15 Rekomendasi Pusat Oleh-oleh Batu Terlengkap dan Murah

Kota Batu merupakan salah satu destinasi populer di Jawa Timur yang dikenal karena keindahan alam dan beragam objek wisatanya. Jadi tak heran jika kota ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Saat berlibur ke sini, jangan sampai lewatkan kesempatan untuk berkunjung ke pusat oleh oleh Batu.

Ya, membeli oleh-oleh khas sebagai kenang-kenangan atau hadiah bagi keluarga di rumah telah menjadi hal yang wajib ketika Sedulur liburan. Dengan begitu, orang-orang tersayang yang tidak ikut datang ke Batu tetap bisa merasakan sekeping keindahan dan ciri khasnya.

Nah, agar tidak pulang dengan tangan kosong dan membuat keluarga kecewa, berikut beberapa pusat oleh oleh Batu yang wajib untuk Sedulur kunjungi!

BACA JUGA: Rekomendasi 6 Toko Kue Lumpur Terpopuler di Sidoarjo

1. Brawijaya Istana Oleh – Oleh

pusat oleh oleh probolinggo
Pexels/Sevval Kaynak

Sedang mencari tempat oleh-oleh sekaligus tempat istirahat? Brawijaya Istana Oleh-Oleh adalah pilihan yang sempurna untuk memenuhi kebutuhan Sedulur. Pusat oleh oleh Batu ini tidak hanya menyediakan berbagai macam souvenir serta makanan khas Batu, namun juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

Mulai dari mushola, kamar mandi, dan juga restoran. Selain itu, Brawijaya Istana Oleh-Oleh menawarkan ruang tunggu outdoor yang nyaman, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai sejenak. Tempat ini menjadi destinasi yang tidak boleh dilewatkan ketika Sedulur berkunjung ke Kota Wisata Batu.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.86, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 07.00 WIB – 21.00 WIB

2. Harum Manis Oleh-oleh Khas Batu

Harum Manis adalah toko oleh-oleh yang terletak dekat dengan Jatim Park 3. Lokasinya yang strategis, membuatnya cukup mudah untuk diakses. Walau ukurannya tidak terlalu besar, pusat oleh oleh Batu ini menawarkan berbagai macam oleh-oleh yang cukup lengkap.

Di Harum Manis, Sedulur bisa menemukan berbagai produk mulai dari mainan, wingko, permen, souvenir, keripik buah, sambal pecel, hingga minuman teh dan wedang tradisional. Tidak usah khawatir, semua produk ini tersedia dengan harga yang relatif terjangkau.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.48, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu
  • Jam buka: 07.00 WIB – 21.00 WIB

3. Paradise Center Point Oleh Oleh

Berikutnya ada Paradise Center Point Oleh Oleh, pusat oleh oleh Batu yang juga menjadi tempat istirahat, transit, nongkrong, hingga makan. Tempat ini sangat luas dan dilengkapi dengan fasilitas lengkap, sehingga sangat cocok bagi rombongan besar yang ingin singgah serta istirahat sejenak.

Di sini, Sedulur bisa menemukan berbagai macam souvenir dan oleh-oleh khas Kota Wisata Batu. Paradise Center Point Oleh Oleh juga memiliki rooftop yang ideal untuk makan atau sekedar nongkrong dengan pemandangan alam Kota Batu yang menawan dari ketinggian.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.5 B, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 08.30 WIB – 21.30 WIB

4. The Java Oleh-Oleh Khas Kota Batu

Tentu saja oleh-oleh dari Kota Wisata Batu tidak hanya terbatas makanan saja. Terdapat pusat oleh oleh Batu bernama The Java Oleh-Oleh Khas Kota Batu, yang menawarkan berbagai macam souvenir, cinderamata, tas, topi, kaos, dan banyak lagi di.

Bagi Sedulur yang tertarik untuk menikmati camilan khas Batu, The Java juga menyediakan berbagai pilihan kue dan snack. Sementara itu, produk yang paling populer dari toko ini adalah kaos berkualitas premium dengan harga yang terjangkau

  • Alamat: Jl. Patimura No.32, Temas, Kec. Batu, Kota Malang
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

5. Royal Ole2 (Pusat Oleh Oleh Modern Batu)

Royal Ole2 (Pusat Oleh-Oleh Modern Batu) merupakan salah satu pusat oleh oleh Batu terbaik. Toko ini menawarkan berbagai macam makanan, souvenir, dan cenderamata khas dari daerah ini. Selain itu, Royal Ole2 terkenal dengan banana strudelnya yang sangat lezat.

