Laptop Sedulur lemot? Simak cara mengatasi laptop lemot di bawah ini, dijamin ampuh dan super mudah!

Sebagian dari Sedulur mungkin pernah merasakan kerja laptop yang sangat lemot. Di tengah deadline pekerjaan yang mendesak, dan juga tugas kuliah yang banyak. Laptop lemot sangat menyebalkan di tengah pekerjaan yang menumpuk. Terdapat beberapa penyebab laptop lemot untuk mengatasinya.

Cara agar laptop tidak lemot yang paling pertama harus Sedulur ketahui adalah mengetahui penyebabnya. Biasanya penyebab kenapa laptop lemot disebabkan, selain karena aplikasi yang banyak dan berjalan berbarengan, usia harddisk yang sudah terlalu usang dan juga kapasitas harddisk yang sudah penuh.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara mengatasi laptop ngelag dan juga cara memperbaiki laptop lemot, agar laptop terasa berat menjadi ringan dan memiliki kinerja yang baik. Seperti apa solusi laptop lemot dan cara mengatasi laptop lambat saat dihidupkan? Yuk, simak langkahnya di bawah ini.

-->

Baca Juga: 15 Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Terbaik 2021

Daftar Cara Ampuh Mengatasi Laptop Lemot yang Bisa Sedulur Lakukan!

1. Uninstall Aplikasi yang Menyebabkan Laptop Lambat

1. Uninstall Aplikasi yang Menyebabkan Laptop Lambat
it-jurnal.com

Salah satu penyebab laptop lemot adalah banyaknya aplikasi yang digunakan. Tidak salah memang, ketika kita memiliki laptop, banyak aplikasi yang ingin kita coba. Namun, terlalu banyak aplikasi akan membuat kapasitas penyimpanan di laptop penuh dan membuat laptop bekerja sangat lambat.

Pada awalnya, jika laptop masih baru dan kita menggunakan banyak laptop, tidak ada masalah dalam kerja laptop. Laptop akan baik-baik saja, namun lambat laun seiring berjalannya waktu, laptop akan bekerja sangat lambat dan lemot. Langkah pertama yang bias Sedulur lakukan adalah dengan uninstall aplikasi yang sudah tidak digunakan, akan beban laptop tidak terlalu berat.

2. Gunakan Antivirus

2. Gunakan Antivirus
abc.es

Jika Sedulur menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows atau Linux, Sedulur pasti akan menemukan banyak virus atau malware. Salah satu penyebab laptop lemot adalah terdapat banyak virus di dalam laptop dan menyebabkan kinerja laptop menjadi menurun.

Sedulur  bisa memasang antivirus untuk menangkal virus masuk ke laptop Sedulur. Antivirus juga bisa dipasang untuk menghilangkan virus yang sudah terlanjur bercongkol di laptop Sedulur. Salah satu hal yang wajib Sedulur lakukan adalah rutin cek virus dengan menggunakan antivirus yang Sedulur gunakan.

3. Gunakan Aplikasi yang Tepat

3. Gunakan Aplikasi yang Tepat
shopee.co.id

Terdapat beberapa aplikasi alternatif yang tepat untuk laptop Sedulur, Sedulur tidak perlu memaksakan aplikasi berat yang sekiranya tidak cocok dengan laptop Sedulur. Sesuaikan aplikasi yang digunakan dengan spesifikasi laptop Sedulur. Terutama prosesor dan RAM.

Pastikan prosesor dan RAM yang digunakan sangat memadai untuk aplikasi yang akan digunakan. Jika Sedulur tetap memaksakan aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi laptop Sedulur, hal tersebut akan menyebabkan laptop Sedulur menjadi lemot dan bekerja sangat lambat.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Lensa Kamera Terbaik + Harga Terbaru 2021

4. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi

4. Sesuaikan Penggunaan Aplikasi
winpoin.com

Cara mengatasi laptop lemot yang paling ampuh adalah untuk memastikan kinerja RAM sesuai dengan penggunaan aplikasi laptop. Jangan terlalu memaksakan aplikasi berat untuk memastikan kinerja laptop baik-baik saja. Aplikasi berat seperti game dan desain bisa membuat laptop memiliki kerja yang berat.

