Setelah berkunjung ke Makassar, tentu tidak afdol jika tidak membeli oleh oleh khas Makassar. Berikut ini daftar oleh-oleh khas Makassar yang wajib beli.

Sebagai sebuah kota besar yang memiliki segudang tempat wisata, sudah barang tentu tersedia banyak makanan atau barang khas Makassar yang bisa kita beli sebagai oleh-oleh. Tersedia banyak toko oleh-oleh khas Makassar, baik itu oleh-oleh kuliner atau cinderamata dalam bentuk barang.

Dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas daftar oleh oleh khas Makassar sebagai rekomendasi untuk Sedulur yang akan atau sedang berada di Makassar. Agar ketika pulang dari Makassar tidak kebingungan memilih oleh-oleh yang akan dibeli. Mari kita simak saja langsung daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: 25 Oleh-Oleh Khas Surabaya Kekinian yang Terkenal dan Harus Dibawa Pulang

-->

Oleh-oleh Khas Makassar yang Paling Populer dan Wajib Dibeli

1. Bannang-Bannang

1. Bannang-Bannang
liputan6.com

Daftar oleh oleh khas Makassar pertama adalah bannang-bannang. Bannang-bannang berarti benang dalam bahasa Indonesia. Diberi nama seperti itu, karena makanan ini bebang terlihat seperti benang yang digulung dan kusut. Makanan ini tersebut dari tepung beras dan gula aren. Di setiap tempat oleh oleh Makassar, bannang-bannang merupakan salah satu oleh-oleh yang tersedia untuk dibeli.

2. Kue Baruasa

2. Kue Baruasa
cookpad.com

Kue baruasa merupakan makanan oleh oleh khas Makassar selanjutnya. Kue baruasa merupakan kue kering yang berwarna coklat dengan titik putih. Kue ini sangat menyehatkan, karena terbuat dari bahan yang tidak mengandung lemak, yaitu dari tepung terigu dan campuran kelapa parut. Saat ini, tersedia berbagai pilihan rasa baruasa yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh.

3. Kerupuk Pisang Ijo

3. Kerupuk Pisan Ijo
pesonanusantara.id

Sedulur pasti mengetahui es pisang ijo khas Makassar, kali ini pisang ijo diolah secara berbeda, menjadi kerupuk yang bisa dinikmati sebagai camilan. Kerupuk pisang ijo oleh oleh khas Makassar yang unik dan hanya ada di Makassar. Di pusat oleh-oleh Makassar, kerupuk pisang ijo menjadi salah satu oleh-oleh yang sering ditemui.

4. Kue Dange

4. Kue Dange
cookpad.com

Kue dange memiliki tekstur yang legit, dengan rasa manis dan gurih yang berpadu sempurna. Kedua rasa tersebut didapatkan dari bahan dasar pembuatannya yang menggunakan kelapa parut dan gula merah. Kita bisa mendapatkan kue dange di bandara Makassar, di tempat oleh oleh khas Makassar.

5. Kerupuk Jintan

5. Kerupuk Jintan
kreasimasakan.com

Rekomendasi oleh oleh khas Makassar selanjutnya adalah kerupuk Jintan. Alih-alih kerupuk, makanan ini lebih seperti kue kering. Diberi nama kerupuk karena proses pembuatannya dengan cara digoreng seperti kerupuk, hasilnya memiliki bentuk seperti jintan. Oleh karena itu, diberi nama kerupuk jintan. Kerupuk ini memiliki ketahanan waktu yang lama, oleh karena itu sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

6. Kacang Sembunyi

6. Kacang Sembunyi
cookpad.com

Salah satu oleh oleh khas Makassar yang memiliki nama yang unik dan lucu. Dinamai kacang sembunyi, karena keberadaan kacang yang ada di dalam dan terbalut oleh adonan terigu. Salah satu camilan atau jajanan yang wajib Sedulur beli dan juga dibekal ke kampung halaman sebagai oleh-oleh.

7. Deppa Tori

7. Deppa Tori
sindonews.com

Oleh oleh khas Makassar selanjutnya adalah deppa tori, atau yang juga dikenal dengan nama kue tori. Sebenarnya kue ini tidak berbeda dengan kue cucur yang sering ditemui di daerah pulau Jawa. Kue tori menjadi salah satu makanan yang bisa kita dapatkan di bandara dan dibeli sebagai oleh-oleh.

