Sepeda lipat atau folding bike merupakan sebuah inovasi yang menarik dan cocok digunakan di masa kini karena memiliki desain dan bentuk yang efektif dan efisien ketika digunakan. Kegunaan utama dari folding bike sendiri sangat mengutamakan kepraktisan dan fleksibel ketika dipakai, sehingga cocok untuk digunakan baik anak kecil sampai orang dewasa. Popularitasnya pun semakin meningkat akhir-akhir ini, dikarenakan adanya perkembangan tren olahraga bersepeda. 

Karena memiliki desain dan bentuk yang praktis serta efisien, folding bike cocok untuk dibawa saat berlibur di pedesaan, tempat rekreasi, pantai, bahkan puncak. Dengan modelnya yang bisa dilipat, pengguna tidak perlu lagi mencari tempat parkir ataupun khawatir meninggalkan sepeda di tempat umum. Tren olahraga yang satu ini bisa menjadi pilihan untuk Sedulur karena penawarannya yang menarik dan inovatif. Berikut adalah rekomendasi 10 produk sepeda lipat terbaik yang bisa dipilih untuk menemani olahraga Sedulur. Cek, yuk!

BACA JUGA: Sedulur Super, Begini Tips Olahraga Saat Puasa + Contohnya

1. United Bike Black Horse “Janji Jiwa” 

sepeda lipat
unitedbike

Karakteristik yang diusung dari folding bike yang satu ini sangat kuat, karena menggunakan rangka yang berbahan chromoly atau bahan dasar baja. Kendaraan roda dua yang ini juga dilengkapi dengan sepuluh variasi gear ratio dan shifter yang membuat pengguna bisa bersepeda di berbagai medan dengan mudah dan kuat. Desain yang ditawarkan dari sepeda lipat united ini juga terlihat mewah, meskipun sentuhan utamanya klasik.

United Bike Black Horse mengambil tema dasar warna coklat, yang semakin menambah kesan klasiknya. Warna tersebut bisa dilihat dari bagian grips dan saddlenya. Apabila pengguna melihatnya secara seksama, warna utama yang menjadi pilihan folding bike ini serupa dengan warna varian kopi. Yups, produk ini merupakan hasil kolaborasi antara United Bike dengan Kopi Janji Jiwa yang bisa menjadi pilihan untuk para pengguna sepeda yang sekaligus coffee addict. Harga yang ditawarkan dari gowes klasik ini adalah sekitar 6,7 jutaan.

2. Pacific Noris 3.0

sepeda lipat
sepeda.me

Pacific Bike merupakan salah satu merk gowes yang mengutamakan kualitas yang tinggi. Salah satu brand nasional ini mengeluarkan banyak jenis sepeda, diantaranya adalah BMX, Road Bike, Mountain, dan Urban yang cocok untuk digunakan berdasarkan kebutuhan. Belum lama ini, Pacific meluncurkan sebuah folding bike yang bisa dijadikan pilihan yang praktis serta efisien. Setelah peluncurannya, tipe ini kemudian banyak diminati oleh berbagai kalangan, terutama goweser di perkotaan.

Sepeda lipat Pacific 3.0 merupakan produk laris manis yang memiliki bobot ringan serta berukuran ringkas. Maka dari itu, produk ini menjadi salah satu andalan untuk para pekerja yang mengejar rute angkutan umum di perkotaan. Selain ringkas dan ringan,folding bike ini juga hemat waktu serta tetap menampilkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Soal hemat waktu, Pacific Noris 3.0 memiliki transmisi kecepatan 9 speed dengan mengusung komponen Shimano Altus. Selain itu, folding bike ini juga memiliki rangka yang anti karat dan tidak terlalu berat. Sehingga, penggunaannya menjadi cukup ringan dan menjadi salah satu folding bike yang bagus. 

Tidak sampai disitu saja, gowes yang satu ini juga dibekali dengan handle grip yang sudah dilengkapi lockout. Sehingga, ketika mengayuh tidak akan bergeser, berputar, serta tidak slip. Sistem pengeremannya juga sudah menggunakan teknologi hydraulic. Maka, jika Sedulur melakukan rem mendadak atau sedang melewati turunan yang tajam, produk ini bisa diandalkan. Harga dari Pacific Noris 3.0 ukuran 20 inci ini adalah sekitar 6,5 jutaan.

BACA JUGA: Ingin Mengecilkan Perut? 6 Olahraga Ini Cocok Kamu Lakukan!

3. 3sixty Folding Bike

sepeda lipat
passiongadgets

Berikutnya adalah sebuah brand yang berasal dari Korea Selatan, yaitu 3sixty. Meskipun asalnya dari Korea, banyak masyarakat yang mengira bahwa brand ini berasal dari China, karena sudah terkenal di sana. Brand ini dulunya hanya membuat bike parts untuk brand lain, sebelum akhirnya memiliki brand sendiri. 3sixty juga merupakan salah satu pelopor utama dalam dunia folding bikes. Tak heran, banyak gowesers yang menyebut bahwa produk ini merupakan sesepuh di dunia gowes.

