Pernahkah Sedulur mendengar tentang tanaman rumput paragis? Tanaman tersebut menjadi viral dan heboh beberapa waktu yang lalu karena sebuah post di salah satu akun media sosial. Bae Zulmi Juminten, dalam unggahannya di Facebook, mengklaim bahwa rumput tersebut termasuk ke dalam salah satu kelompok jamu yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita.

Bae Zulmi Juminten menyebutkan bahwa rumput paragis adalah jamu yang dapat menjadi obat kanker, benjolan, kista ovarium, miom (daging tumbuh yang bukan berasal dari kanker pada rahim), kista payudara, menstruasi tidak teratur, polip, serviks, hipertensi (tekanan darah tinggi), diabetes, wasir, diare, demam, asma, dan banyak penyakit lainnya.

Lebih lanjut, Bae Zulmi Juminten menambahkan cara mengolah rumput paragis. Ia menyarankan para audiensnya di Facebook untuk merebus satu genggam dalam 1 liter air selama 10 menit. Setelah selesai direbus, dimasukkan ke dalam toples kaca, dan diminum sebelum tidur sebanyak satu gelas.

Tentu saja hal ini langsung viral seketika. Tetapi, benarkah klaim dari Bae Zulmi Juminten tersebut? Berikut ini merupakan ulasan mengenai fakta rumput paragis dan manfaatnya.

-->

BACA JUGA: 15 Desain Rumah 2 Lantai Minimalis dengan Berbagai Gaya

Rumput paragis, apa itu?

rumput paragis
Widodo Groho Blog

Tumbuhan ini disebut juga dengan rumput belulang atau rumput sambau. Nama latin dari jenis rumput ini adalah Eleusine indica. Di Indonesia, terdapat beberapa penyebutan dari tanaman yang masuk ke dalam suku Poaceae atau rumput-rumputan ini. Orang Sunda mengenalnya dengan carulang atau jampang, sedangkan orang Jawa mengenalnya dengan suket lulangan.

Rumput ini memiliki deskripsi berumbai, tegak, berakar pada nodus, dan hidup tanah-tanah lapang. Batangnya sendiri tidak berbulu dan memiliki akar yang berserabut. Daun dari tanaman ini berwarna hijau dengan rata-rata memiliki panjang 2 cm lebih. Ia sering tumbuh di daerah yang hangat dan basah. 

Biasanya Sedulur dapat dengan mudah untuk menjumpai rumput ini di area persawahan, kebun, pinggir jalan, serta jalan-jalan setapak. Tidak jarang juga yang menganggap bahwa tumbuhan ini termasuk ke dalam hama atau gulma yang mengganggu. Di beberapa marketplace online Indonesia, harga rumput paragis seikat 500 gr dibanderol Rp6.000 saja.

BACA JUGA: Apa itu Arti Mletre? Bahasa Jawa yang Jadi Viral di TikTok

Manfaat rumput paragis

Wikipedia

Melanjutkan pembahasan mengenai khasiat rumput paragis yang viral berkat posting-an Facebook Bae Zulmi Juminten, rumput ini memang memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

1. Memiliki kadar antioksidan

Rumput ini memiliki zat anti-kanker dan antioksidan yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Ia pun dapat menghilangkan miom dan kista ovarium. 

2. Membantu menyembuhkan penyakit ginjal

Rumput ini digadang-gadang mempunyai diuretik alami, dimana ia meningkatkan jumlah kadar air dalam tubuh. Dengan begitu, racun dan zat toksik lain akan keluar melalui urin. Selain itu, terdapat juga manfaat rumput paragis untuk diabetes.

3. Membantu menyembuhkan luka, radang sendi, dan parasit tubuh

Tanaman ini diklaim mampu untuk menyembuhkan luka, meredakan radang sendi. Cara pengobatannya adalah dengan mengoleskan rumput yang sudah ditumbuk dan dicampur kelapa parut dalam air panas ke daerah yang terkena penyakit tersebut. Pun tanaman ini diklaim untuk dapat menjadi obat pencahar, dimana ia dapat mengeluarkan cacing dan parasit dalam perut.

4. Mengatasi diabetes dan tekanan darah tinggi

Rumput ini digadang-gadang dapat mengatasi diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi). Caranya adalah dengan merebus menjadi teh, dan diminum sehari sekali.

BACA JUGA: Pengertian Media Sosial Beserta Sejarah, Manfaat & Fungsinya

Penggunaan rumput paragis di berbagai belahan dunia

rumput paragis
Lucid Key Server
  • Di Vietnam dan India, tanaman ini digunakan untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan hati (liver).
  • Di Malaysia, jus daun tumbuhan ini dikonsumsi wanita pasca melahirkan untuk mengeluarkan plasenta.
  • Di Tobago dan Trinidad, tanaman ini digunakan untuk mengobati masalah yang berkaitan dengan ginjal.
  • Di Madagaskar, tumbuhan ini digunakan untuk menyembuhkan keseleo serta sendi yang tegang.
  • Di Kongo, tanaman ini direbus untuk kemudian digunakan sebagai obat infeksi urogenital.

BACA JUGA: Arti Saestu dan Kosa Kata Lainnya dalam Bahasa Jawa

Cek fakta, benarkah klaim-klaim tentang manfaat rumput paragis?

Project Noah

Penelitian pada tahun 2011 dalam jurnal Evidence-based Complementary and Alternative Medicine (eCAM) yang berjudul Eleucine indica Possesses Antioxidant, Antibacterial and Cytotoxic Properties, menyatakan bahwa ekstrak dari rumput ini memiliki kandungan antioksidan in vitro dan juga antibakteri.

Sedangkan pada penelitian terbitan 2014 dalam Public Library of Science (PLoS ONE) yang berjudul Antioxidant and Anti-Inflammatory Activities of Extracts from Cassia alata, Eleusine indica, Eremomastax speciosa, Carica papaya and Polyscias fulva Medicinal Plants Collected in Cameroon, menyatakan bahwa ekstrak dari jenis rumput ini memiliki zat antioksidan dan anti-inflamasi.

Beberapa penelitian lainnya juga membuktikan bahwa ekstrak tumbuhan ini memiliki fungsi untuk membunuh sel-sel kanker dan juga anti radikal bebas. Tetapi, perlu menjadi catatan bersama bahwasanya klaim tersebut masih belum cukup valid dan perlu dilakukan penelitian lebih lanjut lagi.

Beberapa ahli kesehatan di Indonesia juga setuju terhadap klaim rumput ini yang memiliki sifat antioksidan dan anti bakteri dalam penelitian in vitro. Pun sebagai obat tradisional yang alami, terdapat juga beberapa manfaat baik dari rumput tersebut. Namun, ia berfungsi sebagai pelengkap saja, bukanlah obat utama yang mengatasi berbagai macam masalah kesehatan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa unggahan Facebook dari Bae Zulmi Juminten tidak sepenuhnya salah, namun juga tidak sepenuhnya benar.

Itulah pembahasan singkat mengenai fakta rumput paragis yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Klaim-klaim tersebut tidaklah benar semuanya, dan masih memerlukan penelitian lebih lanjut oleh para ahli. Semoga artikel ini dapat menangkal berbagai hoax tentang kesehatan dan mencerahkan pengetahuan umum Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.