Resep bakwan akan sangat dibutuhkan, karena bakwan bisa sebagai camilan dan juga lauk untuk makan!

Bakwan menjadi salah satu jenis gorengan atau camilan yang banyak dijual di pinggir jalan. Selain camilan yang paling mudah dicari, bakwan juga merupakan camilan yang merakyat dengan harga yang sangat terjangkau.

Ditambah lagi, bakwan merupakan camilan atau makanan yang paling mudah untuk dikreasikan dengan berbagai inovasi dan campuran bahan. Jika bosan dengan bakwan yang itu-itu saja dan menginginkan bakwan yang berbeda, artikel kali ini akan membahas daftar resep bakwan yang berbeda.

Berbagai resep bakwan yang tersedia, mulai dari resep bakwan sayur, resep bakwan enak, resep bakwan goreng mekar, resep bakwan sayur renyah dan tahan lama, resep bakwan Malang hingga resep bakwan jagung.

Yuk mari langsung saja kita simak daftar resep bakwan yang bisa kita buat sendiri. Dengan tahapan dan langkah cara membuatnya.

Baca Juga: 9 Cara Membuat Bakso Ikan yang Empuk, Lezat untuk Jualan

Daftar Resep Bakwan Rumahan yang Bisa Kita Buat Sendiri

1. Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Resep pertama adalah bakwan sayur yang membutuhkan bahan yaitu, sayur kol 50 gr yang telah diiris tipis, tauge, wortel satu buah yang telah dipotong-potong, seledri, tepung terigu 6 sdm, tepung beras 2 sdm, tepung tapioka 1 sdm, siapkan juga garam dan kaldu bubuk.

Cara membuatnya sangat mudah, pertama masukkan tepung terigu, tapioka dan tepung beras, tambahkan air dan aduk hingga membentuk adonan. Masukkan sayuran aduk rata, masukkan juga seledri halus dan garam juga penyedap rasa. Setelah pas, bakwan sayur tinggal digoreng dan disajikan.

2. Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Dalam resep bakwan satu ini, menggunakan jagung sebagai bahan utamanya. Siapkan biji jagung yang telah dicabut dari batangnya lalu bersihkan. Siapkan juga cabai rawit yang telah diris tipis. Siapkan adonan terigu, tapioka, dan tepung beras. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya.

Masukan jagung dan cabai rawit. Aduk rata hingga adonan siap untuk digoreng. Goreng bakwan hingga kering lalu bakwan jagung pun siap dinikmati dengan segelas teh hangat.

3. Bakwan Sayur Campur

Bakwan Sayur Campur

Dalam resep bakwan satu ini, menggunakan sayuran yang agak banyak sebagai campuran. Seperti jagung, wortel, buncis, dan sayur kol. Bersihkan sayur dan iris tipis atau potong menjadi kecil. Lalu siapkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar bubuk dan garam juga kaldu ayam.

Langkah pertama dalam resep bakwan ini adalah siapkan adonan yang terdiri dari tepung terigu, tapioka dan tepung beras. Aduk adonan, masukkan air, lalu tambahkan bumbu halus, aduk rata sambil memasukkan sayuran yang telah dipotong tipis. Cek rasa, jika telah pas adonan siap digoreng. Goreng adonan hingga matang dan kering. Bakwan sayur campuran pun siap dinikmati.

4. Bakwan Mie

Bakwan Mie

Resep bakwan satu ini sangat mudah, karena kita tinggal menyiapkan adonan yang terdiri dari tepung beras, tepung terigu dan tepung tapioka. Campurkan, aduk rata dengan menambah air secara perlahan, tambahkan bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan, dan juga jangan lupa garam dan merica bubuk.

Setelah adonan siap, rebus mie hingga setengah matang dan lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya masukkan mie dalam adonan, aduk rata dan adonan bakwan mie siap digoreng. Bakwan mie pun siap dinikmati.

5. Bakwan Panggang

Bakwan Panggang

Resep bakwan kali ini memiliki perbedaan pada proses pembuatannya. Jika biasanya menggunakan cara digoreng. Kali ini akan menggunakan cara dipanggang. Bahan adonan yang dibutuhkan sama dengan bahan adonan sebagaimana bakwan biasanya.

