oleh-oleh khas situbondo

Situbondo memiliki cukup banyak oleh-oleh unik yang bisa dibawa pulang. Namun, bagi Sedulur yang baru pertama kali berlibur ke sana tentu akan sedikit kebingungan memilih oleh-oleh khas Situbondo apa yang cocok untuk dibeli. Padahal ada banyak pilihan mulai dari bidang kuliner hingga kerajinan pernak-pernik khas Kota Santri Pancasila itu.

Banyaknya jenis oleh-oleh khas Situbondo sendiri tidak lepas dari kehidupan sosial masyarakatnya. Misalnya adalah mayoritas penduduknya yang merupakan masyarakat keturunan Jawa dan Madura dengan profesi nelayan sebagai pekerjaan utama. Alhasil oleh-oleh dengan nuansa laut jadi salah satu yang paling banyak dijumpai.

Nah, apabila Sedulur penasaran dan bingung mencari rekomendasi oleh-oleh yang tepat. Kali ini, kami akan memberikan beberapa pilihan oleh-oleh khas Situbondo yang wajib banget untuk dibawa pulang ke rumah. Jadi simak seksama ya!

BACA JUGA: 30 Pilihan Cafe di Situbondo yang Lagi Hits dan Instagramable

1. Rengginang Cumi

oleh-oleh khas situbondo
Unsplash/Jelleke Vanooteghem

Kalau di Situbondo, rengginangnya beda, yakni rengginang cumi. Rengginang khas Situbondo ini dibuat di daerah yang merupakan sentra rengginang, yakni Desa Gelung, Kecamatan Panarukan, Situbondo.

Seperti rengginang biasa, rengginang cumi terbuat dari beras ketan yang dikeringkan. Proses pembuatan Rengginang cukup diisi dengan cairan hitam atau tinta yang berasal dari cumi-cumi lalu juga daging cumi yang dihaluskan. Lalu campur dengan bawang putih, garam dan bumbu halus. 

Bahan-bahan tersebut kemudian dicampur dengan ketan yang sudah dimasak. Setelah tercampur, lalu dibentuk bulat-bulat. Proses selanjutnya, adonan rengginang yang dibentuk lalu dijemur di bawah terik matahari selama beberapa hari.

Rengginang cumi Situbondo sudah banyak peminatnya dan menjadi ikon kuliner di sana. Cocok untuk oleh-oleh keluarga yang bisa Sedulur dapatkan di berbagai toko oleh-oleh di Situbondo.

2. Mangga

Situbondo terkenal dengan kualitas buah mangganya yang bagus. Dagingnya yang tebal dan rasanya yang manis bahkan banyak dicari konsumen mancanegara. Oleh karena itu, oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan di Situbondo adalah buah mangga.

Petani Situbondo menghasilkan buah mangga yang beragam, salah satunya adalah mangga arum manis. Mangga dengan kualitas terbaik, lebih unggul dari mangga arum manis yaitu mangga madu. Kedua jenis mangga ini memiliki rasa yang sangat nikmat dan daging buah yang enak.

Rasa mangga yang nikmat berasal dari pemilihan benih terbaik dan perawatan yang tepat. Selain itu, letak geografis Situbondo yang tanahnya biasanya kering, memberikan peluang yang sangat baik untuk menanam pohon mangga. Oleh karena itu, mangga yang ditanam di Situbondo dapat tumbuh dengan baik.

3. Manisan Kelapa

Manisan kelapa Situbondo bisa dengan mudah Sedulur temukan di toko oleh-oleh. Manisan kelapa biasanya dikemas dalam kantong plastik bening sehingga terlihat irisan kelapa yang dilapisi gula berwarna. Jika membeli manisan kelapa sebagai oleh-oleh, keluarga yang menunggu pasti akan senang dengan kenangan manis tersebut.

Kelapa merupakan salah satu komoditas penting bagi warga Situbondo, maka tak heran jika melihat berbagai olahan kelapa di Situbondo. Salah satunya adalah manisan kelapa. Manisan ini dibuat dari bahan-bahan yang cukup sederhana yaitu kelapa setengah matang, gula pasir, air, dan pewarna makanan. 

4. Tape Sorgum

Tape Sorgum menjadi oleh-oleh yang wajib dimiliki saat berkunjung ke Situbondo. Namun, mungkin terdengar asing di telinga kamu. Padahal rasa dari tape ini tidak kalah enak rasa dari tape lainnya. Hingga saat ini pemerintah Situbondo terus mempopulerkan tape Sorgum sehingga semakin dikenal di luar Situbondo.

Tape Sorgum terbuat dari biji sorgum yang diproses dengan cara fermentasi. Mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui tentang sorgum sebagai makanan hewan ternak. Faktanya, banyak masyarakat di seluruh dunia yang memanfaatkan biji sorgum sebagai makanan pokok. Pasalnya, biji sorgum tergolong tinggi karbohidrat.

Di saat yang sama, banyak petani di Situbondo yang menanam dan membudidayakan sorgum secara lestari. Artinya benih sorgum merupakan salah satu hasil pertanian yang sangat penting bagi masyarakat Situbondo. Oleh karena itu, pengolahan sorgum menjadi tape dapat menjadi ikon baru Kabupaten Situbondo, sesuai harapan pemerintah setempat.

BACA JUGA: Sejarah dan Resep Gethuk Pisang Kediri

5. Kerajinan Kerang

oleh-oleh khas situbondo
Unsplash/Federica Giusti

Oleh-oleh selanjutnya yang patut Sedulur beli adalah kerajinan kerang. Situbondo terkenal dengan biota lautnya yang melimpah, termasuk berbagai jenis kerang. Masyarakat setempat kemudian memanfaatkannya untuk kerajinan tangan yang menarik. 

