Agar sholat tarawih Sedulur di bulan ramadhan ini semakin berkah, Sedulur wajib simak ulasannya di bawah ini.

Sholat tarawih merupakan ibadah yang khusus dilaksanakan setiap bulan ramadhan. Dalam pelaksanaannya, Sedulur wajib membaca doa tarawih, baik itu sholat tarawih berjamaah di masjid dan doa sholat tarawih di rumah. Bacaan sholat tarawih dibaca setelah kita selesai melaksanakan ibadah sholat tarawih.

Selain doa sholat tarawih, Sedulur juga wajib mengetahui cara sholat tarawih. Nah kali ini, Superapp.id akan menyampaikan doa dan bacaan setelah sholat tarawih. Agar ibadah tarawih bisa dengan khidmat dan khusyu kita laksanakan, Sedulur wajib menghafal doa sholat tarawih. Namun, sebelum itu, untuk mengingatkan kembali, Sedulur juga wajib mengetahui bagaimana niat sholat tarawih itu sendiri.

Baca Juga: Sholat Hajat: Niat, Tata Cara, Doa & Waktu Mustajab

-->

Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih

Niat dan Tata Cara Sholat Tarawih
liputan6.com

Bacaan sholat tarawih 8 rakaat atau beberapa rakaat lainnya sama saja dengan sholat fardu dan sholat sunah lainnya. Berikut bacaan dan tata cara sholat tarawih yang harus Sedulur ketahui:

  • Membaca niat sholat tarawih
  • Membaca takbiratul ihram
  • Membaca ta’awudz dan surat Al-Fatihah dan dilanjutkan dengan membaca surat yang ada di dalam Al-Quran
  • Rukuk
  • I’tidal
  • Sujud pertama
  • Duduk diantara dua sujud
  • Bangkit dari duduk
  • Salam pada rakaat kedua
  • Mengucap istighfar
  • Sholat Witir 3 rakaat 1 salam

Dalam setiap ibadah, niat merupakan hal yang sangat penting. Termasuk sholat tarawih, di bawah ini merupakan bacaan niat sholat tarawih untuk imam dan makmum:

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an imman lillhi ta‘la.”

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai imam karena Allah SWT.”

Ushalli sunnatat Tarwhi rak‘atayni mustaqbilal qiblati ad’an ma’mman lillhi ta‘la.

Artinya: “Aku menyengaja sembahyang sunnah Tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah SWT.”

Doa Tarawih: Doa Kamilin

Doa Tarawih: Doa Kamilin
okeinfo.net

Berikut ini bacaan sholat tarawih lengkapm yang juga disebut dengan nama doa kamilin. Berikut ini doa setelah sholat tarawih yang bisa Sedulur baca:

Allahummaj’alna bilimani kamilin, wa lil Faraidi Muaddin, walis sholati hafidzin, wa lizzakati fa’ilin, wa lima indaka thalibin, wa li afwika rajiin, wa bil huda mutamassikin, wa ‘anil laghwi mu’ridhi, wa fid dunya zahidin, wa fil akhirati raghibin, wabil qadhai radhiin, wa lin na’mai syakirin,

wa ‘alal bala’ shabirin, wa tahta liwai sayyidina muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yaumal qiyamati sa’irin, wa ilal haudi waridin, wa ilal jannati dahilin, wa minan nari naajiin, wa ‘ala sariril karamati qa’idin,

wa min khurin ‘inin mutazawwijin, wa min sundusin wa istabraqin, wa dibaajin mutalabbisin, wa min tha’amil jannati akilin, wa min labanin wa’asalin mushaffaini syaribin, bi akwabin wa abariqa wa ka’sin min ma’in, ma’al ladzina an’amta alaihim minan nabiyyina was shiddiqiina was syuhada’i was sholihin, wa hasuna ula’ika rafiqaa, dzalikal fadhlu minallahi. Wa kafa billahi ‘alima.

Allahummaj’alna fi hadzas syahri syarifatil mubarakati minas su’ada’il maqbulin. Wa laa taj’alna minal azkiya’il marduudin. Wa shallallahu ‘ala sayyidina Muhammadin, wa ‘aalihi wa sahbihi ajma’in. birahmatika ya arhamar rahimin.

