manfaat air mawar

Manfaat air mawar untuk kecantikan dan kesehatan kulit sudah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Mulai dari mencerahkan sampai meredakan kemerahan jadi beberapa kelebihan air mawar yang paling kondang.

Sederhananya, air mawar merupakan air rebusan kelopak bunga mawar. Banyak yang menjualnya dalam bentuk kemasan langsung pakai. Namun, jika ingin membuat sendiri di rumah, kamu bisa ikuti langkah berikut. 

  • Isi panci dengan kelopak bunga mawar yang sudah dicuci bersih, tuang air matang ke dalam panci
  • Pastikan semua kelopak bunga mawar terendam sempurna dalam air. Namun, jangan pula menuang terlalu banyak air atau ekstraknya bakal larut dalam air dan tak bekerja maksimal
  • Tutup panci, nyalakan api kecil dan rebus sampai mendidih 
  • Jika sudah mendidih, matikan api tanpa membuka tutup panci. Biarkan sampai dingin
  • Masukkan dalam botol spray yang sudah dicuci bersih dan air mawar siap dipakai untuk wajah maupun rambut

Sudah punya air mawar di tangan? Saatnya tahu apa saja manfaat air mawar untuk wajah dan rambut yang bisa dirasakan setelah pemakaian rutin.

BACA JUGA: 10 Manfaat Face Mist yang Bikin Kulit Wajah Terlihat Glowing

-->

Manfaat air mawar untuk wajah wanita dan pria

1. Meredakan infeksi jerawat 

manfaat air mawar untuk wajah pria
instagram.com/thisisniss_

Manfaat pertama adalah meredakan inflamasi ditambah sifat anti bakteri. Biasanya untuk wajah yang mengalami ruam-ruam merah atau terinfeksi jerawat, air mawar bisa diandalkan untuk meredakannya.

Sedulur yang punya tipe kulit acne prone disarankan mencoba air mawar untuk ritual harian perawatan kulit. Berhubung masalah jerawat bukan hanya isu kaum Hawa, ini merupakan manfaat air mawar untuk wajah pria yang wajib diingat.

2. Bisa dipakai bersamaan dengan sheet mask 

manfaat air mawar viva
instagram.com/phoebegracechampion

Suka pakai sheet mask untuk merawat wajah yang mulai kusam dan jerawatan? Sebelum mengaplikasikannya ke wajah, boleh nih kamu coba ritual air mawar dulu. Bersihkan wajah dulu dengan pembersih wajah, lalu tuang sedikit air mawar ke atas kapas. Oleskan pada wajah hingga merata, baru deh kamu bisa menempelkan sheet mask.

3. Pengganti toner untuk wujudkan wajah glowing 

manfaat air mawar untuk wajah
instagram.com/jirinaturals

Menuruti semua ritual perawatan kulit dari serum, toner, pembersih wajah, sampai vitamin pasti bikin kantong bolong duluan. Kamu bisa meringkasnya dengan air mawar, lho. Manfaat air mawar Viva untuk wajah glowing bisa didapatkan dengan menjadikannya sebagai pengganti toner.

Mengingat produk ini memiliki kemampuan menyeimbangkan pH kulit, kamu bisa mengaplikasikan air mawar setelah membersihkan wajah di malam hari. Beda dengan toner yang mengandung alkohol atau senyawa lain yang mungkin tak cocok di semua jenis kulit, air mawar terbukti tak memiliki efek samping.

4. Manfaat air mawar termasuk jadi pengganti face mist

manfaat air mawar viva untuk wajah glowing
Pedro da Silva via Unsplash

Butuh sesuatu yang bisa menyegarkan wajah di tengah hari saat aktivitas padat? Air mawar bisa disulap jadi alternatif face mist. Praktis, alami, dan tentunya minim risiko iritasi. Efeknya pun langsung terasa di wajah. Segar, bersih, dan bakal meredakan kemerahan karena sinar matahari atau polusi.

5. Meredakan iritasi dan luka karena mencukur 

manfaat air mawar cegah iritasi
instagram.com/schick

Kaum Hawa pasti tak asing dengan kebiasaan mencukur bulu di beberapa bagian tubuh, seperti ketiak, kaki, dan tangan. Namun, pisau cukur sering melukai bagian terluar kulit hingga menimbulkan kemerahan atau bahkan luka gores yang mengganggu. Kamu bisa memaksimalkan manfaat air mawar Viva untuk meredakan iritasi tersebut. Semprot atau oleskan saja di bagian yang diperlukan sesaat setelah mencukur.  

