Belum tahu segudang manfaat ibu jalar untuk kesehatan? Yuk, simak penjelasan manfaat ubi jalar di bawah ini!

Ubi jalar atau ketela rambat memiliki segudang manfaat yang bisa membuat tubuh kita sehat saat mengkonsumsinya. Manfaat ketela rambat sangat beragam, terutama salah satu manfaat ubi jalar untuk kesehatan yang sangat dibutuhkan di tengah kondisi cuaca yang sedang memasuki musim flu dan ancaman virus corona.

Superapp.id dalam kesehatan kali ini akan menjelaskan tentang beberapa manfaat ubi jalar, mulai dari manfaat ubi rebus, kandungan ubi jalar yang menyehatkan dan juga khasiat lainnya dari ubi jalar rebus atau ubi jalar merah. Baik ubi jalar merah atau ubi jalar ungu memiliki kandungan gizi ubi jalar ungu yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Yuk, mari kita langsung saja simak penjelasan mengenai manfaat ubi jalar yang harus dan wajib Sedulur ketahui dan dapat membuat Sedulur semakin sehat dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan, Wajib Tahu!

Daftar Manfaat Ubi Jalar yang Wajib Sedulur Ketahui Agar Tetap Sehat!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh
ygi.or.id

Manfaat ubi jalar yang pertama yaitu dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Di tengah masa pandemi virus corona yang belum ditemukan obat dan vaksin yang seratus persen ampuh menghilangkan virus, salah satu yang bisa diandalkan adalah kekebalan tubuh.

Ubi jalar, selain kaya akan betakaroten, ubi jalar juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B Kompleks, zat besi dan juga fosfor. Hal tersebut membuat ubi jalar dapat menjadi penguat imun yang ampuh. Sistem imun dan kekebalan tubuh sangat ampuh untuk menangkal penyakit juga virus.

2. Mengatasi Peradangan

2. Mengatasi Peradangan
alodokter.com

Peradangan yang terjadi pada tubuh, baik di dalam atau luar tubuh memberikan dampak yang buruk. Biasanya kita bisa merasakan nyeri dan pegal atau linu yang berlebih dan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ubi jalar walaupun tidak termasuk dalam keluarga kentang-kentangan biasa, namun juga dapat memberi manfaat yang baik untuk mengatasi peradangan, baik di dalam ataupun di luar tubuh. Hal tersebut dikarenakan kandungan ubi jalar yang mengandung betakaroten, vitamin C, magnesium yang sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan.

3. Atasi Bronkitis dan Asma

3. Atasi Bronkitis dan Asma
lifepack.id

Manfaat ubi jalar selanjutnya sangat efektif untuk mengatasi penyakit sekitar pernafasan. Kandungan vitamin C, zat besi, dan kandungan nutrisi lainnya yang terdapat pada ubi jalar dapat bermanfaat dan secara ampuh untuk mengatasi bronkitis. Bukan hanya itu, ubi jalar juga dipercaya dapat menghangatkan tubuh.

Tubuh yang hangat merupakan salah satu hal yang dapat membantu dalam mengatasi bronkitis. Aroma khas ubi jalar dapat secara efektif mengatasi hidung mampet, bukan hanya bronkitis, asma juga dapat diatasi secara ampuh oleh ubi jalar.

Baca Juga: Ternyata 8 Manfaat Paprika Merah Ini Baik Untuk Kesehatan!

4. Meredakan Sakit Arthritis

4. Meredakan Sakit Arthritis
halodoc.com

Kandungan dari ubi jalar yang terdiri dari beta karoten, magnesium, zinc, dan vitamin B merupakan kombinasi yang dapat menjadi pilihan utama untuk mengatasi artritis. Cara untuk mendapatkan manfaat ubi jalar untuk artritis adalah dengan mengompres bagian yang mengalami sakit akibat arthritis dengan menggunakan air rebusan ubi jalar. Kandungan yang terdapat dalam air rebusan yang menjadi kompres akan efektif untuk meredakan sakit.

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan

5. Memperbaiki Sistem Pencernaan
harapanrakyat.com

Manfaat selanjutnya yaitu untuk memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan serat yang terdapat pada ubi jalar yang terbilang sangat tinggi, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kentang. Hal tersebut membuat ubi jalar sangat baik untuk lambung dan usus halus.

Selain itu, vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium yang terdapat pada ubi jalar sangat efektif dalam membantu meredakan radang lambung. Serat yang terdapat pada ubi jalar dapat mampu untuk mencegah terjadinya konsipasi dan penimbunan asam.

