pusat oleh-oleh kediri

Kehadiran Bandara Dhoho membuka potensi wisata yang makin besar di Kediri. Tentu tak lengkap rasanya bila wisatawan yang berkunjung ke Kediri pulang tanpa membawa buah tangan. Apalagi pusat oleh-oleh Kediri sangat mudah ditemukan di setiap sudut kota ini.

Ada cukup banyak makanan khas Kediri yang bisa dijadikan pilihan oleh-oleh. Mulai dari yang berbentuk makanan hingga kerajinan. Jadi tidak heran kalau toko oleh-oleh Kediri menjadi surganya pecinta kuliner dan kerajinan tangan unik.

Berikut beberapa rekomendasi tempat pusat oleh-oleh Kediri yang bisa dikunjungi agar memudahkan Sedulur mendapatkan oleh-oleh yang diinginkan. Simak selengkapnya di bawah ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Rumah Makan Kediri, Cocok untuk Keluarga!

1. Pusat Tahu Takwa Kediri

pusat oleh-oleh kediri
Unsplash/Markus Winkler

Pusat oleh-oleh Kediri pertama yang wajib Sedulur kunjungi adalah Pusat Tahu Takwa Kediri. Toko oleh-oleh ini banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Kediri. Seperti namanya, di sini Sedulur bisa membeli tahu yang sangat populer di kalangan wisatawan.

Tahu ini memiliki ciri khas warna kuning dan tekstur padat. Uniknya, saat dimasak, tahu ini renyah di luar dan meleleh di dalam. Tak heran jika banyak orang yang lebih menyukai tahu ini karena rasa dan teksturnya yang berbeda.

Biasanya tahu ini dikemas dalam kotak anyaman bambu, sehingga mudah dibawa. Selain tahu, di sini Sedulur juga bisa membeli jajanan dan kue-kue yang bisa dijadikan oleh-oleh yang harganya mulai Rp25.000 per kotak saja.

  • Alamat: Jalan Pattimura, Setono Pande, Kota Kediri
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB

2. Coklat Tempe Sambirejo 

Toko oleh-oleh khas Kediri kedua ini cocok untuk Sedulur jika menyukai coklat. Sedulur bisa datang ke Desa Sambirejo untuk menikmati coklat yang unik ini. Coklat batangan ini terbuat dari tempe yang dipotong kecil-kecil dan dilumuri coklat manis. 

Jadi Sedulur bisa menikmati rasa manis dan gurih tempe sambil mengunyah kudapan ini. Jika Sedulur berencana membawa coklat ini sebagai oleh-oleh, jangan khawatir, karena makanan ini bisa tahan cukup lama yaitu hingga enam bulan. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp1.000 hingga Rp10.000 per bungkus tergantung ukuran yang dipilih.

  • Alamat: Desa Sambirejo, Gampengrejo, Kabupaten Kediri
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB

3. G-Snack Pusat Oleh-Oleh Khas Kediri

Tempat oleh-oleh khas kota Kediri selanjutnya adalah G-Snack. Di sini Sedulur bisa menemukan berbagai masakan khas Kediri seperti gethuk pisang, sambal pecel, telur asin asap, coklat tempe, roti melinjo, dan masih banyak lagi.

Lokasinya yang nyaman membuat banyak orang berburu oleh-oleh di tempat ini. Pelayanannya juga sangat baik,ramah, dan memuaskan. Selain itu, Sedulur juga bisa mencoba testernya sebelum membeli.

  • Alamat: Jalan Brawijaya, No. 44, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Toko ini buka pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB

4. Pusat Oleh-Oleh Kediri GTT

Tempat ini juga banyak dikunjungi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh. Selain tempat parkirnya yang luas, toko ini juga unik karena mengusung konsep seperti kafe dan tempat perbelanjaan.

Cafenya menawarkan berbagai ruang publik yang nyaman dan menyediakan berbagai fasilitas seperti toilet dan mushola. Sedulur isa memesan berbagai macam masakan khas Kediri seperti olahan tahu, kentang goreng dan lainnya.

