shio tikus

Shio atau zodiak dalam kepercayaan Tiongkok memiliki hitungan yang berbeda dengan zodiak biasa. Tidak dihitung berdasarkan bulan kelahiran, shio justru dihitung menggunakan tahun kelahiran seseorang. Sama dengan zodiak biasa, ada 12 macam shio yang terdiri atas 12 spesies hewan.

Salah satunya adalah tikus yang sama seperti shio-shio lain tiap tahunnya punya hitungan peruntungan sendiri. Pemilik Shio Tikus adalah orang-orang yang lahir di tahun 1948, 1960, 1972, 1984, 1996, 2008, dan 2020. Apakah kamu salah satunya? Mari simak apa saja yang menarik buat para pemilik shio ini di tahun 2022. 

BACA JUGA: Imlek 2022: Ini 7 Shio Paling Beruntung di Tahun Macan Air

1. Karakter Shio Tikus 

shio tikus
Pexels

Melansir situs Chinese New Year, secara umum pemilik Shio Tikus adalah orang yang optimis dan lincah. Mereka cukup peka pada perasaan orang lain, tetapi di sisi lain keras kepala dan susah diubah pendiriannya. Mereka juga orang yang sebenarnya punya maksud baik, tetapi kadang kata-kata yang keluar pedas dan terkesan kasar. Pemilik Shio Tikus biasanya sukses secara duniawi, tetapi lebih suka hidup dalam kesederhanaan dan ketenangan.

-->

Untuk tahu sifat yang lebih spesifik, biasanya ditentukan pula elemen yang menyertai. Elemen ini adalah salah satu dari kayu, api, tanah, logam, dan air. Merujuk sumber yang sama dan beberapa sumber lain, berikut penjelasannya berdasarkan tabel Shio Tikus.

  • Tikus tanah dimiliki oleh orang yang lahir pada 1948 dan 2008. Mereka dikenal sebagai pembicara yang baik, pencair suasana. Namun, kadang mereka cukup posesif pada orang terdekatnya. Kebanyakan memiliki kehidupan yang keras di masa mudanya, tetapi mereka adalah sosok yang kuat dan gigih untuk menghadapi cobaan tersebut dan akhirnya menuai hasil di usia dewasa hingga tuanya. 
  • Tikus api adalah jawaban dari pertanyaan Shio Tikus 1996 masuk dalam unsur apa. Secara umum, mereka dipercaya sebagai sosok yang cerdas secara emosi dan intelegensi. Mereka dikenal sebagai sosok yang blak-blakan dan mungkin tanpa sadar menyakiti orang lain. Namun, itu sebenarnya karena mereka adalah orang yang jujur dan righteous.
  • Tikus logam adalah elemen shio untuk orang-orang kelahiran 1960 dan 2020. Mereka dikenal sebagai orang yang bisa diandalkan dan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Ia bisa dengan mudah mendapatkan rasa hormat dari orang-orang di sekitarnya. Meskipun, mereka juga dipercaya lebih temperamental dibanding elemen-elemen lain dalam Shio Tikus.
  • Tikus air menaungi orang-orang yang lahir di tahun 1972 dan dipercaya sebagai sosok yang sangat jeli dalam mengelola uang. Mereka biasanya lebih tertutup dibanding pemilik Shio Tikus dari elemen lain, tetapi dikenal dermawan dan suka membantu. 
  • Tikus kayu untuk orang yang lahir di tahun 1984 dan merupakan orang-orang dengan kegigihan luar biasa. Sekali mengerjakan sesuatu, mereka akan menyelesaikannya sampai tuntas. Namun, kadang malas melanda dan mereka bisa saja malas atau melupakan apa yang mereka mulai tadi. Ini karena mereka memiliki banyak ide di kepala dan sering kali terdistraksi.

2. Apa arti Shio Tikus berdasar gendernya? 

shio tikus
Pexels

Selain dari elemen, Shio Tikus karakternya bisa dijabarkan lebih spesifik lagi berdasarkan gender laki-laki dan perempuan. Berikut penjelasannya.

  • Laki-laki pemilik Shio Tikus biasanya jeli melihat peluang, baik dari segi bisnis dan lainnya. Mereka lincah dan memiliki kegigihan untuk mengejar apa yang diinginkan. Namun, secara kepemimpinan mereka tidak begitu bisa diandalkan. 
  • Perempuan yang memiliki Shio Tikus adalah sosok yang bisa diandalkan dan bertanggung jawab. Mereka teratur dan tahu cara menentukan prioritas dalam hidupnya. 

BACA JUGA: Ramalan Lengkap Shio Kerbau, Diprediksi Banyak Uang di 2022

3. Kecocokan dengan shio lain 

shio tikus
Pexels

Pasti Sedulur penasaran tentang kecocokan shio ini dengan shio lainnya. Tidak hanya untuk urusan jodoh, bahkan dalam bisnis pun beberapa orang menggunakan perhitungan ini. 

Singkatnya, Shio Tikus cocok dengan Shio Kerbau, Shio Naga, dan Shio Monyet. Tikus dan kerbau dianggap saling melengkapi baik dalam pekerjaan maupun kehidupan. Sementara itu, dengan Shio Naga mereka akan saling mengerti satu sama lain dan bisa jadi pasangan yang sama-sama mendukung karier masing-masing. Dengan Shio Monyet, pemilik Shio Tikus akan menjalin hubungan yang baik dan akur.

4. Hati-hati dengan Shio Kuda, Kambing, dan Kelinci 

Pexels

Sudah tahu Shio Tikus cocok sama shio apa, ini saatnya Sedulur juga tahu shio-shio apa saja yang dipercaya tidak memiliki kecocokan dengan Shio Tikus. Mereka adalah Shio Kuda, Kambing, dan Shio Kelinci. Biasanya mereka akan mengalami konflik karena perbedaan kepentingan dan prioritas. Bisa karena salah satu dari mereka merasa bahwa usaha pihak lain kurang memadai atau banyak prinsip yang bertolak belakang. Pola di masa lalu yang menunjukkan bahwa Shio Tikus tidak cocok dengan shio apa bukanlah sesuatu harus dijadikan patokan. Hal ini bisa jadi aba-aba saja buat Sedulur yang bershio ini.

5. Peruntungan di tahun macan air 2022

Pexels

Masih merujuk sumber yang sama, di tahun 2022 dipercaya akan ada banyak hal baik untuk pemilik shio ini. Mengingat mereka sudah mengalami banyak kesusahan di tahun lalu, tahun ini akan ada hasil yang bisa dituai. Baik dalam cinta, karier, dan finansial, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Justru banyak hal baru yang mungkin didapatkan, misalnya pembicaraan ke jenjang yang lebih serius untuk urusan asmara dan bagi para lajang ada kemungkinan bertemu dengan pasangan yang selama ini dinantikan. 

Sementara di dalam karier, akan ada tantangan yang menanti. Namun, ini akan diikuti dengan peningkatan penghasilan bila kamu berhasil melewati tantangannya. Di urusan kesehatan, mungkin medical check-up perlu dilakukan bagi pemilik shio yang sudah berusia lanjut.

Berbagai hal tentang Shio Tikus, mulai dari karakter hingga kecocokannya dengan shio lain sudah dibahas. Semoga bisa menjawab rasa penasaran Sedulur tentang peruntunganmu berdasarkan shio.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.