6. Dapat Mengatasi Kanker

6. Dapat Mengatasi Kanker
alodokter.com

Kandungan betakaroten, yang merupakan antioksidan dan yang membuat warna ubi jalar berbeda, juga kandungan vitamin C dapat berperan penting dalam mengatasi kanker. Vitamin C, betakaroten, dan antioksidan merupakan komponen penting dan komponen utama yang mampu secara efektif mengatasi kanker. Terutama untuk kanker kolon, kanker usus halus, kanker prostat, kanker ginjal dan kanker lainnya yang membahayakan nyawa.

7. Menjaga Keseimbangan Air

7. Menjaga Keseimbangan Air
stikessurabaya.ac.id.com

Serat yang terdapat pada ubi jalar akan dapat membantu menahan kandungan air yang terdapat di dalam tubuh. Hal tersebut sangat penting dan baik untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh. Seperti yang Sedulur ketahui, jika tubuh mengalami kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi yang bisa menimbulkan penyakit lain bersarang pada tubuh. Hal tersebut bisa Sedulur cegah dengan mengkonsumsi ubi jalar.

8. Sumber Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes

8. Sumber Karbohidrat Bagi Penderita Diabetes
klikdokter.com

Ubi jalar juga merupakan sumber karbohidrat bagi penderita diabetes. Penderita  diabetes biasanya memiliki aturan yang ketat dalam mengelola makanan. Memilih makanan yang baik dan tidak mengandung gula yang tinggi merupakan sebuah kewajiban. Untuk mendapatkan karbohidrat yang cukup, ubi jalar sangat cocok bagi para penderita diabetes.

Ubi jalar juga akan efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Ubi jalar juga bisa dijadikan pilihan pengganti nasi, yang merupakan makanan terlarang bagi penderita diabetes. Ubi jalar sangat ampuh dijadikan pilihan pengganti nasi atau sumber karbohidrat lainnya. Namun, tetap saja Sedulur harus membatasi jumlah konsumsi ubi jalar setiap harinya.

9. Menambah Berat Badan

9. Menambah Berat Badan
anlene.com

Bagi sebagian Sedulur mungkin mencari cara untuk mengurangi berat badan dengan melakukan diet makan yang sangat ketat atau juga menerapkan sejumlah program agar dapat menurunkan berat badan secara efektif. Namun, ada sebagian Sedulur yang juga kesulitan menambah berat badan.

Kekurangan berat badan tidak selamanya baik. Ada keseimbangan antara tinggi badan dan berat badan yang harus sesuai dan ideal. Terlalu berlebihan dan terlalu kurang sama-sama memiliki dampak yang buruk. Bagi Sedulur yang ingin menambah berat badan, mengkonsumsi ubi jalar adalah pilihan yang tepat. Karena ubi jalar mengandung banyak kandungan gizi yang dapat menjadi sumber energi yang bisa menambah berat badan secara efektif.

10. Manfaat Lainnya dari Ubi Jalar

10. Manfaat Lainnya dari Ubi Jalar
nusantaratv.com

Karena kandungan ubi jalar yang sangat beragam mulai dari beta karoten, berbagai vitamin dan juga kandungan gizi lainnya. Ubi jalar juga dapat secara bermanfaat untuk menghentikan ketergantungan rokok, alkohol, dan beberapa jenis narkotika tertentu. Selain itu, manfaat ubi jalar juga sangat baik untuk kesehatan pembuluh darah vena dan arteri.

Sekian penjelasan mengenai manfaat ubi jalar, semoga dapat menambah pengetahuan baru dan informasi yang bermanfaat bagi Sedulur. Jangan lupa untuk menyediakan persediaan ubi jalar bagi Sedulur yang ingin mendapatkan manfaat ubi jalar. Ubi jalar juga bisa dijadikan berbagai olahan makanan yang menarik.

Sedulur bisa menyediakan ubi jalar sebagai persediaan dengan membelinya di Aplikasi Super. Jangan lupa juga untuk klik di sini bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super. Melalui Super Eats, Aplikasi Super menyediakan berbagai bahan kebutuhan makanan, baik itu sayuran, buah-buahan, daging dan berbagai bahan lainnya.

Jangan lupa juga untuk klik di sini agar Sedulur bisa mengunjungi laman Aplikasi Super. Pelajari Aplikasi Super lebih jauh lagi, karena banyak program menarik yang super menguntungkan untuk Sedulur. Yang paling penting, selalu ada bonus dan kejutan menarik yang dapat membuat Sedulur untung super melimpah dari Aplikasi Super.