  • Alamat: Jalan Pamenang, Toyoresmi, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai dari 06.00 WIB sampai 21.00 WIB

5. Tenun Ikat Bandar

Jika Sedulur sedang mencari oleh-oleh selain makanan, sebaiknya Sedulur mengunjungi tempat yang menjual tenun ikat Bandar ini. Sesuai dengan namanya, kain tenun ini bisa Sedulur temukan di Tenun Ikat Bandar.

Pabrik tenun ikat Bandar ini juga menjadi pusat buah tangan khas Kediri yang buka 24 jam. Mulai dari harga Rp140.000, Sedulur bisa membeli berbagai produk kain berkualitas berbahan dasar benang pakan dan benang lungsin.

Di sini juga banyak ragamnya mulai dari kain sarung tenun, kain semi sutra hingga kain sutra. Tenun ikat Bandar ini sudah terkenal hingga ke luar Pulau Jawa. Jadi pastikan Sedulur tidak ketinggalan berbelanja di sini.

  • Alamat: Desa Bandar Kidul, Mojoroto, Kediri, dekat Alun-Alun Kediri
  • Jam buka: Buka 24 jam setiap hari

BACA JUGA: Resep Nasi Goreng Arang Khas Kediri yang Bikin Nagih

6. Kopi Brontoseno Kediri

pusat oleh-oleh nganjuk

Oleh-oleh ini cocok banget untuk Sedulur yang suka dengan kopi. Kopi Brontoseno merupakan kopi khas Kediri yang sangat terkenal dengan ciri khas aromanya yang agak kuat dan rasanya yang nikmat. Bahkan banyak warga luar daerah yang berburu kopi ini.

Perusahaan Kopi Brontoseno didirikan pada tahun 1956 dan berlokasi di Kediri, Jawa Timur. Nama kopi Brontoseno diambil dari salah satu dari lima nama tokoh Pandawa, yaitu Berontoseno, ayah dari Gatotkaca. Bahan-bahannya terbuat dari 100% biji kopi ekspor dan biji kopi pilihan yang sangat lembut. 

Selain itu, rokok cethe juga bisa diolesi Kopi Brontoseno. Brand ini awalnya membuat kopi dalam botol. Kemudian berkembang menjadi produksi kopi cup. Produk ini dikemas dalam segel tutup bermotif yang sangat eksklusif dan diproduksi sesuai standar pembuatan minuman kopi di Indonesia.

Harga kopi ini cukup terjangkau, sekitar Rp27.000 hingga Rp35.000 per bungkus. Jangan lewatkan untuk membeli oleh-oleh ini!

  • Alamat: Jalan Dhoho, dekat Alun-Alun Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB

7. Pusat Oleh-Oleh Kediri Tahu Shinta

Oleh-oleh khas Kediri selanjutnya adalah Tahu Shinta Kediri. Toko ini sangat terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di sini Sedulur akan menemukan kuliner unik dan legendaris. Selain olahan tahu, Sedulur juga bisa membeli getuk pisang dan masih banyak makanan lainnya yang gak kalah enak.

Salah satu keuntungan yang Sedulur dapatkan saat membeli makanan dalam jumlah banyak di sini adalah Sedulur akan mendapatkannya dengan harga lebih murah dari harga aslinya. Jangan ragu untuk membeli makanan di sini.

  • Alamat: Jalan Yos Sudarso No. 138, Pakelan, Kota Kediri
  • Jam buka: Toko oleh-oleh ini buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB

8. Souvenir Rumah Joglo Suminar Batik Ndeso Bu Suminarwati

Oleh-oleh yang bisa Sedulur bawa pulang sebagai souvenir adalah batik khas Kediri yang bisa Sedulur temukan di Rumah Joglo Suminar Batik Ndeso punya Bu Suminarwati. Rumah Joglo ini terletak di kecamatan Sekoto, Badas, kota Kediri.

Batik-batik di sini mempunyai banyak motif yang berbeda-beda seperti motif Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, dan masih banyak lagi. Selain itu, harga berbagai jenis batik juga bervariasi, mulai dari yang puluhan ribu, ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kualitas batik ini tidak perlu diragukan lagi karena batik ini dibuat dengan proses tangan atau manual yang ukurannya agak panjang, yaitu tulisan atau cap. Di sini kualitas produk menjadi hal yang utama agar konsumen puas terhadap produk tersebut.

