oleh oleh khas kediri

Saat berkunjung ke sebuah kota untuk berwisata, tentu tidak akan pernah bisa lupa untuk membawa oleh-oleh khas kota tersebut. Begitu juga ketika Sedulur datang ke Kota Kretek, Kediri. Ada banyak sekali macam oleh-oleh khas Kediri yang tidak bisa dilewatkan untuk dijadikan buah tangan sanak saudara di rumah. Tak hanya terkenal lezat, oleh-oleh khas Kediri juga dikenal unik lho.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar oleh oleh khas Kediri yang bisa jadi rekomendasi dan pilihan Sedulur. Setelah menikmati berbagai tempat wisata menarik di Kediri, tentu saja akan lengkap ketika pulang membawa oleh-oleh. Apa saja daftar oleh oleh khas Kediri yang dimaksud? Yuk mari langsung kita cek!

BACA JUGA: 15 Oleh-oleh Khas Blitar yang Terkenal dan Paling Populer

1. Stik tahu

oleh oleh khas kediri
Cookpad

Stik tahu adalah oleh oleh khas Kediri pertama yang wajib Sedulur beli. Makanan ringan ini sangat cocok Sedulur jadikan buah tangan karena kering dan tentunya tahan lama. Camilan ini bisa bertahan hingga tiga bulan di suhu ruangan. Ada banyak toko oleh-oleh yang menjual stik tahu dengan berbagai ukuran. Harganya sendiri berbeda-beda mulai dari Rp10.000,00 tergantung ukurannya.

2. Tahu takwa

Oleh-oleh kedua yang bisa Sedulur beli di Kediri adalah tahu takwa. Tahu ini berwarna kuning alami dari kunyit dengan rasa gurih dan tekstur lembut yang khas. Sedulur bisa membelinya untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Harganya juga sangat bersahabat, hanya Rp2.000,00 per buah.

3. Coklat tahu

Selain tahu takwa, olahan tahu lain yang bisa Sedulur pilih sebagai oleh oleh khas Kediri adalah coklat tahu. Coklat ini memiliki rasa manis, legit dan gurih dengan tekstur lembut serta sensasi tambahan tahu berukuran kecil. Oleh-oleh coklat tahu khas Kediri bisa Sedulur dapatkan dengan harga Rp10.000,00 per bungkus.

4. Tahu pong

Ciri khas tahu ini terletak pada bagian dalamnya yang kopong. Karena itulah namanya menjadi tahu pong atau tahu kopong. Meski kosong dan isinya sedikit, rasa tahu ini tetap gurih asin yang pasti membuat Sedulur ketagihan. Harga sendiri sekitar Rp15.000,00 hingga Rp50.000,00 tergantung seberapa banyak Sedulur membelinya.

5. Gethuk pisang

Gethuk ini terbuat dari pisang raja dengan bungkus daun pisang. Bentuknya sekilas mirip dengan lontong atau lemper makanan khas Jawa Tengah. Rasanya manis dan sedikit asam dengan aroma khas pisang. Meski tanpa bahan pengawet, makanan ini bisa bertahan hingga dua hari. Harganya mulai dari Rp5.000,00 hingga Rp30.000,00 tergantung ukurannya.

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

6. Coklat tempe

oleh oleh khas kediri
Indozone

Selain coklat tahu, Sedulur juga bisa membeli coklat tempe. Rasa unik coklat tempe ini tidak kalah menarik dan cocok dijadikan oleh-oleh khas Kediri. Salah satu tempat produksi coklat tempe yang terkenal adalah di Desa Sambirejo, Kecamatan Gampengrejo. Harganya berbeda-beda mulai dari Rp1.000,00 hingga Rp10.000,00.

7. Carang mas

Carang mas terbuat dari ubi jalar dengan campuran gula merah. Rasanya manis, gurih serta bertekstur agak keras. Karena termasuk jajanan kering, Sedulur bisa membawanya pulang untuk keluarga di rumah. Makanan ini juga bisa bertahan hingga enam bulan. Biasanya mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp25.000,00 per bungkus tergantung ukurannya.

