Berikut ini daftar rekomendasi obat asam lambung yang bisa Sedulur dapatkan di apotik, terdapat juga beberapa obat asam lambung yang berasal dari bahan alami.

Bagi Sedulur yang belum mengetahui obat asam lambung di apotik dan harganya, berikut ini akan diulas daftar obat asam lambung yang bisa kita temukan dengan mudah di berbagai apotik yang ada. Asam lambung merupakan penyakit yang merepotkan, selain dapat membuat kita kesulitan dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Selain obat di apotik, terdapat juga beberapa obat untuk asam lambung yang berasal dari bahan-bahan alami yang bisa dengan mudah Sedulur dapatkan, baik di warung, atau di pasar sekalipun. Yuk, mari kita simak daftar obat asam lambung di bawah ini.

Baca Juga: Kenali Gejala Asam Lambung Naik & Cara Mengobatinya

-->

Obat Asam Lambung Tanpa Resep Dokter yang Ada di Apotik

1. Antasida

1. Antasida
hdmall.id

Rekomendasi obat asam lambung yang pertama adalah antasida. Antasida merupakan obat bebas yang digunakan untuk menetralisir asam lambung. Antasida merupakan obat yang mengandung simetikon, yang dapat menyingkirkan gas berlebihan yang terdapat dalam tubuh. Produk obat yang mengandung antasida adalah Mylanta®, Malox®, Rolaids®, Gaviscon®, Gelusil®, dan Tums®.

2. H-2 Receptor Blockers

2. H-2 Receptor Blockers
healthjade.net

Histamin-2 Receptor Blockers bekerja untuk mengurangi produksi asam lambung, yang akan menyebabkan penyakit maag akut. Beberapa contoh obat asam lambung yang mengandung H-2 Receptor Blockers adalah Tagamet®, Zantac®, dan Pepcid®. Dengan mengkonsumsi obat-obatan tersebut, produksi asam lambung dalam tubuh dapat menurun dan bertahan sekitar 12 jam.

Penggunaan obat-obatan yang mengandung H-2 Receptor Blockers terdapat dua jenis, dengan dosis rendah dan dosis tinggi yang membutuhkan resep dokter. Disarankan bagi Sedulur yang ingin membeli obat ini secara bebas membeli obat yang mengandung H-2 Receptor Blockers dalam dosis rendah. Jika tidak berpengaruh, maka sebaiknya Sedulur mendatangi dokter terlebih dahulu.

3. Proton Pump Inhibitors (PPI)

3. Proton Pump Inhibitors (PPI)
infant-acid-reflux-solutions.com

Kandungan yang ampuh mengobati sakit asam lambung adalah Proton Pump Inhibitors (PPI). Obat asam lambung yang mengandung PPI di antaranya adalah Prilosec®, Zegerid® dan Prevacid 24 HR®. Ketika asam lambung sedang naik dan berada dalam posisi yang tinggi. Kita akan mengalami gejala GERD, untuk mencegah hal tersebut kita perlu menurunkan kadar asam yang ada pada lambung, salah satunya bisa dengan meminum obat yang mengandung PPI.

Namun, meminum obat-obatan yang mengandung PPI memerlukan resep dokter. Karena obat ini merupakan obat yang memiliki kandungan yang cukup keras jika dikonsumsi tidak dengan resep dokter. Bagi Sedulur yang telah kehabisan obat namun sakit lambung masih belum kunjung pulih, disarankan untuk konsultasi kembali ke dokter, bukan membeli obat-obatan yang mengandung PPI. Hal tersebut dapat mengancam kesehatan lambung Sedulur itu sendiri.

4. Baclofen

4. Baclofen
smarterhealth.id

Rekomendasi obat selanjutnya adalah Baclofen. Baclofen merupakan obat anti spastik yang dapat memperkuat sfingter esofagus (kerongkongan bagian bawah). Dengan minum Baclofen, diharapkan kerongkongan bagian bawan bisa menjadi lebih kendur. Hal tersebut dapat memudahkan asam lambung untuk naik ke kerongkongan bawah dan tidak menimbulkan gejala heartburn. Namun, efek samping meminum obat ini adalah kita akan merasakan mual dan rasa lelah akibat kerja lambung yang sangat keras.

5. Obat Prokinetik

5. Obat Prokinetik
liputan6.com

Pada dasarnya, prinsip kerja obat ini adalah untuk membantu mengosongkan perut agar sistem pencernaan bisa pulih lebih cepat. Obat ini juga memiliki peran untuk memperkuat otot pada katup kerongkongan bagian bawah, agar tidak mudah kendung dan tidak menyebabkan asam lambung naik. Namun, meminum obat ini dapat memberikan efek samping seperti kecemasan, kelelahan, lemas bahkan hingga diare dan gerak tubuh yang tidak normal.

