oleh-oleh khas magetan

Ketika menghabiskan liburan ke daerah Magetan, tentu saja ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Ya, jangan sampai Sedulur lupa untuk membawa pulang oleh-oleh khas Magetan sebagai buah tangan atas kunjungan ke daerah yang satu ini.

Magetan sendiri menyimpan berbagai macam oleh-oleh yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Mulai dari makanan hingga kerajinan tangan, Sedulur dapat menemukan sesuatu yang unik dan cocok untuk dibawa pulang bagi keluarga atau teman di rumah.

Oleh sebab itu, sebelum Sedulur pulang dari daerah ini, jangan lupa untuk membeli beberapa oleh-oleh khas Magetan berikut ini terlebih dahulu!

BACA JUGA: Resep dan Serba Serbi Tahu Lontong Khas Jawa Timur

1. Roti Endog

oleh-oleh khas magetan
Freepik/Freepik

Roti Endog menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke Magetan. Nama “endog” sendiri dalam bahasa Jawa berarti telur, yang menunjukkan bahan utama dari roti ini. Roti Endog memiliki cita rasa yang khas dengan tekstur yang lembut dan aroma yang harum.

Dibuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan bahan-bahan lainnya, roti ini sering kali dihidangkan sebagai teman minum teh atau kopi. Proses pembuatan Roti Endog yang tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat makanan tersebut.

Kelezatan Roti Endog juga terletak pada keseimbangan rasa manis dan gurih yang memanjakan lidah. oleh-oleh khas Magetan satu ini biasanya juga dikemas dalam wadah yang sederhana namun menarik, sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

2. Madu Mongso

Madu Mongso adalah oleh-oleh khas Magetan yang sangat populer. Hidangan tradisional ini terbuat dari ketan hitam yang difermentasi, kemudian dimasak dengan gula dan santan hingga menghasilkan tekstur kenyal dengan rasa manis yang benar-benar khas.

Warna cokelat kehitaman dari Madu Mongso serta aroma wangi dari proses pemasakan membuatnya begitu menggugah selera. Biasanya, Madu Mongso dibungkus dengan kertas minyak berwarna-warni yang menambah daya tariknya sebagai oleh-oleh khas Magetan.

Selain kelezatannya, Madu Mongso ternyata juga memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Fermentasi ketan hitam di dalam Madu Mongso menghasilkan probiotik alami yang baik untuk pencernaan. Kandungan ketan hitam juga kaya akan serat, vitamin, dan juga mineral yang bermanfaat bagi tubuh.

3. Kerupuk Lempeng

Kerupuk Lempeng merupakan salah satu oleh-oleh khas Magetan yang digemari oleh masyarakat lokal maupun wisatawan. Kerupuk ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih, membuatnya menjadi camilan yang pas untuk menemani berbagai hidangan.

Dibuat dari bahan-bahan sederhana, Kerupuk Lempeng menawarkan cita rasa tradisional yang khas dan otentik. Proses pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional juga menambah nilai keunikan dan keaslian produk ini.

Untuk saat ini, Kerupuk Lempeng tidak hanya dikenal di daerah Magetan saja. Akan tetapi juga sudah merambah ke berbagai kota lain di Indonesia. Namun yang paling penting, kerupuk ini sering kali dijadikan sebagai buah tangan yang wajib dibawa pulang oleh para wisatawan yang berkunjung ke Magetan.

4. Jadah

Jadah merupakan salah satu oleh-oleh khas Magetan yang tak boleh dilewatkan berikutnya. Terbuat dari campuran beras ketan dan parutan kelapa, jadah memiliki tekstur kenyal dan rasa gurih yang khas. Makanan tradisional ini sering kali disajikan sebagai teman minum dan menjadi camilan favorit warga lokal.

Keunikan jadah terletak pada bahan-bahan alami yang digunakan serta cara pembuatannya yang masih tradisional. Beras ketan yang telah direndam kemudian dikukus hingga matang, lalu dicampur dengan parutan kelapa dan sedikit garam untuk memberikan rasa gurih.

Setelah itu, adonan dipadatkan dan dipotong-potong sesuai selera. Tidak jarang, jadah juga ditambahkan taburan kelapa parut yang telah digoreng untuk menambah cita rasa dan tekstur. Tentu saja Sedulur akan sangat rugi ketika berlibur ke Magetan tanpa membeli jadah.

5. Wajik Ketan

Wajik Ketan memiliki rasa manis yang lezat dan tekstur kenyal yang khas. Terbuat dari bahan dasar beras ketan, gula kelapa, dan santan, wajik ketan diolah dengan cermat untuk menghasilkan penganan yang sempurna. Proses pembuatan makanan ini cukup lama dan membutuhkan ketelatenan.

Selain itu, citarasa khas dari wajik ketan Magetan berasal dari penggunaan bahan-bahan alami yang berkualitas. Beras ketan yang digunakan dipilih dengan hati-hati untuk memastikan tekstur yang kenyal dan lembut saat dikunyah.