Salah satu merk sepeda lipat yang bagus ini juga memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa dilipat hingga dua kali menjadi tiga lapisan. Selain itu, folding bike ini memiliki material frame yang terbuat dari bahan berkualitas dan kuat, serta tahan lama. Body yang ditawarkan terlihat lebih ramping karena menggunakan full chromoly steel seri 4130. Shifter yang dipakai untuk memindahkan giginya adalah 3 speed. 

3Sixty Folding Bike juga memiliki sebuah roda kecil dan front block yang ada di bagian sepeda. Sehingga, pengguna bisa mendorong sepeda ketika berada dalam posisi terlipat dengan mudah. Folding bike ini juga tidak memerlukan banyak perawatan, karena memiliki sistem pengereman yang tidak rumit. Produk asal Korea Selatan ini memiliki kisaran harga 7,9 jutaan.

4. Pacific 2980 RX – Low End

sepeda lipat
sepeda.me

Pacific 2980 RX merupakan salah satu jenis sepeda lipat yang murah yang bisa Sedulur pilih. Meskipun harganya tidak merogoh dompet terlalu dalam, namun penampilannya masih tetap trendi dan bergaya. Folding bike yang satu ini bisa dengan mudah dilipat, karena memiliki bahan dari frame besi yang ringan. Tak hanya itu saja, sadel yang dimiliki produk ini terkesan nyaman dan empuk ketika diduduki. Point plus dari produk ini adalah, pengguna bisa dengan mudah membonceng seseorang atau membawa barang ekstra ketika menaikinya. Harga dari Pacific 2980 RX adalah sekitar 1,3 sampai 2 jutaan. 

BACA JUGA: Cara Bayar Pajak Motor Online, Praktis Bisa Dari Rumah

5. Polygon Urbano 3

sepeda lipat
polygonbikes

Pasti kebanyakan masyarakat sudah mengenal salah satu merek sepeda yang sudah sejak lama ada ini. Yups, merk tersebut adalah Polygon. Brand ini berdiri sejak tahun 1989 dan berhasil memproduksi berbagai pilihan alat gowes yang berkualitas tinggi serta mampu bersaing dalam pasar internasional hingga kini. Lebih dari 400 outlet sudah tersebar di berbagai belahan dunia. Salah satu produk andalan dari merek lokal ini adalah Polygon Urbano 3. 

Sepeda lipat Polygon ini sangat ideal untuk digunakan masyarakat di masa sekarang ini, yang menginginkan kemudahan dan kepraktisan dalam berkendara. Produk ini juga memiliki desain yang sederhana dan memiliki ruang penyimpanan yang ideal jika dimasukkan ke dalam bagasi mobil. Urbano 3 juga memiliki frame yang ringan, fender dan v-brake yang kuat, serta roda alloy berukuran 20 inch, yang bisa meningkatkan penggunaanya dengan efisien. Kekuatan pedalnya juga cepat, karena memiliki kemampuan 7 speed dengan menggunakan Shimano Tourney. Produk ini juga dilengkapi dengan pedal yang mudah untuk dilipat.

Tak hanya itu saja, rancangan utama dari sadel produk ini memberikan kenyamanan yang maksimal pada penggunanya karena dirancang lebih tegak dari produk lainnya. Polygon Urbano 3 juga memiliki pilihan warna yang beragam dengan desain yang modern sesuai dengan kebutuhan masa kini. Jika Sedulur adalah seseorang yang hobi berkendara di jalanan yang kurang rata, produk ini cocok untuk dijadikan pilihan. Harga yang ditawarkan dari Polygon Urbano 3 yang memiliki berbagai macam komponen yang berkualitas ini adalah 4,2 jutaan.

6. Element MTB Folding Bike E-Cosmo 10sp Edisi Filosofi Kopi 

elemenmtb

Jika Sedulur mencari folding bike yang aman digunakan secara mendadan ataupun saat melewati turunan yang tajam, Element MTB Folding Bike E-Cosmo bisa menjadi salah satu pilihan yang pas. Salah satu merk sepeda lokal ini akan memberikan pengalaman yang menarik bagi penggunanya, karena memiliki shifter berjumlah 10 speed. Sehingga, fleksibilitas dalam berkendara bisa didapatkan dengan mudah. Produk ini juga menggunakan rem hydraulic disk brake yang mumpuni.

Pengguna akan semakin yakin untuk memilih sepeda lipat yang bagus ini karena mendapatkan garansi resmi frame hingga lima tahun. Pengguna juga akan dengan mudah menerabas semua medan hingga ke pelosok karena kualitas frame yang ditawarkan sangat terjamin. Produk yang berkolaborasi dengan brand kedai kopi ternama Filosofi Kopi ini memiliki kisaran harga 5,4 jutaan.

