Oleh Oleh

Rekomendasi 6 Toko Kue Lumpur Terpopuler di Sidoarjo

Kue lumpur merupakan salah satu makanan khas Sidoarjo yang punya banyak penggemar. Meski terbilang mudah ditemukan di daerah-daerah lainnya, kue lumpur khas Sidoarjo diketahui memiliki ciri khas yang membedakannya dengan kebanyakan kue lumpur. Tak heran, makanan ini pun kerap menjadi oleh-oleh andalan ataupun sekadar dicicipi oleh wisatawan yang datang ke Sidoarjo.

Lantas, seperti apa keistimewaan kue lumpur khas Sidoarjo? Yuk, langsung simak rangkuman informasinya, mulai dari ciri khas hingga rekomendasi toko untuk membeli kue lumpur Sidoarjo.

BACA JUGA: 8 Pusat Oleh-Oleh Pasuruan Terpopuler dan Paling Legendaris

Mengenal Kue Lumpur Khas Sidoarjo

makanan khas sidoarjo
Unsplash/Nick Fewings

Kue lumpur adalah kue basah berbentuk bulat pipih dengan tekstur kenyal dan licin yang umumnya terbuat dari tepung terigu, telur, santan, dan kentang. Kue lumpur sendiri termasuk salah satu camilan khas Indonesia yang bisa Sedulur temukan di berbagai daerah. Adapun salah satu daerah yang terkenal dengan kue lumpur adalah Sidoarjo, Jawa Timur.

Meski sekilas tampak sama dengan kue lumpur dari daerah lain, kue lumpur Sidoarjo ternyata memiliki sejumlah ciri khas yang membuatnya spesial hingga diburu wisatawan. Salah satu perbedaan paling mencolok adalah proses pembuatannya yang menggunakan teknik dibakar. Tak heran, kue lumpur Sidoarjo juga biasa dikenal sebagai kue lumpur bakar.

Di samping cara pembuatannya, kue lumpur bakar juga memiliki perbedaan dari segi bahan pembuatannya. Jika umumnya kue lumpur dibuat dengan campuran tepung dan kentang, kue lumpur khas Sidoarjo ini tidak menggunakan kentang. Hal ini membuatnya memiliki tekstur kenyal yang berbeda dan sangat khas.

BACA JUGA: 12 Jajanan Surabaya Terkenal yang Bisa Jadi Oleh-Oleh

Rekomendasi Kue Lumpur Sidoarjo

kue lumpur sidoarjo
Unsplash/Alice Butenko

Ada banyak toko yang bisa Sedulur datangi untuk membeli kue lumpur khas Sidoarjo. Di daerah berjuluk Kota Petis ini sendiri, terdapat sejumlah toko yang cukup legendaris dan selalu menjadi rekomendasi, baik untuk warga lokal maupun wisatawan.

Selain membelinya langsung di Sidoarjo, Sedulur juga bisa mendapatkan jajanan basah ini di kota lain, seperti Yogyakarta. Pasalnya, di sana ada satu toko yang terkenal dengan camilan kue lumpur bakar khas Sidoarjo dengan cita rasa otentik.

Berikut sudah dirangkum enam toko kue lumpur Sidoarjo yang bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang penasaran dengan cita rasa jajanan basah tersebut.

1. Kue Lumpur Bu Lilik

Rekomendasi yang pertama adalah Kue Lumpur BU Lilik. Bisa dikatakan, toko yang terletak di Jalan Hang Tuah, Sidokumpluk, Sidoarjo ini termasuk dalam rekomendasi teratas jika membahas soal kue lumpur. Pasalnya, tempat ini memang sudah terkenal sejak lama menjadi favorit wisatawan, tak terkecuali para artis ibu kota saat bertandang ke Sidoarjo.

Tak sekadar populer karena didatangi para selebritis, Kue Lumpur Bu Lilik memang pantas menjadi primadona karena juga memiliki kelezatan yang tak perlu diragukan lagi. Menurut sang pemilik, yakni Lilik Resiyowati, ia membuat kue lumpur dari campuran terigu dan telur. Kemudian, adonan tersebut dimasak dalam cetakan yang ditutup lalu diberi arang di atasnya. Hal ini membuat kue lumpur buatannya memiliki cita rasa khas dengan tekstur kenyal sekaligus lumer saat dimakan.

Kue Lumpur Bu Lilik juga memiliki beberapa varian rasa, yaitu original dan kelapa muda. Untuk kue lumpur original dibanderol dengan harga Rp 31 ribu ber boks (isi 10 biji). Sementara, kue lumpur kelapa muda dibanderol dengan harga Rp 36 ribu.

  • Alamat: Jalan Hang Tuah Nomor 45, Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 31 ribu

2. Kue Lumpur Muda Mudi Tiga Putra

Selanjutnya ada Kue Lumpur Muda Mudi Tiga Putra yang juga menjadi favorit warga lokal maupun wisatawan yang ingin mencicipi kue lumpur. Menariknya, di sini Sedulur bisa membeli kue lumpur dalam bentuk per biji maupun per boks berisi 10 buah.

