Resin adalah? Simak Penjelasan Lengkapnya Disini!

Resin adalah bahan baku yang biasa digunakan untuk beberapa kepentingan, seperti pembuatan kerajinan dan sebagai bahan pelapis furniture. Banyak dari Sedulur yang belum mengetahui resin secara jelas dan tidak mengetahui apa saja jenis, manfaat serta kegunaannya.

Agar Sedulur memahami bahwa resin adalah bahan yang penting, maka dari itu dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan segala hal terkait resin dengan tujuan menambah wawasan Sedulur terkait senyawa atau bahan baku yang dapat bermanfaat untuk kegiatan sehari-hari. Yuk, mari kita simak penjelasan lengkapnya!

BACA JUGA: Crypto adalah? Ini Pengertian, Kelebihan & Kekurangannya

Pengertian resin

resin adalah
Freepik

Resin adalah hasil dari eksudasi tumbuhan secara alami atau buatan. Memiliki sifat padat, bening, kusam, mengkilat, rapuh dan bisa memeleh dan mudah terbakar terkena panas. Bahkan bisa juga mengeluarkan aroma dan asap yang khas baunya. Selain itu, resin adalah plastik yang dapat digunakan untuk membuat berbagai kerajinan.

-->

Selain sebagai plastik, resin adalah polimer, sebuah senyama untuk benda-benda kebutuhan sehari-hari. Resin termasuk ke dalam salah satu bahan yang berasal dan bisa dibuat dari alam. Salah satu sumber utama pembuatan resin adalah berasal dari getah berbagai macam pohon, seperti pohon konifer atau pohon kunjung.

Untuk mendapatkan tekstur yang kuat, campuran getah pohon tersebut dicampurkan dengan berbagai unsur kimiawi lainnya hingga menghasilkan bahan yang tidak mudah hancur. Karena berasal dari getah dan campuran kimia, resin perlu dibentuk terlebih dahulu dengan menggunakan cetakan atau secara manual sebelum akhirnya harus dibakar supaya bisa mengeras dan menghasilkan benda yang sudah dicetak sebelumnya.

Kegunaan dan manfaat resin

Dekoruma

Sebelum mengetahui kegunaan dan manfaatnya, banyak yang bertanya apakah resin berbahaya? Jawabannya jelas berbahaya. Terutama jika resin masuk ke dalam tubuh kita. Karena resin adalah bahan kimiawi yang digunakan untuk berbagai keperluaan. Oleh karena itu, Sedulur diharapkan sangat berhati-hati saat menggunakan resin.

Setelah mengetahui penjelasan terkait resin di atas, Sedulur juga wajib mengetahui beberapa manfaat dan kegunaan dari resin. Berikut ini beberapa manfaat serta kegunaan dari resin yang bisa Sedulur gunakan.

1. Untuk membuat kerajinan tangan

resin adalah
SFGATE

Pertanyaan yang sering diajukan adalah resin untuk apa? Salah satu yang sering digunakan adalah untuk membuat kerajinan tangan. Ada banyak kerajinan tangan seperti peralatan sederhana yang bisa Sedulur buat untuk dijadikan resin. Karena sifatnya yang cair dan dapat berubah menjadi padat, membuat resin bisa dicetak untuk dijadikan sebagai bentuk. Dalam penjelasan akhir, akan diberikan beberapa contoh kerajinan yang terbuat dari resin.

2. Menjadi pelapis furniture

Naturalist Interiors

Karena resin adalah bahan baku, maka resin juga dapat dijadikan sebagai pelapis untuk furniture. Resin merupakan bahan pelapis yang, terutama untuk mencegah kerusakan peralatan atau furniture yang sering digunakan sehari-hari. Agar barang-barang tersebut tidak mudah tergores dan terkikis.

Oleh karena itu perlu untuk dilapisi oleh furniture. Resin cair bisa dengan mudah diaplikasikan pada berbagai jenis permukaan dan akan merekat secara sempurna setelah beberapa lama dikeringkan. Jika menemukan ada furniture atau peralatan yang mengkilap, bisa dipastikan hal tersebut telah dilapisi oleh resin.

