ramalan jodoh

Cara menghitung ramalan jodoh kapan menikah berdasarkan hitungan weton. Ini adalah pakem yang dipegang teguh oleh orang Jawa.

Ramalan jodoh yang akurat bagi orang Jawa adalah berdasarkan weton. Weton banyak digunakan untuk menentukan hari yang pas ketika akan melangsungkan suatu acara. Tidak hanya sebagai penentu hari acara, weton juga digunakan untuk menentukan kecocokan seseorang dengan jodohnya dan untuk menentukan hari baik untuk menikah.

Maka dari itu, seringkali ada pasangan yang dianggap tidak berjodoh dan tidak jadi melangsungkan pernikahan karena wetonnya tidak cocok. Masyarakat Jawa juga percaya bahwa jika tidak memilih berdasarkan weton, akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Supaya lebih familiar dengan cara mekanisme penghitungannya, baca ulasan di bawah ini sampai habis ya, sedulur. Paling tidak, kamu jadi paham tentang kepercayaan Jawa ini.

BACA JUGA: Kenali Karakter dan Sifat Zodiak Libra yang Cinta Perdamaian

Ramalan jodoh berdasarkan weton

ramalan jodoh berdasarkan weton
Unsplash

Secara singkat, weton adalah salah satu barometer penghitungan dari Jawa berdasarkan hari lahir seseorang. Dari situ, bisa menunjuk kepada ramalan tertentu.  Meski dalam satu bulan ada sekitar 30 hari, untuk perayaan hari weton terjadi setiap 35 hari sekali.

Perayaan ini disebut juga dengan selapan. Weton sendiri bisa digunakan untuk beberapa hal, misalnya adalah ramalan jodoh. 

Cara menghitung weton

ramalan jodoh berdasarkan nama dan tanggal lahir
tribunnews

Menghitung weton untuk ramalan jodoh itu cukup mudah. Kamu bisa menghitung berdasarkan hari, pasaran, dan neptu. 

Contoh menghitung weton Brian & Fira yang akan menikah.

Brian: lahir pada Minggu Wage > 5 + 4 = 9

Fira: lahir pada Rabu Legi > 3 + 5 = 8

Jumlah weton Brian & Fira adalah 9 + 8 = 17

Setelah mengetahui hasil penjumlahan weton tersebut, ada penjabaran yang memiliki arti yang berbeda-beda. Berikut uraiannya:

PEGAT (hasil penjumlahan 1, 9, 10, 18, 19, 27, 28, 36)

Kemungkinan besar kamu dan pasangan akan mempunyai masalah yang besar di kemudian hari yang mengakibatkan pada perceraian atau pegat. Alasannya bisa karena perselingkuhan, faktor ekonomi, KDRT, dan berbagai masalah lainnya.

RATU (hasil penjumlahan 2, 11, 20, 29)

Jika mendapatkan RATU, artinya berjodoh dan dalam rumah tangganya disegani oleh banyak orang. Seperti saudara, keluarga, ataupun tetangga sekitar. Bahkan, banyak yang akan iri dengan keharmonisan tersebut.

JODOH (hasil penjumlahan 3, 12, 21, 30)

Artinya jika mendapatkan JODOH adalah pasangan tersebut benar-benar berjodoh dan cocok. Couple ini akan saling menerima kekurangan dan kelebihan dari masing-masing.

TOPO (hasil penjumlahan 4, 13, 22, 31)

Jika mendapatkan TOPO, diramalkan rumah tanggamu akan sering mengalami kesusahan di awal perjalanan. Nantinya, akan ada rezeki yang menyusul seperti kesuksesan dalam pekerjaan dan momongan

TINARI (hasil penjumlahan 5, 14, 23, 32)

Jika mendapatkan TINARI, diramalkan datangnya kebahagiaan dan juga gampang untuk mencari rezeki. Selain itu, hidup dari pasangan ini akan selalu dalam keberuntungan dan juga keberkahan.

PADU (hasil penjumlahan 6, 15, 24, 33)

Arti dari hasil ini adalah pasangan akan sering bertengkar atau padu yang dalam Bahasa Jawa adalah cekcok. Meskipun sering mengalami berselisih paham, pasangan ini tidak sampai bercerai karena mereka mampu menyelesaikan masalah.

