Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya Biologi kita pernah belajar tentang Rhizoma. Rhizoma adalah sebuah jenis batang pada tanaman dan letaknya pada permukaan tanah lalu mengandung simpul-simpul tempat akar. Selain itu, Rhizoma adalah sebuah batang bawah unik yang mana mereka bisa tumbuh secara tegak lurus.

Banyak peneliti mengungkapkan bahwa Rhizoma adalah batang akar yang merayap atau rimpang. Fungsinya untuk menyimpan sebuah pati dan protein sehingga membuat tanaman bisa bertahan hidup. Rhizoma mempunyai peran penting untuk perbanyakan dan melakukan reproduksi. Sebab, Rhizoma diketahui punya kapasitas menginvasi ruangan pada sebelah tanaman induk, sehingga bisa mendorong adanya tunas baru.

Masih bingung dengan akar rimpang Rhizoma, yuk simak penjelasan tentang Rhizoma dan contohnya, serta bagaimana ciri-ciri Rhizoma itu di bawah ini Sedulur.

BACA JUGA: Resep Wedang Tahu Atau Kembang Tahu Kuah Jahe Khas Semarang

-->

Pengertian Rhizoma

rhizoma adalah
Kumparan

Dalam ilmu botani, sebuah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup tumbuhan. Rhizoma sebenarnya sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin berarti Rhizome. Pengertiannya adalah sebuah modifikasi tentang batang tumbuhan dan tumbuhnya menjalar pada area bawah permukaan tanah sehingga menghasilkan sebuah tunas dan akar baru pada bagian ruas-ruasnya. Jadi Rhizoma adalah istilah untuk jenis tumbuhan berupa akar rimpang.

Makna Rhizoma adalah jenis batang tanaman yang tumbuhnya terletak di bawah tanah. Lalu batang pada Rhizoma berfungsi menyimpan cadangan makanan. Beberapa contoh Rhizoma adalah tanaman jahe, kunyit ataupun suku-suku temuan.

Istilah kata Rhizoma 

rhizoma adalah
Kumparan

Sedulur yang mempelajari tentang ilmu pengetahuan alam khususnya Ilmu Pengetahuan Alam Biologi, tentunya tak asing dengan namanya Rhizoma. Rhizoma adalah istilah untuk sebuah tanaman yang batangnya hidup di bawah tanah. Biasanya Rhizoma bisa diartikan sebagai akar rimpang, atau modifikasi tentang batang tumbuhan dan tumbuhnya menjalar pada area bawah permukaan tanah.

Rhizoma ini diketahui punya fungsi tambahan yaitu menjadi penyimpan produk metabolisme tertentu. Dalam batang rimpang menyimpan banyak minyak atsiri dan akaloid di mana mempunyai fungsi sebagai pengobatan. Lalu jika Rhizoma semakin besar, bisa menyimpan cadangan makanan. Biasanya berbentuk pati dan dinamakan dengan tuber atau umbi batang.

BACA JUGA: 12 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh Sehat Bugar Alami

Ciri-ciri Rhizoma

rhizoma adalah
Kumparan

Tumbuhan berjenis akar rimpang diketahui punya keunikan dan kelebihannya sendiri. Sebagai tanaman yang batangnya hidup di bawah tanah, tanaman berjenis Rhizome mempunyai beberapa ciri yang Sedulur harus ketahui. Lantas apa saja ciri-ciri tanaman berjenis Rhizome itu sendiri? Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

  • Tanaman berjenis Rhizome mempunyai bentuk mirip dengan akar namun berbuku-buku seperti halnya sebuah batang.
  • Rhizoma mempunyai ciri lagi di mana pada setiap buku ditemukan daun yang bisa berubah bentuk menjadi sisik.
  • Lalu pada bagian ketiaknnya sisik tanaman berjenis Rhizoma ditemukan sebuah mata tunas.

Contoh Rhizoma

rhizoma adalah
Okezone

Sebagai tanaman yang batangnya tumbuh di bawah permukaan tanah, tanaman rimpang sebenarnya sudah bisa kita temui di sekitar kita. Bahkan keberadaan tanaman Rhizoma ini sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Khususnya buat menurunkan panas, demam hingga masuk angin. Adapun contoh Rhizoma adalah tanaman kunyit, jahe tanaman rimpang lain seperti lengkuas.

Mereka bisa hidup di semak belukar dan selain untuk kesehan, juga dapat bermanfaat untuk keperluan memasak. Seperti membuat rendang, tongseng dan masih banyak lagi.

Penjelasan jenis tanaman Rhizoma

Kumparan

 Rhizoma kunyit

Tanaman kunyit yang biasa kita gunakan sebagai bumbu dapur hingga pengobatan, sebenarnya berasal dari golongan Rhizoma. Sehingga dengan demikian maka bisa diartikan sebagai tanaman Rhizoma kunyit. Sifat tanaman ini yaitu batang tumbuh dari bawah permukaan tanah. Punya warna orange dan punya manfaat besar.

Jahe (Zingiber officinale)

Tanaman berikutnya yang masuk dalam kategori Rhizoma adalah jahe. Jahe kerap tumbuh di semak belukar dan keberadaannya sangat dibutuhkan untuk kesehatan. Bahkan karena kandungan vitamin C dan magnesium, dua unsur ini diketahui dapat membantu tubuh dalam memperkuat sistem imun. Alhasil, banyak petani di Indonesia mulai membudidayakan tanaman akar rimpang ini. Jahe dibedakan menjadi dua jenis, ada jahe berwarna putih dan merah di mana fungsinya yaitu untuk kesehatan dan ramuan masakan.

Lengkuas

Berikutnya ada tanaman berjenis Rhizoma yaitu lengkuas. Secara fisik bentuk lengkuas sangat mirip dengan jahe dan kegunaannya untuk kebutuhan memasak. Batangnya mempunyai sifat semu dan seluruh bagiannya dipenuhi pelepah daun. Jika Sedulur berminat ingin menanam tanaman ini, maka sebelum ditanam, Sedulur harus menyemai bibit lengkuas.

Usahakan bibit lengkuas yang Sedulur akan tanam berasal dari indukan yang sudah tua serta bebas dari hama penyakit. Dengan begitu tanaman lengkuasmu akan tumbuh sehat dan pastinya bisa segera dipanen.

Manfaat tanaman Rhizoma

Grid

Selama ini kita mengetahui, tanaman ini bisa tumbuh di mana saja. Mulai dari semak belukar dan masih banyak lagi. Hanya saja mereka mempunyai batang dan tumbuh di bawah permukaan tanah. Khasiatnya pun beragam. Jika kunyit dapat dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan lambung, menghentikan pendarahan hingga mencegah penggumpalan darah.

Lalu untuk tanaman jahe bisa dipakai untuk keperluan campuran masakan atau bahan dasar utama untuk mengobati peradangan dan obat batuk. Lalu lengkuas bisa menjadi campuran bahan masakan seperti tumisan hingga masakan berkuah.

Demikian ulasan mengenai Rhizoma dari mulai pengertian, ciri-ciri hingga contohnya. Semoga ulasan di atas bisa menambah wawasan dan pengetahuan Sedulur akan akar rimpang.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!