BACA JUGA: Usaha Cuci Motor, Modal Kecil tapi Menguntungkan di Tengah Pandemi

7. Evergreen Folding Bike 20”

tokopedia

Rekomendasi selanjutnya adalah Evergreen Folding Bike 20”. Merk yang terkenal dengan produk mountain bikenya ini memiliki ukuran ban 20 inci, sama seperti Element. Kerangka dalam produk ini terbuat dari bahan high tensile steel yang mudah dilipat dan memiliki kualitas tinggi. Desain yang ditawarkan cukup menarik dan trendi, meskipun terbilang cukup sederhana. 

Produk ini menawarkan sistem rem v-brake yang aman, sehingga cocok untuk dijadikan hadiah anak kecil. Rem akan menjadi lebih empuk dan pakem, karena adanya sistem pengereman dari v-brake. Salah satu sepeda lipat yang bagus dan ringan ini memiliki kecepatan yang dapat diatur sampai enam kali operan gigi hanya dengan menggunakan satu ibu jari kanan saja. Kerangkanya juga mudah dilipat dengan cara menekan atau menarik QR saja. Harga dari Evergreen Folding Bike 20” ini adalah kisaran 8,1 jutaan. 

8. United Stylo

sepeda.me

Tak hanya Polygon, merk sepeda lokal bernama United ini juga mampu bersaing di kancah nasional maupun internasional. Brand ini mampu untuk memenuhi kebutuhan penggunanya dengan cara meluncurkan berbagai jenis produk gowes. Salah satu jenis produk yang populer dari brand lokal ini adalah sepeda lipat yang kecil bernama United Stylo. Dengan kisaran harga sekitar 2,2 jutaan saja, pengguna sudah bisa membawa pulang folding bike dengan desain yang stylish ini. Sehingga, pengguna akan tetap tampil keren saat sedang berkendara. 

Selain itu, United Stylo juga produk yang tahan banting, karena memiliki rangka besi yang kuat. Produk ini juga cocok untuk digunakan pengguna yang mengutamakan keselamatan, karena pengeremannya cenderung pakem. Dengan memiliki ukuran ban 16 inchi, produk ini juga dilengkapi dengan jari-jari atau spokes sebanyak 28 buah. Boncengan di belakangnya juga bisa dimanfaatkan sebagai bagasi mini atau jika ada seseorang yang ingin dibonceng. Folding bike yang cocok digunakan untuk anak dan orang dewasa ini juga praktis untuk disimpan di bawah meja atau ke dalam bagasi mobil.

BACA JUGA: Perbedaan Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor, Sudah Tahu?

9. Maximo Piegare Cyclo TX7 3.0 

blibli

Rekomendasi lainnya yang bisa dipilih oleh Sedulur adalah Maximo Piegare Cyclo TX7 3.0. Produk ini cocok digunakan untuk menemani aktivitas sehari-hari, karena cenderung praktis dan efisien. Tak hanya itu saja, faktor kenyamanan pun juga dipertimbangkan dari folding bike ini. Dengan menggunakan sadel yang terbuat dari foam, selama berkendara pun pengguna akan selalu nyaman. Produk ini juga cocok untuk dibawa saat berpergian, karena tidak memerlukan banyak tempat. 

Meskipun harga sepeda lipat ini cukup terjangkau, yaitu 2,5 jutaan saja, namun ia sudah memiliki frame dengan material Hi-Ten Aluminium Hydroformed Frame Holding yang kokoh. Tak hanya itu, folding bike ini juga memiliki fitur perpindahan gigi dengan 7 speed yang cocok untuk daerah perkotaan. Material dalam bagian fork nya juga menggunakan Hi-Ten Steel, sehingga makin nyaman untuk digunakan. 

10. Xiaomi Mi Qicycle 

starfab-group

Terkenal sebagai brand penghasil ponsel pintar atau smartphone, ternyata Xiaomi juga memiliki produk sepeda lipat, lho. Produk tersebut diberi nama Xiaomi Mi Qicycle, yang tak kalah bagus dan kuat dari yang lainnya. Yang membedakannya dengan merk lainnya adalah berbagai fitur canggih yang ditawarkan. Fitur tersebut diantaranya adalah pelacak keberadaan folding bike yang bisa diakses melalui aplikasi di smartphone. Tak hanya sebagai pelacak saja, aplikasi tersebut juga bisa mencatat kecepatan, jarak tempuh, bahkan berapa kalori yang terbakar saat berkendara menggunakan Xiaomi Mi Qicycle. Dengan berbagai fitur canggih yang ditawarkan, tentunya harga dari produk ini cukup merogoh kantong. Harga yang ditawarkan adalah sekitar 9,9 jutaan.

Nah, itu dia 10 rekomendasi produk sepeda lipat yang bagus dan terbaik dan bisa dipilih oleh Sedulur berdasarkan kebutuhan. Folding bike ini cocok untuk digunakan ketika sedang melakukan olahraga, rekreasi ke tempat-tempat yang asri, atau mengikuti berbagai macam event bertema gowes. Semoga bermanfaat!