pusat oleh-oleh pasuruan

Pasuruan tidak hanya terkenal sebagai kota industri serta beragam objek wisata yang dimilikinya. Bagi para pecinta kuliner, terutama jika Sedulur mencari oleh-oleh yang otentik dan lezat, ada banyak pusat oleh-oleh Pasuruan yang dapat dikunjungi.

Mulai dari makanan ringan sampai manisan, Pasuruan menawarkan berbagai pilihan oleh-oleh yang menggugah selera dan menarik hati. Jadi ketika Sedulur berkunjung ke daerah ini, jangan lupa untuk membawa pulang buah tangan sebagai hadiah untuk kerabat dan teman-teman di rumah.

Bicara soal pusat oleh-oleh Pasuruan, ada beberapa tempat yang dapat Sedulur kunjungi. Langsung saja, berikut ini beberapa tempat yang dimaksud!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Khas Magetan Terenak dan Legendaris

1. Bipang Jangkar

pusat oleh-oleh pasuruan
Freepik/Stockking

Rekomendasi pusat oleh-oleh Pasuruan yang pertama adalah Bipang Jangkar. Jajanan yang legendaris ini, bisa Sedulur temukan di Jalan Lombok dekat dengan stasiun dan pelabuhan. Pabrik yang juga sekaligus menjadi toko oleh-oleh ini telah berdiri sejak 1949 dan selalu ramai oleh pengunjung.

Tidak usah khawatir, jajanan legendaris di tempat ini dibuat dari beras dan gula asli. Jadi citarasa yang dihadirkan benar-benar terjaga dengan baik. Rasa manis ini dikombinasikan dengan tekstur yang renyah, dijamin membuat siapa saja tidak bisa berhenti untuk menikmatinya.

Selain proses pembuatannya yang tanpa pengawet, Bipang Jangkar di sini juga memiliki beragam varian. Di antaranya seperti vanila, melon, susu, mangga, jeruk, karamel, sampai yang terbaru yakni kelapa.

  • Alamat: Jl. Lombok Nomor 36, Trajeng,  Panggungrejo, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.30 WIB – 20.00 WIB
  • Telepon: (343) 421162 atau 0811-3448-258

2. Roti Sisir Matahari

Bagi Sedulur yang rindu akan citarasa roti sisir khas tempo dulu, maka tempat yang paling pas untuk dikunjungi adalah Toko Roti Matahari. Pusat oleh-oleh Pasuruan ini telah melegenda dan menjadi buruan bagi para penduduk lokal maupun wisatawan yang sedang datang berkunjung.

Dapat dikatakan jika kudapan yang telah ada sejak 1955 ini, berbeda dari roti sisir yang lain. Hal ini karena pembuatannya dilakukan dengan menggunakan mentega dari Australia. Ya, tampilan roti memang terlihat sederhana, namun citarasanya benar-benar istimewa.

Tidak hanya roti sisir, tempat ini juga menawarkan berbagai jenis roti lain seperti roti kasur, rounde cokelat, warmbollen, bagelen, rounde putih, bahkan sampai roti celup.

  • Alamat: Jl. Soekarno Hatta Nomor 42,  Panggungrejo, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB
  • Telepon: 0812-1805-3967

3. Lugusranu

Lugusranu telah menjadi pusat oleh-oleh terkemuka di Pasuruan. Pusat oleh-oleh Pasuruan yang satu ini, menawarkan berbagai produk khas yang menggugah selera dan berkualitas tinggi. Beberapa produk yang bisa ditemukan seperti stik susu kambing, kacang bangkok, stik kelor, rempeyek, serta kerupuk susu.

Bagi Sedulur yang suka dengan olahan ikan, tersedia juga ikan lempuk krispi khas Grati serta abon ikan gabus. Sementara yang tidak suka dengan daging, ada pula abon nabati yang dibuat dari keluwih. DI samping itu, untuk produk minumannya ada sirup pokak dan bir pletok.

Bagi yang belum tahu, sirup tradisional ini dibuat dari bahan rempah, seperti kayu manis, jahe, daun pandan, serai, lempuyang, gula aren, dan juga kepulaga.

  • Alamat: Jl. Raya Grati, Gang Telur Asin, Bebekan Lor, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 20.00 WIB

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Madiun Terlengkap dan Murah

4. Bluder Rison

oleh-oleh khas magetan
Freepik/Freepik

Bluder Rison merupakan pusat oleh-oleh Pasuruan yang ikonik. Sesuai dengan namanya, tempat ini menawarkan roti bluder dengan cita rasa yang khas dan kualitas yang terjaga. Bluder sendiri adalah roti bertekstur lembut dan beraroma harum.

Produk roti bluder di sini diolah dengan resep turun-temurun dan bahan-bahan berkualitas tinggi. Bluder Rison selalu menjaga konsistensi rasa dan tekstur dengan proses produksi yang teliti, menjadikannya pilihan favorit bagi wisatawan yang mencari oleh-oleh khas Pasuruan.