Gula kelapa yang memberikan rasa manis alami dan aroma khas, serta santan yang menambahkan kelembutan dan kekayaan rasa, membuat wajik ketan Magetan menjadi camilan yang digemari banyak orang. Cara pengolahan tradisional juga mampu mempertahankan rasa autentiknya.

BACA JUGA: Kue Manco Khas Madiun yang Legit dan Wajib Dicoba

6. Jenang Candi

oleh-oleh khas magetan
Freepik/Azerbaijan_stockers

Jenang Candi adalah oleh-oleh khas Magetan yang memiliki citarasa manis dengan tekstur kenyal. Terbuat dari bahan-bahan alami seperti tepung ketan, gula merah, dan santan, jenang ini diolah dengan cara tradisional yang diwariskan secara turun-temurun.

Proses pembuatan yang memakan waktu dan kesabaran ini menghasilkan jenang dengan rasa yang autentik dan khas. Jenang Candi biasanya dipotong kecil-kecil dan dibungkus dalam daun pisang, memberikan kesan alami dan tradisional yang semakin menambah daya tariknya.

Jika Sedulur berkunjung ke Magetan, Jenang Candi adalah oleh-oleh yang wajib dibawa pulang. Kelezatannya yang otentik dan nilai budayanya yang tinggi menjadikan jenang ini sangat istimewa. Selain dinikmati sendiri, Jenang Candi juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga dan teman di rumah.

7. Jerangking

Jerangking adalah kerupuk khas Magetan yang terbuat dari kelapa parut dan beras ketan. Kerupuk ini dikenal dengan rasa gurih dan teksturnya yang renyah, yang dihasilkan dari perpaduan sempurna antara kelapa parut dan beras ketan yang digoreng hingga kering.

Selain rasanya yang lezat, Jerangking juga memiliki daya tarik dari segi kesehatan. Kombinasi kelapa parut dan beras ketan memberikan asupan nutrisi yang baik, termasuk serat dan lemak sehat dari kelapa serta karbohidrat kompleks dari beras ketan.

Pada umumnya, Jerangking tidak dibuat menggunakan bahan pengawet maupun pewarna buatan yang berbahaya, menjadikannya pilihan camilan yang lebih sehat dibandingkan kerupuk komersial lainnya. Jerangking juga cukup mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Magetan.

8. Bumbu Pecel

Rekomendasi oleh-oleh khas Magetan yang berikutnya adalah Bumbu Pecel. Bumbu Pecel Magetan terkenal karena cita rasanya yang khas dan kaya akan rempah-rempah. Makanan ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti kacang tanah, cabai, bawang putih, dan gula merah, bumbu pecel.

Perpaduan dari bahan-bahan tersebut mampu memberikan rasa gurih dan pedas yang nikmat. Selain itu, Bumbu Pecel Magetan juga memiliki aroma yang sangat menggugah selera, menjadikannya pilihan sempurna untuk dinikmati bersama aneka sayuran segar atau lontong.

Sama seperti makanan khas yang sebelumnya, Bumbu Pecel Magetan juga bebas dari bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi. Kelebihan lain dari bumbu pecel ini adalah kemasannya yang praktis dan tahan lama, menjadikannya oleh-oleh yang mudah dibawa pulang dan dinikmati kapan saja.

9. Bolu Magetan

Bolu Magetan telah lama menjadi salah satu oleh-oleh khas Magetan yang terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Kue tradisional ini terkenal dengan teksturnya yang lembut dan rasa manisnya yang menggoda. Proses pembuatannya menggunakan bahan-bahan alami dan resep turun-temurun.

Bolu Magetan juga tersedia dalam berbagai varian seperti original, pandan, atau bahkan cokelat, memungkinkan Sedulur untuk memilih sesuai dengan selera mereka. Banyak pengrajin lokal yang menghasilkan Bolu Magetan secara tradisional, menjaga keaslian dan kualitasnya.

Keunikan dan kelembutan Bolu Magetan tidak hanya membuatnya menjadi oleh-oleh yang populer di kalangan wisatawan domestik, tetapi juga mendapat apresiasi dari para wisatawan mancanegara yang mencari pengalaman kuliner yang otentik dan berkesan dari Jawa Timur.

10. Carang Mas

Berikutnya ada Carang Mas merupakan salah satu jajanan legendaris dari Magetan yang terbuat dari ubi jalar yang diparut dan kemudian digoreng hingga kering. Camilan ini tidak hanya lezat namun juga kaya akan citarasa tradisional yang menggoda selera.

Proses pembuatannya yang mengutamakan keuletan dan keahlian tangan para pengrajin lokal membuat Carang mas memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang gurih. Setiap gigitan menghadirkan kombinasi manis alami dari ubi jalar yang dikombinasikan dengan rasa gurih dari penggunaan bumbu-bumbu khas.

Selain rasanya yang nikmat, camilan ini juga memiliki daya tarik visual dengan warna keemasan yang memikat. Hal ini membuatnya menjadi pilihan favorit sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang atau dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman.