Sedulur juga bisa menikmati hidangan di Royal Resto 360, restorannya yang menyajikan pemandangan Kota Batu yang menakjubkan. Berbagai produk yang ditawarkan di sini memiliki harga yang sangat terjangkau, menjadikannya tempat yang ideal untuk berbelanja oleh-oleh dan menikmati kuliner.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.112, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

6. Batu Paradise Factory Outlet

pusat oleh oleh batu
Unplash/Dmitrii Eliuseev

Salah satu pusat perbelanjaan terkemuka di kawasan Batu adalah Batu Paradise Factory Outlet. Selain menyediakan berbagai oleh-oleh dan souvenir, pusat oleh oleh Batu ini juga menawarkan peralatan rumah tangga, pakaian, serta berbagai produk lainnya.

Batu Paradise Factory Outlet juga menjadi pilihan yang tepat untuk staycation di Kota Batu. Hal ini karena terdapat hotel dengan fasilitas kolam renang. Lokasinya pun sangat strategis, berada dekat dengan beberapa destinasi wisata populer di Kota Batu

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.6, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 09.00 WIB – 20.30 WIB

7. Pusat Oleh Oleh Malang Buah Tangan

Instagramable, itulah kata yang paling cocok untuk mendeskripsikan interior dari Pusat Oleh-Oleh Malang Buah Tangan. Di tempat ini, Sedulur juga akan menemukan restoran di lantai tiga yang menawarkan pemandangan Kota Batu yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas di pusat oleh oleh Batu ini juga sangat lengkap, mencakup mushola, toilet, restoran, dan area parkir yang luas. Pilihan oleh-oleh yang tersedia pun beragam, mulai dari pakaian, makanan, aksesori, hingga souvenir. Semuanya ditawarkan dengan harga yang bervariasi.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno No.374, Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

8. KenDEDES Pusat Oleh-Oleh Batu Malangbong

Berencana membawa pulang banyak oleh-oleh khas Kota Batu untuk keluarga atau teman-teman di rumah? KenDEDES Pusat menjadi pusat oleh oleh Batu yang wajib Sedulur kunjungi, karena menawarkan harga yang terbilang sangat terjangkau.

Produk yang tersedia juga sangat lengkap, dan pasti akan membuat Sedulur ingin membeli semuanya. Dengan pemandangan area persawahan yang indah dan kolam ikan yang menenangkan, KenDEDES menyediakan restoran yang menyajikan berbagai pilihan makanan tradisional yang lezat.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.54, RT.03/RW.02, Mojorejo, Kec. Junrejo, Kota Batu
  • Jam buka: 07.00 WIB – 22.00 WIB

9. Malang Strudel Batu

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Batu adalah Malang Strudel Batu. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah ditemukan. Di sini, Sedulur bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Malang, mulai dari makanan kering hingga kue basah.

Selain itu, toko ini juga menawarkan beragam souvenir dan cenderamata seperti pernak-pernik, baju, daster, aksesoris, dan banyak lagi lainnya. Malang Strudel Batu tidak hanya menyediakan makanan lezat, tetapi juga berbagai barang unik yang cocok untuk dijadikan kenang-kenangan untuk keluarga dan teman.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.111, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

10. KIRANGAN Oleh-oleh & Restoran

KIRANGAN Oleh-oleh & Restoran adalah destinasi yang sangat direkomendasikan ketika Sedulur berkunjung ke Kota Batu. Dengan suasana yang bersih dan asri, tempat ini menawarkan kenyamanan yang optimal untuk beristirahat sejenak sambil menikmati hidangan di restorannya.

Sedulur dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas seperti keripik buah, minuman khas Malang, coklat lokal, bolu lapis, strudel Malang, dan juga aneka souvenir serta aksesori. Selain itu, harga yang ditawarkan cukup terjangkau.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno, Junrejo, Mojorejo, Rejoso, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

BACA JUGA: 12 Pusat Oleh-Oleh Kediri Terbaik dan Terlengkap, Wajib Mampir!

