Manfaat Maple Syrup

Maple syrup adalah sirup serbaguna yang sering digunakan untuk melengkapi resep makanan. Sirup jenis ini mengandung beragam polifenol yang  juga dipakai sebagai saus pancake atau saus demi glace. Nutrisi maple syrup juga sangat baik karena memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada madu.

Bicara  mengenai bahan pembuatan sirup satu ini, mungkin akan membuat beberapa orang bertanya-tanya soal ‘maple syrup terbuat dari apa?’. Jawabannya adalah maple syrup merupakan getah yang didapatkan dari pohon maple. Getah tersebut nantinya diendapkan dan diolah lebih lanjut sehingga bisa memberikan cita rasa manis dan khas. Cara pembuatan sirup ini pun tergolong lama dan rumit.

Pertama kamu harus membuat lubang pada pohon maple sampai getahnya mengalir ke sebuah wadah. Berikutnya getah pohon direbus sampai sebagian besar air menguap, meninggakan sirup gula yang kental. Prosesnya pun tidak hanya sampai di sini, sirup gula masih harus disaring lagi untuk meminimalisir kotoran yang masuk.

Penasaran dengan penjelasan lengkap tentang maple syirup? Lalu berapa pula harga maple syrup dan apa saja khasiat maple syrup? Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

-->

BACA JUGA: Resep Manisan Kolang Kaling Legit dengan Sirup

1. Apa itu maple syrup?

maple syrup
Kompas

Jika kamu biasa membuat makanan pancake pasti tak lupa memberikan lelehan cairan gula yang sangat manis di atas pancake. Lelehan gula yang sangat manis ini biasa dinamakan dengan maple syrup. Sebenarnya sirup maple tak hanya dipakai untuk tambahan olahan pancake saja, namun bisa juga dijadikan bahan pelengkap makanan lain. Seperti makanan oatmeal dan waffle. Dua makanan ini selalu nikmat bila dicampurka dengan sirup maple karena rasanya akan menjadi lebih enak dan manis.

Bicara mengenai cairan gula yang satu ini, ternyata maple syrup halal karena terbuat dari getah dari pohon maple yang diproses dengan teknik dan cara yang khusus. Banyak yang mengatakan bahwa sirup maple dianggap lebih sehat dari pada gula pada umumnya. Berdasarkan beberapa penelitian, kalori maple syrup memang cenderung lebih rendah dibandingkan gula biasa. Namun, sirup ini tetap tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Rasa sirup dari getah pohon maple ini ternyata dibagi dalam beberapa tingkatan kemanisan. Contohnya grade A Golden Color, mempunyai rasa yang lembut dan ringan. Kemudian Grade A Amber Color  yang mempuyai cita rasa lembut dan matang. Lalu ada lagi Grade A Dark Amber yang memiliki rasa maple yang kuat.  Selanjutnya Grade A Very Dark Color mempunyai rasa maple yang sangat kuat.

2. Kandungan maple syrup

maple syrup
Virenial

Setelah memahami pengertian dan jenis tingkatan sirup maple, maka berikutnya mengetahui lebih dalam mengenai kandungan apa saja yang terdapat dalam pemanis dari getah pohon maple ini.

Satu hal yang membedakan sirup pohon maple dengan gula olahan pada umumya adalah dari kandungan mineral dan anti oksidannya. Berikut ini beberapa kandungan penting yang ada dalam sirup maple ukuran 80 ml:

  • Kalsium 7 % dari RDI
  • Potassium 6 % dari RDI
  • Besi 7 % dari RDI
  • Zinc 28 % dari RDI
  • Mangan dengan 165 % dari RDI

Dari kandungan di atas bisa disimpulkan bahwa maple sirup menjadi sumber mangan yang baik untuk tubuh. Mangan sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan oleh otak, sistem saraf dan banyak sistem enzim. Tidak hanya itu, mangan diketahui memiliki kemampuan oksidan yang baik untuk melawan radikal bebas.

Namun, meskipun memiliki kandungan mangan yang tinggi, pada 80 ml sirup maple kandungan gulanya cukup besar yaitu sekitar 60 gram. Sehingga bagi orang-orang yang memiliki masalah pada gula darah atau diabetes tetap harus berhati-hati ketika mengkonsumsinya.