Adonan terbuat dari tepung terigu, tepung tapioka, tepung beras. Bahan sayurnya bisa menggunakan sayur kol, wortel dan buncis. Aduk hingga adonan siap dipanggang. Siapkan loyang dan olesi dengan minyak. Tuang adonan dan panggang hingga matang.

6. Bakwan Udang

Bakwan Udang

Resep bakwan udang menggunakan udang sebagai bahan pelengkapnya. Sayuran yang digunakan adalah sayur kol dan wortel. Langkah pertama membuatnya adalah siapkan wadah dan buat adonan dari tepung terigu, tepung beras dan tepung tapioka. Lalu masukan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih.

Aduk adonan hingga mengental, masukkan sayur klo dan wortel yang telah diiris tipis. Lalu masukan udang sesuai selera. Tambahkan garam, kaldu bubuk dan penyedap rasa. Cek rasa, jika telah sesuai, adonan bakwan udang siap digoreng hingga matang dan disantap selagi hangat.

Baca Juga: 3 Resep dan Cara Membuat Sambal Terasi Dijamin Bikin Nagih

7. Bakwan Terong

Bakwan Terong

Resep bakwan satu ini sangat cocok bagi yang bosan dengan bakwan yang ada. Gunakan sayuran yaitu kol, wortel, jagung dan tambahkan dengan terong. Bahan membuat adonannya pun sama, yaitu tepung terigu, tepung beras dan tepung tapioka.

Masukan bahan ke adonan, aduk adonan hingga rata. Jika ingin adonan lebih gurih bisa ditambah dengan bawang putih yang telah dihaluskan. Goreng adonan bakwan terong hingga matang dan berubah warna, dan bakwan terong pun siap dihidangkan.

8. Bakwan Bihun

Bakwan Bihun

Untuk membuat resep bakwan bihun satu ini, siapkan terlebih dahulu wortel yang telah diserut, rendam bihun jagung agar tidak terlalu keras. Haluskan bawang merah, bawang putih dan ketumbar. Siapkan tepung terigu dan tepung tapioka, aduk dalam wadah beri air secara perlahan. Lalu masukkan bumbu halus dan daun bawang, tambahkan gula dan merica secukupnya.

Masukan wortel yang telah diparut dan bihun yang telah setengah lembek. Aduk rata, dan adonan bakwan bihun pun siap untuk digoreng. Angkat bakwan setelah masak, dan tiriskan. Bakwan goreng pun siap disajikan.

9. Bakwan Daun Singkong

Bakwan Daun Singkong

Selain sebagai lalapan, daun singkong juga bisa digunakan sebagai bahan utama membuat bakwan. Langkah dan cara membuatnya sama dengan resep bakwan lainnya. Siapkan adonan yang terdiri dari tepung terigu dan tepung tapioka. Tambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah dan bawang putih. Masukkan air secara perlahan, dan tambahkan garam, kaldu bubuk dan juga penyedap rasa.

Masukkan daun singkong yang telah dibersihkan dan dibuang tangkainya. Aduk rata dengan adonan. Lalu cetak dan siap digoreng. Pastikan daun singkong dan adonan digoreng hingga matang. Setelah matang, angkat bakwan daun singkong dan siap dinikmati.

10. Bakwan Keju Sayur

Bakwan Keju Sayur

Untuk membuat resep bakwan keju sayur ini sayuran yang dibutuhkan adala wortel yang telah diparut, tauge dan labu siam yang telah diparut. Campurkan dengan adonan tepung terigu dan tepung tapioka, masukkan keju yang telah diparut. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Cek rasa, jika sudah pas, adonan bakwan keju siap digoreng dan dinikmati ketika matang.

11. Bakwan Cucur

Bakwan Cucur

Resep bakwan satu ini memiliki cetakan yang berbeda. Jika bakwan biasanya bulat dan pipih, bakwan cucur memiliki bentuk yang lonjong, yang terlihat mirip dengan kue cucur. Oleh karena itu dinamakan bakwan cucur. Rese dan bahan utama resep bakwan ini tetap sama dengan bakwan sayur pada umumnya, hanya cara mencetak adonan yang berbeda.