8. Beppa Pute

8. Beppa Pute
jogjaday.com

Beppa pute atau kue putih merupakan salah satu kue yang juga sering dijadikan oleh oleh khas Makassar. Berbentuk putih dan berwarna lonjong, kue ini memiliki ketahanan yang cukup lama dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah dan lembut. Sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

9. Otak-Otak Ikan Tenggiri

9. Otak-Otak Ikan Tenggiri
tribunnews.com

Oleh oleh khas Makassar selanjutnya adalah otak-otak ikan tenggiri. Otak-otak merupakan makanan yang umum ditemui di setiap daerah di Indonesia, namun otak-otak dari Makassar ini berbeda, karena prosesnya yang berbeda. Jika pada umumnya digoreng, otak-otak Makassar dibakar dengan sambal khasnya. Sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

10. Bolu Cukke

10. Bolu Cukke
cookpad.com

Salah satu oleh-oleh khas Makassar di bandara yang tersedia sangat banyak adalah bolu cukke. Salah satu kue bolu yang berasa dari kabupaten Pinrang, dekat dengan kota Makassar. Bolu cukke terkenal dengan rasa yang manis dan sangat nikmat. Saking nikmat, bolu ini sering diekspor ke luar negeri karena nikmatnya.

11. Bagea Khas Makassar

11. Bagea Khas Makassar
tempo.co

Kue selanjutnya yang sering dijadikan oleh oleh khas Makassar adalah bagea. Bagea memiliki bentuk yang hampir mirip dengan baruasa, namun sebenarnya berbeda. Karena bagea terbuat dari sagu, dan memiliki tekstur yang lebih keras. Cara pembuatannya kue ini pun dipanggang, sehingga memiliki rasa yang unik dan berbeda.

12. Mantao Pare

12. Mantao Pare
cookpad.com

Bagi Sedulur yang akrab dengan bakpao, tentu tidak akan asing lagi dengan mantao pare. Karena Mantao pare merupakan makanan yang mirip dengan bakpao, dengan warna putih dan ada isiannya. Mantao pare juga seringkali dijadikan oleh oleh khas Makassar yang dibeli oleh para wisatawan.

Baca Juga: 14 Makanan Khas Bali yang Wajib Ada di Daftar Menu Harianmu

13. Coto Makassar Instan

13. Coto Makassar Instan
shopee.co.id

Coto Makassar merupakan kuliner khas dari Makassar yang sangat terkenal. Bagi Sedulur yang ingin mengkonsumsi coto tanpa perlu ribet, Sedulur bisa membeli coto Makassar instan sebagai oleh oleh khas Makassar. Selain praktis, coto Makassar instan juga memiliki rasa yang mirip dengan coto Makassar. Cocok dijadikan oleh-oleh.

14. Abon Raos

14. Abon Raos
jogjaday.com

Walaupun memiliki nama abon yang berasal dari bahasa Sunda, abon satu ini merupakan abon asli Makassar dan sering dijadikan oleh oleh khas Makassar. Raos sendiri dalam bahasa Sunda berarti enak. Sangat mengambarkan rasa abon ini yang cocok dijadikan sebagai lauk untuk makan. Salah satu oleh-oleh makanan yang wajib dibeli di Makassar.

15. Baje

15. Baje
akbarpost.com

Baje merupakan kue khas Makassar dengan rasa yang manis. rbuat dari campuran beras ketan, santan, dan gula merah. Dibungkus menggunakan daun pisang yang terlebih dahulu dikeringkan. Makanan ini sepintas terlihat seperti dodol khas kota Garut. Kue baje merupakan salah satu makanan khas Makassar yang seringkali dijadikan oleh-oleh. Oleh karena itu, biasanya kue Baje dijual oleh toko oleh-oleh di Makassar.

16. Kue Gambung

16. Kue Gambung
cookpad.com

Salah satu daerah di Makassar yang menyumbang banyak makanan yang dijadikan oleh oleh khas Makassar adalah daerah Palopo. Kue gambung merupakan makanan dari Palopo yang terbuat dari sgu dengan campuran kelapa parut dan gula merah. Kue ini sangat cocok dinikmati bersama dengan teh hangat atau kopi.

17. Kopi Toraja

17. Kopi Toraja
lionmag.net

Lebih afdol menikmati kue gambung dengan kopi hangat dengan bubuk kopi dari tanah toraja. Salah satu daerah penghasil kopi yang paling nikmat di Indonesia. Kopi toraja otomatis menjadi salah satu oleh oleh khas Makassar yang sangat laris manis. Banyak penjual kopi toraja yang telah mengemas kopi untuk dijadikan oleh-oleh.

18. Sirup DHT

18. Sirup DHT
merdeka.com

Selain camilan dan kue, terdapat jenis lain oleh oleh khas Makassar. Salah satunya adalah sirup pisang DHT. Sirup DHT ini merupakan sirup khas Makassar, kita hanya bisa menjumpai sirup ini di kota Makassar. Sirup ini sebenarnya berasal dari daerah Gowa tepatnya di Sungguminasa. Bagi Sedulur yang menyukai sirup dengan tekstur kental, sirup DHT sangat cocok untuk dijadikan buah tangan dari Makassar.

19. Sirup Markisa

19. Sirup Markisa
arsy.co.id

Pilihan lain selain sirup DHT adalah sirup markisa. Salah satu sirup markisa Makassar paling enak yang dihasilkan dari daerah pegunungan Malino. Sirup ini juga kaya akan vitamin C yang bisa menyehatkan tubuh agar terhindar dari virus Covid-19 yang saat ini masih menjadi pandemi. Sedulur juga tidak perlu khawatir, karena pengemasan sirup ini juga sudah aman dan disesuaikan untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

20. Kaoskareba

20. Kaoskareba
tokopedia.com

Bagi yang ingin membeli souvenir khas Makassar sebagai oleh-oleh, kaos merk Kaoskareba sangat cocok dibeli. Banyak desain dari Kaoskareba yang menggambarkan ikon-ikon kota Makassar. Souvenir seperti kaos sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh, biasanya diberikan kepada saudara atau sahabat terdekat kita.

21. Gantungan Kunci

21. Gantungan Kunci
bukalapak.com

Selain kaos, oleh oleh khas Makassar yang bisa kita beli adalah gantungan kunci. Bentuk dari gantungan kunci juga sangat unik dan khas Makassar. Di antaranya yaitu desain ikon khas kota Makassar seperti kapal phinisi atau pantai losari dijadikan sebagai gantungan kunci.

22. Kain Tenun Bugis

22. Kain Tenun Bugis
suara.com

Bagi Sedulur yang mengoleksi kain tradisional di setiap daerah Indonesia, kain tenun Bugis cocok untuk dibeli dan Sedulur jadikan oleh oleh khas Makassar. Kain tenun Bugis merupakan salah satu warisan budaya suku Bugis yang hingga saat ini masih terus dilestarikan, bahkan sebagai bentuk apresiasinya, kain tenun dijual sebagai oleh-oleh. Selain sebagai bentuk pelestarian, menjual kain tenun Bugis juga dalam rangka mengenalkan warisan budaya Bugis yang sangat luhur.

23. Kerajinan Tangan Toraja

23. Kerajinan Tangan Toraja
detik.com

Bukan hanya kain tenun Bugis saja yang dijadikan oleh oleh khas Makassar, bagi Sedulur yang membutuhkan barang-barang tradisional lain, kerajinan tangan khas Tanah Toraja juga bisa Sedulur beli sebagai cinderamata. Selain Sedulur ikut berperan dalam melestarikan, Sedulur juga turut mendorong kehidupan ekonomi para pengrajinnya. Sedulur bisa menemukan banyak penjual kerajinan tangan khas Toraja, umumnya dapat ditemui dengan mudah di sekitar pantai Losari.

24. Hiasan Kupu-Kupu

24. Hiasan Kupu-Kupu
youtube.com

Oleh oleh khas Makassar yang unik lainnya adalah hiasan kupu-kupu. Namun, sebenarnya hiasan ini bukan asli berasal dari Makassar, tapi berasal dari Kabupaten Maros, daerah dekat Makassar. Tetapi, karena Makassar lebih ramai dikunjungi, pengrajin hiasan kupu-kpu di Maros pun ikut menjualnya di Makassar. Hiasan kupu-kupu ini juga bisa menjadi salah satu pilihan Sedulur.

25. Kain Sutera Sengkang

25. Kain Sutera Sengkang
merdeka.com

Pilihan lain cinderamata khas Makassar selain kain tenun khas Bugis, yaitu kain sutera Sengkang. Sengkang merupakan daerah tetangga di dekat Makassar, yang terkenal sebagai daerah penghasil kain sutera. Banyak motif indah dan menarik untuk dibeli.  Kain sutera sengkang bisa menjadi salah satu alternatif sebagai oleh-oleh Sedulur.

26. Minyak Tawon Makassar

26. Minyak Tawon Makassar
liputan6.com

Mungkin Sedulur sudah sering melihat minyak tawon dijual di beberapa apotek di Indonesia, satu hal yang wajib Sedulur ketahui, bahwa minyak tawon merupakan minyak khas dari Makassar. Minyak tawon ini sangat bermanfaat untuk mengobati sakit kulit seperti luka dan gatal-gatal. Juga untuk mengobati batuk atau sakit tenggorokan. Ketika berada di Makassar, Sedulur jangan lupa untuk membeli minyak tawon sebagai oleh oleh khas Makassar, ya!

27. Cucuru Bayao

27. Cucuru Bayao
bataritours.com

Cucuru bayao merupakan kue khas daerah Pangkep yang ada di Sulawesi Selatan. Kue yang memiliki rasa manis dengan tekstur yang sangat lembut ketika digigit. Kue ini juga biasanya disuguhkan saat pesta pernikahan atau sunatan. Selain itu, cucuru bayao juga seringkali dijual dan dijadikan oleh oleh khas Makassar.

28. Burasa

28. Burasa
suara.com

ika Sedulur mencari makanan khas Makassar yang berbentuk seperti lontong, burasa adalah jawabannya. Selain dikenal dengan nama Burasa, sebagian masyarakat Makassar juga menyebutnya dengan nama lapat. Beberapa toko oleh oleh khas Makassar ada yang menjual burasa sebagai oleh-oleh, khususnya diperuntukan bagi para perantau untuk dibawa ke perantauan.

29. Gogoso

29. Gogoso
kaskus.co.id

Gogoso merupakan kuliner malam khas Makassar. Bahan utama membuat gogoso adalah beras ketan yang dibungkung dengan daun pisang dan kemudian dipanggang di atas bara api. Gogoso biasa disajikan bersama dengan kambu atau abon sapi khas Makassar. Ada juga yang menjual gogoso sebagai oleh oleh khas Makassar.

30. Jalangkote

30. Jalangkote
kompas.com

Sedulur mencari jajanan Makassar yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh? Jalangkote jawabannya. Jalangkote merupakan makanan yang memiliki bentuk yang sama dengan kue pastel. Perbedaan terletak pada ketebalan kulitnya, jika pastel biasanya memiliki kulit yang cukup tebal, berbeda dengan jalangkote yang memiliki kulit cenderung tipis. Selain sebagai oleh-oleh, Jalangkote juga sering dibeli sebagai bekal di perjalanan.

31. Putu Cangkiri

31. Putu Cangkiri
klikhijau.com

Oleh-oleh khas Sulawesi Selatan terakhir yang wajib Sedulur beli di Makassar adalah putu cangkiri. Kue khas suku Bugis yang telah hadir sejak lama. Salah satu kue tradisional yang saat ini perlahan mulai ditinggalkan, karena banyaknya makanan modern pengaruh dari dunia internasional. Putu cangkiri sering kali dijadikan oleh-oleh dan banyak dijual di Makassar.

Semoga daftar oleh-oleh dari Makassar yang telah Superapp.id ulas di atas bisa menjadi rekomendasi dan referensi bagi Sedulur. Aplikasi Super juga kini hadir di Makassar, agar dapat melayani masyarakat Indonesia di wilayah Indonesia Timur. Sebagai komitmen utama Aplikasi Super untuk dapat menyediakan bahan kebutuhan dapur dan kebutuhan sehari-hari yang berkualitas dengan harga yang murah dan cara yang mudah untuk mendapatkannya.

Jangan lupa untuk klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Gunakan Aplikasi Super dan pelajari segala hal terkait Aplikasi Super agar hidup Sedulur lebih mudah lagi.