wibu adalah

Bagi yang mengikuti perkembangan pop culture di Asia dan dunia, tentu kamu sudah familiar dengan kata wibu. Wibu adalah dalam bahasa gaul untuk menyebut orang yang suka dengan berbagai judul anime asal Jepang. 

Di banyak kesempatan, wibu adalah sebutan untuk individu maupun kelompok yang sangat suka dan bahkan terobsesi dengan budaya Jepang. Tak hanya tontonan yang terbatas pada anime, segala aspek mulai dari budaya, bahasa, dan segala  karya serta teknologi yang dibuat oleh negara ini.

Supaya tidak salah paham, kamu perlu tahu seluk-beluk tentang wibu adalah dan segala informasi tambahan yang mendukung menambah ilmu pengetahuanmu. Pahami juga apa definisi lainnya supaya tidak terbolak-balik dengan yang lainnya.

BACA JUGA: Belajar Huruf Jepang: Penulisan Hiragana, Katakana dan Kanji

-->

Definisi wibu & asal-usulnya

Definisi wibu & asal-usulnya
Unsplash

Kata wibu adalah memiliki arti dari beberapa sumber. Yang pertama dilansir dari urbandictionary dari kata weeaboo. Kata ini mendefinisi tentang orang yang memiliki kecintaan dan obsesi berlebihan terhadap budaya Jepang meski orang itu tidka berasal dari Jepang.

Pada praktiknya, sebutan wibu adalah ejekan yang diberikan kepada orang-orang dengan stereotip tertentu. Ketertarikan yang cukup tinggi pada anime maupun komik Jepang membuat orang di kelompok tersebut sering membahas tentang budaya pop dari Jepang. Mereka sering dianggap berbeda karena memiliki kesamaan dalam hal penampilan hingga sikapnya yang cenderung antisosial. 

BACA JUGA: Kisah Hantu Momo, Boneka Seram Asal Jepang yang Viral

Perbedaan wibu & istilah lainnya

Perbedaan wibu & istilah lainnya
Unsplash

Selain wibu, ternyata ada beberapa istilah lain yang sering dianggap sama untuk menyebut individu dari kelompok yang menyukai dengan kebudayaan Jepang. Seperti otaku dan waifu.

Berbeda dengan istilah yang sebelumnya, yang membuat istilah otaku dan wibu adalah dari segi level kesukaannya. Ketika wibu sudah melekatkan diri dan kehidupan pribadinya secara erat, berbeda dengan otaku. Otaku hanya menjadikan konten hiburan dan budaya tersebut sebagai selingan dan hobi di waktu luang. 

Selain otaku, penasaran dengan apa itu waifu dan wibu? Definisi waifu adalah karakter fiksi perempuan yang di anime mampu memberikan kedekatan emosional kepada penikmat kontennya. Kata ini juga diambil dari istilah Bahasa Inggris wife yang berarti istri. Saking sukanya dengan karakter tersebut, banyak yang ngeklaim sebagai pasangannya.

Tak sedikit dari para wibu yang sengaja untuk membuat sang waifu seolah-olah karakter tersebut adalah pasangannya. Salah satunya adalah dengan membeli guling dengan desain sablonnya dan menaruhnya di kasur.

Selain itu, ada juga asosiasi yang melekat kepada wibu. Salah satunya adalah wibu bau bawang. Menurut sebagian besar orang, banyak yang merasa kalau wibu memiliki bau badan karena sering lupa mandi sehingga aroma tubuhnya jadi menyengat dan kurang enak. 

Berikut ini adalah ciri-ciri wibu yang bisa dibedakan dari luar. Kamu bisa menemukan perbedaan antara orang dengan kesukaan yang tinggi dengan budaya Jepang dengan orang biasa pada umumnya.

BACA JUGA: Ikigai, Intip Cara Orang Jepang Mengejar Kebahagiaan

1. Memakai kosa kata Jepang dalam keseharian

kosa kata Jepang
Unsplash

Ketertarikan dan kesukaan terhadap budaya Jepang juga membuat seorang wibu mempelajari bahasanya. Kosa kata yang dipelajari tersebut juga diaplikasikan dalam obrolan sehari-hari. Meski tidak seluruh kalimat yang diucapkan memakai Bahasa Jepang, biasanya akan disisipkan beberapa kosa kata untuk memberi penekanan. 

2. Memakai produk keluaran & buatan Jepang

perilaku wibu
Unsplash

Rasa ingin tahu tentang segala budaya dan teknologi yang ada di Jepang juga membuat wibu tertarik untuk membeli berbagai produk keluaran dan buatan Jepang. Mereka selangkah lebih terdepan dalam memahami spesifikasi, harga, dan kelebihan serta kekurangan dari barang tersebut. Apabila sudah tertarik, kamu bisa saja bela-belain untuk membeli barang tersebut bila tidak keluar di Indonesia.

BACA JUGA: Ini Arti Yamete Kudasai dalam Bahasa Indonesia & Istilah Bahasa Jepang Lainnya

3. Berperilaku seperti warga Jepang

nama Jepang
Unsplash

Selain memakai kosa kata Jepang yang diselipkan dalam obrolan sehari-hari, perilaku wibu adalah seolah-olah seperti warga Jepang. Tapi hal yang diterapkan bisa saja dalam konotasi positif. Misalnya saja dengan rapi mengantre ketika akan masuk ke satu tempat yang ramai. Selain itu, kebiasaan membuang sampah di tempatnya juga bisa diterapkan dalam keseharian.

4. Memiliki nama Jepang

ciri-ciri wibu

Merasa memiliki kedekatan dengan Negara Cahaya Asia, salah satu kebiasaan dan ciri wibu adalah dengan memiliki nama Jepang. Tak jarang dia menjadikan nama itu sebagai alias atau nama samaran di media sosialnya. Tak jarang, dia dan sesama teman wibunya saling memanggil panggilan dari nama dari Jepang tersebut.

BACA JUGA: 150 Nama Jepang untuk Bayi Laki dan Perempuan yang Gagah & Anggun

5. Antisosial

Antisosial
Unsplash

Sebagai salah satu konten yang disukai lebih dari hobi, tak jarang dari mereka yang lebih suka menyendiri. Karena kebiasaan tersebut, mereka sering dicap antisosial karena terlarut dengan dunianya sendiri. Mungkin selama ini mereka lebih suka untuk menikmati tontonan anime dan membaca komik sendiri di dalam kamar agar tidak ada pihak lain yang terganggu.

6. Punya kekasih khayalan

waifu
Unsplash

Banyak yang bilang kalau wibu adalah apa dan siapa yang saking sukanya dengan karakter fiksi akan menjadikannya sebagai kekasih khayalan. Memiliki waifu dan husbando mungkin adalah hal yang cukup wajar. Namun, sebagai orang yang saling menghargai kebahagiaan seseorang, akan lebih baik jika tidak mengganggu kepentingan pribadi masing-masing ini.

Setelah mengetahui wibu adalah orang yang punya ketertarikan khusus dengan pop culture Jepang mulai dari definisi hingga ciri-cirinya, kamu jadi lebih memahami menghargai kesukaan dari seseorang. Bagi yang suka dengan hal ini, tak perlu sungkan untuk melanjutkannya untuk tetap membuatmu bahagia selama tidak merugikan orang lain, ya.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!