manfaat tomat untuk wajah

Tidak hanya enak dimakan, buah tomat punya ragam khasiat untuk kecantikan. Yuk simak manfaat tomat untuk wajah di bawah ini!

Buah tomat merupakan salah satu makanan yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Cita rasanya yang asam dan segar membuatnya jadi bahan favorit untuk membuat rasa masakan jadi segar. Tak hanya enak, tomat juga bermanfaat bagi tubuh dan kulit.

Jika Sedulur kerap mengamati berbagai resep skincare alami, tomat akan banyak ditemukan sebagai salah satu bahannya. Maka dari itu, yuk dalam kesempatan ini kita bahas mengenai manfaat tomat untuk wajah dan cara pemakaiannya. Simak ulasan berikut!

Manfaat Tomat untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya. Bikin Kulit Glowing Berseri!

Kandungan Tomat

Kandungan Tomat
Photo by Avin CP on Unsplash

Jadi salah satu buah yang banyak digunakan dalam masakan Indonesia, tomat ternyata tak cuma baik bagi kesehatan. Buah satu ini juga punya banyak manfaat bagi wajah, terutama kulit. Khasiat ini berangkat dari kandungan nutrisi dalam tomat yang memang sangat bagus.

-->

Tomat mengandung vitamin C dalam jumlah besar. Selain itu, ada juga vitamin serta mineral lain yang juga bermanfaat bagi tubuh. Berikut nilai nutrisi 100 gram tomat.

  • Kalori                  : 20 kkal
  • Protein               : 1 gram
  • Lemak                : 0,3 gram
  • Karbohidrat      : 4,2 gram
  • Kalsium              : 5 mg
  • Vitamin A          : 1500 SI
  • Thiamin             : 60 mikrogram
  • Vitamin C         : 40 mg
  • Fosfor                : 27 mg
  • Zat Besi             : 0,5 mg
  • Potassium         : 360 mg

Melihat kandungan tomat di atas, tentu saja hal ini bisa memberi banyak manfaat bagi kulit. Yuk sima kapa saja manfaat tomat untuk wajah dan kecantikan.

Manfaat Tomat untuk wajah

Manfaat Tomat untuk Melembapkan Kulit

Manfaat Tomat untuk Melembapkan Kulit
Photo by Linh Ha on Unsplash

Kulit yang lembap adalah kunci dari tampilan glowing idaman perempuan. Sedulur dapat memanfaatkan tomat untuk tujuan ini. Selain bersifat sebagai astringent, tomat juga dikenal memiliki kandungan kalium yang tinggi dan dapat mengatasi kulit kering akibat kekurangan kalium.

Jangan lupa untuk mengunci kelembapan dari tomat dengan moisturizer yang sesuai jenis kulit. Bagi Sedulur yang punya kulit kering, gunakan moisturizer dengan tekstur cream. Sedangkan Sedulur dengan kulit berminyak bisa menggunakan moisturizer dengan tekstur gel yang ringan.

Meredakan Peradangan Kulit

Manfaat tomat untuk wajah meredakan peradangan kulit
Photo by Anna Nekrashevich from Pexels

Buah tomat memiliki ragam kandungan yang cocok untuk meredakan inflamasi pada kulit. Kandungan tersebut adalah likopen, vitamin E, Lutein, dan Beta Karoten. Zat-zat ini terbukti mampu meredakan inflamasi pada tubuh, termasuk kulit. Tak heran jika tomat kerap digunakan sebagai bahan dalam skincare alami.

Bagi Sedulur yang memiliki wajah merah-merah akibat jerawat, cuaca panas, maupun iritasi, cobalah mengompres wajah dengan irisan tomat dingin. Selain karena kandungannya yang berkhasiat, suhu dingin tomat juga membantu meredakan peradangan.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

Manfaat tomat untuk wajah kulit berminyak
Photo by Haley Lawrence on Unsplash

Khasiat astringent dalam tomat membuatnya jadi bersifat seperti toner. Selain menyegarkan kulit, tomat saat digunakan di wajah juga dapat mengurangi kadar minyak pada kulit. Bagi Sedulur yang memiliki kulit berminyak, bisa banget mencoba menggunakan tomat.

