Bulan puasa sebentar lagi tiba, saatnya memikirkan menu takjil buka puasa untuk kesegaran buka puasa. Apa saja menunya? Simak daftarnya di bawah ini.

Setiap bulan puasa, biasanya kita suka kebingungan menentukan menu takjil buka puasa. Jangankan memikirkan menu takjil buka puasa untuk jualan, menu buka puasa untuk sehari-hari pun sering kesulitan. Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan memberikan menu takjil buka puasa kekinian yang bisa jadi pilihan Sedulur.

Takjil adalah menu makan ringan untuk berbuka puasa setelah seharian menahan lapar dan haus. Terdapat beberapa resep takjil buka puasa paling laris yang akhirnya menjadi menu itu-itu saja. Seperti apa saja menu cemilan buka puasa dan beberapa resep takjil buka puasa kekinian yang bisa jadi pilihan Sedulur? Yuk, langsung saja simak ulasannya.

Baca Juga: Jangan Salah, Ini Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Buat Anak

Daftar Menu dan Resep Takjil Kekinian untuk Buka Puasa yang Super Nikmat!

1. Kolak Pisang dan Labu Kuning

1. Kolak Pisang dan Labu Kuning
resepkuerenyah.com

Menu takjil buka puasa yang sudah melekat di budaya makan orang Indonesia adalah kolak, baik itu kolak pisang atau kolak labu kuning. Takjil satu ini merupakan pilihan yang sangat melegenda. Kolak pisang atau labu kuning berisi buah pisang dan labu kuning yang menggunakan gula merah, daun pandan dan juga santan.

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal memasukkan labu kuning atau pisang dalam panci yang sudah berisi air, santan dan gula merah yang telah ditambahkan daun pandan dan sedikit garam. Masak hingga labu kuning dan buah pisang hingga lembek dan lembut untuk dimakan. Buka puasa Sedulur pun akan super nikmat dan menyegarkan.

2. Es Pisang Ijo

2. Es Pisang Ijo
dapurkobe.co.id

Selain sebagai menu takjil buka puasa, es pisang ijo juga merupakan salah satu menu camilan manis atau menu makan penutup yang sangat dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Es pisang ijo merupakan camilan manis yang berasal dari pulau Sulawesi dan menjadi pilihan utama saat berbuka puasa.

Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal mengukus pisang raja selama 10 menit, lalu buat adonan dari santan kental, air perasan daun pandan, tepung beras dan tepung terigu. Aduk rata hingga menggumpal dan cetak menyelimuti pisang. Lalu kukus selama 20 menit. Lalu potong-potong, lalu sajikan dalam gelas bersama dengan sirup dan bahan lainnya. Es pisang ijo pun siap dinikmati.

Baca Juga: 12 Ide Menu Masakan Sehari hari Buat Keluarga, Wajib Coba!

3. Bubur Sagu Mutiara

3. Bubur Sagu Mutiara
resepistimewa.com

Salah satu menu takjil buka puasa yang tidak kalah nikmat adalah bubur sagu mutiara. Menikmati menu takjil buka puasa satu ini akan sangat nikmat dan menyegarkan tenggorokan. Terutama jika disajikan secara dingin dengan tambahan es batu dan gula aren.

Di beberapa daerah, bubur sagu mutiara dikenal dengan kolak sekoteng. Menjadikan bubur sagu mutiara menjadi salah satu menu takjil buka puasa merupakan pilihan yang tepat untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa.

4. Es Campur

4. Es Campur
kompas.com

Salah satu menu takjil buka puasa yang sangat mudah dibuat adalah es campur. Es campur merupakan makanan yang nikmat yang dapat dengan cepat memberikan kesegaran setelah dahaga. Selama bulan puasa, es campur menjadi salah satu minuman wajib sebagai menu takjil buka puasa.

Cara membuatnya sangat mudah dan sederhana. Sedulur tinggal menyiapkan berbagai buah segar dan juga jelly atau makanan manis lainnya, yang Sedulur inginkan dan memotongnya dan memasukkannya dalam satu wadah. Tambahkan es batu, sirup gula dan juga santai cair sedikit agar es campur semakin gurih dan nikmat.

5. Sop Buah

5. Sop Buah
resepistimewa.com

Hampir sama dengan es campur, sop buah merupakan salah satu menu takjil buka puasa yang menjadi pilihan utama saat bulan puasa tiba. Perbedaan es campur dan sop buah adalah bahan dasarnya, sop buah hanya benar-benar menggunakan buah tanpa bahan lainnya. Ditambah lagi, sop buah menggunakan yogurt untuk menambah rasa asam dan lebih menyehatkan untuk tubuh dan sistem pencernaan.

Sistem pencernaan selama bulan puasa sedikit banyak memiliki pola kerja yang agak terganggu. Oleh karena itu, mengkonsumsi makanan yang sehat akan membuat bulan puasa Sedulur menjadi lebih nikmat dan juga menyehatkan.

6. Es Kopyor

6. Es Kopyor
merdeka.com

Menu takjil buka puasa selanjutnya adalah es kopyor. Salah satu es yang sangat nikmat dan menyegarkan. Selain itu, es kopyor sangat jarang ditemui saat ini, Sedulur bisa menjadikan es kopyor sebagai salah satu ide bisnis selama bulan puasa. Sedulur tidak perlu membutuhkan banyak modal untuk membuat es kopyor, karena es kopyor membutuhkan bahan yang sangat sederhana.

