oleh oleh khas tulungagung

Tulungagung merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terletak di sebelah barat daya kota Surabaya. Dikenal sebagai kota penghasil marmer terbesar sekaligus terbaik di Indonesia, ternyata Tulungagung juga menyimpang banyak kuliner menarik. Beruntung kuliner-kuliner ini bisa Sedulur bawa pulang karena banyak oleh-oleh khas Tulungagung yang memiliki daya tahan lama.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas daftar oleh oleh Tulungagung yang bisa jadi buah tangan Sedulur ketika berkunjung ke Tulungagung. Yuk, kita simak!

BACA JUGA: Resep Sambal Wader, Khas Mojokerto yang Pedasnya Nendang

1. Kue sagon

oleh oleh khas tulungagung
TravelingYuk

Oleh oleh khas Tulungagung yang pertama adalah Kue Sagon, saking terkenalnya, Sedulur bisa mendapatkan kue ini di berbagai wilayah Pulau Jawa. Kue ini begitu populer di Indonesia karena memiliki citra rasa yang enak, gurih dan manis serta aromanya juga wangi. Bahan dasar kue sagon ini menggunakan tepung ketan, kelapa dan tepung sagu. Untuk harga kue sagon dibanderol sekitar Rp 10.000/bungkus. Harga tersebut sangat murah dan seimbang dengan rasa kue sagon khas Tulungagung.

2. Gethuk pisang

Salah satu oleh oleh khas Tulungagung yang paling terkenal adalah gethuk pisang. Makanan khas Jawa Timur ini memiliki rasa yang begitu khas dan lezat. Bahan dasar dari gethuk pisang sendiri asli terbuat dari pisang ambon yang mudah diperoleh. Untuk harga gethuk pisang tersebut dibanderol cukup terjangkau, berkisar Rp 7.000/bungkus.

3. Jenang syabun

Resep Hidangan

Oleh oleh khas Tulungagung ini memang mirip seperti dodol. Bahan utama untuk membuat jenang syabun asli dari beras ketan. Untuk cita rasa jenang syabun begitu legit dan manis yang memiliki tektur yang sangat lembut. Jenang syabun ini juga memiliki istilah nama lain yakni jenang licin. Dikatakan jenang licin karena bentuk dan juga permukaan jenang ini begitu halus dan licin.

4. Kerupuk rambak asli Tulungagung

Kerupuk rambak merupakan makanan ringan yang paling populer dikalangan masyarakat Indonesia. Nah, di Tulungagung sendiri makanan ringan yang terbuat asli dari kulit kerbau atau kulit sapi ini juga sering dibawa pulang oleh wisatawan yang sedang berkunjung ke Tulungagung untuk oleh-oleh atau buah tangan.

5. Kue geti atau enting-enting kacang

Sedulur suka makanan ringan yang terbuat dari kacang? Kue Geti sangat pas untuk Sedulur rasakan. Geti atau enting-enting kacang merupakan sejenis makanan ringan dengan bahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan wijen

6. Ledre pisang

makanan khas tulungagung
Pinterest

Ledre pisang sebenarnya makanan ini asalnya dari daerah Bojonegoro, tetapi ternyata di Tulungagung juga terdapat pusat produksi Ledre Pisang yang nikmat. Selain oleh oleh khas Tulungagung ledre pisang, ternyata ada juga ledre coklat di Tulungagung. Makanan khas ini sebenarnya hampir sama dengan kue semprog yang memiliki bentuk kotak atau stick roll.

7. Kacang atom

Sedulur pasti sudah pernah merasakan camilan kacang atom bukan? Namun kacang atom khas Tulungagung dipastikan memiliki cita rasa yang beda. Hal ini dikarenakan bahan-bahan yang dibuat asli dari kacang pilihan, bawang putih, tepung dan juga garam yang pas sesuai takaran untuk menciptakan rasa yang gurih dan renyah pada kacang atom khas Tulungagung ini. Untuk harga dibanderol sangat murah, sekitar Rp 5.000/bungkus, tetapi tergantung besarnya bungkus kacang atom tersebut.

