manfaat lemon tea

Lemon tea menjadi salah satu menu minuman yang banyak disukai oleh warga Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan selalu adanya menu lemon tea di setiap warung makan, restoran, dan juga cafe. Para produsen minuman kemasan pun tak ingin ketinggalan dengan menciptakan lemon tea sachet yang bisa dibuat secara instan di rumah. Tentu, Sedulur pasti penasaran apa manfaat lemon tea sampai minuman ini begitu disukai di Indonesia.

Dilansir dari laman Healthline, ada sekitar 14 manfaat lemon tea yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, dalam beberapa literatur tentang diet dan hidup bugar, lemon tea juga memiliki andil besar dalam menjaga berat badan tubuh. Jika Sedulur ingin tahu lebih dalam manfaat lemon tea, maka simak ulasan kali ini dengan seksama ya!

BACA JUGA: 10 Manfaat Lemon untuk Wajah Beserta Efek Sampingnya

1. Kaya antioksidan

Resep mocktail
The Spruce Eats

Manfaat lemon tea yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Lemon tea asli yang dibuat dengan bahan alami kaya akan kandungan antioksidan, termasuk pula di dalamnya fitokimia dan vitamin C seperti asam klorogenik dan kafein. Sebagaimana diketahui, antioksidan sangat baik bagi tubuh lantaran mampu membantu melindungi tubuh dari beragam paparan radikal bebas. Sebagai tambahan informasi, paparan radikal bebas yang berlebihan dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit, misalnya saja kanker dan alzheimer.

2. Minuman diet

Sari yang dihasilkan buah lemon dipercaya mampu membantu menekan nafsu makan. Pun demikian dengan kandungan kafein yang terdapat pada teh. Secara garis besar, berkurangnya nafsu makan akan membuat porsi dan frekuensi makan seseorang menjadi berkurang. Hal ini tentu sangat bermanfaat untuk mencegah keinginan ngemil di sela jam makan, menjaga kesehatan tubuh, serta membuat proporsi tubuh lebih ideal. Sedulur hanya perlu mencampur the dan lemon serta sebagai pengganti gula bisa juga menggunakan madu.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Unsplash

Vitamin C tinggi yang terdapat pada lemon tea berperan sebagai antioksidan yang cukup kuat. Melansir dari beberapa media, antioksidan yang tinggi dapat membantu melindungi tubuh dari patogen dan infeksi penyebab penyakit. Sederhananya, mengkonsumsi lemon tea secara teratur bisa membantu sedulur meningkatkan daya tahan tubuh seseorang.

4. Menurunkan tekanan darah

Teh dan lemon juga terbukti memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Lemon mengandung flavonoid yang membantu melancarkan peredaran darah. Sama halnya dengan teh mengandung katekin yang juga melancarkan peredaran darah. Dengan begitu tekanan darah dapat terkendali di batas normal. Sedulur bisa mendapatkan manfaat lemon tea yang berlipat jika diminum setelah berolahraga. Sudah bukan rahasia umum bahwa olahraga membantu mengontrol tekanan darah tinggi, memperkuat jantung, dan mengurangi stres.

5. Memiliki zat anti kanker

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa lemon kaya akan antioksidan.Antioksidan bekerja dengan cara mencegah kerusakan sel yang bisa menyebabkan beragam penyakit kronis seperti kanker. Quercetin adalah salah satu antioksidan dalam lemon yang menghambat pertumbuhan sel kanker pada beberapa jenis kanker seperti kanker ovarium, kanker prostat, kKanker Payudara, dan kanker ginjal.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Teh Pelangsing Ampuh Turunkan Berat Badan

6. Mengurangi resiko diabetes

manfaat lemon tea
CNN

Lemon mengandung senyawa alami yang disebut hesperidin. Senyawa ini mampu menurunkan kadar gula darah untuk bantu kurangi risiko diabetes tipe 2. Selain itu, asam sitrat dalam lemon juga ternyata memperlambat konversi atau perubahan pati menjadi gula. Ketika prosesnya diperlambat, ini bantu mengurangi lonjakan gula darah dan membantu mengelola berat badan sedulur agar tak mudah naik. Pasalnya, obesitas atau berat badan berlebih jadi salah satu risiko diabetes. Selain itu, dalam jurnal Antioxidants, minum teh terutama teh hitam, hijau, dan oolong juga disebutkan bantu menurunkan risiko diabetes melitus. Oleh karenanya, sedulur bisa membuat lemon tea dari teh hitam, hijau, atau oolong untuk menambah khasiatnya bagi kesehatan.

