Resep Membuat Kulit Lumpia Kering & Basah Anti Gagal

Cara membuat kulit lumpia tidak sulit, simak langkah dan resep yang dibutuhkan di bawah ini.

Kulit lumpia sangat bermanfaat dan bisa diolah menjadi bahan makanan apapun. Baik menjadi makanan manis atau asin. Oleh karena itu, banyak camilan dan makanan ringan yang menggunakan bahan kulit lumpia.

Sedulur bisa membuat kulit lumpia sendiri, tanpa harus repot membuatnya. Selain dapat memberikan keuntungan menguasai cara membuat kulit lumpia, karena banyaknya masyarakat yang menggunakan kulit lumpia, membuat kulit lumpia sering habis dan cepat kosong.

Mengetahui cara buat kulit lumpia basah atau cara buat kulit lumpia kering adalah pilihan yang tepat. Karena dengan membuatnya sendiri, Sedulur tidak perlu repot membeli dan kecewa jika kulit lumpia kosong.

Artikel kali ini akan membahas cara buat kulit lumpia goreng, cara buat kulit lumpia renyah dan berbagai kreasi membuat kulit lumpia lainnya. Yuk, langsung saja kita simak ulasan cara membuat kulit lumpia yang bisa Sedulur lakukan.

Baca Juga: Rahasia Distributor Frozen Food yang Sukses

Daftar Cara Membuat Kulit Lumpia

1. Kulit Lumpia Kering

Kulit Lumpia Kering

Dalam cara buat kulit lumpia yang pertama, bahan-bahan yang Sedulur butuhkan adalah

  • Tepung terigu 100 gram, gunakan tepung yang biasa Sedulur beli.
  • Telur ayam 2 butir, pisahkan kuning telurnya dan gunakan putih telur.
  • Minyak goreng, garam dan air secukupnya,

Setelah bahan terkumpul, langsung saja ke langkah dan tahap cara buat kulit lumpia. Pertama siapkan mangkuk besar untuk membuat adonan kulit lumpia. Masukkan tepung terigu dan garam ke dalam mangkuk, lalu aduk rata. Setelah itu, masukan putih telur dan aduk hingga semua adonan tercampur rata.

Selanjutnya masukkan air secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil adonan terus diaduk, lalu aduk terus hingga adonan kalis. Setelah kalis, diamkan adonan selama 45 menit dan siapkan teflon yang telah diolesi oleh minyak.

Tuang adonan lumpia ke dalam teflon yang telah panas, bentuk lingkaran hingga menutupi teflon. Usahakan buat adonan setipis mungkin. Balik kulit lumpia, panaskan sisi satunya lagi agar matang sempurna. Setelah matang, kulit lumpia pun diangkat dan tiriskan. Dan siap diolah menjadi camilan gurih yang renyah.

2. Kulit Lumpia Basah

Kulit Lumpia Basah

Selanjutnya yaitu cara buat kulit lumpia basah. Bahan dan resep yang dibutuhkan adalah:

  • Tepung terigu, usaha yang kualitasnya bagus.
  • Telur 2 butir, ambil putihnya saja.
  • Mentega dan garam secukupnya
  • Air 300 ml yang telah ditambahkan santan, agar lumpia memiliki rasa yang gurih.

Setelah bahan terkumpul, lanjut ke cara buat lumpia. Cara buat lumpia yang pertama adalah mencampurkan semua bahan adonan kulit lumpia dalam satu wadah besar. Aduk rata dan masukkan putih telur yang telah dikocok terlebih dahulu. Lalu aduk kembali hingga rata.

Selanjutnya secara perlahan dan sedikit demi sedikit, masukan air campuran santan, sambil adonan terus diaduk, tambahkan garam agar rasa semakin gurih. Lalu setelah adonan tercampur rata, simpan adonan selama 45 menit.

Siapkan teflon panas yang telah dibaluri dengan mentega. Masukkan adonan lumpia dan cetak secara melingkar. Usahakan setipis mungkin, agar kulit lumpia tidak terlalu tebal dan sulit diolah. Setelah matang, angkat kulit lumpia, buat sebanyak mungkin yang dibutuhkan. Lalu cara buat kulit lumpia basah pun selesai dilakukan, dan kulit lumpia siap diolah.

