Apa saja daftar pondok pesantren modern dan terbaik di Indonesia? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Pendidikan di Indonesia bisa dibilang unik dibanding negara lain. Karena perkembangan agama Islam yang menjadi bagian dari sejarah Indonesia, hal tersebut juga mempengaruhi pendidikan Indonesia. Kita dapat melihatnya melalui keberadaan pondok pesantren. Pendidikan modern dan umum dengan disertai dengan pendidikan agama Islam.

Dalam kesempatan kali ini, Aplikasi Super akan memberikan rekomendasi daftar pesantren modern dan terbaik di Indonesia. Namun, bukan berarti pesantren yang tidak masuk daftar di bawah ini tidak bagus, hanya saja pesantren di bawah ini memiliki akar sejarah yang kuat dan populer di kalangan masyarakat Indonesia. Yuk, langsung saja kita cek daftarnya.

Baca Juga: 25 Doa Sehari-hari yang Wajib Diajarkan Pada Anak-anak

-->

Daftar Pondok Pesantren Modern Terbaik di Indonesia

1. Pesantren Darussalam Gontor

1. Pesantren Darussalam Gontor
pikiran-rakyat.com

Pertama, yang paling terkenal dan diakui kualitas pendidikannya adalah Pondok Pesantren Gontor. Di Gontor, diajarkan ilmu-ilmu konvensional dan juga ilmu-ilmu Islam. Pesantren ini berdiri tahun 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Banyak ilmuwan, ulama dan orang-orang sukses dan terkenal sebagai alumni di Gontor.

2. Pesantren Langitan

2. Pesantren Langitan
langit7.id

Selanjutnya adalah Pesantren Langitan, yang merupakan pondok pesantren untuk umum sekaligus pondok pesantren tertua di Indonesia. Pesantren ini berdiri pada tahun 1852 di Tuban, Jawa Timur. Pondok pesantren ini memiliki tanah yang luas sekitar 7 hektar, dengan bangunan yang kokoh.

3. Pesantren Daar El-Qolam

3. Pesantren Daar El-Qolam
daarelqolam.ac.id

Selanjutnya adalah pondok pesantren modern yang terletak di Kabupaten Tangerang, yaitu Pesantren Daar El-Qolam. Pesantren ini merupakan pesantren yang paling besar di Provinsi Banten. Tidak setua dua pesantren di atas, pesantren ini didirikan pada 20 Januari 1968.

4. Pesantren Darunnajah

4. Pesantren Darunnajah
santrinews.com

Berawal dari didirikannya Yayasan Kesejahteraan Masyarakat Islam (YKMI) pada tahun 1960 di sekitar Jakarta, tidak lama kemudian yayasan tersebut mendirikan pesantren modern yang bernama Darunnajah. Hal yang menarik dari pesantren ini memiliki lingkungan yang nyaman untuk belajar, sekaligus berada di pusat keramaian kota Jakarta.

5. Pesantren Tebuireng

5. Pesantren Tebuireng
beritasatu.com

Pondok Pesantren Tebu Ireng merupakan pesantren yang didirikan oleh KH. Hasyim Asy’arie, kakek dari Gus Dur (KH. Abdurrahman Wahid). Pesantren ini berdiri pada tahun 1899, dan turut menyumbangkan banyak pejuang dan tokoh kemerdekaan Indonesia. Salah satu pesantren yang menjadi pilihan banyak orang tua.

Baca Juga: 18 Tokoh Pahlawan Nasional Indonesia dan Sejarah Perjuangannya

6. Pesantren Al Ihya Ulumuddin

6. Pesantren Al Ihya Ulumuddin
wikisantri.id

Pondok pesantren Al Ihya Ulumuddin merupakan pesantren yang berada di Kabupaten Cilacap Kecamata Kesugihan. Uniknya, karena berada di Kecamatan Kesugihan, pesantren ini dikenal dengan nama pesantren Kesugihan. Banyak yang memplesetkan nama pesantren ini, hal tersebut yang membuat pesantren ini unik. Kualitas pendidikan di pesantren ini juga telah baik. Pesantren ini berdiri pada 24 November 1925.

7. Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah

7. Pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah
lirboyo.net

Selanjutnya adlaah pondok pesantren Salafi Terpadu Ar-Risalah yang terletak di Kediri, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan oleh KH Ma’roef Zainuddin dan Nyai Aina ‘Ainaul Mardliyyah Anwar pada tahun 1995. Pesantren ini berada dikawasan komplek ponpes Lirboyo.

8. Pesantren Darul ‘Ulul

8. Pesantren Darul ‘Ulul
jatim.nu.or.id

Pesantren selanjutnya berada di Jombang, yang berdiri pada tahun 1885. Pesantren ini mengajarkan ilmu pengetahuan umum dan teknologi, tanpa meninggalkan kekhususannya terkait pendalaman ilmu-ilmu agama. Banyak yang menjadikan pesantren ini sebagai pilihan orangtua.

9. Pesantren An-Nur 2

9. Pesantren An-Nur 2
konstrad.mil.id

Sebelum bernama Pesantren An-Nur 2, pesantren ini An-Nur II Al Murtadlo. Pesantren ini berdiri pada 26 Agustus 1979 oleh KH Moh. Badruddin Anwar. Pesantren ini merupakan pesantren modern yang banyak diminati orangtua untuk mengirim

10. Pesantren Asy-Syafi’iah Nahdatul Wathon

10. Pesantren Asy-Syafi’iah Nahdatul Wathon
opop.jatimprov.go.id

Ada juga pesantren Asy-Syafi’iah Nahdatul Wathon, yang terletak di Lombok dan berdiri pada 22 Agustus 1934. Pada awalnya, pesantren ini dikhususkan untuk siswa laki-laki. Namun, seiring perkembangannya, pesantren ini mendirikan pondok khusus santri putri.

11. Pondok Pesantren Lirboyo

11. Pondok Pesantren Lirboyo
abusyuja.com

Selainjutnya adalah pondok pesantren Lirboyo, pondok ini berada di Kediri, dan didirikan oleh KH. Abdul Karim. Pesantren ini berdiri sejak 1910, banyak aktivis dan tokoh pergerakan nasional yang menimba ilmu di sini. Santri dari pondok Lirboyo juga terlibat di peristiwa sejarah 10 November 1945 di Surabaya. Salah satu pesantren yang bisa jadi rekomendasi untuk anak-anak Sedulur.

12. Pesantren Putri Al-Kenaniyah

12. Pesantren Putri Al-Kenaniyah
duniasantri.com

Pondok pesantren terbaik terakhir adalah Pesantren Putri Al-Kenaniyah.  Bagi Sedulur yang memiliki anak perempuan dan ingin dipesantrenkan, pondok pesantren putri satu ini bisa jadi rekomendasi. Pondok ini diresemikan pada 16 Januari 1994, oleh tokoh nasional dan ulama yaitu KH. Aburrahman Wahid, KH> Syamsuri Badawi, dan KH. Zayadi Muhajir. Pondok satu ini memiliki kurikulum yang modern dan kurikulum agama Islam.

Semoga daftar pesantren yang telah diulas di atas bisa membantu Sedulur menentukan sekolah bagi anak-anak Sedulur. Terutama bagi anak-anak Sedulur yang telah mantap untuk belajar agama di pesantren. Jangan lupa juga, persiapkan segala perbekalan untuk anak-anak Sedulur yang akan pesantren. Mulai dari bekal ilmu, hingga kebutuhan sehari-hari bagi anak Sedulur selama menetap di pesantren.