Selain iritasi karena mencukur, agen antibakteri pada air mawar juga dipercaya dapat meredakan luka bakar karena paparan sinar matahari berlebih. Bahkan gigitan serangga yang terasa panas dan gatal di kulit.

6. Alternatif micellar water 

manfaat air mawar micellar water
JC Gellidon via Unsplash

Manfaat air mawar dipakai sebelum tidur adalah sebagai alternatif micellar water. Artinya, produk ini bisa kamu pakai untuk membantu membersihkan sisa makeup yang membandel. Kadang makeup masih menempel meski sudah diserang pembersih wajah. Alhasil double cleansing wajib dilakukan untuk benar-benar melenyapkan makeup tanpa sisa di kulit. 

Setelah membersihkan wajah dengan pembersih, kita biasanya menggunakan tambahan micellar water atau face balm. Namun buat yang punya kulit kering dan sensitif, air mawar bisa kamu pakai sebagai alternatif micellar water yang bebas alkohol. Caranya larutkan saja bersamaan dengan virgin coconut oil dan langsung oles dan pijat ke kulit hingga merata.

7. Manfaat air mawar untuk campuran face scrub

manfaat masker kopi dan air mawar
instagram.com/juhigoenkaphotography

Selain sheet mask, kamu bisa mencampurkan air mawar dengan bubuk kopi untuk membuat face scrub. Mudah saja, Sedulur tinggal mencampurkan bubuk kopi asli, coconut oil, dan sedikit air mawar. Boleh tambah sedikit minyak esensial yang mengandung vitamin E jika ada. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Manfaat masker kopi dan air mawar ini adalah eksfoliasi alami, membasmi bakteri dan polusi, sekaligus melembabkan kulit. Khasiatnya lengkap dan tanpa efek samping. Pria atau perempuan boleh coba.

8. Air mawar bisa dicampurkan pada shampo atau conditioner 

manfaat air mawar rambut
Luis Quintero via Unsplash

Selain untuk wajah, manfaat air mawar juga bisa dirasakan pada rambut. Campurkan beberapa tetes air mawar ke dalam shampoo atau conditioner yang kamu pakai. Setelah pemakaian, kamu akan langsung merasakan khasiatnya. Rambut jadi terhidrasi sehingga terasa lembut dan tampak berkilau.

Bagi yang punya masalah kulit kepala gatal karena ketombe dan keringat berlebih, air mawar juga bisa jadi solusinya. Bisa dicampurkan dengan shampo atau pakai sesaat setelah keramas.

9. Bisa dijadikan pengganti obat kumur 

manfaat air mawar obat kumur
instagram.com/cariarosebeauty

Punya sifat antibakteri dan wangi yang enak, air mawar pun dipercaya bisa jadi larutan kumur yang andal dan alami untuk atasi masalah bau mulut dan sariawan. Bebas alkohol, jadi tak bakal perih ketika terkena dinding mulut dan gusi. Untuk manfaat ini, kamu disarankan untuk menggunakan air rebusan kelopak bunga mawar asli dan hindari air mawar kemasan yang sudah dicampur bahan-bahan kimia lain.

10. Meredakan stres lewat aromanya yang menenangkan 

manfaat air mawar dipakai sebelum tidur
Andrew Johnson via Unsplash

Manfaat air mawar lainnya adalah meredakan stres. Ini karena aromanya yang menenangkan bisa dipakai untuk dimasukkan ke air difusser di ruangan. Kamu juga semprotkan sedikit ke bantal sebelum tidur. Air mawar juga bisa dipakai untuk meredakan mual atau pusing. Caranya dengan mengompres kepala yang pusing dengan lap yang sudah dibasahi air hangat dan disemprot air mawar. 

Tak cuma manfaatnya yang beragam, air mawar belum pernah dilaporkan bermasalah dengan produk tertentu. Produk ini cocok untuk dikombinasikan dengan berbagai bahan dan senyawa lain seperti yang sudah dijabarkan di atas. Sedia satu di rumah, bisa bantu untuk melancarkan aktivitasmu. Saat jerawat menyerang atau kulit mulai kusam, air mawar bisa langsung disemprot untuk menaikkan mood.  

Sedulur bisa membuat ekstrak air mawar sendiri dengan mengikuti tips di atas. Sambil memakai air mawar, jangan lupa untuk menyetok asupan sembako untuk dikonsumsi sehari-hari di Aplikasi Super, ya. Pastikan untuk menyantap makanan sehat supaya bisa mendapat manfaat dari dalam selain dengan memaksimalkan air mawar sebagai perawatan dari luar.