Untuk pilihan roti bludernya juga cukup banyak. Mulai dari rasa orisinal, keju, cappuccino, mix cokelat keju, kismis, kacang, BBQ, dan lain sebagainya.

  • Alamat: Jl. Gajah Mada Nomor 54, Karanganyar, Purworejo, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.30 WIB – 20.00 WIB
  • Telepon: (0343) 5614486 atau 0813-3271-8177

5. Klepon Gempol

Klepon Gempol menjadi salah satu oleh-oleh Pasuruan yang sangat digemari oleh para wisatawan. Toko yang terkenal dengan kleponnya yang lezat ini telah menjadi destinasi wajib bagi mereka yang berkunjung ke Pasuruan.

Klepon Gempol dibuat dari tepung ketan dengan isian gula merah cair yang manis dan dilapisi parutan kelapa yang gurih. Setiap gigitan dari klepon ini memberikan sensasi manis dan kenyal yang khas, menjadikannya camilan yang sempurna untuk dinikmati kapan saja.

Selain klepon original, Klepon Gempol juga menawarkan variasi dengan tambahan rasa pandan yang beraroma harum dan warna hijau alami, menambah daya tarik bagi para pecinta kuliner tradisional.

  • Alamat: Jl. Raya Panderejo No.5, RW.10, Panderejo, Legok, Kec. Gempol, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 06.00 WIB – 21.00 WIB
  • Telepon: 0857-3064-4475

6. Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan

Berikutnya adalah Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan, salah satu pusat oleh-oleh Pasuruan paling populer. Pasar ini menawarkan berbagai produk lokal yang menarik bagi wisatawan. Mulai dari makanan khas, kerajinan tangan, hingga pakaian tradisional, semuanya tersedia di sini.

Keberagaman produk yang ditawarkan membuat pasar ini menjadi destinasi yang sempurna untuk mencari oleh-oleh bagi keluarga dan teman. Keistimewaan Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan tidak hanya terletak pada ragam produknya, tetapi juga pada suasana dan kenyamanan berbelanja yang ditawarkannya.

Pasar ini didesain dengan konsep yang modern namun tetap mempertahankan nuansa tradisional, menciptakan pengalaman berbelanja yang unik dan juga menyenangkan.

  • Alamat: Jl. Raya Surabaya – Malang No.18, Petung Sari, Petungasri, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 08.00 WIB – 22.00 WIB

7. SPC (The Snack Pesona Criuuk) Pasuruan

SPC (The Snack Pesona Criuuk) di Pasuruan menjadi salah satu destinasi menarik untuk membeli oleh-oleh khas dari daerah ini. Menawarkan berbagai macam makanan ringan tradisional Pasuruan, SPC telah menjadi favorit di kalangan wisatawan maupun penduduk lokal.

Di pusat oleh-oleh Pasuruan, Sedulur dapat menemukan berbagai jenis makanan ringan seperti tempe goreng, tahu goreng, jajan pasar, dan camilan tradisional lainnya. Tentu saja beragam oleh-oleh di sini diolah dengan bahan-bahan berkualitas tinggi dan teknik tradisional yang terjaga.

Selain itu, setiap produk dijamin kebersihannya dan dikemas dengan rapi sehingga cocok sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman di rumah.

  • Alamat: Perumahan Pesona Candi 4, Jalan pesona candi 4 blok AB no 42, blok AB no 41, Sekargadung, Bugul Kidul, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Senin – Sabtu, pukul 09.00 WIB – 17.00 WIB
  • Telepon: 0821-4361-7818

8. Sentral Oleh-Oleh Pasuruan

pusat oleh-oleh magetan
Freepik/Jcomp

Rekomendasi pusat oleh-oleh Pasuruan yang terakhir adalah Sentral Oleh-Oleh Pasuruan. Sentral ini menawarkan berbagai jenis oleh-oleh khas Pasuruan yang menggugah selera. Sentral Oleh-Oleh Pasuruan bukan hanya sekadar tempat untuk berbelanja oleh-oleh.

Akan tetapi, juga menjadi destinasi wisata kuliner yang menarik. Sedulur dapat menikmati suasana tradisional di dalamnya sambil melihat langsung proses pembuatan oleh-oleh yang khas dari Pasuruan. Bahkan kemasan yang menarik dan higienis juga menjadi nilai tambah.

Tentu saja hal itu memudahkan para pengunjung untuk membawa pulang oleh-oleh dan memberikan kesan istimewa sebagai buah tangan yang istimewa.

  • Alamat: Jl. Dokter Wahidin Sudiro Husodo No.25, Pekuncen, Kec. Panggungrejo, Kota Pasuruan, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari, pukul 07.00 WIB – 21.00 WIB

Mungkin hanya itu beberapa pusat oleh-oleh Pasuruan yang bisa direkomendasikan pada kesempatan kali ini. Jangan lupa untuk mengunjungi pusat oleh-oleh di atas, ketika Sedulur berkunjung ke Pasuruan.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.