3. Bahan utama pembuatan bodi mobil

resin adalah
Suara

Resin adalah salah satu bahan utama pembuatan bodi mobil. Salah satu body yang terbuat dari resin adalah bemper. Resin adalah bahan yang dimanfaatkan sebagai bahan utama untuk membuat komponen bodi mobil. Hal tersebut disebabkan kerena berat resin yang ringan dengan kepadatan yang kuat, membuatnya sangat cocok dijadikan sebagai bahan untuk body mobil. Resin juga sangat aman untuk melindungi diri dari kecelakaan saat berkendara menggunakan mobil.

BACA JUGA: 10 Kreasi Membuat Pigura dari Kardus & Sedotan Mudah & Unik

Variasi resin yang sering digunakan

Acrylgeissen

Sebagai mana yang telah Sedulur ketahui berdasarkan penjelasan sebelumnya, bahwa resin adalah bahan yang terbuat dari berbagai senyama kompleks seperti alkohol, asam resnat dan resnotannol ester. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa variasi resin yang masing-masing dari resin memiliki keunikan tersendiri. Beberapa contoh variasi dari resin yang sering digunakan adalah sebagai berikut:

  1. Epoxy: Epoxy merupakan salah satu variasi resin yang paling banyak digunakan. Waktu cetak dan pengeringan yang sangat singkat juga menjadikan bahan ini sangat disukai. Resin yang terbuat dari bahan epoxy juga aman untuk digunakan, tidak beracun apabila terhirup dan Sedulur tidak membutuhkan masker khusus untuk mengerjakannya.
  2. Polyester: Polyester atau bisa disebut juga sebagai fiberglass merupakan salah satu variasi resin yang dijual dengan harga sangat murah. Resin polyester yang mengeras bisa menghasilkan permukaan yang sangat keras dan kuat. Aroma yang dihasilkan dari resin ini bisa sangat berbahaya, gunakan masker apabila sedang menggunakan polyester.
  3. Polyurethane: Polyurethane merupakan variasi resin yang mampu menghasilkan lapisan transparan yang kuat. Bahan ini juga termasuk ke dalam salah satu bahan yang sangat cepat untuk mengering sehingga Sedulur tidak perlu berlama-lama untuk mendiamkannya. Perlu diperhatikan bahwa polyurethane sangat berbahaya apabila dihirup.
  4. Silicone: Resin yang terbuat dari bahan silikon menghasilkan material layaknya seperti karet yang empuk. Berbeda dari bahan lainnya, silikon tidak akan menghasilkan cetakan yang keras. Bahan ini juga cukup aman untuk digunakan, pastikan untuk menggunakan sarung tangan ketika sedang mengaplikasikannya.
  5. Vinyl ester: Diproduksi dengan cara esterifikasi (proses reaksi) antara resin epoxy dan asam monokarboksilat tak jenuh. Vinyl ester memiliki toleransi peregangan yang cukup baik. Toleransi ini menyebabkan jenis vinyl ester tahan terhadap benturan dan risiko retak sangat rendah. Jenis yang satu ini kerap digunakan untuk membuat suku cadang mobil, penguat jembatan, fascia gedung, hingga aplikasi militer.
  6. Resin akrilik: Biasa juga disebuat sebagai termoplastis terbuat dari senyawa non metalik. Untuk mengaplikasikannya, resin akrilik perlu dicampur dengan material lain, seperti polimer, bubuk kering, monomer meil metakrilat, katalis, cairan tipis, dan peroksida organik. Sementara itu, metode untuk mengaplikasikannya adalah metode tekanan hidrolik untuk menekan gelembung udara. Proses yang cukup rumit ini membuatnya hanya bisa diaplikasikan oleh tenaga profesional. Biasanya resin akrilik dimanfaatkan untuk membuat lapisan pelindung, wadah, dan gigi palsu.

Dari pengertian di atas, kita juga mengetahui bahwa resin adalah bahan kerajinan. Bagi Sedulur yang penasaran adalah apa saja jenis kerajinan yang terbuat dari resin, berikut ini adalah jenis-jenis kerajinan dari resin. Barangkali, dari daftar kerajinan di bawah ini, ada yang bisa menjadi inspirasi Sedulur. Yuk, mari kita cek!