8. Manisan

oleh oleh khas tulungagung
KapanLagi

Manisan adalah salah satu oleh oleh khas Tulungagung. Camilan ini merupakan kuliner yang memiliki rasa manis dengan tabur wijen dan terbuat dari bahan asli jahe pilihan, gula serta tepung pilihan. Hal ini dikarenakan selain rasanya yang legit dan nikmat, manisan Tulungagung ini dibanderol murah meriah sekitar Rp 7.500/bungkus.

9. Manco

Apakah Sedulur sudah pernah merasakan manco? Manco merupakan camilan yang terbuat dari tepung ketan, gula jawa, taburan beras sangrai atau wijen. Cita rasa manco khas Tulungagung pastinya berbeda jauh dengan manco-manco yang ada di daerah lainnya. Untuk masalah harga jangan khawatir, karena manco khas Tulungagung ini dibanderol murah Rp 7.500/bungkus.

10. Madumongso

Oleh oleh khas Tulungagung selanjutnya adalah adalah yang paling populer, yaitu madumongso. Tentu Sedulur pernah merasakan makanan tersebut bukan? Camilan khas Tulungagung ini terbuat asli dari ketan putih, ketan hitam pilihan, madu, ragi, gula dan kelapa. Untuk rasa madumongso khas Tulungagung begitu legit dan manis.

BACA JUGA: 50+ Tempat Wisata Tulungagung Hits, Seru, dan Terbaru 2023

11. Capar tape

pecel tape
Pikiran Rakyat

Dikenal pula dengan nama tape pecel, makanan ini merupakan salah satu kekayaan kuliner Tulungagung yang pantas untuk Sedulur. Capar tape terbuat dari singkong yang telah difermentasi, atau yang lebih dikenal dengan tape. Oleh oleh khas Tulungagung ini diperkaya dengan tambahan kecambah yang telah direbus dan dilengkapi dengan sambal kacang yang khas.

12. Sredek

Sredek merupakan kuliner sekaligus oleh oleh khas Tulungagung. Sredek menyuguhkan kelezatan yang sulit dilupakan. Dibuat dari gethuk ketela putih yang kemudian goreng hingga garing, camilan ini menawarkan kombinasi rasa dan tekstur yang memikat. Untuk menambah kelezatannya, Sredek biasa dinikmati bersama tempe goreng yang renyah dan cabai merah yang memberikan sensasi pedas.

13. Brondong ketan

Ipang atau yang juga dikenal dengan nama Brondong Ketan, bukan sekedar jajanan tradisional sekaligus oleh oleh khas Tulungagung, namun juga bagian dari warisan kuliner Tulungagung yang telah menghiasi palet rasa masyarakat sejak tahun 80an. Dengan teksturnya yang kering dan halus,

14. Kerupuk gadung

Tak hanya terkenal dengan kerupuk berbasis seafood seperti ikan atau udang, Tulungagung juga memiliki kebanggaan khusus pada kerupuk gadung. Dibuat dari gadung, umbi khas Pulau Jawa, kerupuk ini menawarkan rasa dan tekstur yang berbeda dari kerupuk pada umumnya.

15. Cimplung

Cimplung singkong
Pikiran Rakyat

Terakhir adalah Cimplung yang merupakan makanan khas Tulungagung yang dibuat dari ketela atau singkong. Setelah dikupas dan dicuci hingga bersih, singkong tersebut kemudian dimasak dalam wajan besar yang biasa digunakan untuk mengolah gula Jawa.  Hasil akhirnya adalah makanan dengan rasa manis yang khas dan legit.

Nah, itulah daftar oleh oleh Tulungagung yang bisa jadi rekomendasi Sedulur dan dibeli sebagai cinderamata. Semoga penjelasan di atas bisa memudahkan Sedulur untuk membeli berbagai oleh-oleh khas Tulungagung!