Mewing adalah istilah baru yang muncul beberapa waktu terakhir. Teknik ini diklaim memiliki banyak manfaat untuk mendapatkan postur wajah yang baik. Selain cara melakukan yang mudah, teknik ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter.

Namun, apakah mewing berbahaya bagi wajah? Pertanyaan ini sering muncul dalam benak seseorang sebelum mengikuti teknik yang sedang trend tersebut. Untuk lebih mengetahuinya, simak informasi dalam artikel berikut ini, ya, Sedulur!

BACA JUGA: Lari Jarak Pendek: Pengertian, Teknik Dasar & Manfaatnya

Pengertian mewing wajah

mewing
Jawzrsize

Mewing adalah teknik yang digunakan untuk membetulkan bentuk wajah maupun postur wajah yang dilakukan dengan cara membetulkan tempat meletakkan lidah. Teknik ini akan memberikan perubahan pada jawline atau rahang sehingga leher akan terasa lebih padat dan dekat dengan tenggorokan. Dengan kata lain, teknik mewing adalah teknik penempatan lidah di langit-langit mulut untuk memperbaiki bentuk wajah supaya lebih simetris.

-->

Teknik ini dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan alat apapun. Sedulur juga dapat melakukannya kapanpun dan dimanapun sesuai dengan kondisi masing-masing. Namun yang perlu diketahui, teknik ini tidak bisa dilakukan sambil makan, karena saat mewing Sedulur tidak bisa beraktivitas menggunakan mulut dan akan bernapas melalui hidung saja.

BACA JUGA: Renang Gaya Dada: Pengertian, Sejarah, dan Teknik Dasarnya

Cara melakukan mewing

mewing
Think Better Life

Cara melakukan mewing cukup mudah dengan mewing position, yakni meletakkan lidah bagian atas pada bagian atap mulut yang dilakukan dalam kondisi mulut tertutup. Waktu untuk mewing berapa menit? Jawabannya adalah sekitar 5 – 10 menit menyesuaikan kemampuan masing-masing. 

Sedulur dapat mengetahui mewing before after setelah melakukan kurang lebih 3 bulan. Teknik ini akan memperlihatkan hasilnya jika dilakukan terus menerus dengan konsisten, seperti membantu menata kembali posisi gigi dan rahang.

Meskipun secara teori mudah, namun pada praktiknya belum tentu mudah. Hal ini karena lidah sudah terbiasa berada dalam kondisi rileks dan jauh dari atap mulut sehingga akan terasa pegal pada bagian rahang dan mulut saat baru awal-awal mencoba melakukan teknik ini. Namun semakin lama lidah akan mulai menyesuaikan dan mengerti dimana harus diletakkan.

Tata cara mewing yang benar dan praktis dapat dilakukan sebagai berikut:

  1. Meletakkan lidah di langit-langit mulut.
  2. Menutup mulut dan gigi secara bersamaan.
  3. Menahan lidah pada posisi menempel di langit-langit mulut sekitar 5-10 menit.
  4. Melakukan secara konsisten.

BACA JUGA: Rounders: Pengertian, Sejarah, Teknik, Peralatan & Peraturan

Manfaat mewing adalah

mewing
Grid.id

Manfaat mewing diklaim tidak hanya baik untuk memperbaiki bentuk rahang dan gigi saja, namun kondisi lain seperti masalah pernafasan dan tenggorokan, gangguan pada sendi tulang rahang, gangguan bicara, gangguan menelan dan bernapas, hingga sinusitis juga bisa diatasi dengan rutin melakukan teknik ini. Tak hanya itu, teknik mewing juga diklaim dapat membantu pembentukan face shape dan membantu bicara lebih jelas.

Namun, belum ada bukti keilmuan yang jelas mengenai teknik mewing wajah ini. Risiko dan manfaat sebenarnya juga belum bisa dijelaskan dengan tepat karena belum adanya bukti klinis maupun penelitian medis. Oleh karena itu, dampak berbahaya jika melakukan mewing pada wajah juga belum diketahui secara akurat.

Sekian informasi mengenai teknik mewing wajah beserta klaim manfaat dan cara melakukannya. Meskipun teknik ini menjadi viral di internet, namun kebenaran mengenai berbahaya atau tidaknya masih belum diketahui. Oleh karena itu, apabila Sedulur mengalami beberapa masalah pada wajah, Sedulur bisa memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.