Patriotisme adalah

Banyak orang yang masih kesulitan untuk membedakan antara sikap patriotisme dengan sikap nasionalisme. Meskipun keduanya saling berhubungan, namun perlu diketahui bahwa kedua sikap tersebut berbeda. Patriotisme adalah sikap rela berkorban demi bangsa dan negara atau dapat diartikan sebagai jiwa rela berkorban demi negaranya.

Sementara nasionalisme merupakan paham kebangsaan yang memiliki rasa kebanggaan sebagai bangsa, memiliki makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, atau memelihara kehormatan bangsa.

Untuk lebih jelasnya, Sedulur dapat menyimak artikel berikut ini yang akan membahas mengenai patriotisme adalah dan contohnya. Selamat membaca.

BACA JUGA: Nasionalisme: Pengertian, Tujuan & Bentuk-bentuknya

Pengertian

patriotisme adalah
iStock

Patriotisme berasal dari kata “patriot” dan “isme” yang memiliki arti sifat kepahlawanan atau jiwa pahlawan. Dalam bahasa Inggris, “patriotism” (patriotisme) juga diartikan sama dengan “heroism” (heroisme), yakni sikap yang berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara, baik berupa pengorbanan harta benda maupun jiwa raga.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, patriotisme merupakan sikap seseorang yang bersedia mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya. Sikap patriotisme akan lebih mengacu pada cinta dan loyalitas. Hal ini menyebabkan patriotisme menjadi sebuah keterikatan seseorang pada kelompoknya, baik bangsa, suku, bahkan partai politik, yang meliputi kerelaan seseorang dalam menjelaskan dirinya pada suatu kelompok sosial dan  menjadi loyal kepadanya.

BACA JUGA: Letak Geografis Indonesia dan Pengaruhnya di Berbagai Bidang

Ciri patriotisme adalah

patriotisme adalah
iStock

Patriotisme memiliki beberapa ciri, yaitu:

  1. Memiliki identitas diri yang kuat untuk dapat melihat, menerima, dan mengembangkan watak serta kepribadian bangsa.  
  2. Bersifat terbuka dan melihat bangsa dalam konteks dunia. Dengan kata lain, sikap ini akan membuat seseorang bersedia belajar dari bangsa lain untuk kemajuan bangsanya.
  3. Mampu menciptakan rasa solidaritas yang tinggi terhadap sesama untuk mencapai kesejahteraan bangsa.  
  4. Menanamkan rasa cinta tanah air dalam diri sendiri.
  5. Nilai budaya bangsa merupakan modal penting perjuangan untuk mencapai cita-cita bangsa.
  6. Mampu membuat seseorang melihat kekuatan dan kelemahan negara dan bangsanya.  

BACA JUGA: Tri Koro Dharmo: Sejarah Berdiri, Tujuan, dan Tokoh Pendirinya

Contoh patriotisme adalah

patriotisme adalah
iStock

Patriotisme contohnya dapat dilihat dalam beberapa perilaku berikut ini.

  • Mengingat hari-hari besar nasional dan paham akan maknanya.
  • Mengibarkan bendera merah putih di depan rumah pada hari-hari besar.
  • Bangga menggunakan barang-barang buatan dalam negeri, mulai dari peralatan rumah tangga, peralatan sekolah, hingga peralatan kantor.
  • Mampu mengaitkan setiap materi pembelajaran dengan nilai-nilai kepahlawanan. 
  • Merasa bangga menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi sehari-hari.
  • Bersemangat dalam mengikuti upacara bendera pada hari Senin maupun hari besar nasional dan mendoakan serta menghormati jasa pahlawan.
  • Mampu hidup rukun dengan anggota keluarga di rumah maupun orang lain di lingkungan sekitar. 
  • Turut serta dalam membantu korban bencana alam yang terjadi di Indonesia. 
  • Membantu melestarikan budaya daerah dengan menggunakan bahasa daerah, pakaian adat, dan makanan tradisional daerah.
  • Mampu menyanyikan lagu-lagu nasional dan memahami maknanya dengan semangat kebangsaan.
  • Belajar melalui buku-buku yang membahas tentang kehidupan bangsa dan negaranya.
  • Memiliki sikap saling membantu, tolong menolong kepada sesama sebagai wujud persatuan nasional.
  • Mengharumkan negara dengan karya serta prestasi, baik nasional maupun internasional.

BACA JUGA: Pengertian Integrasi Nasional Beserta Faktor, Jenis & Contohnya

Perbedaan dengan nasionalisme

patriotisme adalah
iStock

Nasionalisme dan patriotisme adalah dua hal yang berbeda meskipun memiliki kaitan dengan kehidupan berbangsa dan bernegara. Berikut adalah perbedaan keduanya.

  • Patriotisme adalah jiwa rela berkorban demi negaranya, sedangkan nasionalisme adalah paham kebangsaan yang mengandung makna kesadaran dan semangat cinta tanah air, rasa kebanggaan sebagai bangsa suatu negara, dan memelihara kehormatan bangsa.
  • Patriotisme dapat dikatakan sebagai rasa cinta kepada tanah air, sementara nasionalisme dapat dikatakan sebagai suatu paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan negara dengan mewujudkan satu konsep identitas bersama untuk sekelompok manusia.

Sekian informasi mengenai patriotisme beserta ciri, contoh, dan perbedaannya dengan nasionalisme. Semoga Sedulur dapat meningkatkan rasa patriotisme dan nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.