oleh oleh khas banyuwangi

Menjadi kota paling ujung di Pulau Jawa, membuat Banyuwangi sedikit terasingkan. Namun, kota kecil ini memiliki banyak keistimewaan khususnya setelah keindahan alamnya terkuak. Banyak orang berbondong-bondong berwisata ke sana dan pulang membawa oleh-oleh khas Banyuwangi.

Banyuwangi sendiri juga semakin populer setelah menjadi tempat syuting salah satu film horor terkenal berjudul ‘KKN Desa Penari’, jadi tak heran bila kota kecil ini semakin eksotis dan ramai wisatawan. Nah, jika Sedulur menjadi satu dari ribuan orang yang ingin berkunjung ke sana.

Tentu perlu memikirkan oleh-oleh khas Banyuwangi apa saja yang bisa dibawa sehingga momen liburan bisa menjadi lebih berkesan. Biar tidak bingung, mari simak ulasannya berikut ini ya!

BACA JUGA: 18 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Paling Enak & Terkenal, Wajib Dibeli!

1. Kelemben

oleh oleh khas banyuwangi kembelen bolu kuwuk
Pinterest

Oleh-oleh khas Banyuwangi yang pertama adalah kelemben. Makanan ini cukup unik karena terbuat dari campuran tepung terigu dengan gula dan telur. Memiliki rasa yang manis, kelemben juga memiliki bentuk unik seperti kura-kura.

Kue ini sering dijadikan pilihan oleh-oleh karena memiliki daya tahan yang lama. Apalagi, kue ini termasuk kue kering sehingga bisa dibagikan kepada sanak saudara di rumah.

2. Pia Glenmore

Pia atau bakpia merupakan salah satu panganan yang terbuat dari kacang hijau dan gula yang dibungkus dengan tepung, lalu dioven hingga matang. Pia memang banyak ditemui di berbagai wilayah di Indonesia, namun Pia Glenmore menawarkan kelebihan tersendiri yang membuatnya patut untuk dijadikan oleh-oleh.

Salah satunya adalah rasanya yang lezat dan harganya yang murah. Ada berbagai macam cita rasa yang ditawarkan Pia Glenmore seperti kacang kacang, pisang keju, nanas, strawberry, dan lain sebagainya.

3. Kerupuk rumput laut

Oleh-oleh khas Banyuwangi yang selanjutnya adalah kerupuk rumput laut. Bentuk dari kerupuk ini hampir mirip dengan kerupuk bawang, hanya saja bahan pembuatannya dengan menggunakan rumput laut.

Kerupuk khas Banyuwangi ini mempunyai cita rasa yang khas. Gurihnya sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan maupun pelengkap pada saat makan. Kamu yang suka makan dengan kerupuk wajib membeli kerupuk ini ketika liburan di Banyuwangi.

4. Rengginang

Makanan kering ini memang terdapat di berbagai wilayah di Indonesia. Namun, ketika berkunjung ke Banyuwangi enggak ada salahnya menjadikan rengginang yang terbuat dari beras ketan ini untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Di Banyuwangi, nama lain rengginang disebut dengan gerit.

5. Sale pisang

oleh oleh khas banyuwangi sale pisang
Pinterest

Banyuwangi juga terkenal sebagai Kota Pisang saking banyaknya jenis dan olahan pisang yang bisa Sedulur temukan salah satunya sale pisang. Sale pisang ini pun sudah menjadi oleh-oleh wajib untuk dibeli bagi yang sedang berkunjung ke Banyuwangi. Rasa sale pisang yang manis dan gurih cocok untuk dijadikan teman saat bersantai.

Cara pembuatannya pun sangat sederhana, pisang dipotong tipis kemudian dijemur hingga kering dan diberi gula untuk memberikan rasa manis. Dari pisang yang sudah kering ini ada banyak varian sale yang bisa Sedulur dapatkan. Beberapa diantaranya seperti sale pisang kering, sale pisang basah, sale pisang goreng hingga molen sale pisang.