Untuk hargarnya sendiri juga cukup terjangkau, lho. Kue lumpur di sini dijual dengan harga mulai dari Rp 3.500 per biji hingga Rp 35 ribu untuk kemasan boks.

Daya tarik lainnya dari kue lumpur di toko ini adalah tersedianya varian rasa, di antaranya adalah kismis, kelapa muda, dan original. Oleh sebab itu, Sedulur bisa mencicipi kue lumpur dengan berbagai rasa tanpa takut merasa bosan.

  • Alamat: Jalan Raya Suko Nomor 51, Suko, Sidoarjo
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 19.30 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 3.500 hingga Rp 35 ribu

3. Kue Lumpur “Muda Mudi Jaya”

Sedulur yang ingin mencicipi kue lumpur dengan berbagai rasa unik bisa langsung meluncur ke toko Kue Lumpur Muda Mudi Jaya yang berlokasi di Jalan Wahidin, Sidoarjo. Pasalnya, toko ini menyediakan kue lumpur dengan sejumlah rasa yang terbilang unik karena jarang ada di toko lain.

Varian rasa yang bisa Sedulur pilih, di antaranya, adalah original, nangka, kelapa muda atau degan, jahe, green tea alias teh hijau, hingga durian. Menariknya lagi, Sedulur bisa membeli kue lumpur tersebut secara bijian sehingga tak ada salahnya mengombinasikan berbagai rasa.

Harga yang dipasang pun terbilang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 3 ribu per biji saja.

  • Alamat: Jalan Dr Wahidin Nomor 96B, Sidoarjo
  • Jam buka: Mulai pukul 07.00 WIB sampai 16.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 3 ribu per biji

4. Kue Lumpur Maman

Kue Lumpur Mantu Idaman atau lebih dikenal dengan nama Kue Lumpur Maman juga masuk rekomendasi kue lumpur terfavorit di Sidoarjo. Toko yang sudah berdiri sejak 2016 ini juga mendapat ulasan positif dari pembeli. Apalagi dengan target pasar menyasar anak muda, toko ini pun terbilang hits dengan konten marketingnya.

Tak sekadar populer, Kue Lumpur Maman juga sudah membuktikan kualitas rasa yang tak perlu diragukan lagi. Ditambah, Kue Lumpur Maman juga menyediakan sejumlah varian rasa, yakni original, kelapa muda, nangka, keju, dan durian.

Untuk kue lumpur original dibanderol dengan harga Rp 3 ribu. Sementara, kue lumpur nangka dan keju dibanderol Rp 4 ribu dan kue lumpur durian dijual dengan harga Rp 5 ribu. Harga tersebut adalah harga per biji, ya.

  • Alamat: Jalan Pahlawan Stadion Gelora Delta Wisma Sarinadi, Magersari, Sidoarjo
  • Jam buka: Mulai pukul 07.30 WIB sampai dengan 16.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 3 ribu per biji

5. Kue Lumpur Bakar Pak Muji

Berikutnya ada Kue Lumpur Bakar Pak Muji yang berlokasi di Betro, Sedati, Sidoarjo. Kue lumpur di sini terkenal memiliki aroma sekaligus cita rasa khas yang lezat. Menurut sang pemilik, hal ini karena kue lumpur buatannya menggunakan arang khusus dalam proses pembuatannya.

Adapun Sedulur bisa membawa pulang kue lumpur di sini dengan merogoh kocek mulai dari Rp 18.500 hingga Rp 37.500. Perlu diketahui, kue lumpur di sini dijual dalam bentuk boks dengan isi lima dan sepuluh.

  • Alamat: Jalan Garuda Nomor 95A, Betro, Sedati, Sidoarjo
  • Jam buka: Mulai dari 06.00 WIB sampai dengan 15.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 18.500 per boks

6. Kue Lumpur Bakar Mbah Sus

Sebagai tambahan, Sedulur yang berdomisili di Jogja dan kangen dengan kue lumpur bakar khas Sidoarjo, tak ada salahnya mengunjungi Kue Lumpur Bakar Mbah Sus. Meski berlokasi di Jogja, kue lumpur di sini tetap mempertahankan ciri khas kue lumpur Sidoarjo sehingga memiliki cita rasa yang otentik.

Tak hanya itu, Kue Lumpur Bakar Mbah Sus juga memiliki beberapa varian rasa, yaitu original, nangka, kelapa muda, dan cokelat.

  • Alamat: Jalan Taman Siswa 67, Yogyakarta
  • Jam buka: Mulai pukul 09.00 WIB sampai 21.00 WIB
  • Harga: Mulai dari Rp 13 ribu per boks (isi 3 dan bebas pilih rasa)

Itu dia rangkuman informasi seputar kue lumpur Sidoarjo, mulai dari ciri khas hingga rekomendasi tempat membelinya. Tertarik mencoba?

Oia, ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.