oleh oleh pasuruan

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, Pasuruan juga menyediakan beragam oleh-oleh khas yang menggugah selera. Bagi para wisatawan yang berkunjung, membawa pulang oleh oleh Pasuruan merupakan suatu keharusan.

Oleh oleh Pasuruan sendiri juga bukan hanya sekadar makanan atau souvenir, namun juga cerminan budaya dan tradisi lokal yang kaya. Tentu saja hal ini bisa menjadikannya sebagai kenangan manis dari perjalanan ke kota yang menawan ini.

Dengan begitu, maka Sedulur tidak akan pernah lupa dengan kunjungan yang dilakukan ke Pasuruan. Baik itu untuk berlibur, bekerja, belajar, maupun keperluan yang lainnya, dijamin pengalaman yang didapatkan akan terasa sangat berkesan.

BACA JUGA: 12+ Jajanan Kering Khas Surabaya, Cocok untuk Oleh Oleh

Rekomendasi Oleh-Oleh Pasuruan

Nah, bagi Sedulur yang sedang berkunjung atau berlibur ke Pasuruan, jangan sampai lupa untuk membawa pulang oleh-oleh seperti yang ada di bawah ini!

1. Bipang Jangkar

oleh oleh pasuruan
Unsplash/Towfiqu

Bipang Jangkar merupakan salah satu camilan khas Pasuruan yang terkenal. Oleh oleh Pasuruan ini terbuat dari beras ketan yang diolah menjadi snack renyah dengan rasa manis yang khas. Bipang Jangkar sangat cocok dijadikan oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang cukup lama dan kemasan yang praktis.

  • Harga: Rp15.000 hingga Rp30.000 per bungkus

2. Ikan Lempuk Crispy

Ikan Lempuk Crispy adalah olahan ikan yang digoreng hingga kering dan renyah. Berbeda dengan keripik ikan biasa, Ikan Lempuk Crispy memiliki tekstur lebih ringan dan rasa yang gurih. Produk ini menggunakan ikan segar yang diolah dengan bumbu rempah khas, memberikan cita rasa yang unik dan lezat.

  • Harga: Rp25.000 hingga Rp50.000 per bungkus

3.  Permen Jahe Sin A

Permen tradisional yang terbuat dari jahe segar, menghasilkan rasa pedas manis yang khas pada Permen Jahe Sin A. Permen ini tidak hanya enak, tetapi juga memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu meredakan tenggorokan dan menghangatkan tubuh.

  • Harga: Rp10.000 hingga Rp20.000 per bungkus

4.  Roti Matahari

Sudah ada sejak tahun 1955, Roti Matahari berbentuk roti sisir dengan tekstur yang renyah di bagian luar namun lembut di dalam. Isian dari roti ini sangat bervariasi, mulai dari keju, cokelat, dan lain sebagainya. Bisa dibilang jika Roti Matahari menjadi oleh oleh Pasuruan yang wajib dibawa pulang ke rumah.

  • Harga: Rp15.000 hingga Rp30.000 per bungkus

5.  Kopi Bubuk Kaspandi

Bagi para pecinta kopi, Kopi Bubuk Kaspandi merupakan oleh-oleh yang wajib dibawa pulang dari Pasuruan. Kopi ini dikenal dengan aroma yang kuat dan cita rasa yang khas, hasil dari biji kopi pilihan yang diproses secara tradisional. Dengan kemasan yang menarik, kopi ini sangat cocok sebagai buah tangan.

  • Harga: Rp30.000 hingga Rp50.000 per kemasan

BACA JUGA: 20 Daftar Oleh-Oleh Khas Probolinggo, Wajib Dibawa Pulang!

6. Sirup Pokak “Bu Endang”

oleh oleh pasuruan
Unsplash/Nadine Primeau

Sirup Pokak “Bu Endang” adalah minuman tradisional khas Pasuruan yang terbuat dari campuran berbagai rempah seperti jahe, kayu manis, dan berbagai rempah lainnya. Dengan rasa yang unik dan aromatik, minuman ini terkenal akan khasiatnya yang dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan.

  • Harga: Rp15.000 hingga Rp25.000 per botol

7. Sirup Djamoe Kebonagung

Terbuat dari berbagai bahan alami seperti temulawak, kunyit, dan asam jawa, Sirup Djamoe Kebonagung merupakan produk herbal yang kaya akan manfaat kesehatan. Oleh karena itu, membawa pulang sirup ini sebagai oleh-oleh tidak hanya memberikan kenikmatan rasa, tetapi juga manfaat bagi kesehatan.

  • Harga: Rp20.000 hingga Rp35.000 per botol

8. Klepon Gempol

Klepon Gempol adalah oleh oleh Pasuruan berupa jajanan yang terbuat dari tepung ketan dengan isian gula merah, kemudian dibalut dengan kelapa parut. Kelezatan klepon ini terletak pada perpaduan rasa manis dari gula merah yang meleleh di mulut dan tekstur kenyal dari tepung ketan.

  • Harga: Rp10.000 hingga Rp20.000 per bungkus

9. Keciput Mini

Selain klepon, Keciput Mini juga menjadi oleh-oleh khas Pasuruan yang tidak boleh dilewatkan. Keciput Mini adalah camilan renyah yang terbuat dari adonan tepung ketan, telur, dan wijen. Bentuknya yang kecil dan bulat membuatnya mudah dinikmati sebagai camilan sehari-hari.

  • Harga: Rp5.000 hingga Rp10.000 per bungkus

10. Manisan Mangga

Manisan Mangga merupakan oleh-oleh lainnya yang menjadi andalan Pasuruan. Mangga yang digunakan biasanya adalah mangga muda yang dipotong tipis dan direndam dalam larutan gula. Hasilnya adalah manisan yang memiliki rasa manis dan asam yang segar, cocok untuk dinikmati saat cuaca panas.

  • Harga: Rp20.000 hingga Rp40.000 per kemasan

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Situbondo Paling Favorit

11. Kue Bidaran Keju

oleh oleh pasuruan
Freepik/Azerbaijan_stockers

Kue Bidaran Keju adalah camilan yang populer di Pasuruan. Terbuat dari adonan tepung yang dicampur dengan keju, kue ini digoreng hingga renyah. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah menjadikan kue bidaran keju favorit banyak orang. Kue ini cocok dijadikan oleh oleh Pasuruan karena tahan lama.

  • Harga: Rp15.000 hingga Rp25.000 per bungkus

12. Kue Satru

Berikutnya ada Kue Satru, kue tradisional Pasuruan yang dibuat dari bahan dasar ketan yang dibentuk seperti kue jajanan pasar secara umum. Kemudian kue yang satu diolesi dengan kelapa parut yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan gula merah cair.

  • Harga: Rp10.000 hingga Rp20.000 per bungkus

13. Bordir

Selain makanan, Pasuruan juga terkenal dengan kerajinan bordirnya yang indah. Bordir Pasuruan dikenal dengan detail yang rumit dan desain yang elegan, sering digunakan untuk menghias busana tradisional, kebaya, dan aksesori lainnya.

  • Harga: Dijual per meter dengan harga ratusan ribu

Pasuruan menawarkan berbagai oleh-oleh yang mencerminkan kekayaan budaya. Mulai dari Bipang Jangkar yang renyah, Kue Satru yang manis, hingga kerajinan bordir yang memukau, setiap oleh oleh Pasuruan ini membawa cerita dan kenangan dari kota tersebut.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!