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah kami orang-orang yang sempurna imannya, yang melaksanakan kewajiban-kewajiban terhadap-Mu, yang memelihara sholat, yang mengeluarkan zakat, yang mencari apa yang ada di sisi-Mu, yang mengharapkan ampunan-Mu, yang berpegang pada petunjuk, yang berpaling dari kebatilan, yang zuhud di dunia, yang menyenangi akhirat, yang ridha dengan ketentuan, yang bersyukur atas nikmat yang diberikan, yang sabar atas segala musibah, yang berada di bawah panji-panji junjungan kami, Nabi Muhammad, pada hari kiamat, sampai kepada telaga (yakni telaga Nabi Muhammad) yang masuk ke dalam surga, yang duduk di atas dipan kemuliaan, yang menikah dengan para bidadari, yang mengenakan berbagai sutra, yang makan makanan surga, yang minum susu dan madu yang murni dengan gelas, cangkir, dan cawan bersama orang-orang yang Engkau beri nikmat dari para nabi, shiddiqin, syuhada dan orang-orang shalih. Mereka itulah teman yang terbaik. Itulah keutamaan (anugerah) dari Allah, dan Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Baca Juga: Bacaan Doa Sholat Dhuha & Terjemahan Latin, Mudah Dipahami!

Keutamaan Sholat Tarawih

Keutamaan Sholat Tarawih
inews.co.id

Sholat tarawih merupakan ibadah yang wajib dilaksanakan selama bulan ramadhan, dilakukan setelah sholat isya yang akan melengkapi ibadah Sedulur setelah seharian melakukan ibadah puasa. Dikarenakan kedudukan yang sangat tinggi selama bulan ramadhan, sholat tarawih juga memiliki keutamaan.

Siapapun umat muslim yang melakukan ibadah sholat tarawih dengan beriman dan semakin ikhlas, maka setiap dosa yang terjadi di masa lampau akan diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu, banyak setiap umat muslim yang berlomba-lomba melakukan ibadah sholat tarawih.

Niat Sholat Witir

Niat Sholat Witir
merdeka.com

Sholat tarawih harus disempurnakan dengan sholat witir. Berikut ini niat sholat tarawih dan witir sendiri yang wajib Sedulur hafal:

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka’aatain mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala.

Artinya: “Aku niat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.”

Sholat witir merupakan ibadah sholat sunah muakkad yang sangat dianjurkan dan diwajibkan. Dalam konteks ini dilakukan setelah sholat tarawih. Sangat disarankan sholat witir dianjurkan sebanyak tiga rakaat agar mendapatkan keutamaannya. Namun, jika tidak memungkinan, Sedulur bisa mengamalkan satu rakaat saja.

Keutamaan Sholat Witir

Keutamaan Sholat Witir
tribunnews.com

Sholat witir yang menyempurnakan sholat tarawih memiliki keutamaan yaitu penyempurna sholat malam. Bukan hanya diamalkan setelah sholat tarawih, sholat witir juga wajib diamalkan setelah sholat malam. Seperti sholat qiyamul lail atau sholat tahajud. Selain itu, bagi yang melakukan sholat witir juga akan mendapatkan cinta Allah SWT dan dikabulkan doanya.

Semoga penjelasan mengenai sholat tarawih dan sholat  beserta dengan niat, doa dan keutamaannya bisa menambah pengetahuan Sedulur dan bisa menambah keimanan Sedulur. Terutama di tengah bulan ramadhan kali ini, waktu yang tepat untuk memperkuat keimanan dan memperbanyak ibadah.

Sebelum mengakhiri artikel ini, terdapat satu informasi penting yang wajib Sedulur ketahui, yaitu terkait aplikasi belanja sembako kebutuhan sehari-hari yang dapat Sedulur gunakan agar lebih mudah dan untung. Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur, dijamin lebih mudah dan sangat menguntungkan. Jika Sedulur tidak percaya, Sedulur bisa langsung download dan menggunakannya.