11.Pasar Apung Kota Batu

pusat oleh oleh batu
Unsplash/Mike Swigunski

Mengunjungi kota Batu terasa kurang lengkap tanpa singgah ke Museum Angkut. Selain menikmati koleksi kendaraan yang beragam, Sedulur juga dapat mengunjungi Pasar Apung yang berada dalam satu kompleks dengan museum.

Pasar Apung Batu sendiri menawarkan berbagai kuliner khas Batu serta berbagai souvenir dan pernak-pernik unik. Di pusat oleh-oleh ini, Sedulur akan merasakan pengalaman belanja yang menarik dengan konsep pasar tradisional yang mengapung di atas air.

  • Alamat: Jl. Terusan Sultan Agung No.2, Ngaglik, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 11.30 WIB – 20.00 WIB

12. Deduwa Pusat Oleh-Oleh

Deduwa adalah destinasi utama oleh-oleh di Kota Batu yang selalu ramai dan menjadi favorit bagi para wisatawan. Keberadaan parkiran yang sering dipenuhi oleh bus wisata menandakan popularitas tempat ini di kalangan pengunjung.

Selain sebagai tempat yang ideal untuk beristirahat sejenak setelah perjalanan panjang dan mengendurkan otot-otot yang tegang, Deduwa juga menawarkan berbagai pilihan belanja. Sedulur juga bisa menemukan beragam makanan ringan, oleh-oleh khas Malang, serta cinderamata dengan harga yang bersahabat.

  • Alamat: Jl. Indragiri No.02, Pesanggrahan, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

13. Pasar Buah Dewi Sri

Oleh-oleh tidak selalu berupa souvenir maupun barang-barang khas dari tempat yang dikunjungi. Sedulur juga bisa membawa pulang buah-buahan khas dari kota wisata sebagai buah tangan. Misalnya, apel Malang yang merupakan salah satu buah khas dari Batu Malang.

Nah, Sedulur dapat membeli apel Malang dengan harga yang terjangkau dan kualitas terbaik di Pasar Buah Dewi Sri. Selain apel, pasar ini juga menawarkan berbagai jenis buah-buahan, sayuran, dan tanaman hias yang dapat ditemukan dengan mudah.

  • Alamat: Jl. Abdul Manan, Pujon, Kota Batu
  • Jam buka: 24 jam

14. Pusat Oleh-Oleh Kirangan

Toko Oleh-Oleh Kirangan merupakan destinasi belanja yang ideal untuk mencari oleh-oleh setelah menikmati liburan di Kota Batu. Toko ini menyediakan berbagai macam oleh-oleh, dengan opsi paket, harga, dan juga kemasan yang beragam untuk memudahkan Sedulur dalam memilih.

Keberadaan toko ini sangat strategis, karena hanya berjarak sekitar 200 meter dari objek wisata Jatim Park 3. Dengan begitu, maka pusat oleh oleh Batu ini sangat mudah untuk diakses setelah Sedulur selesai berwisata.

  • Alamat: Jl. Ir. Soekarno, No. 379, Junrejo, Kota Batu
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

15. Batu Paradise Factory Outlet

Terakhir ada Batu Paradise Factory Outlet, pusat oleh oleh Batu yang sangat diminati baik oleh wisatawan maupun penduduk lokal. Outlet ini dikenal karena menawarkan berbagai produk dengan harga yang bersahabat.

Di Batu Paradise, para pengunjung dapat menemukan berbagai macam barang, mulai dari pakaian dan aksesoris hingga produk-produk lainnya, semua dengan kualitas yang memuaskan.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.6, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu
  • Jam buka: 09.00 WIB – 21.00 WIB

Dengan berbagai pilihan pusat oleh-oleh yang tersedia di Batu, Sedulur tidak akan kesulitan menemukan buah tangan yang unik dan berkualitas untuk dibawa pulang. Semoga rekomendasi pusat oleh oleh Batu di atas dapat membantu Sedulur untuk menyempurnakan kunjungan di Kota Batu!