8. Keripik bekicot

Bekicot adalah salah satu hewan yang ada hampir di setiap daerah di Indonesia. Meski sebagian orang merasa geli ketika melihatnya, namun di Kediri bekicot menjadi makanan ringan yang terkenal. Namanya adalah keripik bekicot. Camilan ini biasa menjadi oleh-oleh khas Kediri yang wajib ada saat wisatawan pulang seusai berlibur. Harganya cukup terjangkau, mulai Rp180.000,00 per satu kilogram.

9. Sambal tumpang

Bagi Sedulur pecinta makanan pedas, maka wajib mencoba sambal tumpang. Sambal ini memiliki rasa dan aroma khas tempe bosok yang jadi bahan utamanya. Meski hasil dari makanan fermentasi, namun soal rasa berani diadu. Untuk mendapatkan sambal tumpang khas Kediri, Sedulur hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000,00 per kemasan

10. Sate emprit

Satu lagi makanan ekstrim yang wajib Sedulur coba ketika sedang berada di Kediri, yaitu sate emprit. Sate emprit memiliki citarasa yang gurih dan manis dengan bahan utama dari burung pipit. Sate ini cocok Sedulur santap bersama nasi putih hangat dan sambal tumpang.

BACA JUGA: 12 Oleh-oleh Khas Nganjuk yang Paling Dicari Pelancong!

11. Kopi tubruk berontoseno

Pexels

Kopi ini cukup terkenal di Kota Kediri dan sudah bertahan sejak tahun 1956. Kopinya pun tersedia dalam berbagai bentuk serta kemasan seperti kopi bubuk saset, kopi botol, kopi gelas dan kopi kue. Salah satu kelebihan kopi ini adalah ampasnya yang halus. Harga kopi legendaris ini pun masih terjangkau sekitar Rp20.000,00 hingga Rp50.000,00 per kemasan.

12. Kain batik khas Kediri

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki batik khasnya masing-masing. Begitu juga dengan Kediri yang memiliki batik tradisionalnya. Batik Kediri memiliki corak yang menonjolkan kebudayaan kota ini. Beberapa motif yang terkenal adalah Simpang Lima Gumul, Candi Tegowangi, Candi Adan-Adan, Sekar Jagat dan masih banyak lagi. Pilihan juga menarik, Sedulur bisa memilih warna dan ukuran yang cocok.

13. Tenun ikat bandar

Sedulur mungkin sudah mengenal songket yang merupakan kain tenun dari Sumatera. Ternyata, Kediri juga memiliki kain tenun khasnya sendiri yaitu tenun ikat bandar. Beberapa produk tenun ikat bSedulurr yang bisa Sedulur beli adalah sarung, misris, semi sutra hingga sutra.

14. Kerajinan jenitri

Satu lagi oleh-oleh khas Kediri yang tahan lama yang bisa Sedulur pilih yakni Jenitri. Biji jenitri ini sudah menjadi oleh-oleh khas Blitar dan Kediri yang terkenal hingga keluar negeri. Berbagai macam aksesoris bisa Sedulur dapatkan dari hasil kerajinan biji bertekstur unik ini. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan hingga mencapai jutaan rupiah tergantung kriteria dan kualitas bijinya.

15. Es buto ijo

Rekomendasi terakhir yaitu es buto ijo. Salah satu minuman dingin yang menyegarkan yang bisa jadi oleh oleh khas Kediri yang Sedulur bawa. Selain itu, es yang berwarna ijo ini bisa jadi teman perjalanan pulang Sedulur dari Kediri ke kampung halaman.

Nah itulah daftar rekomendasi oleh oleh khas Kediri yang bisa jadi pilihan Sedulur. Semoga dari daftar di atas, Sedulur bisa menikmati berbagai kuliner khas Kediri sebagai oleh-oleh dan membawa cinderamata lainnya sebagai tanda Sedulur telah mengunjungi Kediri.