mletre

Berasal dari bahasa Jawa

Kumparan

Kata mletre berasal dari kata bahasa Jawa yaitu Mlete yang artinya adalah sikap atau perilaku seseorang yang tidak menghargai orang lain. Bisa juga diambil dari kata mettre yang berarti menempatkan. 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, mletre artinya bahasa Jawa memiliki makna yang negatif yaitu tidak menghargai orang lain. Istilah ini bisa juga digunakan sebagai sindirian bagi orang-orang yang memiliki perilaku menuruti ego sendiri dan tidak mau menghargai orang lain.

Selain itu, dalam balam bahasa Jawa kata ini juga memiliki arti pachelaton atau dalam bahasa Indonesia percakapan.  Dalam bahasa gaul, kata yang viral di media sosial ini memiliki arti yang berbeda yaitu becek.

-->

Dalam bahasa Jawa terdapat juga istilah baru yaitu mletre mendem. Mletre mendem artinya orang dalam keadaan setengah sadar karena di bawah pengaruh alkohol atau sedang dalam keadaan mabuk.

Seperti halnya kata tersebut, mletre asek artinya juga seseorang yang sedang di bawah mabuk. Saking asyiknya di bawah pengaruh alkohol, orang tersebut hingga kehilangan kesadaran dan suka ngelantur. .

BACA JUGA : : Kata Mutiara untuk Anak Islami, Bermakna & Menyejukkan Hati