Kini sudah memasuki masa akhir bulan Ramadan, setiap umat muslim di Indonesia sudah mulai disibukkan dengan berbagai persiapan merayakan lebaran Idul Fitri. Salah satu persiapan yang dipikirkan yaitu mudik. Agar Sedulur bisa menjalankan mudik dengan aman dan nyaman, Sedulur perlu tahu tips mudik lebaran.

Ada beberapa tips mudik lebaran yang perlu Sedulur ketahui, tujuannya tentu saja agar mudik Sedulur bisa dijalankan dengan aman dan nyaman, sehingga bisa ikut merayakan lebaran Idul Fitri di kampung halman bersama keluarga besar. Lantas seperti apa saja tips mudik lebaran yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Lengkap Info Mudik Gratis Terbaru 2023 di Jawa Timur!

1. Periksa performa kendaraan sebelum berangkat

tips mudik lebaran
iStock

Tips mudik lebaran yang pertama sangat penting, tips penting yang satu ini harus Sedulur lakukan jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik. Pastikan Sedulur sudah memeriksa kesiapan dan performa kendaraan untuk dibawa perjalanan jauh.

Karena saat mudik nanti, kendaraan yang akan Sedulur gunakan akan melewati puluhan hingga ratusan kilometer. Baik mudik menggunakan motor atau mobil, memeriksa kendaraan merupakan hal yang wajiib Sedulur lakukan, tentu saja untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kendaraan dengan performa yang kurang baik juga akan mempengaruhi perjalanan Sedulur. Selain perjalanan menjadi terganggun dan kurang nyaman, Sedulur juga akan tidak sangat gelisah dalam perjalanan yang akan mempengaruhi perjalanan Sedulur itu sendiri.

2. Bawa perlengkapan otomotif

tips mudik lebaran
iStock

Penting bagi Sedulur untuk membawa perlengkapan otomotif, yang mungkin saja dibutuhkan ketika dalam perjalanan. Perlengkapan seperti ban serep, obeng, kunci dan berbagai perlengkapan otomotif lain adalah hal yang wajib dibawa saat mudik nanti.

Meskipun kondisi motor atau mobil Sedulur sudah cukup prima untuk perjalanan jauh, tapi membawa perlengkapan otomotif juga bisa jadi tips mudik yang akan membantu Sedulur mengatasi hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika pun terjadi sesuatu terkait kendaraan, dengan perlengkapan otomotif yang Sedulur bawa, tentu hal tersebut akan sangat memudahkan Sedulur sehingga perjalanan Sedulur tidak akan terganggu.

3. Pastikan surat kelengkapan kendaraan

tips mudik lebaran
iStock

Jauh-jauh hari sebelum berangkat mudik, Sedulur wajib untuk memastikan bahwa surat kendaraan masih lengkap dan berlaku. Tips mudik yang satu ini berguna banget buat keamanan perjalanan Sedulur saat mudik nanti.

Sebagai pengendara motor atau mobil yang baik, tentu Sedulur harus menaati setiap peraturan lalu lintas yang berlaku. Salah satu bentuk Sedulur menjadi seorang pengendara yang baik adalah dengan memiliki kelengkapan kendaraan, terutama pajak yang telah dibayarkan.

4. Tidur yang cukup sebelum berangkat

tips mudik lebaran
iStock

Tempat yang paling nyaman untuk tidur dan istiraha adalah di kamar di atas kasur pribadi di rumah. Di perjalanan mudik, entah Sedulur menggunakan pesawat, kereta ataupun mobil hingga menggunakan motor, Sedulur harus memsatikan tidak kekurangan tidur.

