takbur adalah

Takabur adalah salah satu perilaku tidak terpuji yang tidak disukai oleh Allah SWT dan manusia mana saja. Takabur bisa menyebabkan kita dijauhi oleh orang lain dan orang menjadi malas bergaul bersama kita. Hal itu berkaitan dengan sifat manusia yang tidak mau kalah, sombong dan arogan, serta merasa paling berkuasa dan paling bisa dibandingkan dengan orang lain. Lalu, apakah takabur itu?

Berbeda dengan takabur, lawan dari sifat takabur adalah tawadhu atau sikap menghargai orang lain dan tidak merasa diri lebih tinggi dibanding orang lain. Tak heran jika sikap ini banyak disenangi oleh orang lain. Biasanya, orang dengan sikap tawadhu memiliki banyak teman karena memberikan kenyamanan bagi orang lain, tidak merendahkan mereka dan tidak merasa diri lebih unggul dari orang lain.

BACA JUGA: Pengertian Munafik Beserta Ciri-Ciri dan Cara Menghindarinya

Pengertian takabur

takabur artinya dalam islam
Tirto.id

Takabur adalah arti dari sifat sombong atau perasaan terlalu membanggakan diri sendiri. Orang takabur memiliki kebiasaan memandang tinggi diri sendiri, sedangkan orang lain dipandang rendah dan tidak berkemampuan dibanding diri sendiri.

Ia akan cenderung meremehkan orang lain baik secara langsung maupun tidak. Keduanya sama-sama buruk dan Sedulur harus segera beristighfar jika sadar hal itu terjadi.

Takabur artinya dalam Islam juga sering dikaitkan dengan ujub. Hampir sama, bedanya takabur ini membutuhkan orang lain sebagai pembandingnya. Tentu saja perbandingan ini dibutuhkan sebagai contoh bahwa orang lain lebih rendah dibanding dirinya.

Ada dua jenis takabur dan yang manapun harus diwaspadai. Pertama adalah takabur batin, sedangkan lainnya adalah takabur lahir. Takabur batin artinya merasa diri lebih baik dibanding orang lain namun terselubung di dalam hati, tanpa diucapkan. Sedangkan takabur batin lebih eksplisit seperti diperlihatkan dalam tindakan menyepelekan orang lain dan merendahkan orang lain. Naudzubillahimindzalik.

Dalil tentang takabur

dalil
Pinhome

Beberapa dalil takabur adalah terdapat dalam alquran dan banyak juga hadist yang membahas terkait sikap buruk ini. Berikut adalah hadist yang membahasnya.

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Artinya: “Kesombongan adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia”. [HR. Muslim, no. 2749, dari ‘Abdullah bin Mas’ûd]

Allah SWT juga berfirman:

وَلَا تُصَعِّرۡ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمۡشِ فِى الۡاَرۡضِ مَرَحًا ‌ؕ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخۡتَالٍ فَخُوۡرٍۚ

Artinya: “Dan janganlah kamu memalingkan wajah dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di bumi dengan angkuh. Sungguh, Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri.”

Rasulullah SAW juga bersabda: ”Orang fakir yang berlaku sombong termasuk orang-orang yang tidak akan diajak berbicara oleh Allah pada hari kiamat, Allah juga tidak akan menyucikan, tidak akan memandang mereka, dan bagi mereka azab yang pedih.” (HR. Muslim).

Sudah jelas bukan betapa takabur adalah sikap yang sangat dibenci oleh Allah SWT. Dahulu saja, iblis dikeluarkan dari surga karena kesombongannya dan merasa diri lebih baik dari manusia. Sesungguhnya Allah SWT sangat tidak menyukai hal tersebut.

Ciri-ciri takabur

takabur batin artinya
Pikiran Rakyat

Sikap sombong sangat mudah dikenali. Ciri-ciri takabur adalah bisa disimak dari sikap merasa apa yang dikatakan dan semua yang datang darinya itu benar dan luar biasa. Ia merasa hebat dibanding dengan yang lainnya.

Hal ini ditandai dengan seringnya memuji diri sendiri, merasa diri tidak berdosa sedangkan orang lain adalah tidak penting dan perilakunya lebih buruk dari dirinya.

Seseorang dengan ciri takabur adalah merasa diri paling pintar dan pandai dalam banyak hal sehingga tidak senang jika merasa kalah. Ia akan berusaha mendapat pengakuan dari orang lain yang menyetujui bahwa dirinya lebih unggul dibanding orang lain. Sedangkan ketika melakukan kesalahan, ia cenderung melemparkan kesalahan itu pada orang lain.

Masih ciri-ciri takabur adalah tidak suka jika orang lain memeroleh keberhasilan. Ia juga tidak suka menghormati orang lain sehingga orang lain pun kemungkinan kehilangan hormat padanya. Ini adalah salah satu perilaku yang menyebabkan manusia dijauhi oleh sesamanya.

Contoh takabur dan dampaknya

lawan dari sifat takabur adalah
Akurat News

Contoh takabur adalah ketika Sedulur sudah mencapai banyak keinginan, kemudian munculah perasaan bahwa apa yang didapat oleh Sedulur selama ini adalah atas upaya Sedulur sendiri. Orang lain yang berusaha kemungkinan tidak bisa mencapai apa yang sudah Sedulur dapat dan mereka tidak pantas mendapatkannya.

Perasaan semacam itulah yang menjadi asal muasal takabur dan hilangnya rasa hormat orang lain pada orang yang takabur. Dampak takabur selain di dunia juga di buruk di akhirat. Takabur memungkinkan seseorang terhalang masuk surga karena tidak memiliki akhlak seorang mukim. Mendapatkan hukuman di dunia dan akhirat karena kesombongan, serta membuat orang lain membencinya.

BACA JUGA: Riya: Pengertian, Jenis, Ciri, Contoh & Cara Menghindarinya

Cara agar terhindar dari takabur

agar menghindari
Suara

Adapun cara agar terhindar dari sifat takabur adalah mengingat bahwa apa yang kita peroleh adalah atas kehendak Allah SWT. Semuanya adalah titipan dan kita tidak pantas merendahkan orang lain yang juga adalah ciptaan Allah SWT. Mengingat bahwa apa yang kita miliki tidak sebanding dengan kekayaan Allah SWT juga harus selalu ditanamkan dimanapun berada.

Intinya, jangan takabur dan sombong karena takabur adalah perilaku yang menunjukkan bahwa kita lupa atas kekuasaan Allah SWT yang hanya menitipkan sedikit yang dimilikinya pada manusia.

Demikian penjelasan mengenai sikap takabur atau sombong yang seringkali menghampiri jiwa manusia. Ingatlah, takabur adalah salah satu sifat yang harus dihindari. Hati-hati ya, Sedulur. Jangan sampai secuil perasaan takabur menjadi penghalang amal baik kita untuk diterima oleh Yang Maha Kuasa.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!