Tertarik membuat scallop bakar sendiri di rumah atau di kos? Yuk, simak resepnya di bawah ini!

Scallop merupakan jenis kerang yang menjadi salah satu bahan olahan makanan laut atau seafood yang memiliki rasa yang enak. Scallop atau yang dikenal dengan nama kerang kapak ini juga bisa memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh Sedulur, lho. Tentu saja jika scallop diolah dengan cara yang sehat dan benar.

Salah satu cara pengolahan scallop yang sehat adalah dengan membakarnya. Scallop bakar akan memberikan rasa yang enak dan nikmat. Ketika Sedulur membuat scallop bakar, Sedulur bisa menggunakan saus untuk sosis bakar. Karena dalam cara membuat scallop bakar, bahan bumbu yang digunakan hampir sama dengan sosis bakar.

Hal ini dikarenakan scallop merupakan salah satu jenis seafood yang tengah digemari oleh masyarakat saat ini. Tentu saja banyak cara mengolah scallop, bukan hanya dibakar, Sedulur juga bisa membuat scallop goreng jika menginginkannya.

-->

Namun, pada kesempatan kali ini Superapp.id akan membahas resep scallop bakar yang bisa Sedulur praktikan di rumah atau di kos sendiri. Karena cara dan tahapannya yang sangat mudah, yuk langsung simak saja ulasannya dibawah ini.

Baca Juga: Cara Jitu Memasak Scallop yang Baik & Benar, Wajib Tau!

Langkah Membuat Scallop Bakar yang Mudah dan Praktis!

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

1.   Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang paling penting untuk disiapkan adalah bahan untuk membuat bumbu bakarnya, Sedulur harus harus menyiapkan beberapa bahan di antaranya:

  • Scallop 7 atau 8 buah, tergantung selera dan kebutuhan Sedulur
  • Saus sambal 3 sdm
  • Kecap asin setengah sdm
  • Kecap manis 1 sdm
  • Mayonaise pedas 2 sdm
  • Bawang putih 2 siung dan cabai rawit sesuai selera, haluskan keduanya

2. Membuat Saus Bakar untuk Scallop

2.   Membuat Saus Bakar untuk Scallop

Langkah selanjutnya adalah membuat bumbu atau saus bakar untuk scallop terlebih dahulu. Untuk membuat bumbu bakar ini, Sedulur harus menumis terlebih dahulu bawang putih dan cabai rawit hingga wangi. Kemudian masukkan kecap asin, saus sambal dan kecap manis ditambah dengan mayonaise dan aduk rata hingga semua tercampur.

Angkat bumbu ketika telah matang dan tercampur sempurna. Jangan lupa juga untuk memindahkan bumbu ke wadah seperti mangkuk atau wadah lainnya yang Sedulur miliki, tiriskan juga bumbu hingga dingin.

Baca Juga: Kreasi Resep Sosis Bakar Pedas. Manjain Lidah Banget!

3. Bersihkan Scallop

3.   Bersihkan Scallop

Sambil menunggu saus bakar dingin, Selanjutnya Sedulur harus membersihkan scallop hingga bersih dengan cara yang benar. Caranya cukup mudah, Sedulur hanya perlu merendam scallop dalam wadah berisi air dan goyangkan wadah tersebut untuk mengeluarkan pasir yang terperangkap dalam cangkang kerang.

Lalu Sedulur buka cangkangnya dan buang bagian yang tidak perlu hingga benar-benar menyisakan daging scallop yang berwarna putih. Bilas daging kerang dengan menggunakan air yang mengalir hingga benar-benar bersih. Bukan hanya menghilangkan sisa kotoran, membersihkan dengan cara yang benar juga dapat menghilangkan kandungan garam dalam daging kerang.

Namun jika ingin yang lebih praktis, saat ini telah banyak yang menjual daging scallop dalam kemasan makanan beku. Sedulur tinggal membelinya dan tinggal mengolahnya, karena scallop beku telah melalui proses pembersihan sesuai standar kesehatan.

4. Siapkan Scallop dan Bakar Hingga Matang

4.   Siapkan Scallop dan Bakar Hingga Matang

Langkah selanjutnya menyiapkan scallop dengan ditusuk menggunakan lidi atau tusuk sate. Setelah tersedia beberapa tusuk, Sedulur olesi dulu scallop dengan margarin dan bakar hingga setengah matang. Selanjutnya angkat, dan olesi dengan bumbu saus bakar yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah itu, bakar kembali scallop, hingga matang sempurna dan bumbu meresap total. Saat proses pembakaran, Sedulur juga bisa terus mengolesi scallop dengan bumbu pedas dan juga margarin, agar scallop tidak gosong.

5. Scallop Bakar Siap Disajikan

5.   Scallop Bakar Siap Disajikan

Setelah matang, dan mengeluarkan sedikit minyak. Angkat scallop dari pembakaran dan tiriskan. Lalu Sedulur tinggal menyajikannya dengan sayur untuk mengimbangi scallop bakar. Sedulur juga bisa menikmati scallop dengan beberapa minuman seperti teh atau kopi.

Semoga langkah dan cara membuat scallop bakar di atas bisa membantu Sedulur untuk membuat sendiri scallop bakar. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan dengan membelinya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan bahan makanan dan bahan  kebutuhan dapur dengan lengkap dan murah.

Sedulur bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jika Sedulur tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Banyak informasi terkait Aplikasi Super yang bisa Sedulur pelajari di laman Aplikasi Super.

Mulai gunakan Aplikasi Super dari sekarang, jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super untuk setiap kegiatan Sedulur, jalani hari dengan mudah dan menguntungkan bersama Aplikasi Super.