3. Kulit Lumpia Telur

Kulit Lumpia Telur

Cara buat kulit lumpia satu ini tidak terlalu sulit, dan sama dengan membuat kulit lumpia yang telah dijelaskan sebelumnya. Bahan yang dibutuhkan adalah:

  • Tepung terigu sebanyak 200 gram.
  • Garam secukupnya.
  • Telur 3 butir yang telah dikocok.
  • 2 sdn minyak sayur.
  • Air masak secukupnya.

Cara buat kulit lumpia yang pertama adalah memasukkan tepung terigu sebanyak 200 gram dan garam ke dalam mangkuk, aduk hingga rata hingga garam bercampur dengan tepung. Lalu masukkan telur yang telah dikocok secara perlahan, aduk terus hingga adonan kulit lumpia tercampur rata.

Masukkan air secara perlahan terhadap adonan, aduk terus hingga adonan kalis dan kenyal. Diamkan adonan selama 45 menit. Lalu siapkan teflon dan olesi dengan minyak sayur. Buat lumpia berbentuk lingkaran dan masak hingga matang. Biasanya kulit lumpia telur sering digunakan untuk membuat martabak telur atau gorengan seperti kroket dan lainnya.

Baca Juga: 10 Macam Makanan Frozen Food Paling Favorit

4. Kulit Lumpia Manis

Kulit Lumpia Manis

Tidak hanya camilan asin yang menggunakan kulit lumpia, terdapat juga camilan manis seperti pisang coklat, aromanis pisang dan camilan lainnya yang menggunakan kulit lumpia. Kulit lumpia yang digunakan juga berbeda dengan kulit lumpia umumnya.

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat kulit lumpia manis:

  • Tepung terigu 100 gram.
  • Telur 1 butir, ambil putih telurnya,
  • Garam dan gula halus secukupnya,
  • Minyak goreng.
  • Air secukupnya.

Setelah bahan terkumpul, kita langsung ke cara pembuatannya. Pertama aduk tepung terigu, garam dan gula halus menjadi tercampur rata. Selanjutnya masukkan putih telur dan aduk kembali hingga rata. Lalu cara selanjutnya adalah mencampurkan air secukupnya secara perlahan hingga kulit lumpia kalis dan kenyal. Setelah kalis dan kenyal, simpan adonan kulit lumpia selama 30 menit.

Siapkan teflon untuk mencetak kulit lumpia manis. Bentuk dan cetak adonan seperti lingkaran dan setelah matang, kulit lumpia diangkat dan ditiriskan. Kulit lumpia manis pun siap diolah menjadi aneka camilan manis. Cara buat kulit lumpia pun telah selesai dilakukan.

Semoga cara buat kulit lumpia yang telah disampaikan di atas dapat memandu Sedulur di rumah yang ingin berkreasi membuat kulit lumpia sendiri. Jangan lupa juga untuk menyediakan bahan-bahan yang tidak terlalu sulit didapat tersebut.

Setelah memiliki kulit lumpia, berikut ini beberapa ide olahan kulit lumpia yang mungkin bisa Sedulur coba dan terapkan. Yuk, langsung saja disimak.

Inspirasi Kuliner Olahan Kulit Lumpia

1. Lumpia Ayam

Resep lumpia yang pertama adalah lumpia isi ayam, bahan yang diperlukan membuat resep lumpia satu ini adalah kulit lumpia, daging ayam yang telah disuwir, tauge, wortel, daun bawang dan bumbu perasa seperti garam, gula dan penyedap rasa.

Cara pertama membuatnya adalah menyiapkan bumbu halus yang terdiri dari 10 siung bawang merah dan bawang putih yang ditambah dengan bubuk merica. Tumis bumbu halus, masukan ayam suwir, wortel, tauge, daun bawang dan tumis hingga masak.

Siapkan kulit lumpia, isi dengan ayam dan sayuran yang telah ditumis dan gulung. Lalu goreng lumpia hingga kering dan angkat lalu tiriskan. Lumpia isi ayam pun telah rampung dan siap dinikmati.

