Menerapkan cara hidup sehat tidak sulit, hanya membutuhkan disiplin sehingga menjadi kebiasaan. Yuk intip caranya di bawah ini.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan sebuah kewajiban, terutama di era digital saat ini. Pekerjaan dan aktivitas sehari-hari dapat menimbulkan stress dan tekanan mental yang membahayakan. Sedulur bisa menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan ketenangan dan keseimbangan hidup.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar tips hidup sehat dan menerapkan bagaimana cara hidup sehat. Beberapa kebiasaan dan tata cara hidup sehat mungkin sebagian sudah ada yang Sedulur ketahui. Tapi seperti apa cara hidup sehat yang baik dan contoh hidup sehat? Sedulur bisa simak dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 6 Alasan Pentingnya Meditasi Bagi Hidupmu

-->

Cara Hidup Sehat yang Bisa Menjadi Kebiasaan Baik Bagi Sedulur!

1. Disiplin Olahraga

1. Disiplin Olahraga
liputan6.com

Salah satu cara hidup sehat yang pertama adalah menerapkan olahraga secara rutin. Olahraga merupakan kebiasaan hidup sehat yang perlu Sedulur lakukan, agar tubuh bisa mendapatkan kebiasaan yang baik. Tubuh akan membakar kalori dan juga membentuk massa otot, terutama kandungan-kandungan tidak baik dalam tubuh juga akan ikut terbakar dengan olahraga.

Sedulur bisa memilih olahraga yang ringan seperti berlari, bersepeda, berenang, senam atau bahkan yoga. Jika Sedulur tidak memiliki banyak waktu, Sedulur bisa memilih olahraga yang bisa Sedulur lakukan di rumah seperti yoga dan senam misalnya.

2. Tidur yang Cukup

2. Tidur yang Cukup
klikhijau.com

Salah satu cara hidup sehat sederhana adalah memiliki waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang cukup dapat membuat tubuh menjadi lebih optimal. Karena tubuh yang memiliki waktu tidur yang cukup akan dapat memberikan kesehatan bagi bagian dalam tubuh.

Usahakan Sedulur mendapatkan waktu tidur sekitar 7-9 jam setiap harinya. Waktu tidur yang cukup juga dapat memberikan suasana hati yang lebih baik, dan juga mempertajam memori dan fokus untuk melakukan setiap kegiatan setiap harinya.

3. Minum Air Putih Secukupnya

3. Minum Air Putih Secukupnya
kompas.com

Setiap orang dewasa membutuhkan sekitar 8 gelas hingga 2 liter air putih setiap harinya, hal tersebut untuk menghindari tubuh mengalami dehidrasi. Salah satu cara hidup sehat yang sangat unik dan sederhana adalah mendapatkan cukup air putih untuk memenuhi cairan tubuh.

Akan lebih baik juga Sedulur menghindari minuman-minuman yang mengandung gula dan soda atau minuman berenergi lainnya. Hal tersebut akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Lebih buruk lagi, Sedulur akan mengalami obesitas atau diabetes.

Baca Juga: 12 Manfaat Menulis, Baik Untuk Kesehatan Mental?

4. Memilih Makanan yang Baik

4. Memilih Makanan yang Baik
timesmedia.co.id

Pola hidup sehat selanjutnya adalah memilih asupan makanan yang baik. Memilih asupan makanan yang baik merupakan hal yang sangat penting. Pola makan yang sehat dapat memberikan keseimbangan pada tubuh dan menyediakan energi. Serta yang lebih penting adalah dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis.

Pastikan ketika Sedulur makan untuk mendapatkan asupan makanan yang cukup, seperti protein yang berasal dari hewan maupun nabati. Jangan lupakan juga karbohidrat, serat dan lemak baik. Biasakan juga untuk mengkonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan dan biji-bijian.

5. Menjaga Berat Badan Ideal

5. Menjaga Berat Badan Ideal
dara.co.id

Salah satu indikator kita telah melakukan cara hidup sehat yang tepat adalah berat badan yang ideal. Berat badan yang ideal bisa didapat dengan melakukan rutinitas yang telah dijelaskan di atas. Jika Sedulur memiliki berat badan yang tidak ideal atau bahkan melebihi batas normal, tandanya Sedulur mengalami obesitas.

Berolahraga merupakan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan berat badan yang ideal. Sedulur bisa mendapatkan berat badan yang ideal dengan melakukan sejumlah rutinitas olahraga yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Sedulur.

6. Berhenti Merokok

6. Berhenti Merokok
liputan6.com

Dalam sebatang rokok, mengandung banyak racun yang bisa membahayakan tubuh. Bukannya mendapatkan hidup yang sehat, tenang dan stabil. Namun, Sedulur akan merasakan banyak ketidaknyamanan dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Maka dari itu, salah satu cara hidup sehat adalah berhenti dari kebiasaan merokok.

Walaupun berhenti merokok merupakan hal yang tidak mudah, namun dengan tekad dan keinginan untuk mendapatkan hidup yang sehat, kebiasaan merokok bisa Sedulur hentikan. Walaupun Sedulur membutuhkan usaha keras yang luar biasa menguras energi.

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan

7. Menjaga Kebersihan Lingkungan
sesby.co.id

Cara hidup sehat yang unik selanjutnya adalah menjaga kebersihan lingkungan. Terutama di dalam rumah Sedulur. Rajin-rajin melakukan bersih-bersih rumah, seperti menyapu dan membersihkan lantai rumah. Karena di dalam lantai yang kotor terdapat ribuan kuman dan bakteri. Hal tersebut bisa memberikan banyak penyakit bagi tubuh dan menjauhkan Sedulur dari pola hidup sehat.

8. Cek Kesehatan Secara Rutin

8. Cek Kesehatan Secara Rutin
linksehat.com

Untuk mengetahui kehidupan Sedulur telah berlangsung dengan baik dan benar dan mendapatkan kesehatan yang cukup. Sedulur harus cek kesehatan secara rutin, terlebih lagi, dengan melakukan cek kesehatan, Sedulur bisa mengetahui penyakit apa yang sedang mengancam Sedulur dan bisa melakukan pencegahan.

Salah satu cara hidup sehat yang baik adalah rutin melakukan cek kesehatan yang akan memberikan informasi tentang tubuh Sedulur. Semoga cara hidup sehat di atas bisa menjadi referensi bagi Sedulur yang sedang ingin memperbaiki pola hidup yang kacau.

Jangan lupa juga untuk mulai mengkonsumsi makanan yang baik dan bergizi tinggi. Salah satu pola hidup yang sehat adalah dengan memilih asupan makanan yang baik. Sedulur bisa mendapatkan asupan makanan yang baik dengan membelinya di Aplikasi Super. Tersedia berbagai makanan yang baik dan berkualitas di Aplikasi Super.

Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super terlebih dahulu, bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur. Selamat mencoba dan jalankan pola hidup sehat untuk hidup yang lebih bermanfaat.