7. Sebagai diuretik alami

Lemon juga mengandung asam sitrat, yaitu diuretik alami yang bisa mengurangi kelebihan dan tumpukan air di dalam tubuh. Tak hanya itu, asam sitrat juga meningkatkan kesehatan saluran kemih dan mencegah batu ginjal. Sebuah studi juga menemukan fakta bahwa asam sitrat bisa meningkatkan penyerapan mineral tubuh seperti kalsium dan fosfor.

8. Menjaga kekuatan tubuh

Satu buah lemon menawarkan sekitar setengah dari angka vitamin C harian yang direkomendasikan. Dengan begitu, lemon membantu mendukung sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri maupun virus penyebab penyakit. Namun, untuk merasakan manfaatnya, sebaiknya sedulur kombinasikan dengan madu yang juga memiliki efek antiradang. Dengan begitu, kombinasi antara madu dan lemon tea dapat membawa efek baik untuk tubuh.

9. Meredakan peradangan gusi

Jika sedulur sedang sakit gigi yang di akibatkan gusi yang meradang minum lemomtea bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Perpaduan lemon dan teh menghasilkan kandungan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi. Ditambah dengan sifat penghilang rasa sakit dan menenangkan dari teh menjadikan lemon tea efektif untuk mengobati gusi bengkak.

10. Menghilangkan stres

Selain baik bagi kesehatan fisik, manfaat lemon tea jug baik bagi kesehatan mental penikmatnya. Lemon tea dapat menghilangkan racun dalam darah sehingga memberi energi pada tubuh. Tidak hanya tubuh yang terasa lebih sehat, pikiran akan lebih segar dari tekanan stres. Stres menjadi penyebab yang menghasilkan racun dalam darah. Hal ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan mental. Selain rasanya, aroma yang dimiliki lemon tea juga membuat pikiran menjadi lebih tenang dan santai.

11. Redakan pembengkakan usai operasi

Unsplash

Pembengkakan atau edema akibat operasi merupakan kondisi yang disebabkan adanya suntikan, sel-sel lemak mati, dan juga darah yang terkumpul. Cairan yang menumpuk di antara jaringan tubuh menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Teh lemon menjadi minuman yang kerap direkomendasikan dokter untuk mengurangi kondisi edema. Selain itu teh lemon juga menghilangkan efek racun dari anestesi dan mengurangi rasa sakit selama siklus menstruasi wanita.

12. Meningkatkan kesehatan jantung

Lemon tea juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Minum lemon tea secara rutin dapat menurunkan resiko gangguan jantung koroner. Lemon tea mengandung flavonoid yang mengurangi lipid dan peradangan, serta mencegah pembentukan gumpalan darah di arteri.

13. Meredakan konstipasi atau sembelit

Manfaat lain yang bisa sedulur dapatkan dengan mengonsumsi teh lemon jahe sebelum tidur adalah meredakan konstipasi atau sembelit. Konstipasi atau sembelit sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti dehidrasi atau tubuh yang kekurangan serat. Apabila konstipasi yang dirasakan diakibatkan oleh dehidrasi, maka teh lemon jahe hangat merupakan minuman yang tepat untuk sedulur. Hal ini karena lemon bisa membantu feses melewati saluran pencernaanmu lebih mudah.

14. Menjaga dari dehidrasi

Ketika sedulur minum teh lemon jahe sebelum tidur, di saat itu juga dirimu mendapatkan asupan air ke tubuh. Tentunya, hal tersebut dapat menjagamu dari dehidrasi di malam hari. Menurut Sleep Foundation dehidrasi akan membuatmu sulit untuk bisa tidur pulas di malam hari. Selain campuran lemon dan teh, Sedulur juga bisa menambahkan jahe atau madu pada minuman untuk mencegah masalah pencernaan, meredakan rasa mual, mengurangi hidung tersumbat, meredakan sembelit, dan meningkatkan imunitas tubuh.

Demikian tadi penjelasan lengkap tentang manfaat lemon tea. Walaupun minuman ini memiliki khasiat dan manfaat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh, Sedulur tetap tidak boleh berlebihan mengkonsumsinya ya. Atur minum teh dengan porsi yang tepat agar khasiat dan manfaat di atas benar-benar bisa dirasakan. Jadi semoga informasi kali ini bisa memberikan tambahan pengetahuan untuk Sedulur semua!