SUJANAN (hasil penjumlahan 7, 16, 25, 34)

Sujanan ini hampir sama dengan padu karena pasangan ini berpotensi mengalami pertengkaran dan selingkuh. Perselingkuhan itu sendiri bisa terjadi baik dari pihak lelaki maupun pihak wanita.

Ramalan jodoh berdasarkan nama dan tanggal lahir

ramalan jodoh berdasarkan weton
Unsplash

Selain berdasarkan weton, masyarakat Jawa juga mempercayai ramalan jodoh berdasarkan nama dan tanggal lahir. Caranya adalah dengan memahami urutan daftar huruf sesuai barisan dari mata angin.

  • Huruf pada barisan pertama terdiri dari: H N C R K
  • Huruf pada barisan kedua terdiri dari: D T S W L
  • Huruf pada barisan ketiga adalah: P D G J Y N Y A
  • Huruf pada barisan keempat yaitu: M G B T H N G

Setelah itu, Sedulur tinggal mencari nama dua orang yang akan dijadikan sebagai pasangan, misalnya adalah Rian dan Nisa.

  • Nisa huruf awalnya adalah N, posisi baris pertama
  • Rian huruf awalnya adalah R, posisi baris pertama

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kedua nama tersebut berada di posisi baris pertama. Maka, pasangan yang memiliki awalan nama dalam satu baris dinyatakan berjodoh dan bisa dilanjutkan ke jenjang pernikahan untuk hidup dengan selamat nantinya.

Sementara, sebagai contoh adalah pasangan Suti dan Bambang, yaitu:

  • Suti huruf awalnya adalah S, posisi baris kedua
  • Bambang huruf awalnya adalah B, posisi baris keempat

Dapat dikatakan bahwa Suti dan Bambang berseberangan. Dari ramalan ini, pasangan itu diprediksi bakal berpisah entah karena cerai mati maupun cerai hidup.

Ramalan jodoh online gratis

ramalan jodoh akurat
Pexels

 

Ada banyak situs maupun aplikasi yang diperuntukkan untuk mengetahui ramalan jodoh online yang bisa diakses secara cuma-cuma. Berikut beberapa di antaranya:

Ramalan jodoh berdasarkan zodiak

ramalan jodoh online gratis
Pexels

 

Selain dengan weton, ada juga ramalan berdasarkan zodiak. Sebelum itu, sedulur harus tau apa horoskop berdasarkan tanggal lahir. Setelah itu, baru kamu bisa menemukan jodohmu berdasarkan zodiaknya.

 

  • ramalan jodoh zodiak Aries: 21 Maret-20 April (Leo, Sagittarius, Libra)
  • ramalan jodoh zodiak Taurus: 21 April-20 Mei (Virgo, Capricorn, Scorpio)
  • ramalan jodoh zodiak Gemini: 21 Mei-20 Juni (Libra, Aquarius, Sagittarius)
  • Cancer: 21 Juni-20 Juli (Capricorn, Scorpio, Pisces)
  • Leo: 21 Juli-21 Agustus (Aries, Sagittarius, Cancer)
  • ramalan jodoh zodiak Virgo: 22 Agustus-22 September (Capricorn, Taurus, Pisces)
  • Libra: 23 September-22 Oktober (Gemini, Aquarius, Libra)
  • ramalan jodoh zodiak Scorpio: 23 Oktober-22 November (Cancer, Pisces, Taurus)
  • Sagitarius: 23 November-20 Desember (Gemini, Aries, dan Leo)
  • Capricorn: 21 Desember-19 Januari (Taurus, Virgo, Cancer)
  • Aquarius: 20 Januari-18 Februari (Gemini, Libra, Leo)
  • ramalan jodoh zodiak Pisces: 19 Februari-20 Maret (Scorpio, Virgo, Cancer)

Selain meramal jodoh berdasarkan weton, nama, hingga horoskop, masih banyak lagi cara ramalan jodoh lainnya. Di antaranya adalah menurut penanggalan Tiongkok. Ada ramalan jodoh menurut shio dan tanggal lahir yang melalui karakter tersebut. Bisa dijadikan untuk mencari jodoh. Jadi, siapa yang akan Sedulur pilih?

Sambil membaca ramalan jodoh berdasarkan weton di atas, kamu juga bisa belanja di Aplikasi Super. Ada banyak sekali pilihan merek untuk memenuhi kebutuhan pokok rumah tangga. Dijamin murah dan praktis.