ciri corona

Untuk saat ini, jumlah kasus baru infeksi corona atau Covid-19 terus bertambah. Walaupun beberapa orang yang terpapar tidak menunjukkan gejala-gejala tertentu, namun tidak sedikit orang yang terinfeksi menunjukkan ciri ciri corona.

Gejala yang ditimbulkan juga cukup beragam, biasanya muncul pada periode atau masa inkubasi yakni antara 2 hingga 14 hari. Ada beberapa ciri ciri kena corona yang dapat dijadikan sebagai tanda bahwa seseorang telah terinfeksi. Ya, secara umum, gejala-gejala tersebut seperti batuk, demam, sesak napas, mual, hilang indra pembau, dan lain sebagainya. Lalu ciri ciri yang sebenarnya itu apa saja? Langsung simak penjelasan yang ada di bawah ini.

BACA JUGA: Lawan Virus Corona, Belanja Kebutuhan Pokok Dari Rumah

1. Demam dan menggigil

ciri ciri corona
alodokter

Demam disertai dengan suhu tubuh lebih dari 37,7 derajat celcius, sangat umum muncul pada orang yang sudah terinfeksi virus corona. Biasanya, suhu tubuh dari penderita akan naik secara drastis pada sore hari menjelang malam.

-->

Ini bisa terjadi karena pada waktu itulah virus corona menghasilkan demam. Sementara itu, orang yang sudah terpapar akan tubuhnya kan menggigil, badan terasa sakit, dan juga mengalami demam tinggi ketika malam hari. Walaupun begitu, tidak semua orang yang terkenal corona mengalami reaksi yang parah.

2. Sesak napas

ciri ciri corona
hellosehat

Ciri corona telah menginfeksi tubuh manusia, adalah sesak napas. Jika penderita sudah mulai mengalami sesak napas, maka bisa dibilang jika ini adalah tanda bahwa penyakit sudah mencapai tahapan yang serius.

Gejala semacam ini, bisa muncul dengan atau tanpa diiringi dengan batuk-batuk. Apabila merasa kondisi dada seperti diikat sangat erat atau bernapas sudah mulai kesulitan, maka harus segera ditangani dengan benar. Jika dibiarkan, maka ciri ciri semacam ini bisa sangat berbahaya dan mengancam nyawa.

3. Batuk kering

ciri ciri corona
alodokter

Batuk yang dialami oleh seorang yang terpapar virus corona akan terasa sangat mengganggu. Ciri ciri corona yang satu ini terasa seolah-olah berasal dari sesuatu yang jauh di dalam dada. Batuk yang dimaksud, adalah batuk kering. Jadi tidak mengeluarkan dahak atau lendir.

Memang tidak semua batuk kering menjadi ciri seseorang terinfeksi oleh virus corona. Akan tetapi, tidak sedikit orang terinfeksi corona yang awalnya ditandai dengan batuk kering. Sebagai tambahan informasi, batuk kering juga terjadi pada saat awal pemulihan dari paparan Covid-19.

4. Kehilangan bau atau rasa

ciri ciri corona
bbc

Kehilangan kemampuan indra pembau dan pengecap atau yang sering disebut dengan Anosmia, juga menjadi ciri ciri terkena corona yang sempat dirasakan oleh banyak orang. Hilangnya kemampuan dua indra tersebut, biasanya membuat penderita menjadi kurang nafsu makan.

Tidak hanya itu, pada beberapa kasus, mencatat jika seseorang yang telah berhasil sembuh dari virus corona masih bisa terkena Anosmia ini selama beberapa bulan kedepan. Gejala semacam ini juga sering disebut dengan gejala long covid.

5. Mulut kering

hellosehat

Menurut laporan dari National Institute of Health, menunjukkan bahwa setengah dari pasien virus corona ini menderita gejala mulut kering atau dalam bahasa ilmiahnya adalah Xerostomia. Ya, mungkin gejala ini jarang terjadi untuk rata-rata pasien covid di Indonesia.

Namun tentu saja, Sedulur perlu berhati-hati dan waspada akan gejala yang satu ini. Mulut kering ini terjadi karena kelenjar ludah pada mulut tidak menghasilkan cukup air liur yang berfungsi untuk membasahi mulut. Maka dari itu, mulut akan terasa kering.

BACA JUGA: 18 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan dan Cara Masaknya

6. Sariawan

alodokter

Ciri ciri virus corona telah menginfeksi seseorang, yakni adanya beberapa area mulut yang lecet atau sariawan. Sariawan ini biasanya terjadi pada bagian selaput lender rongga mulut. Berdasarkan suatu penelitian, virus ini juga menyerang lapisan dan juga serat-serat otot pada mulut.

Tidak hanya sariawan saja, biasanya gejala ini juga diikuti dengan gejala yang lain seperti lidah nampak putih pucat, permukaan lidah tidak rata, dan lidah terasa nyeri pada saat mengunyah. Gejala semacam ini, biasanya akan membuat orang susah bicara dan makan.

7. Gangguan pendengaran

alodokter

Menurut berbagai laporan, ciri ciri corona yang paling banyak timbul pada orang yang terinfeksi Covid-19 varian Delta adalah gangguan pada pendengaran. Seperti yang sudah dikatakan, jika varian yang teridentifikasi pertama kali di India ini sangat cepat menular.

Ya, walaupun gejala yang ditimbulkan cukup mirip seperti virus asalnya, namun varian ini membuat gejala yang terjadi lebih parah. Selain gangguan pendengaran, gejala yang timbul karena varian Delta ini seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, demam, dan juga pilek.

8. Kelelahan

hellosehat

Kelelahan yang terasa ekstrem, ternyata juga bisa menjadi ciri ciri corona, lho. Hal ini menjadi tanda jika imun telah merespons adanya infeksi, sehingga tubuh merasa sangat lelah. Akan tetapi, lelah karena corona ini umumnya disertai dengan gejala lain seperti sakit tenggorokan dan nyeri otot.

Rasa lelah yang diakibatkan oleh infeksi Covid-19 ini bisa berlanjut lama, bahkan setelah virus dinyatakan hilang dari tubuh. Sejumlah penelitian berhasil menunjukkan jika orang yang sudah berhasil sembuh dari corona, masih merasa kekurangan energi dan kelelahan beberapa minggu setelah masa pemulihan.

BACA JUGA: 8+ Menu Diet Sehat Cocok Untuk Makan Siang Pagi & Malam

9. Indera penglihatan bermasalah

ciri ciri corona
alodokter

Gejala atau ciri ciri corona yang muncul pada indera penglihatan adalah Konjungtivitis. Konjungtivitis sendiri adalah kondisi dimana mata merah, berair, bengkak, dan juga terasa gatal. Hal ini bisa jadi tanda jika virus telah menginfeksi bagian penting pada mata.

Selain itu, biasanya gejala Konjungtivitis tersebut juga diikuti dengan gejala lain pada mata, yakni terlalu sensitif terhadap cahaya. Jika pasien penderita berada di lingkungan yang terlalu terang, maka akan merasa sangat tidak nyaman.

Mungkin hanya itu ciri ciri corona telah berhasil menginfeksi tubuh manusia yang bisa dijelaskan pada kesempatan ini. Walaupun tidak semua gejala di atas mengindikasikan Covid-19, namun Sedulur tetap harus waspada. Yang paling penting, jangan pernah lupa untuk terus mentaati protokol kesehatan.