Selain itu, penggunaan tomat yang menjaga kelembapan wajah, akan berdampak pula pada kadar minyak. Seperti yang Sedulur ketahui, wajah lembap adalah kunci kulit sehat dan glowing.

Manfaat Tomat untuk Produksi Kolagen

Merangsang produksi kolagen wajah
Photo by Polina Kovaleva from Pexels

Kolagen adalah protein yang menyusun sel-sel kulit manusia. Kolagen ini memberikan sifat elastis pada kulit sehingga tubuh mampu bergerak bebas. Tomat yang memiliki banyak kandungan vitamin C serta antioksidan lainnya berdampak dalam merangsang pembentukan kolagen pada tubuh. Karena itu, tomat dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Produksi kolagen juga dapat dibantu dengan konsumsi bahan makanan sehat seperti buah-buahan dan kaldu hewan. Semuanya dapat Sedulur temukan di Aplikasi Super.

Menghambat Tanda-Tanda Penuaan

Mencegah penuaan
Photo by Chermiti Mohamed on Unsplash

Masih seputar kemampuan tomat dalam merangsang produksi kolagen pada tubuh, fungsi ini juga berdampak pada kemampuan tomat dalam menghambat tanda penuaan. Seperti yang diketahui, salah satu penanda kulit yang menua adalah keriput. Sedangkan keriput ini muncul akibat produksi kolagen yang menurun di usia tua.

Dengan kata lain, kemampuan tomat merangsang produksi kolagen ini juga membuat kulit lebih awet muda serta mencegah munculnya keriput pada kulit.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Saus Tomat Paling Enak, Terbaru 2021

Menangkal Radikal Bebas

Menangkal radikal bebas
Photo by Rita Malçok on Unsplash

Vitamin C merupakan antioksidan yang baik bagi kulit. Tomat diketahui kaya akan kandungan vitamin C serta zat-zat antioksidan lainnya. Antioksidan pada tubuh, berfungsi dalam menangkal radikal bebas yang banyak ditemui di sekitar. Untuk mendapatkan manfaat ini, Sedulur dapat mengonsumsi tomat dengan cara memakannya langsung. Sedangkan untuk khasiat tomat sebagai masker belum ada penelitiannya lebih jauh.

Menyembuhkan Luka

menyembuhkan luka
Photo by Brian Patrick Tagalog on Unsplash

Selain menangkal radikal bebas, vitamin C terbukti secara ilmiah memiliki banyak manfaat lain bagi kulit dan kecantikan. Tak heran jika vitamin C menjadi salah satu bahan aktif yang paling sering digunakan dalam skincare.

Salah satu manfaat dari vitamin C pada tomat adalah kemampuannya dalam memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Termasuk juga pada kulit yang luka, kandungan yang satu ini dapat mempercepat proses penyembuhannya. Namun Sedulur perlu hati-hati karena luka yang terkena asam dari vitamin C akan terasa perih.

Mencerahkan Mata Panda

Mata Panda
Photo by Min An from Pexels

Bagi Sedulur yang hobi begadang, baik untuk bekerja maupun untuk nonton drama korea, mata panda jadi efek samping yang tak terhindarkan. Kantung mata maupun area mata yang menghitam memang merupakan efek samping dari kelelahan serta tidur yang kurang.

Sedulur dapat memanfaatkan kandungan vitamin C pada tomat yang baik untuk mencerahkan kulit. Selain itu, potassium pada tomat juga baik untuk mengurangi sembab pada mata. Taruh irisan tomat dingin pada mata secara rutin untuk mengatasi mata panda.

Meningkatkan Kesehatan Wajah Secara Menyeluruh

Kesehatan Wajah
Photo by Aiony Haust on Unsplash

Kandungan ragam vitamin pada tomat seperti vitamin C, likopen, thiamin, vitamin E, hingga beta karoten, diketahui memiliki banyak manfaat baik pada kulit. Mulai dari mencerahkan, melembapkan, mengencangkan pori-pori, hingga mengangkat sel kulit mati. Karenanya, dapat dikatakan bahwa tomat mampu meningkatkan kesehatan kulit wajah secara umum.