6. Bungkuk

Oleh-oleh khas Banyuwangi selanjutnya adalah bungkuk. Nama makanan ini memang cukup aneh, tapi jangan tertipu karena rasanya sungguh lezat dan bikin nagih.

Jajanan ini terbuat dari pisang dan tepung kanji yang diberi bumbu khas, menjadikan jajanan ini menjadi favorit. Apabila kamu tertarik membawa cemilan ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa menemukannya di pasar tradisional yang ada di Banyuwangi.

7. Untir-untir

Oleh-oleh khas Banyuwangi berupa makanan lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah untir-untir. Makanan kering ini memiliki rasa yang renyah. Camilan berbahan dasar tepung terigu ini memiliki bentuk menyerupai obeng berulir.

Dalam bahasa Jawa, berulir disebut dengan untir-untir. Inilah yang menjadikan makanan ini dinamakan untir-untir. Camilan ini cocok buat kamu jadikan sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banyuwangi.

8. Tape buntut

Tape buntut dari Banyuwangi berbeda dengan jenis sajian tape lainnya. Hal ini dikarenakan tape buntut dibungkus dengan menggunakan daun jati yang dibentuk menyerupai buntut atau ekor.

Oleh-oleh khas Banyuwangi satu ini merupakan salah satu makanan kahas suku Osing asli Banyuwangi yang wajib kamu coba.

9. Ladrang sabrang

Ladrang Sabrang merupakan jajanan khas Banyuwangi yang terbuat dari ubi ungu yang memiliki tekstur rasa renyah. Selain enak dijadikan camilan, jajanan ini juga dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

Mengonsumsinya secara teratur dapat mengobati beberapa penyakit seperti obesitas, kanker, dan diabetes. Selain itu, camilan ini juga mengandung kolin, beta karoten, dan serat yang cocok dijadikan sebagai menu diet.

10. Bagiak

Kue Bagiak wajib menjadi salah satu kudapan atau oleh-oleh khas Banyuwangi yang Sedulur bawa. Kue ini terbuat dari tepung kanji atau tepung sagu yang diberi garam, susu, telur, rempah dan bahan perasa lainnya.

Tekstur kue bagiak yang garing setelah setelah dipanggang terasa nikmat dengan rasa gurih manisnya. Selain rasa original saat ini Kue Bagiak memiliki variasi rasa seperti cokelat, strawberry, dan madu yang tidak kalah nikmat. Kue Bagiak ini sangat cocok untuk dinikmati bersama kopi atau teh hangat saat sedang bersantai.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Makanan 24 Jam Surabaya Paling Enak!

11. Durian merah

oleh oleh khas banyuwangi kembelen bolu kuwuk durian merah
Pinterest

Bagi Sedulur yang menyukai durian, Banyuwangi menjadi salah satu kota yang wajib dikunjungi. Terdapat sebuah jenis durian unik yang jarang bisa dijumpai daerah lain, yaitu durian merah. Durian ini banyak tumbuh di wioayah Kebatelan. Ciri khasnya ada pada daging buah yang berwarna merah. Keunikan lain dari buah ini adalah ukuran daging yang begitu tebal namun dengan ukuran bijinya yang kecil.

Kandungan alkohol yang terdapat di dalam durian ini juga cukup sedikit meski aromanya begitu menyengat saat sudah matang. Sayangnya untuk mencicipi buah ini Sedulur harus menunggu satu tahun sekali karena waktu panen yang lama. Buah ini hanya dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian minimal 800 mdpl di iklim tropis.

12. Bolu kuwuk

Terbuat dari tepung terigu, gula, dan telur, Bolu Kuwuk memiliki rasa manis dengan tekstur lembut dan renyah. Bentuknya pun dibuat bervariasi menyerupai kura-kura, bunga, ikan, dan lainnya sehingga terlihat sangat menarik. Bolu Kuwuk yang mampu bertahan cukup lama ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh atau jajanan sewaktu bersantai.

