pagar bata ekspos

Bukan hanya soal tampilannya saja, pemilihan material pagar dalam menjaga keamanan hunian juga harus diperhatikan. Untuk bisa mendapatkan keindahan sekaligus keamanan hunian, Sedulur bisa coba mengaplikasikan model pagar bata ekspos.

Tujuan didirikannya pagar sendiri, yakni untuk melindungi hunian serta menjaga privasi pemiliknya. Ada banyak jenis dan model pagar yang bisa menjadi opsi, salah satunya pagar bata ekspos yang belakangan ini sedang menjadi trend dan banyak dipilih.

Jenis pagar bata yang satu ini bisa saja dikreasikan dengan material yang lain seperti roster dan besi, sehingga membuat tampilannya terlihat unik dan cocok bagi yang bosan dengan gaya monoton. Nah, bagi yang tertarik dengan pagar bata tersebut, simak inspirasi desain rumah khususnya pagar berikut ini!

BACA JUGA: Penyebab Rumah Panas Saat Malam Hari dan Cara Mengatasi

1. Pagar bata ekspos untuk rumah bergaya tradisional

pagar bata ekspos
Artchitizer

Rumah bergaya tradisional memang terkesan sejuk, asri, dan menenangkan hati. Namun gaya hunian tersebut belum lengkap jika tidak dibangun pagar dengan material bata ekspos. Model pagar bata semacam ini, akan mendukung kesan yang natural dan ramah lingkungan.

Untuk menambah nilai estetika pada bagian fasad, pagar ini dilengkapi dengan bata roster ekspos. Nah, agar lebih awet dan tidak mudah keropos, Sedulur bisa melapisinya dengan cat weather proof.

2. Pagar tembok putih dengan sentuhan bata ekspos

Perpaduan antara dinding putih dengan batu bata ekspos, tentu saja akan desain pagar batu bata ekspos terlihat semakin ciamik. Walaupun demikian, model pagar yang satu ini juga memiliki unsur minimalis modern yang tidak terlalu menonjol.

Ya, penggunaan material berupa batu bata ekspos memang mampu membuatnya lebih kuat, sehingga tidak hanya menjamin privasi penghuni, namun juga keamanannya.

3. Pagar rumah minimalis dari tanaman dan batu bata ekspos

Berikutnya ada pagar bata yang dikombinasikan dengan tanaman. Tidak hanya cantik dipandang, model pagar ini juga mampu menciptakan nuansa yang alami dan sejuk. Untuk membuatnya, Sedulur hanya perlu membangun pagar bata yang tidak terlalu tinggi.

Setelah itu, buatlah sebuah lubang untuk pot pada bagian atasnya. Nah, di lubang tersebut nantinya bisa ditanami tanaman yang bersemak, seperti bunga bougenville misalnya.

4. Kombinasi pagar bata dan besi

Ingin menampilkan kesan yang cantik dan kekinian melalui pagar bata ekspos? Sedulur bisa memilih opsi yang satu ini. Ya, pagar batu bata dengan besi memang banyak disukai karena tampak klasik, namun juga mampu memberikan keamanan ekstra.

Untuk bisa menciptakan model seperti ini, Sedulur harus membangun pagar bata berbentuk U, kemudian diberi pagar dari besi pada bagian tengahnya.

5. Pagar rumah minimalis kombinasi bata dan kayu

Selain perpaduan antara batu bata dan railing besi, kombinasi dari batu bata ekspos dan kayu juga cocok sebagai pagar rumah minimalis. Dijamin, paduan antara kedua elemen alami tersebut dapat membuat pagar rumah Sedulur tampak lebih cantik dan juga estetik.

Hampir sama seperti sebelumnya, pembuatan model pagar ini dimulai dengan memasang bata ekspos berbentuk U. Lalu di tengahnya dipasang papan kayu secara vertikal dengan gaya sedikit melengkung.

6. Pagar rumah minimalis batu bata ekspos desain kisi-kisi

pagar bata ekspos
Bob Vila

Kemudian ada pula model pagar bata yang disusun salang-seling, sehingga membentuk celah kisi-kisi. Nah, mode pagar semacam ini, tentu saja sangat cocok diterapkan pada desain rumah minimalis bergaya modern klasik.

Desain pagar tersebut mampu menciptakan tampilan yang unik dan estetik, namun tetap tampak sederhana dan tidak terlalu mencolok.

7. Pagar batu bata dengan tanaman rambat

Model pagar batu ekspos yang selanjutnya masih mengusung desain yang sederhana. Pagar yang satu ini menggunakan material utama tembok bata ekspos, yang mana di bagian atasnya diberi aksen limas dengan jarak satu meter tiap aksennya.

Tak hanya sampai disitu saja, model pagar ini akan tampak semakin cantik jika Sedulur menambahkan tanaman rambat sebagai hiasan. Jadi tidak hanya terlihat estetik, namun juga tampak menawan berkat nuansa tropis yang tercipta dari tanaman rambat tersebut.