Perlu diketahui bahwa cangkang yang digunakan oleh pengrajin berasal dari cangkang yang sudah tidak terpakai lagi untuk mengurangi sampah juga dapat meningkatkan keuntungan finansial masyarakat. Kerajinan kerang yang dijual seperti kalung dan gelang, patung, jam dinding, dll. Semua itu bisa Sedulur beli di toko-toko oleh-oleh di Situbondo.

6. Tajin Palappa

Jika kita melihat kembali sejarah makanan ini, Tajin Palappa merupakan makanan yang berasal dari Madura. Mengapa masakan ini menjadi ikon Kabupaten Situbondo? Jawaban dari pertanyaan di atas adalah Situbondo merupakan gabungan dari dua suku yaitu suku Jawa dan Madura.

Oleh karena itu, tidak heran jika unsur budaya Madura melekat dan mengakar kuat di masyarakat Situbondo. Tajin Palappa adalah bubur khas Situbondo. Umumnya, bubur biasanya ada ayam cincang di atas bubur.

Namun Tajin Palappa tidak seperti itu. Tajin Palappa menyajikan bubur dengan kangkung dan kacang-kacangan sebagai lauknya. Bubur tersebut kemudian direbus dengan kuah khusus yang terbuat dari saus kacang dan di atasnya diberi sayur dan bakwan.

7. Nasi Karak

Sebelum pulang dari Situbondo, Sedulur harus membeli nasi karak terlebih dahulu. Nasi karak biasanya menjadi menu makan malam warga Situbondo. Namun nasi karak bisa dijadikan oleh-oleh. Nasi ini biasanya disajikan sebagai lauk dengan ikan tongkol, oseng tempe tahu, serta di atasnya diberi kelapa parut.

Nasi yang digunakan pada nasi karak adalah nasi yang telah dimasak hingga setengah matang. Nasi setengah matang kemudian ditaburi garam. Nasi kemudian direbus kembali untuk dimasak. Tujuan penambahan garam adalah untuk mencegah nasi menggumpal saat panas atau dingin.

8. Nasi Sodu

Nasi sodu juga bisa jadi pilihan oleh-oleh. Meski tergolong makanan berat, Sedulur bisa memilih nasi sodu sebagai oleh-oleh dengan membeli nasi dan lauknya secara terpisah. Jadi keluarga dirumah tetap bisa menikmati nasi sodu khas Situbondo.

Nasi sodu disajikan dengan lauk pauk seperti ikan, sayur, sedikit sambal dan kerupuk. Rasanya yang gurih dan lezat bikin Sedulur nambah terus.

9. Keripik Kulit Ikan Kakap

Keripik kulit ikan kakap merupakan jajanan khas Situbondo. Kulit ikan kakap merah diiris tipis, lalu dicelupkan ke dalam bumbu seperti bawang putih, garam, dan merica, lalu digoreng hingga kering dan renyah. Hasilnya, rasa dan tekstur dari cemilan ini begitu renyah dengan rasa yang sangat khas.

Ini adalah favorit nyata di kalangan penduduk lokal dan wisatawan di sana. Cocok disantap dengan sambal, keripik kulit ikan kakap wajib dimiliki sebagai oleh-oleh.

10. Kopi Arabika

Situbondo dikenal sebagai salah satu sentra produksi kopi terbaik di Jawa Timur. Sedulur bisa membeli kopi yang masih dalam bentuk biji, bahkan dalam bentuk bubuk. Sebelum disangrai, biji kopi Arabika punya aroma seperti blueberry segar.

Namun saat dipanggang, aromanya lebih harum. Kopi arabika memberikan aroma wangi yang khas saat diseduh. Sangat cocok sebagai pengingat untuk menghilangkan penat.

BACA JUGA: Resep Ayam Lodho Khas Tulungagung yang Enak dan Mudah

11. Ikan Bakar Asap

resep pepes bandeng
Unsplash/Denis Agati

Ikan bakar asap merupakan makanan khas Situbondo lainnya. Bahan baku ikan yang dijual merupakan hasil laut yang diperoleh nelayan dari Laut Utara Jawa. Ikan tersebut kemudian dipanggang di atas asap dan sabut kelapa. Oleh karena itu, ikan bakar asap Situbondo dengan aroma dan rasa yang khas benar-benar berasap.

Ikan bakar asap Situbondo diolah tanpa campuran bumbu. Para pedagang bergantung pada kesegaran olahan ikannya demi cita rasa yang lezat. Proses pembakarannya tidak menggunakan api, melainkan panas dari arang tempurung kelapa.

Jika ingin mendapatkan ikan bakar asap dengan lebih mudah, Sedulur bisa pergi ke pantai Situbondo. Ada banyak penjual ikan bakar asap. Bau asap bisa dirasakan meski dari kejauhan.

12. Batik Situbondo

Batik Situbondo mempunyai ciri khas tersendiri terutama motifnya. Umumnya motif batik Situbondo merupakan motif alam khususnya alam pesisir. Tema ini dibuat dengan warna kontras dan gambar yang indah. Motif batik Situbondo banyak yang terinspirasi dari biota laut yaitu kerang. Batik Situbondo bisa dibeli untuk buang tangan orang di rumah.

Itulah tadi oleh-oleh khas Situbondo yang harus Sedulur coba. Kota ini merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan oleh-olehnya. Tak heran, karena oleh-oleh khas Situbondo ini tergolong unik dan jarang ditemukan di kota-kota sekitarnya.

Oleh karena itu, nggak kaget jika banyak orang yang sengaja berkunjung ke Situbondo untuk membeli oleh-oleh dari makanan khas hingga kerajinan tangannya. Jadi kalau Sedulur ke sini jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh, karena semua daftar tadi mudah ditemukan.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!