Baca Juga: Ini Dia 8 Manfaat Beras Basmati Untuk Kesehatan dan Diet

Melembapkan Bibir

Melembapkan bibir
Photo by Artem Podrez from Pexels

Kemampuan tomat dalam melembapkan tidak hanya berhenti pada kulit saja. Sedulur juga dapat menggunakan tomat untuk melembapkan area bibir. Sebenarnya area bibir merupakan area yang sangat sensitif dan tipis sehingga butuh perhatian khusus. Karena itu, Sedulur dapat merawatnya menggunakan tomat. Selain melembapkan, tomat juga mampu membantu mengangkat sel kulit mati pada bibir.

Membuat Bibir Lebih Merah Merona

Memerahkan Bibir
Photo by Thái An on Unsplash

Vitamin C pada tomat ternyata tidak hanya dapat mencerahkan kulit. Manfaat tomat untuk bibir lainnya adalah mencerahkan. Fungsi ini berangkat dari kandungan vitamin C pada tomat. Tentu saja perubahannya tidak akan drastis seperti sulam bibir, akan tetapi tomat dapat Sedulur gunakan untuk merawat bibir hitam dan mencegahnya untuk jadi semakin gelap.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati
Photo by Mathilde Langevin on Unsplash

Salah satu manfaat tomat untuk wajah yang banyak diyakini orang adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Sedulur mungkin sudah tahu bahwa sel kulit mati kerap menjadi penyebab berbagai masalah kulit. Mulai dari jerawat, komedo, hingga kulit kusam dan kering.

Enzim pada tomat, dipercaya ampuh dalam membantu mengangkat sel kulit mati secara lembut. Kemampuan ini jadi menguntungkan bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan tidak bisa menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati.

Cara Menggunakan Tomat untuk Wajah

Masker Tomat
Photo by Nataliya Vaitkevich from Pexels

Sedulur yang tertarik untuk memanfaatkan tomat dalam merawat kulit, perlu tahu cara menggunakan tomat untuk wajah. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan oleh Sedulur.

Pertama, menghaluskannya dan menjadikannya masker wajah. Lewat cara ini, Sedulur bisa mencampur masker tomat dengan berbagai bahan lain yang juga bermanfaat bagi kulit. Kedua, Sedulur juga bisa menggunakannya dengan cara mengompres wajah dengan irisan tomat dingin. Cara kedua ini lebih praktis untuk digunakan meski Sedulur tidak bisa menggabungnya dengan bahan-bahan lain.

Efek Samping Tomat untuk Wajah

Efek Samping Tomat
Photo by Arina Krasnikova from Pexels

Penggunaan tomat untuk wajah ternyata perlu dibarengi perhatian khusus. Bagi Sedulur yang punya kondisi kulit tertentu atau alergi, sebaiknya jangan menggunakan tomat sebagai masker. Pasalnya, bagi Sedulur dengan kondisi kesehatan tertentu bisa mengalami reaksi alergi jika tomat dioleskan langsung pada kulit. Sebaiknya, lakukan dulu patch test atau tes alergi untuk memastikan kulit Sedulur aman menggunakan tomat.

Cara melakukan patch test adalah dengan mengoleskan tomat pada sebagian kecil kulit di belakang telinga. Tunggu selama beberapa saat dan lihat bagaimana reaksi kulit. Apabila kulit mengalami reaksi kemerahan, ruam, atau gatal, sebaiknya urungkan niat merawat kulit dengan tomat.

Kini Sedulur sudah paham tentang manfaat tomat untuk wajah. Dari sekian banyak khasiatnya, dapat disimpulkan bahwa tomat adalah buah yang bermanfaat besar bagi kulit. Akan tetapi nggak melulu jadi masker, Sedulur juga dapat merasakan manfaat tomat ini dengan cara memakannya. Apalagi bagi Sedulur dengan kondisi kesehatan kulit tertentu, lebih baik menghindari paparan langsung tomat pada kulit.

Untuk melengkapi manfaat tomat untuk wajah, Sedulur dapat mengonsumsi pula makanan ramah kulit lainnya seperti lemon, strawberry, madu, maupun rempah-rempah. Semua bahan makanan ini bisa Sedulur temukan di Aplikasi Super dengan harga miring. Yuk, install Aplikasi Super sekarang juga!