Karena jika Sedulur kekurangan tidur dan istirahat, di perjalanan Sedulur akan mengantuk. Jika menggunakan kendaraan umum, Sedulur bisa lanjut istirahat. Akan sangat berisiko jika Sedulur kekurangan tidur saat mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Maka dari itu, Sedulur harus tidur yang cukup terlebih dahulu sebelum berangkat mudik. Sedulur bisa menabung tidur sebelum berangkat.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

tips mudik lebaran
iStock

Sedulur pasti akan melalui  perjalanan yang panjang dan lama, terlebih lagi mengantisipasi kemacetan. Untuk membuat Sedulur tetap nyaman selama perjalanan, usahakan untuk menggunakan baju yang nyaman, seperti celana katun, kaos dan juga jaket.

Hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat yang bisa membuat Sedulur tidak nyaman bergerak. Jika Sedulur mudik menggunakan motor, Sedulur bisa menggunakan jaket dan aksesoris yang membuat tubuh Sedulur tetap aman selama melakukan perjalanan.

Khusus bagi pengendara motor saat mudik, sedulur bisa membawa helm, jaket motor, sepatu dan sarung tangan. Untuk jaga-jaga, bawalah juga jas hujan untuk menghindari cuaca buruk. Meskipun mudik dalam keadaan musim kemarau, jas hujan tetap penting Sedulur bawa.

BACA JUGA: 10 Persiapan Mudik Naik Motor, Jangan Sampai Ada yang Lupa!

6. Bawa makanan yang bisa tahan lama

iStock

Jika Sedulur mudik naik pesawat dan kereta, mungkin Sedulur tidak perlu khawatir lagi soal makan siang atau makan malam karena bisa dipesan langsung di kereta atau pesawat tersebut. Tapi, jika Sedulur mudik naik bis umum atau bahkan mobil pribadi, sangat penting untuk membawa makanan.

Terutama membawa makanan yang bisa tahan lama, khususnya untuk mengantisipasi jika terjadi kemacetan dan sulit untuk mendapatkan makanan di sekitar. Dalam beberapa tahun terakhir, kabar tentang kemacetan saat mudik memang tidak terhindarkan.

Memastikan Sedulur tidak kekurangan makanan saat mudik, membawa perbekalan makanan yang tahan lama merupakan hal penting dalam tips mudik lebaran yang penting untuk diperhatikan

7. Hindari merokok di dalam mobil

The National

Meskipun Sedulur mudik menggunakan mobil pribadi, tapi bukan berarti Sedulur bebas merokok, kan? Terutama kalau Sedulur mudik dengan keluarga, hal ini pasti akan membuat penumpang lain tidak nyaman akibat asapnya tersebut.

Lagipula, aroma asap rokok pasti akan susah hilang dan bisa bikin sesak nafas juga. Hal ini juga untuk menjaga kenyamanan dan keamanan sesama pemudik. Terutama jika Sedulur mudik bersama keluarga. Dengan merokok di mobil, kenyamanan anggota keluarga lain akan terganggu.

Jika memang ingin merokok, Sedulur bisa berhenti terlebih dahulu. Bisa di mini market atau di rest area. Sekalian istirahat dan meluruskan tubuh yang pegal karena duduk lama di dalam motor.

8. Jangan berangkat waktu mepet

JPNN

Salah satu tips mudik lebaran yang perlu Sedulur perhatian pula adalah jangan berangkat waktu mepet lebaran agar Sedulur bisa bepergian santai. Duduk berjam-jam di mobil pasti akan membuat tubuh Sedulur pegal dan bahkan menimbulkan resiko gangguan pencernaan.

Makanya, dengan berangkat jauh-jauh hari, Sedulur bisa melakukan perjalanan yang santai dengan beberapa kali istirahat dan bahkan tidak perlu ngebut dan tergesa-gesa. Meskipun waktu cuti bersama dari pemerintah seringkali mepet di waktu lebaran, Sedulur bisa memanfaatkan jatah cuti tahunan Sedulur agar bisa mudik lebih dulu di jauh-jauh hari.