BACA JUGA: 12 Restoran di Magetan yang Murah Tapi Bikin Lidah Bergoyang

11. Emping Melinjo

oleh-oleh khas magetan
Unsplash/Negar MZ

Emping Melinjo juga menjadi salah satu oleh-oleh Magetan yang cukup populer. Dibuat dari bahan dasar melinjo yang diolah dengan teknik tradisional, emping Melinjo Magetan memiliki cita rasa yang khas dan tekstur yang renyah.

Selain sebagai camilan yang disantap secara langsung, Emping Melinjo juga terasa sangat nikmat disantap dengan kuah kaldu. Ya, keistimewaan lain dari emping Melinjo Magetan adalah kualitasnya yang terjaga dengan sangat baik.

Proses pengolahan yang mengutamakan bahan-bahan alami membuatnya lebih sehat dan terjaga keasliannya. Dengan kemasan yang menarik dan praktis, emping Melinjo ini cocok dibawa pulang sebagai kenang-kenangan yang istimewa dari perjalanan di Magetan.

12. Rengginang

Bagi Sedulur yang berkunjung ke Magetan, Rengginang bisa menjadi buah tangan istimewa. Sama seperti Rengginang pada umumnya, camilan ini terbuat dari beras yang dipadatkan dan digoreng hingga kering, menghasilkan tekstur renyah yang menggoda selera.

Kelezatan dan kerenyahan dari rengginang ini juga dipercaya dapat bertahan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini membuatnya menjadi pilihan favorit sebagai oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke Magetan.

Tidak hanya itu, keberagaman varian rengginang Magetan menambah daya tariknya. Setiap varian memiliki ciri khasnya sendiri yang menggugah selera dan memperkaya pengalaman kuliner para pengunjung.

13. Oseng-oseng Bekicot

Jika Sedulur mencari oleh-oleh khas Magetan yang unik dan tidak biasa, maka Oseng-oseng Bekicot bisa menjadi pilihan yang sangat tepat. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat dari bekicot yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Jawa Timur.

Oseng-oseng bekicot tidak hanya menjadi hidangan lezat namun juga menjadi representasi dari keahlian kuliner tradisional yang terjaga dengan baik di Magetan. Selain menjadi hidangan yang unik dan menggugah selera, oseng-oseng bekicot juga memiliki nilai historis dan budaya yang kental.

Hidangan ini tidak hanya dipandang sebagai makanan sehari-hari, tetapi juga memiliki arti simbolis dalam upacara adat dan perayaan tertentu di daerah tersebut. Pengalaman mencicipi oseng-oseng bekicot juga menjadi bagian dari petualangan kuliner yang menarik bagi wisatawan yang mengunjungi Magetan.

14. Batik Pring Sedapur

Batik Pring Sedapur merupakan salah satu kebanggaan budaya dari Magetan, Jawa Timur. Batik ini tidak hanya sekadar kain berwarna-warni, tetapi juga mengandung makna mendalam yang tercermin dari motif-motifnya yang khas.

Setiap motif pada Batik Pring Sedapur memiliki cerita dan filosofi yang dalam, mencerminkan kekayaan nilai budaya lokal Magetan. Proses pembuatannya yang memerlukan ketelatenan dan keahlian tinggi menjadikan Batik Pring Sedapur sebagai warisan budaya yang patut dilestarikan dan dijunjung tinggi.

Keunikan dari Batik Pring Sedapur tidak hanya terletak pada motifnya, tetapi juga berasal dari bahan-bahan alami yang digunakan serta teknik pembuatannya yang tradisional. Kombinasi antara teknik tradisional dan inovasi dalam desain membuat Batik Pring Sedapur sangat cocok dijadikan pilihan sebagai oleh-oleh.

15. Aneka Kerajinan Kulit

Rekomendasi oleh-oleh khas Magetan adalah aneka kerajinan kulit. Magetan sendiri terkenal dengan berbagai keahlian kerajinan kulit, menciptakan berbagai produk unggulan yang menjadi oleh-oleh khas. Salah satu produk utamanya adalah tas kulit, yang dibuat menggunakan bahan kulit berkualitas tinggi.

Tas-tas ini tidak hanya praktis dan awet, tetapi juga memiliki desain yang elegan dan sesuai dengan tren fashion saat ini. Selain tas, Magetan juga dikenal dengan pembuatan dompet kulit yang berkualitas. Dompet kulit dari Magetan tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan uang dan kartu.

Akan tetapi, juga sebagai simbol kemewahan dan keberanian dalam menjaga tradisi kerajinan tangan. Dengan sentuhan khas pengrajin lokal, dompet kulit ini sering dihargai tinggi karena keunikan desain dan keindahan bahan.

Demikian informasi seputar oleh-oleh khas Magetan yang cocok untuk dibawa pulang. Bagi Sedulur yang berkunjung ke Magetan, jangan sampai lupa untuk membawa sepotong kecil kenang-kenangan dari daerah tersebut, baik itu yang berupa makanan maupun kerajinan.

Tingginya nilai historis dan kekayaan budaya Magetan tercermin dalam oleh-oleh khasnya yang menggambarkan keindahan dan keunikan dari daerah tersebut.

Oia, ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.