Simak penjelasan terkait manfaat paprika merah untuk kesehatan dalam penjelasan di bawah ini. Sedulur wajib tahu!

Paprika adalah jenis sayuran yang mengandung banyak vitamin. Jika dibandingkan dengan paprika hijau atau paprika kuning, paprika merah mengandung lebih tinggi vitamin dan mineral. Selain itu, paprika merah juga mengandung beta karoten 11 kali lebih banyak dibandingkan lainnya.

Sayuran paprika seringkali digunakan dalam setiap olahan makanan yang ditumis dan dipadukan dengan beberapa sumber protein seperti daging. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan menjelaskan beberapa manfaat paprika merah untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan kandungan paprika yang disinggung sedikit di atas, memberikan gambar paprika yang baik untuk tubuh. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasannya terkait manfaat paprika merah untuk kesehatan di bawah ini.

Baca Juga: Ternyata Ini 10 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Rambut, Bikin Sehat!

-->

Daftar Manfaat Paprika Merah untuk Kesehatan Tubuh yang Wajib Sedulur Ketahui

1. Menyehatkan Mata

1. Menyehatkan Mata
koran.id

Manfaat pertama paprika merah adalah untuk menyehatkan mata. Hal tersebut dikarena kandungan karotenoid yang berupa lutein dan zeaxanthin dalam jumlah besar. Hal tersebut dapat meningkatkan kesehatan mata jika dikonsumsi secara teratur dan dalam jumlah yang sesuai.

Berdasarkan berbagai penelitian ilmiah berkaitan dengan manfaat dari paprika ini telah terbukti dan menunjukan bahwa konsumsi teratur paprika yang mengandung karotenoid yang kaya akan dapat mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula yang bisa dialami oleh lansia.

2. Mencegah Anemia

2. Mencegah Anemia
kajianpustaka.com

Manfaat paprika merah yang kedua adalah dapat mencegah anemia. Paprika merah merupakan sumber zat besi yang baik dan juga merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi secara optimal yang baik dan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi paprika secara teratur dan sesuai dengan kebutuhan ditambah jika dipadukan dengan daging atau sayur bayam yang kaya akan zat besi akan sangat cocok untuk mencegah anemia. Karena anemia biasanya disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cadangan zat besi.

Baca Juga: Intip Manfaat dari Kandungan Gizi Jamur Tiram, Kamu Wajib Tahu!

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
alodokter.com

Karena kandungan dari paprika yang dapat menyediakan 300 persen asupan vitamin C harian, hal tersebut dapat membantu dalam pembentukan kolagen tulang, tulang rawan, otot dan pembuluh darah. Tidak hanya itu, paprika merah juga mengandung vitamin A, B6, E, dan K, yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh.

Daya tahan tubuh dan sistem imun harus terus dijaga dan ditingkatkan, mengingat saat ini sedang masa pandemi virus corona yang memiliki tingkat penyebaran yang tinggi. Sedulur bisa terus meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi paprika secara teratur dan sesuai kebutuhan.

4. Kaya Antioksidan

4. Kaya Antioksidan
alodokter.com

Salah satu jenis antioksidan yang dikenal adalah likopen yang memiliki warna merah, dan hal tersebut terkandung dalam paprika merah. Likopen adalah sejenis karotenoid yang dapat membantu melawan radikal bebas. Selain itu, likopen juga dapat secara efektif mencegah penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Selain likopen, paprika juga mengandung antioksidan yang sangat kaya yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, dan yang penting adalah dapat meredam aktivitas radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel. Selain itu, paprika merah juga mengandung fenol dan flavonoid yang mampu melucuti radikal bebas hidrogen peroksida.

5. Melancarkan Peredaran Darah

5. Melancarkan Peredaran Darah
klikdokter.com

Vitamin C yang terdapat pada paprika berwarna merah dapat membantu dalam pembentukan pembuluh darah yang sehat. Kalium dan vitamin B6 pada paprika juga dapat membantu mencegah hipertensi dan melancarkan peredaran darah, hal tersebut tentu saja dipengaruhi oleh pembuluh darah yang sehat.

Selain itu, kandungan vitamin K yang terdapat pada paprika berwarna merah juga sangat penting dalam membekukan darah. Dengan mengkonsumsi paprika sebagai makan sehat, Sedulur mampu meningkatkan metabolisme tubuh dapat meningkatkan denyut nadi dan membuat jantung bekerja keras.

6. Meredakan Kecemasan

6. Meredakan Kecemasan
halodoc.com

Kombinasi kandungan dari paprika yaitu vitamin B6 dan magnesium dalam paprika merah dapat membantu Sedulur mengurangi kecemasan, terutama karena gelasa pra-menstruasi. Paprika merah juga mampu secara efektif menurunkan tingkat stres, karena kandungan serat dan vitaminnya yang sangat melimpah.

Paprika merah juga telah terbukti efektif untuk memperbaik pola tidur yang sembrawutan sebagai penyebab utama datangnnya kecemasan. Beragam kandungan vitamin yang terdapat pada paprika, terutama paprika yang berwarna merah, dapat membuat Sedulur lebih rileks dan tenang dan memberikan kualitas tidur yang baik.

7. Kaya Akan Serat

7. Kaya Akan Serat
ayobandung.com

Paprika merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki serat yang sangat kaya. Kandungan serat yang sangat kaya tersebut dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan dapat mempertahankan kadar kolesterol. Paprika juga mengandung serat yang dapat melarutkan kolesterol jahat. Serat dapat mengurangi kadar lipoprotein densitas rendah. Hal ini sekaligus dapat membuat bagian dalam tubuh Sedulur terjaga kesehatannya.

8. Menurunkan Berat Badan

8. Menurunkan Berat Badan
anlene.com

Manfaat terakhir dari paprika berwarna merah adalah mampu secara efektif untuk menurunkan berat badan, hal tersebut dikarenakan kandungan dari serat yang sangat kaya dari paprika menyebabkan secara efektif mengurangi berat badan. Selain itu, mengkonsumsi paprika juga akan membuat Sedulur mudah merasa kenyang dan mengurangi asupan yang berlebih.

Sekian penjelasan mengenai manfaat paprika merah untuk kesehatan tubuh. Menyimak penjelasan di atas, sebuah kewajiban untuk menyediakan paprika sebagai persediaan dapur Sedulur. Selain Sedulur dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh paprika, Sedulur juga bisa membuat berbagai olahan makanan menarik dari paprika.

Sedulur bisa membeli paprika dan bahan lainnya di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Sedulur juga wajib untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena banyak bonus dan program menarik dari Aplikasi Super. Jangan lupa juga untuk klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super.