9. Berhenti saat merasa lelah

Kompas

Tips mudik selanjutnya yaitu jangan segan untuk berhenti di saat lelah. Setiap orang yang mudik pasti selalu ingin cepat sampai tujuan. Tapi, bukan berarti Sedulur harus memaksakan diri untuk tetap melanjutkan perjalanan saat terasa lelah atau mengantuk.

Hal tersebut sangat berbahaya yang bisa mengakibatkan hilang fokus dan bahkan kecelakaan. Makanya, sebagai pengemudi, usahakan untuk langsung berhenti saat merasa mengantuk atau terlalu lelah. Tidur 15 hingga 30 menit pasti akan sangat berguna.

10. Kenali kondisi jalan yang akan dilalui

Kompas

Jalur yang dilalui para pemudik biasanya memiliki karakteristik  dan kondisi yang berbeda-beda. Misalnya, ada daerah dengan jalanan rusak, jalanan yang berkelok, jalanan yang sulit sinyal, minim lampu dan bahkan daerah yang sering dilalui oleh binatang hutan.

Dengan memahami karakteristik jalanan dan daerah yang berbeda-beda tersebut, Sedulur bisa mengantisipasi hal yang akan terjadi biar agar tidak kaget dan panik. Serta Sedulur bisa melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman serta bisa sampai pada tujuan dengan selamat.

BACA JUGA: Dimajukan! Cuti Bersama Lebaran 2023, Cek Di Sini!

11. Persiapkan peta sebagai antisipasi

Info Mudik Lebaran

Meskipun terdengar jadul dan sangat tradisional, tapi membawa peta akan membantu Sedulur yang tidak begitu hafal jalan saat melalui daerah yang susah signal untuk menghindari nyasar. Jadi, Sedulur tidak perlu panik jika sinyal handphone Sedulur hilang dan Sedulur tidak tahu jalan mudik.

Selain mempersiapkan peta, sebagai antisipasi lain Sedulur juga bisa menyiapkan rute perjalanan untuk mudik. Baik mudik menggunakan motor atau mobil. Menggunakan motor dan mobil biasanya memiliki rute terbaik yang berbeda.

Motor tidak bisa mengakses jalan tol yang dapat meringkas jarak tempuh. Namun, motor dapat mengakses jalan-jalan alternatif yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil. Cari dan pelajarilah terlebih dahulu rute perjalanan mudik sesuai dengan tujuan.

Sementara itu, mobil tidak bisa mengakses jalan-jalan alternatif seperti jalan tikus dan jalan yang memasuki daerah pemukiman warga. Maka dari itu, penting untuk memikirkan rute alternatif.

12. Jangan membawa barang berlebih

GridOto

Tips mudik lebar yang terakhir yaitu jangan membawa barang berlebihan, cukup membawa barang yang dibutuhkan saja. Tidak asing memang jika pemudik membawa barang yang banyak, yang biasanya terdiri dari oleh-oleh atau perbekalan selama di kampung halaman.

Namun Sedulur harus tetap perhatikan barang bawaan, jangan membawa barang berlebih. Barang yang berlebih dapat menganggu keseimbangan motor dan membahayakan perjalanan. Jika Sedulur mudik menggunakan mobil pun, tetap perhatikan kapasitas maksimal mobil.

Baik mobil atau motor yang menanggung kapasitas yang berlebihan, dapat menganggu keseimbangan kendaraan saat melaju, sehingga berpotensi dan berisiko mengalami gangguan saat berkendara.

Nah itulah beberapa tips mudik lebaran yang perlu Sedulur pahami. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur untuk mudik dengan aman dan nyaman sehingga bisa tiba di kampung halaman serta menghabiskan waktu di hari raya bersama keluarga.

Pastikan segala persiapan telah Sedulur lakukan, jangan sampai ada yang tertinggal. Selalu waspada dan hati-hati di jalan. Semoga perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan. Selamat mudik ya Sedulur Super sekalian!