BACA JUGA: 8 Kreasi Resep Es Mojito Non Alkohol Paling Enak & Segar

3. Khasiat maple syrup

maple syrup
TMZ

Setelah memahami kandungan yang ada pada sirup maple, berikutnya mengetahui manfaat yang ada pada pemanis getah pohon maple ini. Diketahui getah pohon maple mempunyai rasa yang manis namun kadar kalorinya sangat rendah. Sehingga sangat pas untuk keperluan kesehatan dan kecantikan.

Diet

Khasiat yang pertama adalah maple syrup untuk diet. Sirup maple memiliki kandungan kalori yang lebih rendah daripada gula pasir dan madu sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Sehingga bila ingin mendapatkan tubuh ideal, bisa menambahkan cairan sirup ini pada setiap makanan kamu. Tapi ingat tetap dalam porsi yang wajar dan jangan berlebihan ya.

Merawat kecantikan kulit

Selain untuk membantu proses diet, khasiat maple syrup banyak dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit. Sirup getah pohon maple mengandung 54 macam polifenol dan berperan sebagai antioksidan.  Alhasil, jika dibandingkan anggur merah, sirop maple dipercaya lebih ampuh sebagai anti-aging.

Menangkal radikal bebas

Tidak hanya merawat kecantikan kulit, khasiat maple syrup adalah untuk menangkal radikal bebas. Studi menunjukan bahwa sirup ini mengandung 24 jenis zat antioksidan. Antioksidan adalah senyawa penting yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas dan mampu mengurangi oksidatif memicu terjadinya beragam penyakit.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Berikutny khasiat maple syrup adalah mampu menikngkatkan daya tahan tubuh. Manfaat  ini bisa kamu ambil karena sirup ini memiliki kemampuan dalam melawan bakteri berbahaya bahkan dalam jumlah yang banyak. Tidak hanya itu, maple sirup mengandung Zinc yang berperan penting dalam sistem imun tubuh.

Meningkatkan kesehatan otak

Selanjutnya khasiat maple syrup adalah mampu meningkatkan kesehatan otak. Dugaan ini berasal dari penemuan bahwa senyawa antioksidan dalam sirup ini mampu mnnvegah penggumpalan protein tertentu di otak yang berkaitan dengan penyakit Alzheimer

Menurunkan kadar kolesterol

Terakhir khasiat maple syrup adalah menurunkan kadar kolesterol yang ada pada tubuh. Lalu berikutya sirup ini juga punya manfaat dalam mencegah peradangan hati. Meski demikian, masih perlu penelitian dan uji klinis lebih lanjut mengenai manfaat sirup yang satu ini.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diambil setelah menikmti sirup maple. Berikutnyam rekomendasi tentang sirup getah pohon maple ini. Sebab, kita tahu sirup ini digolongkan dalam beberapa grade. Sehingga kamu harus pandai memilih dan mengonsumsiya. Supaya kamu mendapatkan manfaat dan khasiat dari sirup getah pohon maple ini.

4. Rekomendasi sirup maple yang benar

maple syrup
BBC

Berikutnya hal yang tak kalah penting saat menikmati sirup ini adalah pemilihan maple syrup yang baik dan benar. Supaya tak salah mengonsumsi dan membeli, maka simak beberapa produk sirup maple sederhana di bawah ini.

Pondan sirup maple

Rekomedasi pertama untuk kamu yang sedang berniat membuat pancake, maka disarankan membeli Pondann Sirup Maple. Produk ini sudah bersertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Jika kamu tertarik membelinya, harga maple syrup produk ini dijual dengan harga Rp 2.500.00.

Pure canadian maple syrup

Rekomendasi berikutnya untuk kamu yang sedang mencari sirup maple adalah Pure Canadian Maple Syrup. Produk ini  mempunyai rasa manis yang sempurna saat dipadukan dengan beragam jenis minuman. Untuk kamu yang memilih produk ini, harganya sangat murah karena berkisar Rp 199.000.00

Mac Donald’s Pure Maple Syrup

Harga maple syrup ini dibanderol dengan harga Rp 230.000.00 dan memiliki  rasa yang lembut dibandingkan dengan produk dengan grade amber lainnya. Dengan demikian, produk ini bisa menjadi pilihan kamu untuk pertama kalinya mencoba merasakan maple syrup.

Demikian ulasan mengenai maple syrup itu apa, manfaat dan rekomendasinya yang bisa kamu pilih untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Semoga ulasan ini membantu kamu yang berniat merawat kecantikan dan kesehatan tubuh dengan sirup getah pohon maple ini.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.