Bahan yang dibutuhkan adalah sirup rasa cocopandan, es batu, jelly, vanili, gula pasi, santan kental dan sedikit garam. Cara membuatnya pun sangat mudah, pertama Sedulur tinggal memasukkan semua bahan hingga mendidih dan lalu tiriskan sebentar. Masukkan es kopyor secara perlahan ke dalam gelas yang telah diisi oleh es batu, biar kan menggumpal, lalu aduk secara perlahan.

7. Es Cendol

7. Es Cendol
kompas.com

Bukan hanya sebagai menu takjil buka puasa, cendol merupakan salah satu menu yang menyegarkan yang bisa dinikmati kapan pun, terutama di siang hari di tengah terik matahari agar bisa melegakan dahaga. Menjadikan es cendol menjadi menu takjil buka puasa merupakan pilihan yang sangat tepat. Karena es cendol bisa dengan sangat cepat menghilangkan dahaga yang dirasakan selama bulan puasa.

8. Es Jelly

8. Es Jelly
grid.id

Rekomendasi menu takjil buka puasa selanjutnya adalah es jelly. Konsepnya hampir sama dengan es campur dan sop buah, namun es jelly menggunakan campuran jelly berbagai rasa dan disiram dengan sirup, es batu dan susu kental manis agar semakin nikmat untuk meredakan dahaga. Selain itu, Sedulur tidak perlu repot membeli menu takjil buka puasa ini, karena Sedulur bisa dengan mudah membuatnya sendiri di rumah.

Sedulur hanya perlu membuat beberapa jelly dengan rasa yang berbeda, lalu memotong-motongnya menjadi seukuran dadu. Selanjutnya, Sedulur masukkan potongan jelly dalam gelas dan tambahkan es batu dan susu kental manis, lalu tambahkan sirup dan sedikit air agar tidak terlalu manis. Es jelly pun siap dinikmati sebagai takjil buka puasa.

9. Es Cincau

9. Es Cincau
detik.com

Salah satu camilan manis dan dingin satu ini merupakan legenda. Karena es cincau telah lama dijual sebagai salah satu camilan manis. Sedulur juga bisa menjadikan es cincau sebagai menu buka puasa. Ditambah, cincau yang digunakan berasal dari sari daun cincau yang sangat menyehatkan. Banyak yang menjual cincau di pasaran, Sedulur tinggal membelinya dan mencampurkannya dengan sirup dan susu kental manis dalam gelas, dan tambahkan juga es batu agar lebih segar.

10. Es Kelapa Muda

10. Es Kelapa Muda
dream.co.id

Kalau menu takjil buka puasa sudah tidak perlu diragukan lagi kualitas kesegarannya. Es kelapa muda sangat cocok untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa menahan haus dan lapar. Ditambah kandungan dari buah kelapa dan air kelapa sangat baik untuk menambah cairan tubuh yang berkurang drastis setelah seharian berpuasa. Tubuh Sedulur pun akan tetap terjaga kesehatan dan kebugarannya dengan menjadikan es kelapa muda sebagai menu buka puasa.

11. Salad Buah

11. Salad Buah
inews.id

Salah satu menu buka puasa kekinian yang selalu ramai di bulan puasa adalah salad buah. Sedulur bisa menjadikan salad buah untuk mendapatkan kesegaran saat berbuka puasa di bulan ramadhan. Sedulur bisa membeli salad buah, karena selama bulan puasa akan sangat banyak yang menjual salad buah, atau Sedulur juga bisa membuat sendiri karena tidak terlalu sulit membuat salad buah.

12. Es Goyobod

12. Es Goyobod
okezone.com

Menu takjil buka puasa satu ini berasal dari Bandung, terdiri dari tapai singkong, ketan hitam, roti dan juga adonan hunkwe yang nikmat dan menyegarkan. Di wilayah Jawa Barat khususnya, es goyobod menjadi salah satu pilihan menu buka puasa yang sangat nikmat dan menyegarkan. Memilih takjil untuk buka puasa memang disarankan menggunakan makanan manis dan dingin agar dapat memberikan kesegaran.

13. Es Nanas Pepaya

13. Es Nanas Pepaya
kompas.com

Salah satu menu buka puasa yang tidak kalah mudah dan juga tidak kalah menyegarkan adalah paduan dari buah pepaya dan nanas. Kandungan buah pepaya dan nanas yang kaya akan serat dan vitamin C juga sangat cocok dijadikan sebagai pelepas dahaga dan juga dapat membuat tubuh menjadi lebih segar lagi. Cara membuatnya sangat mudah, Sedulur tinggal memotong dadu buah pepaya dan nanas lalu memasukkannya dalam gelas dan menambahkan sirup dan es batu. Es nanas pepaya pun siap dinikmati.

14. Menu Buka Puasa Lainnya

14. Menu Buka Puasa Lainnya
dara.co.id

Bagi Sedulur yang membutuhkan referensi menu buka puasa lebih banyak, berikut ini beberapa menu lainnya yang bisa Sedulur gunakan sebagai menu buka puasa:

  1. Es Shanghai
  2. Kolak Biji Salak
  3. Cappucino Cincau
  4. Bubur Kacang Hijau
  5. Es Selendang Mayang
  6. Es Doger
  7. Jus Semangka
  8. Es Jeruk Kelapa Muda
  9. Es Kelapa Muda
  10. Es Blewah

Semoga daftar menu takjil buka puasa di atas bisa menjadi referensi Sedulur agar tidak lagi kesulitan menentukan menu untuk buka puasa. Sedulur bisa membuat daftar menu di atas dengan menyediakan bahan-bahannya. Sedulur bisa beli bahannya di Aplikasi Super. Dijamin lebih murah dan sangat menguntungkan Sedulur. Sedulur tinggal klik di sini untuk download Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super di smartphone Sedulur.