan kepadaku atas dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku dan kasihanilah kedua orang tuaku sebagaimana kedua orang tuaku megasihiku ketika aku masih kecil.

Begitu juga kepada seluruh kaum muslimin dan muslimat, semua orang yang beriman, laki-laki maupun perempuan yang masih hidup maupun yang sudah meninggal dunia, dan ikutkanlah di antara kami dan mereka dengan kebaikan.

Doa untuk orangtua yang sedang sakit

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya:

“Ya Allah, Rabb manusia dan alam semesta, hilangkanlah kesusahan dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Zat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Orangtua sakit parah

man in white top leaning on wall
Photo by Reiner Knudsen on Unsplash

Allahumma ahyini maa kaa natil khayatu khairalli, watawaf fanni adza kaanat wafaatu khiralli.

Artinya:

“Ya Allah, sembuhkanlah penyakitnya jika itu lebih baik baginya. Dan cabutlah nyawanya jika kematian itu lebih baik baginya.”

Demikianlah macam macam doa beserta artinya yang bisa dibaca dan dihafalkan baik itu untuk anak dari orangtua ataupun sebaliknya. Semoga bisa diamalkan dan senantiasa diberikan keberkahan, ya, Sedulur!

Selain berdoa untuk anak dari orangtua, Sedulur juga perlu berusaha memperoleh rezeki salah satunya adalah dengan menjadi Super Agen. Banyak sekali manfaat yang didapatkan ketika sudah mendaftar, di antaranya adalah waktu yang tidak terbatas dan penghasilan yang cukup. Yuk, Install Aplikasi Super dan daftar jadi Super Agen sekarang!