sedekah di bulan ramadhan

Bagi umat muslim, Ramadhan merupakan bulan suci yang selalu dinantikan. Bukan tanpa alasan, pahala amalan yang dikerjakan di bulan Ramadan disebut akan dilipatgandakan. Umat muslim pun berlomba-lomba memperbanyak amal ibadah selama bulan tersebut. Salah satunya dengan sedekah di bulan Ramadhan.

Lantas, apa saja ya keutamaan melakukan hal ini di bulan Ramadhan? Selain itu, bagaimana tips untuk menunaikan sedekah yang baik? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya.

BACA JUGA: 17 Tips Berpuasa Saat Bekerja, Tetap Semangat dan Produktif

Pengertian Sedekah

sedekah di bulan ramadhan
Unsplash/Beth MacDonald

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sedekah adalah pemberian sesuatu kepada fakir miskin atau yang berhak menerimanya, di luar kewajiban zakat dan zakat fitrah yang sesuai dengan kemampuan pemberi.

-->

Dalam pandangan Islam, sedekah disebut berasal dari kata bahasa Arab, yaitu “shadaqah”. Kata tersebut diartikan sebagai pemberian seseorang kepada orang lain secara ikhlas tanpa dibatasi waktu maupun jumlah tertentu. Oleh karenanya, Sedulur muslim bisa memberikan sedekah kapan saja dan berapapun jumlahnya sesuai kemampuan.

BACA JUGA: Bacaan Niat Sholat Idul Fitri Lengkap Beserta Artinya

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

sedekah di bulan ramadhan
Unsplash/Masjid Pogung

Meski tidak ada batasan waktu, sedekah dan berbagai di bulan Ramadhan ternyata memiliki keutamaan tersendiri. Hal ini tidak lepas dari keistimewaan bulan Ramadhan itu sendiri.

Seperti disampaikan sebelumnya, pahala setiap amalan yang dikerjakan di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. Termasuk pahala amalan sedekah. Di sisi lain, Rasulullah saw. bersabda bahwa sedekah merupakan amalan yang dapat menghapus dosa.

Tak hanya itu, Rasulullah dalam hadis riwayat At Tirmidzi juga menyampaikan bahwa sedekah di bulan Ramadhan merupakan amalan sedekah yang nilainya paling utama. Sementara itu, menurut laman Badan Wakaf Indonesia diuraikan beberapa keutamaan melakukan sedekah sebagai berikut.

  • Amalan penghapus dosa.
  • Amalan yang akan dilipatgandakan pahalanya.
  • Sebagai tabungan di akhirat.
  • Mencegah perbuatan maksiat.
  • Membuka pintu kebaikan.
  • Menenangkan hati karena menjadi jalan untuk membantu sesama.

Tips Sedekah

Unsplash/Claudia Raya

Setelah mengetahui berbagai keutamaan sedekah di bulan Ramadhan, tak ada salahnya Sedulur juga menyimak beberapa tips bersedekah.

  • Pertama, tetapkan tujuanmu dalam bersedekah. Dengan menetapkan tujuan bersedekah, Sedulur sekaligus dapat menentukan akan menyalurkan sedekah ke mana atau melalui lembaga amal tertentu.
  • Kedua, siapkan anggaran khusus. Menyiapkan anggaran khusus untuk bersedekah juga bisa menjadi kunci untuk dapat bersedekah secara rutin selama bulan Ramadhan. Sedulur bisa menyesuaikan anggaran ini dengan besar penghasilan dan pengeluaran bulanan.
  • Ketiga, manfaatkan teknologi. Selain bersedekah secara langsung dengan uang tunai, Sedulur kini juga bisa memanfaatkan teknologi dengan bersedekah secara daring. Apalagi belakangan mulai banyak lembaga amal yang menyediakan layanan sedekah secara daring.
  • Keempat, ajak keluarga maupun teman untuk bersedekah. Menunaikan amalan baik secara bersama-sama bisa memberikan motivasi tersendiri bagi Sedulur sehingga tidak lupa ataupun malas untuk bersedekah.

Itu dia rangkuman informasi seputar keutamaan sedekah di bulan Ramadhan beserta berbagai tipsnya. Semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!