12. Bakwan Bakso Sayur

Bakwan Bakso Sayur

Sayuran yang digunakan dalam resep bakwan ini adalah sayur kol dan wortel. Menggunakan bakso yang sudah diiris tipis dalam adonan bakwan menjadikan bakwan ini memiliki rasa yang lebih beragam. Rasa daging sapi akan ikut memperkaya rasa bakwan bakso sayur.

13. Bakwan Buncis dan Wortel

Bakwan Buncis dan Wortel

Dalam resep bakwan kali ini, ganti penggunaan sayur kol dengan sayur buncis. Campurkan dengan wortel yang telah diiris tips, aduk rata bersama adonan yang telah dibuat sama seperti adonan bakwan pada umumnya.

14. Bakwan Bayam

Bakwan Bayam

Daun bayam terkenal dengan kandungan gizinya. Selain dijadikan kerupuk sayur bayam, daun bayam juga bisa dibuat menjadi bakwan. Bersihkan terlebih dahulu daun bayam, lalu sisihkan. Siapkan adonan dari tepung terigu dan tepung tapioka. Masukkan daun bayam secara perlahan, tambahkan adonan dan goreng hingga kering.

15. Bakwan Makaroni Jagung

Bakwan Makaroni Jagung

Resep bakwan selanjutnya menggunakan makaroni dan jagung sebagai bahan utamanya. Rebus terlebih dahulu makaroni hingga empuk, dan bersihkan jagung. Siapkan adonan dari tepung terigu dan tepung tapioka, masukkan makaroni dan jagung, aduk rata. Lalu siapkan minyak panas, goreng adonan bakwan makaroni jagung hingga masak.

16. Bakwan Pete

Bakwan Pete

Bagi para pecinta pete, ada cara lain untuk menikmati pete selain diolah menjadi sayur atau ditumis. Yaitu mengolah pete menjadikannya bahan utama membuat bakwan. Siapkan adonan yang terdiri dari tepung terigu dan tepung tapioka, tambahkan garam, kaldu bubuk dan penyedap rasa.

Jika ingin nikmat, kukus terlebih dahulu pete hingga empuk. Lalu masukkan pada adonan, dan goreng bakwan pete hingga matang. Resep bakwan pete pun selesai dilakukan.

17. Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Resep bakwan tahu sama seperti membuat gorengan tahu. Hanya saja dalam adonannya ditambahkan sayuran wortel dan kol. Resep dan bahan membuat adonannya pun sama dengan resep bakwan sayur. Hanya menambahkan tahu sebagai bahan tambahan. Jika adonan telah siap, selanjutnya lalu goreng dan tunggu hingga matang.

18. Bakwan Sosis

Bakwan Sosis

Setelah menyiapkan adonan bakwan yang terbuat dari tepung terigu dan tepung tapioka, masukkan sosis yang telah dipotong tipis. Lalu aduk rata dan cetak adonan di atas minyak panas. Goreng adonan bakwan sosis, dan siap dinikmati sebagai camilan atau lauk makan.

19. Bakwan Kol Ungu

Bakwan Kol Ungu

Resep bakwan satu ini juga hanya menganti sayur kol biasa dengan sayur kol berwarna ungu. Kandungan sayur kol ungu memiliki nutrisi dan gizi yang lebih dibandingkan sayur kol biasa. Selanjutnya tinggal melakukan cara yang sama dengan membuat bakwan pada umumnya.

20. Bakwan Tempe

Bakwan Tempe

Resep bakwan terakhir adalah bakwan tempe. Sama seperti membuat bakwan tahu, kita tinggal menambahkan tempe dalam adonan bakwan sayur dan menggorengnya hingga matang. Tidak jauh berbeda juga dengan bahan membuat gorengan tempe, hanya menambahkan sayuran dalam resep adonan ini.

Semoga daftar resep bakwan dengan berbagai variasinya di atas bisa memberi inspirasi bagi Sedulur agar dapat membuat bakwan yang lebih variatif lagi. Jangan lupa untuk membeli bahan untuk membuat bakwan di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menyediakan segala bahan untuk kepentingan dapur yang sangat lengkap.

Klik di sini untuk mempelajari Aplikasi Super lebih jauh, jangan lupa juga download Aplikasi Super bagi yang belum memiliki aplikasinya. Gunakan Aplikasi Super mulai dari sekarang, agar kegiatan sehari-hari menjadi lebih mudah.