Setiap menggunakan laptop, Sedulur harus selalu memastikan penggunaan aplikasi yang sesuai dengan kapasitas dan spesifikasi laptop Sedulur. Sedulur bisa mengaktifkan task manager untuk mengendalikan penggunaan RAM dan harddisk agar tidak terlalu lemot.

5. Rajin Membersihkan Laptop

5. Rajin Membersihkan Laptop
futureloka.com

Cara ampuh mengatasi laptop lemot adalah dengan rajin membersihkan laptop. Jangan terlalu banyak menyimpan aplikasi di laptop dan terlalu banyak membuka aplikasi yang disimpan di desktop. Hal tersebut dapat membuat laptop menjadi super lemot dan sangat lambat.

Sedulur harus rajin membersihkan cache atau sampah sisa penggunaan aplikasi ketika hendak mematikan laptop, Jangan lupa, ketika Sedulur akan menggunakan laptop, pada saat start-up atau baru menyala, Sedulur juga bisa memastikan dengan kembali membersihkan laptop. Hal ini bisa membuat laptop Sedulur bekerja lebih cepat.

6. Tambah Kapasitas RAM

6. Tambah Kapasitas RAM
jalantikus.com

Salah satu penyebab laptop lemot adalah kapasitas RAM yang kecil. Kapasitas RAM yang kecil dengan penggunaan laptop yang berat dan besar sangat wajar membuat laptop menjadi cepat lemot. Salah satu cara mengatasi laptop lemot yang sangat ampuh dan super mudah adalah menambah kapasitas dari RAM itu sendiri.

Biasanya, laptop dengan harga murah dan terjangkau memiliki kapasitas RAM yang kecil. Sedulur bisa menambah kapasitas RAM jika menginginkan kerja laptop yang kencang dan super cepat. Namun, Sedulur tidak boleh sembarangan menambahkan RAM. Sedulur memperhatikan kapasitas dan spesifikasi RAM itu sendiri.

Sedulur bisa menambahkan RAM dengan RAM DDR3 atau RAM DDR3L atau juga RAM DDR4. Gunakan kapasitas dan spesifikasi RAM terbaik agar Sedulur bisa mendapatkan kinerja laptop yang baik dan optimal.

7. Cek Penyimpanan Drive C

7. Cek Penyimpanan Drive C
pricebook.co.id

Drive C merupakan bagian dari laptop yang menyimpan berbagai aplikasi di dalamnya. Rajin cek penyimpanan Drive C dapat membantu Sedulur untuk mendapatkan laptop dengan kinerja yang kencang. Sedulur bisa memastikan kapasitas Drive C, hapus dan bersihkan sampah yang sekiranya sudah tidak terpakai.

Hal tersebut dapat membuat Sedulur mendapatkan kinerja laptop yang sangat baik dengan kinerja yang super cepat. Salah satu cara mengatasi laptop lemot adalah memastikan kapasitas penyimpanan Drive C aman terkendali. Hal itu akan membuat laptop memiliki kinerja yang super cepat.

8. Reset Laptop

8. Reset Laptop
laptopmag.com

Jika cara mengatasi laptop lemot di atas sudah dilakukan dan laptop masih tetap lemot, Sedulur bisa melakukan cara paling ampuh sebagai cara mengatasi laptop lemot, yaitu dengan resep laptop. Jika laptop sudah terlanjur parah dan kinerjanya sangat lemot dan lamban, salah satu pilihan terbaik tentu saja dengan meresetnya sebagaimana kondisi awal dibeli.