1. Meja

resin adalah
Energi Putra Bangsa

Ini merupakan contoh menarik dari kerajinan resin. Resin adalah bahan yang dapat membuat meja dengan hiasan yang sangat indah. Bahkan, resin bisa membuat meja seakan memiliki aliran sungai. Sebagaimana yang dapat Sedulur lihat dalam contoh dalam gambar meja di atas. Terutama meja kaju yang belah atau berlubang.

Langkah membuatnya yaitu dengan membersihkan kayu segala serpihan kayu yang menempel sebelum Sedulur menuangkan resin ke atasnya. Siapkan juga resin yang sudah Sedulur berikan warna-warna biru untuk menciptakan tampilan seperti aliran sungai pada meja kayu tersebut.

2. Jam dinding

resin adalah
Pinterest

Resin adalah bahan atau senyawa yang bisa digunakan untuk berkreasi membuat berbagai benda unik. Salah satu benda yang bisa Sedulur buat contohnya adalah jam dinding. Terutama bagi Sedulur yang memang terobsesi untuk membuat benda-benda unik yang tidak banyak dimiliki oleh orang secara umum.

Namun, membuat jam dinding dari resin cukup sulit. Sedulur akan membutuhkan cetakan jam, mesin jam dan jarum untuk penunjuk waktu. Tuang cairan resin ke dalam cetakan dan diamkan hingga mengering. Setelah kering, Sedulur bisa memasangkan mesin ke bagian belakang dari jam dengan menggunakan lem. Pasangkan juga jarum penunjuk jam dan hiaslah jam supaya terlihat menarik.

3. Tatakan gelas

Semuti

Kerajinan resin adalah karya atau kreasi benda yang terbuat dari bahan resin. Selain jam dinding dan meja hias, Sedulur juga bisa berkreasi dengan resin dan membuat tatakan gelas. Selain unik dan antik, menyuguhkan minuman kepada tamu akan semakin percaya diri sebagai tuan rumah.

Sedulur bisa berkreasi menggunakan variasi bahan resin yang telah dijelaskan sebelumnya. Berdasarkan penjelasan di atas juga, Sedulur bisa membuat campuran resin dan menghasilkan tatakan gelas dengan berbagai motif yang unik.

BACA JUGA: Brainware Adalah: Pengertian, Jenis, Komponen dan Contohnya

4. Aksesoris

resin adalah
Rumah

Salah satu kerajinan yang bisa dibuat dari resin adalah aksesoris seperti cincin, gelang, kalung dan anting. Sedulur bisa menggunakan akesesoris yang terbuat dari resin agar terlihat berbeda. Manfaatkan resin epoxy yang kuat dan ringan, lalu masukkan ke dalam cetakan atau mold cincin.

Ketika cairan mulai mengering, Sedulur bisa memasukkan glitter hias warna-warni ke dalam cetakan untuk menghasilkan efek yang indah pada cincin. Selain itu, Sedulur juga bisa berkreasi membuat anting, kalung dan gelang dari bahan resin dan mencampurkannya dengan bahan-bahan lain sebagai variasi.

5. Ornamen atau patung hias

Inacraft News

Contoh kerajinan dari resin lainnya adalah membuat ornamen atau patung hias, bisa Sedulur gunakan sebagai salah satu rekomendasi interior unik di rumah Sedulur. Sedulur bisa mencoba membuatnya sendiri dengan menggunakan resin yang terbuat dari epoxy.

Membuat ornamen dan patung memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi, selain itu juga Sedulur akan membutuhkan cetakan khusus atau mold supaya bisa menghasilkan ornamen yang indah dan sesuai dengan keinginan. Jangan lupa untuk mengecat ornamen yang sudah Sedulur buat supaya tampak lebih menarik. Sedulur bisa menggunaan warna yang sesuai dengan dinding atau tema warna di rumah Sedulur, hal ini bertujuan agar tampilan menjadi semakin menarik dan cantik.

Sekian penjelasan terkait resin, karena resin adalah senyawa penting yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan, Sedulur bisa mencoba untuk membuat salah satu kerajinan dari resin seperti contoh yang telah dijelaskan di atas. Semoga penjelasan di atas bisa memberi referensi bagi Sedulur yang ingin berkreasi.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.