6. Polysilane

6. Polysilane
klikindomaret.com

Rekomendasi lain adalah obat asam lambung sirup, yaitu Polysilane. Sebenarnya, Polysilane merupakan obat maag dan sakit kembung. Namun, polysilane juga dapat dikonsumsi sebagai obat untuk meredakan asam lambung. Polysilane mengandung aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida. Kedua kandungan tersebut dapat bekerja secara antasida, untuk menetralisir asam lambung yang sedang kambuh. Harga obat ini adalah Rp 34.900.

7. Sucralfate

7. Sucralfate
combiphar.com

Rekomendasi obat asam lambung terakhir adalah sucralfate. Obat ini juga dikenal dengan nama Ulcera Suspensi 100 mL. Sucralfate merupakan obat yang dapat menyembuhkan asam lambung yang sedang naik. Obat ini menarik, karena dapat diminum dalam keadaan perut yang kosong sebanyak 2-4 kali sehari. Biasanya, obat ini juga diminum 1 jam sebelum makan atau 2 jam setelah makan untuk dapat meredakan asam lambung yang sedang kambuh. Harga obat ini mulai dari Rp 23.680.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

Daftar Obat Tradisional untuk Sakit Asam Lambung

8. Daun Kemangi

8. Daun Kemangi
kontan.co.id

Obat asam lambung dari bahan tradisional selanjutnya adalah daun kemangi. Ketika gejala asam lambung mulai muncul, seperti munculnya gas, kita bisa langsung mengkonsumsi 3-4 daun kemangi. Rebus terlebih dahulu daun kemangi selama beberapa menit, kemudian kita bisa memakan daun kemangi dan meminum air rebusannya. Dengan begitu, gejala awal asam lambung akan berkurang dan menurun.

9. Cengkeh

9. Cengkeh
halodoc.com

Dalam kumpulan obat asam lambung herbal, cengkeh merupakan salah satu rekomendasi rempah-rempah untuk asam lambung. Hal tersebut dikarenakan, cengkeh memiliki sifat karminatif, yang dapat mencegah pembentukan gas di saluran pencernaan. Setiap sayuran yang Sedulur masak, dengan menambahkan cengkeh dapat mengurangi kemungkinan asam lambung kambuh. Selain dapat mengobati asam lambung, cengkeh juga efektif untuk menghilangkan bau mulut.

10. Gula Merah

10. Gula Merah
lemonilo.com

Obat asam lambung dari bahan alami selanjutnya yaitu gula merah. Jika orang zaman dahulu sering menggunakan gula merah untuk berbagai makanan dan minuman, hal tersebut karena gula merah memiliki kandungan yang lebih baik ketimbang gula putih. Salah satunya dapat meningkatkan kekuatan usus dan dapat membuat sistem pencernaan bersifat basa, sehingga keasaman lambung berkurang.

11. Lidah Buaya

11. Lidah Buaya
womantalk.com

Bahan alami selanjutnya yang dapat digunakan sebagai obat asam lambung adalah lidah buaya. Gejala asam lambung dapat menghilang dengan sari lidah buaya yang telah dimurnikan dan dihilangkan warnanya. Namun, menggunakan lidah buaya untuk asam lambung memberi dampak buruk bagi penderita diabetes, karena bisa menyebabkan rendahnya gula darah yang sangat berbahaya untuk penderita asam lambung.

12. Pepaya

12. Pepaya
kompas.com

Selanjutnya merupakan buah-buahan yang bisa digunakan sebagai obat asam lambung. Pepaya terkenal dengan kandungan serat yang tinggi, hal tersebut sangat efektif untuk melancarkan pencernaan. Segala permasalahan sistem pencernaan akan terhindar jika sistem pencernaan tersebut juga lancar. Termasuk permasalahan asam lambung akan dapat terhindar dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin dan teratur.

13. Kunyit

13. Kunyit
republika.co.id

Obat untuk mengatasi masalah asam lambung yang berasal dari bahan alami adalah kunyit. Cara mengobati asam lambung dengan dengan kunyit sangat mudah, Sedulur bisa menggunakan bubuk kunyit dan menyeduhnya lalu meminumnya secara rutin dan teratur. Kemudian sakit asam lambung akan berkurang secara efektif. Hal tersebut dikarenakan kunyit mengandung antioksidan dan anti inflamasi yang dapat mengurangi gejala peradangan pada lambung ketika asam lambung sedang naik.

Semoga daftar obat asam lambung yang telah dijalaskan di atas bisa menjadi rekomendasi Sedulur agar ketika sakit asam lambung kambuh, Sedulur tidak perlu khawatir dan kesulitan. Sedulur juga bisa menyiapkan berbagai bahan alami untuk mengatasi sakit asam lambung dengan membelinya di Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super.

Bahan-bahan alami di atas yang juga bermanfaat sebagai obat asam lambung bisa Sedulur dapatkan di Aplikasi Super, karena Aplikasi Super menjual barang kebutuhan sehari-hari, termasuk berbagai kebutuhan dapur dan juga kebutuhan makan Sedulur. Manfaatkan Aplikasi Super untuk setiap kebutuhan harian Sedulur.