Dengan reset ulang laptop, Sedulur bisa menghilangkan hal-hal yang membuat laptop bekerja sangat lamban, salah satunya adalah aplikasi dan banyaknya cache atau sampah akibat penggunaan Aplikasi. Hal tersebut bisa membuat laptop bekerja sangat lamban.

9. Menggunakan Thermal Paste pada Prosesor

9. Menggunakan Thermal Paste pada Prosesor
pricebook.co.id

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk membuat laptop bekerja cepat adalah thermal paste. Menggunakan thermal paste merupakan salah satu alternatif cara mengatasi laptop lemot. Thermal paste dapat mengontrol suhu laptop jika sudah terlalu panas dan terlalu lama bekerja.

Dengan suhu prosesor yang stabil akibat bantuan dari thermal paste, Sedulur akan mendapatkan laptop yang memiliki kinerja yang sangat cepat dan terhindar dari laptop yang bekerja sangat lambat.

10. Gunakan Cooling Pad

10. Gunakan Cooling Pad
kliknklik.com

Laptop dengan suhu yang sangat panas adalah salah satu penyebab utama kenapa laptop bisa sangat lemot. Dengan menggunakan cooling pad, cara mengatasi laptop lemot bisa lebih efektif dilakukan. Cooling pad merupakan kipas tambahan yang dapat menjaga suhu laptop tetap stabil.

Sedulur juga bisa menggunakan vacuum cooler sebagai cara mengatasi laptop lemot untuk mengeluarkan udara panas yang terdapat di dalam laptop dan juga membantu laptop memiliki suhu yang sangat normal dan stabil.

11. Gunakan Aplikasi Ccleaner

11. Gunakan Aplikasi Ccleaner
pricebook.co.id

Salah satu cara mengatasi laptop lemot yang ampuh adalah dengan menggunakan aplikasi Ccleaner. Aplikasi ini dapat membuat laptop Sedulur bersih dari jejak-jejak penggunaan yang membuat laptop Sedulur menjadi bekerja sangat lambat. Aplikasi ini menawarkan pembersihan total untuk hal-hal yang memberatkan laptop.

12. Gunakan Disk Defragment Tools

12. Gunakan Disk Defragment Tools
pricebook.co.id

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya adalah dengan menggunakan Disk Defragment Tools. Cara ini mungkin jarang diketahui, Disk Defragment Tools merupakan aplikasi bawaan yang sudah otomatis ada di laptop Sedulur. Sedulur bisa menggunakannya untuk mengoptimasi penggunaan laptop dan terhindar dari laptop lemot.

13. Mengganti Memori HDD Menjadi SSD

13. Mengganti Memori HDD Menjadi SSD
medium.com

Salah satu cara mengatasi laptop lemot lainnya adalah dengan memperbaiki memori laptop. Gunakan jenis memori HDD menjadi SSD. SSD merupakan jenis memori laptop baru yang dapat mendukung kinerja laptop menjadi lebih cepat. Karena memori SSD dapat membantu proses booting menjadi lebih cepat dan membuat laptop menjadi lebih responsif. Memang, harga memori SSD lumayan  mahal, oleh karena itu lebih baik Sedulur menabung untuk dapat membeli memori SSD.

Semoga daftar cara mengatasi laptop lemot di atas bisa menambah wawasan Sedulur dan dapat membantu Sedulur untuk mengatasi laptop yang lemot dan mengganggu pekerjaan. Sedulur harus wajib menyisihkan uang, agar dapat menabung dan membeli laptop yang lebih layak, dan mempraktekkan cara-cara di atas.

Sedulur dapat menyerahkan urusan kebutuhan sehari-hari dengan membelinya di Aplikasi Super, karena barang yang tersedia di Aplikasi Super sangat murah dan berkualitas. Hal tersebut membuat Sedulur dapat menabung lebih rajin dalam jumlah yang signifikan.

Sedulur bisa klik di sini untuk cek kelengkapan barang yang dimiliki Aplikasi Super dan Sedulur bisa langsung cek perbandingan harganya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar dapat melakukan transaksi secara online hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!