8. Pagar rumah batu bata penjaga privasi

Bagi Sedulur yang ingin privasinya lebih terjaga, maka bisa memilih model pagar bata satu ini. Bagaimana tidak, pagar rumah ini dibuat dengan tinggi sama seperti tembok rumah. Sehingga orang dari luar rumah tidak akan bisa melihat aktivitas dari si pemilik rumah.

Pembuatan mode pagar bata ini juga terbilang sederhana, hanya susunan batu bata yang ditata seperti tembok. Namun berkat tampilan bata ekspos sendiri, tentunya dapat membuat rumah tampak estetik. Terlebih jika Sedulur memasang lentera yang akan menambah kesan romantis ketika malam hari.

9. Pagar batu bata ekspos bergaya Eropa

Desain pagar rumah dari batu bata ekspos ini akan membuat hunian Sedulur tampak lebih cantik. Ya, ini adalah pagar minimalis bergaya Eropa yang mempunyai model huruf U tidak terlalu tinggi. Bisa dibilang jika model pagar ini lebih cocok bagi yang tinggal di daerah pedesaan.

Hal ini karena model pagar tersebut akan lebih cantik apabila dipadukan dengan taman bunga di sekitarnya. Sehingga tercipta lah nuansa yang asri dan sejuk di dalam lingkungan hunian.

10. Pagar batu ekspos gaya simpel

Jika Sedulur tidak terlalu suka dengan model pagar yang rumit, maka desain ini dapat menjadi pilihan yang paling tepat. Sebab kesan simpel atau sederhana benar-benar terasa kental pada model pagar ini, dimana hanya berupa tembok bermaterial bata ekspos yang disusun dengan ketinggian sekitar satu meter.

Walaupun demikian, tekstur dan warna dari bata ekspos sendiri akan membuatnya tetap terlihat menarik. Halaman depan rumah Sedulur juga akan terkesan lebih natural dan cantik.

BACA JUGA: 12 Kombinasi Cat Rumah Warna Cream untuk Hunianmu!

11. Pagar minimalis dari batu bata dan roster

pagar bata ekspos
Buzz

Perpaduan antara batu bata ekspos dengan roster ternyata juga bisa menghasilkan tampilan yang menawan dan cantik, lho. Ya, biasa roster dijadikan sebagai material untuk membuat ventilasi tembok di rumah.

Nah, jika material tersebut digunakan sebagai komponen dalam membuat pagar, akan menambah kesa estetik yang dimunculkan. Hal ini karena roster mampu menciptakan celah semacam kisi-kisi kayu. Meskipun begitu, memadukan roster dan batu bata tetap bisa menjaga privasi pemilik rumah, kok.

12. Pagar batu cat putih kombinasi roster

Dapat dikatakan jika model pagar yang satu ini hampir sama seperti yang sebelumnya. Hanya penggunaan cat putih pada bagian bata ekspos akan membuatnya tampak lebih elegan. Ya, model pagar semacam ini memang sangat cocok diterapkan pada rumah bergaya minimalis.

Sebab, tampilan putih bersih yang dihadirkan akan memberikan kesederhanaan dan juga menonjolkan sisi estetikanya. Sehingga tercipta lah desain pagar minimalis yang elegan dan cantik.

13. Pagar batu bata dengan kayu vertikal

Salah satu model pagar rumah minimalis yang bisa Sedulur pilih, yakni perpaduan antara batu bata ekspos dengan kayu yang disusun secara vertikal. Model pagar ini memang terbilang cukup simpel, namun terlihat sangat elegan.

Apalagi jika bagian tembok bata dicat dengan warna putih, akan membuat tampilannya terasa lebih cantik. Selain itu, penggunaan warna putih juga merepresentasikan sebuah hunian yang bersih.

14. Pagar bata eskpos bernuansa tradisional

Warna dan tekstur asli dari bata ekspos memang sangat cocok dijadikan sebagai pagar rumah dengan konsep tradisional. Penggunaan material bata ini, dapat memunculkan nuansa tradisional layaknya seperti rumah tradisional yang ada di Jawa.

Oh iya, Sedukur juga bisa menambahkan hiasan berupa tanaman-tanaman hias yang asri, sehingga eksterior rumah akan tampak lebih menarik.

15. Pagar bata ekspos untuk rumah bergaya tropis

inspirasi pagar rumah
Angi

Pagar batu ini mampu memberikan kesan natural yang sangat cocok dipadukan dengan berbagai macam tanaman yang diletakkan di depan rumah. Namun untuk model yang satu ini, nuansa tropis benar-benar terasa berkat komposisi tanaman yang terbilang rimbun.

Itulah beberapa model pagar bata ekspos yang bisa Sedulur jadikan inspirasi dalam membangun pagar rumah. Ya, batu bata ekspos sendiri memang memiliki kelebihan dari segi ketahanan dan kekuatan jika dibandingkan dengan batu bata merah biasa.

Selain itu, dengan bentuk dan tampilan yang cantik, membuatnya sangat cocok digunakan untuk pagar rumah tanpa perlu ditambahkan plester atau warna sekalipun.