2. Lumpia Daging

Resep lumpia selanjutnya adalah lumpia isi daging, sama seperti resep lumpia pertama, bahan yang penting dan dibutuhkan adalah bahan untuk isiannya. Pertama daging sapi giling, wortel, jagung manis, tauge dan jamur kuping. Tumis dan masak terlebih dahulu bahan isiannya hingga masak.

Setelah itu, siapkan kulit lumpia, lalu memasukkan isian ke atas kulit lumpia lalu gulung dan goreng lumpia hingga matang. Lumpia isi daging pun siap dinikmati dan resep lumpia satu ini pun telah selesai dilakukan.

3. Lumpia Tape

Tape merupakan fermentasi dari singkong yang menggunakan ragi yang memiliki rasa yang manis dan enak. Jika bosan membuat lumpia asin, tapi bisa menjadi pilihan untuk membuat camilan resep lumpia manis.

Sediakan tape yang telah dihancurkan dan halus. Masukan tape ke dalam kulit lumpia. Jika ingin memiliki rasa yang gurih, tambahkan keju dalam kulit lumpia beserta dengan tape. Goreng lumpia hingga kering dan kriuk. Lumpia pun siap disajikan dan dinikmati dengan segelas kopi panas.

4. Lumpia Pisang Coklat

Bukan hanya tape yang bisa digunakan sebagai isian resep lumpia manis. Pisang dan coklat juga bisa menjadi pilihan lain. Di beberapa daerah, lumpia pisang coklat dikenal dengan nama picok lumer atau pisang coklat lumer.

Siapkan pisang dan coklat dan masukan ke dalam kulit lumpia. Gulung serapi mungkin, dan goreng kulit lumpia hingga kering dan coklat mencair. Ketika telah matang, lumpia siap disajikan dan dinikmati. Resep lumpia pisang coklat pun selesai dibuat.

Ketika pada gigitan pertama, coklat dalam isian lumpia akan lumer dan menggugah selera. Oleh karena itu oleh sebagai masyarakat dikenal dengan nama pisang coklat lumer.

5. Lumpia Basah

Resep lumpia terakhir sebagai inspirasi adalah lumpia basah. Lumpia basah merupakan camilan unik karena lumpia tidak digoreng sama sekali. Justru bahan isiannya yang harus digoreng hingga benar-benar matang. Siapkan bawang bombay dan bawang putih yang telah dihaluskan.

Tumis bumbu halus, hingga mengeluarkan aroma harum, goreng telur dan orak-arik hingga menjadi butiran-butiran kecil. Masukkan tauge dan aduk rata dengan tumisan. Masukan irisan bengkoang yang telah direbus terlebih dahulu.

Beri bumbu garam, penyedap rasa dan gula sesuai selera. Masak hingga tauge dan bengkuang matang. Siapkan kulit lumpia dan beri gula sebagai perekat dan penyeimbang rasa, masukan isian yang telah ditumis ke atas kulit lumpia dan gulung serapi mungkin. Lumpia basah pun telah siap dinikmati.

Semoga daftar resep dari olahan kulit lumpia di atas bisa memberi inspirasi untuk memasak sendiri di rumah. Semoga juga daftar membuat kulit lumpia yang telah diulas di atas bisa membuat Sedulur membuat kulit lumpia kapan pun Sedulur inginkan.

Jangan lupa untuk membeli semua bahan membuat lumpia di atas di Aplikasi Super. Banyak sembako dan barang yang tersedia di Aplikasi Super. Selain lengkap, Aplikasi Super juga memiliki harga barang dan sembako yang murah.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, karena Aplikasi Super dapat membantu Sedulur menjalani kehidupan sehari-hari lebih mudah.

Selain itu juga saat ini Aplikasi Super telah dapat digunakan untuk membayar segala keperluan Sedulur, dari mulai membeli pulsa, membeli internet, membayar listrik dan setiap transaksi online yang wajib Sedulur bayar. Harga untuk setiap transaksi online di Aplikasi Super sangat mudah dan juga sangat aman. Sama sekali tidak ada yang perlu Sedulur khawatirkan.