13. Dodol salak

Jajanan pasar khas Banyuwangi yang bisa kamu jadikan oleh-oleh adalah dodol salak. Pada umumnya dodol terbuat dari tepung ketan atau durian, di Banyuwangi ada dodok unik yang terbuat dari salak.

Dodol salak ini mempunyai cita rasa yang unik dan khas. Namun, menariknya lagi, dodol salah khas Banyuwangi memiliki cara penyajian yang tidak biasa. Adonan dodol akan dibungkus dengan daun lontar sehingga aromanya menjadi sangat khas.

14. Patola

Rekomendasi oleh-oleh khas Banyuwangi yang selanjutnya adalah Patola. Patola merupakan jajan khas dari Banyuwangi yang bentuknya menyerupai kerupuk namun bertekstur kenyal.

Kue patola terbuat dari tepung beras yang dicelupkan ke dalam gula merah dan santan. Rasanya manis gurih cocok untuk teman ngopi di sore hari. Kamu bisa membeli kue patola untuk oleh-oleh, pastikan beli sebelum pulang agar tidak cepat basi.

15. Manisan pala

oleh oleh khas banyuwangi kembelen bolu kuwuk manisan pala
Pinterest

Banyuwangi juga terkenal dengan berbagai macam manisan buah yang bisa Sedulur  pilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Biasanya buah-buahan tersebut harus masuk dalam cairan manis dari gula untuk waktu yang lama hingga terawetkan dan memiliki rasa manis.

Buah untuk manisan ini seringkali buah yang memiliki rasa masam seperti cerme, tomat, dan salah. Namun, yang spesial dan jarang ditemukan di tempat lain adalah manisan pala.

16. Kopi asli Banyuwangi

Oleh-oleh khas Banyuwangi lainnya adalah kopi. Banyuwangi juga terkenal sebagai salah satu penghasil koi terbaik. Bahkan kopi dari Banyuwangi termasuk kopi terbaik di dunia.

Kamu yang suka ngopi bisa membeli kopi ini untuk di rumah. Selain itu, kamu juga bisa membelinya untuk dijadikan oleh-oleh. Kamu bisa memberikan kopi ini kepada keluarga atau teman yang suka ngopi, dijamin mereka akan senang dengan oleh-oleh ini.

17. Jenang

Selain dodol salak, makanan dengan tekstur yang mirip selanjutnya dari Banyuwangi adalah jenang. Jajajan dengan cita rasa manis dan legit ini juga bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di rumah.

Kamu bisa memadupadankan jenang ini dengan makanan lainnya, seperti jenang bedil, jenang selo, dan jenang mutioro agar cita rasa lebih nikmat.

18. Gintangan

Selain makanan, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kerajinan khas Banyuwangi. Salah satu kerajinan khas Banyuwangi adalah gintangan. Gintangan merupakan kerajinan tangan berupa anyaman bambu.

Untuk membeli kerajinan ini kamu bisa datang ke Desa Gintangan, Rogojampi. Selain membeli kerajinannya, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatannya.

19. Batik

oleh oleh khas banyuwangi kembelen bolu kuwuk batik banyuwangi
Pinterest

Batik yang menjadi ciri khas kain pulau Jawa ini juga bisa Sedulur temukan di daerah Banyuwangi dengan motif yang khas. Salah satu motif batik Banyuwangi yang terkenal adalah motif Batik Gajah Oling yang berbentuk seperti belalai gajah dengan hiasan tanaman.

Selain motif Gajah Oling, Batik Banyuwangi juga memiliki motif batik lain seperti motif gedegan, kangkung setingkes, sembruk cacing, dan lainnya. Masing-masing motif ini sangat berbeda dengan motif batik Pekalongan atau batik Jogja sehingga membuatnya begitu istimewa.

Demikian tadi deretan oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa Sedulur beli untuk orang di rumah. Tak hanya bisa memberikan cita rasa yang khas dari Banyuwangi, oleh-oleh ini juga bisa menjadi cinderamata yang unik khas budaya nusantara.