  • Alamat: Jl. Ki Hajar Dewantoro No.74 A, Sekoto, Kec. Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai 20.00 WIB

9. Toko Pusat Oleh-Oleh Kediri 99

Toko pusat oleh-oleh Kediri 99 bisa menjadi pilihan bagi Sedulur yang ingin membeli aneka makanan khas Kediri. Toko ini menawarkan banyak pilihan oleh-oleh makanan khas Kediri yang lengkap. Toko 99 menawarkan produk seperti getuk pisang, stik tahu, tahu krispi, tahu kuning, kopi brontoseno, tahu takwan, coklat, dan masih banyak lagi.

Di sini Sedulur punya kesempatan untuk menyaksikan dan mencicipi proses pembuatan tahu secara langsung.

  • Alamat: Jalan Tinalan, Pesantren 4 Barat Nomor 5, Kota Kediri
  • Jam buka: Buka setiap hari mulai pukul 06.00 WIB hingga 21.00 WIB

10. Tahu Takwa Bah Kacung Cakrawijaya

Kediri dikenal sebagai kota tahu yang merupakan kota penghasil tahu terbesar di Jawa Timur. Oleh karena itu, kurang lengkap rasanya jika berwisata ke Kediri tanpa membeli oleh-oleh tahu kering legendaris untuk orang tercinta di rumah. Salah satu olahan tahu yang perlu Sedulur coba adalah tahu takwa. 

Tahu kuning dengan rasa yang unik ini sangat digemari oleh masyarakat lokal maupun luar daerah. Tahu takwa ini bisa Sedulur temukan salah satunya di Tahu Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang juga sangat populer. Di sini Sedulur disuguhi tahu takwa yang terkenal enak, berkualitas, dan tahan lama. 

Jadi Sedulur bisa membawanya pulang meski rumah Sedulur jauh. Selain tahu, di toko ini Sedulur juga bisa menemukan sambel pecel dengan rasa yang nikmat. Selain tahu takwa dan sambal pecel, di sini juga ada tahu pong yang nggak kalah enak.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo No.59, Pakelan, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 18.00 WIB

11. Toko Oleh-Oleh Khas Kediri Tahu Takwa POO (Toko Oen)

Jika Sedulur ingin membeli oleh-oleh dari pusat oleh-oleh Kediri yang legendaris, toko ini salah satu yang patut Sedulur kunjungi. Di sini Sedulur tidak hanya bisa menemukan tahu, tapi juga masih banyak oleh-oleh khas Kediri lainnya.

Berdiri sejak tahun 1999, toko ini menarik banyak perhatian pengunjung karena popularitasnya. Beragam kuliner khas Kediri yang berkualitas dan lezat akan Sedulur temukan. Kualitas oleh-oleh di sini tidak perlu diragukan lagi karena sudah terbukti eksistensinya selama ini.

Karena tempatnya terkenal, Sedulur bisa menemukannya dengan mudah. Jadi, tertarik untuk membeli oleh-oleh dari tempat ikonik legendaris ini?

  • Alamat: Jalan Yos Sudarso No. 92, Kota Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 07.00 WIB sampai 20.00 WIB

12. Toko Getuk Pisang Barik Lana

pusat oleh-oleh kediri
Unsplash/Markus Winkler

Jika Sedulur pecinta pisang, toko ini wajib dikunjungi. Karena di sini Sedulur bisa menemukan enaknya olahan pisang khas Kediri yaitu getuk pisang. Getuk ini berbeda dengan getuk biasa karena berbahan dasar pisang, bukan singkong.

Karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang lembut, banyak masyarakat lokal maupun mancanegara yang menikmati getuk di kedai Pisang Barik Lana. Selain tahan lama, makanan ini juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Kediri.

Harga getuk pisang di toko ini juga sangat terjangkau tergantung banyaknya getuk pisang yang Sedulur beli.

  • Alamat: Jalan Kertoyudo, Desa Jatisari, Kepung, Kediri, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 08.00 WIB sampai 20.00 WIB

Itulah tadi rekomendasi pusat oleh-oleh Kediri yang wajib Sedulur coba. Datang ke sini Sedulur akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan oleh-oleh untuk orang tercinta di rumah.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.