Resep nugget ayam sayur bisa menjadi pilihan menu masak yang bergizi, yuk simak cara membuatnya di bawah ini!

Nugget ayam dan sayur merupakan salah satu pilihan yang bisa Sedulur terapkan di rumah, terutama bagi para ibu yang menginginkan anaknya untuk mendapatkan asupan makan yang bergizi sekaligus meningkatkan nafsu makan sang anak. Bukan hanya sang buah hati yang akan semangat makan, namun setiap orang di rumah Sedulur juga dijamin memiliki nafsu makan yang meningkat.

Resep nugget ayam sayur merupakan salah satu resep nugget yang mudah dibuat. Langkah dan cara buat nugget ayam sayur tidak terlalu sulit, Sedulur bisa melakukan cara membuat nugget sayur sendiri di rumah. Naget sayur juga tidak membutuhkan bahan yang sulit didapat.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas resep nugget ayam sayur beserta dengan langkah dan cara membuat nugget sayuran untuk anak atau untuk seluruh orang rumah. Sedulur juga bisa berkreasi menambahkan bahan yang cocok, seperti misalnya menambahkan keju sehingga menjadi resep nugget ayam sayur keju. Yuk, langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 20 Resep Nugget Ayam Spesial, Praktis dan Bisa untuk Jualan

Resep Nugget Ayam Sayur dan Langkah Membuatnya

1. Bahan yang Dibutuhkan

1.   Bahan yang Dibutuhkan

Bahan dasar dan bahan pendukung menjadi faktor utama yang harus disiapkan dalam membuat resep apapun, termasuk resep nugget ayam sayur. Bahan yang dibutuhkan tidak terlalu sulit, Sedulur hanya membutuhkan beberapa bahan di bawah ini:

  • Ayam giling 200 gram
  • Wortel 3 buah
  • Kol satu buah
  • Brokoli 1 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Telur ayam 1 buah
  • Kaldu bubuk setengah sendok teh
  • Garam 1 sendok teh
  • Merica bubuk
  • Tepung panir 200 gram

2. Bersihkan dan Siapkan Bahan

2.   Bersihkan dan Siapkan Bahan

Setelah bahan terkumpul langkah selanjutnya Sedulur harus membersihkan bahan-bahan yang sudah terkumpul, terutama ayam dan sayuran yang Sedulur siapkan. Bersihkan hingga benar-benar bersih, selanjutnya haluskan ayam dan sayuran hingga benar-benar lembut.

Jangan lupa juga Sedulur cek kembali beberapa bahan barangkali ada yang terlewat. Bagian ini sangat penting dilakukan sebelum proses membuatnya, karena biasanya sering terjadi kekurangan bahan karena tidak melakukan cek ulang.

3. Membuat Adonan Nugget Ayam Sayur

3.   Membuat Adonan Nugget Ayam Sayur

Setelah setiap bahan dibersihkan dan di cek kembali kelengkapannya, langkah selanjutnya yaitu membuat semua bahan menjadi adonan nugget. Pertama memasukkan ayam, wortel, kol, brokoli, bawang putih dan telur dalam blender.

Aduk seluruh bahan hingga rata menggunakan blender, masukkan garam, merica bubuk dan kaldu bubuk. Aduk terus hingga semua bahan rata dan halus. Selanjutnya masukkan 100 gram tepung panir dan aduk kembali. Setelah adonan lembut, angkat adonan dan pindahkan dalam loyang anti lengket.

Baca Juga: Resep Membuat Nugget Sayur Enak & Sehat Ala Rumahan

4. Kukus Adonan dan Membekukannya

4.   Kukus Adonan dan Membekukannya

Langkah selanjutnya adalah mengukus adonan selama 30 menit, hingga adonan matang. Setelah matang, angkat adonan dan tiriskan. Potong-potong adonan nugget ayam sayaur sesuai selera. Gulingkan nugget dalam sisa tepung panir hingga tertutup rata.

Setelah sebuah adonan habis dipotong dan diselimuti tepung panir, selanjutnya Sedulur tinggal menyiapkan nugget dalam sebuah wadah dan menyimpannya dalam freezer. Penting, untuk melakukan langkah ini dalam resep nugget ayam sayur, karena langkah ini akan membuat nugget dapat bertahan lama.

5. Goreng Nugget Ayam Sayur dan Sajikan

5.   Goreng Nugget Ayam Sayur dan Sajikan

Setelah nugget ayam sayur cukup beku dan telah lama disimpan dalam freezer, langkah terakhir adalah menggoreng nugget hingga matang dan kering. Gunakan api sedang dan minyak yang banyak, lakukan metode menggoreng yang dikenal dengan nama deep frying.

Metode menggoreng tersebut akan membuat nugget matang sempurna, bagian dalam yang lembut sedangkan bagian luarnya kering dan renyah. Melakukan metode ini Sedulur memang membutuhkan minyak yang sangat banyak dan menggunakan api kecil, tunggu minyak panas sempurna terlebih dahulu dan lalu masukkan nugget untuk menggorengnya. Resep nugget ayam sayur pun telah selesai Sedulur tempuh.

Semoga cara membuat dan langkah dalam resep nugget ayam sayur yang telah dijelaskan di atas bisa membantu Sedulur untuk membuat nugget yang berbeda dari nugget yang telah ada. Jangan lupa untuk membeli bahan dalam resep nugget ayam sayur di atas di Aplikasi Super.

Di Aplikasi Super tersedia berbagai macam kebutuhan dapur, salah satunya berbagai macam makanan beku atau frozen food. Salah satu jenis makanan beku yang tersedia dan paling banyak dibeli di Aplikasi Super adalah nugget. Beli Nugget di Aplikasi Super sangat mudah dan menguntungkan.

Dengan mendapatkan harga yang murah dan cara belanja yang mudah sudah merupakan keuntungan bagi Sedulur Super. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan jangan lupa download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya.