Olah raga untuk orang yang banyak duduk

Apakah Sedulur termasuk orang bekerja bekerja didalam kantor dengan posisi duduk selama berjam-jam? Sehingga memicu skait punggung, nyeri leher, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Tentu dalam kondisi tersebut nggak boleh diabaikan karena bisa berdampak pada efektifitas kerja. Sedulur perlu melakukan olah raga untuk orang yang banyak duduk agar badab tetap bugar dan fit.

Pilihan gerakan untuk meregangkan otot selama di kantor memang tidak sebanyak dengan olahraga pada umumnya. Sedulur harus bisa menentukan gerakan yang tepat dengan kondisi lingkungan kerja yang sempit. Nah, agar Sedulur tidak bingung dan kebugaran badan dari otot pinggul, punggung bawah, hingga kaki tetap oke. Coba simak beberapa gerakan olah raga untuk orang yang banyak duduk berikut ini!

BACA JUGA: 12 Inspirasi Outfit Jogging Hijab, Tetap Stylish Saat Olahraga

1. Hips rolls

olah raga untuk orang yang banyak duduk
Sean Cochran

Sedulur bisa mulainya dengan posisi badan berbaring dengan mejaga lutut tetap tegak di udara. Sembari menjaga bahu tetap menempel dengan matras atau alas yang menjadi media olahraga, lalu putar pinggul Sedulur dari sisi ke sisi lainnya. Cara ini bisa membantu melatih punggung bawah dan pinggung Sedulur.

2. One arm plank

olah raga untuk orang yang banyak duduk
Muscle & Fitness

Sedulur bisa memulainya dari posisis plank dan menahannya sesuai keasnggupan. Lalu, Sedulur perlahan-lahan mulailah dengan memindahkan beban Sedulur dari satu lengan ke lengan lainnya. Tentu pilihlah beban olahraga untuk orang yang banyak duduk sesuai dengan kesanggupan jangan pernah memaksakan diri.

Gerakan ini memperkuat pungguh bawah dan sangat cocok untuk orang yang dipaksa duduk di satu tempat dalam jangka waktu lama.

3. Thrristers with dumbblells

olah raga untuk orang yang banyak duduk
Eunicakes

Dalam melakukan jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk ini, Sedulur bisa memulainya dengan posisi jongkok terlebih dahulu, lalu menggerakan tubuh Sedulur ke posisi berdiri dan gunakan momen yang sama untuk mendorong beban ke atas kepala.

Jangan lupa juga, Sedulur harus memilih beban sesuai kemampuan agar nyaman dalam melakukaknya. Olah raga ini juga tentu dapat dilakukan dengan menggunakan beban buatan sendiri jika Sedulur tidak memilki dumbel.

4. Swimmer

Pinterest

Jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk yang ini merupakan latihan yang aman dan efektif untuk punggung bawah Sedulur. Sedulur bisa memulainya dengan berbaring tengkurap dan angkat kaki dan lutut.

Lakukan gerakan menendang berulang kali seperti meniru gerakan renang gaya bebas pada umumnya. Sedulur bisa lakukan jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk ini setidaknya selama satu menit. Apabila merasa menendang terlalu kersa, untuk memulainya Sedulur dapat mengangkat kaki dan menahannya selama mungkin.

5. Side Step

olah raga untuk orang yang banyak duduk
Sportskeeda

Apabila dalam olahraga untuk orang yang banyak duduk ini sebelumnya telah melatih otot bokong, dilanjutkan dengan merangkak. Sekarang tinggal satu kaki dari pinggul. Sedulur bisa menggunakan glutes untuk membantu dalam menyeimbangkan tubuh Sedulur.

6. Side bends with weights

DMoose

Jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk ini, dapat dilakukan dengan segala jenis beban sesuai yang diminati Sedulur. Mulai dengan menahan beban dengan kedua tangan diatas kepala. Selanjutnya lakukan gerakan miring ke kiri dan ke kanan, hal ini bisa dilakukan dengan sepiluh kali pengulangan di kedua sisi.

7. Overhead reach

Life Magazine

Jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk bagian ini merupakan gerakan yang melibatkan otot latissimus yang ada pada punggung di belaknag lengan. Sedulur bisa melakukan gerakan ini saat poisisi duduk, dan mulainya dengan cara merentangkan lengan kanan ke atas dan memiringkan tubuh ke kiri secara berlawanan.

8. Upper Body dan Arms Stretch

Top 7 Best Upper Body Stretches for Chest, Shoulders, Arms and Back! |  ATHLEAN-X

Gerakan ini dalam olahraga untuk orang yang banyak duduk digunakan untuk otot tubuh bagian atas serta lengan. Sama hal dengan gerakan sebelumnya, ini bisa dilakukan dengan mengarahkan kedua tangan ke atas dengan cara mengaitkan tangan hingga saling bertautan. Arahkan pula telapak tangan menghadap ke luar dan dorong ke arah atas.

BACA JUGA: Rekomendasi Olahraga Saat Puasa dan Tips Menjalankannya!

9. Up and Down

Batukita

Gerakan olahraga untuk orang yang banyak duduk ini bisa dilakukan tidak perlu susah payah, bahkan bisa dilakukan di tengah-tengah kegiatan pekerjaan. Sedulur hanya cukup melakukan gerakan Up and Down, alias gerakan duduk dan berdiri. Ini tentu bisa dilakukan sesering mungkin untuk mengurangi resiko kesehatan pada tubuh kita.

10. Berjalan

KlikDokter

Terakhir, dengan melakukan berjalan ringan mengitari gedung saat jam istirahat atau memilih menggunakan tangga daripada lift saat memasuki ruangan kerja tenyata dapat dilakukan untuk meningkatkan stamina tubuh, dan termasuk pada jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk.

Nah, itulah daftar jenis olahraga untuk orang yang banyak duduk yang mungkin bisa Sedulur coba demi terjaganya kesehatan tubuh sehingga dalam bekeja stamina kita pun masih terjaga. Semoga penjelasan di atas membantu Sedulur sebagai solusi permasalahan yang Sedulur alami, ya!