Apa aja sih manfaat daun singkong yang harus Sedulur tahu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Walaupun terlihat sepele, namun manfaat daun singkong sangat dibutuhkan oleh tubuh. Terdapat beberapa manfaat daun singkong untuk kesehatan, termasuk beberapa khasiat daun singkong untuk beberapa bagian tubuh. Tentu saja, semua khasiat tersebut akan didapat oleh manfaat makan daun singkong.

Beberapa khasiat tersebut juga disebabkan oleh kandungan daun singkong. Salah satu manfaat daun singkong  paling penting adalah untuk ibu hamil. Terdapat juga manfaat daun singkong untuk kecantikan dan juga manfaat daun singkong untuk wajah. Agar dapat merasakan manfaat daun singkong, Sedulur bisa mencoba berbagai menu olahan daun singkong, karena kalori daun singkong juga dibutuhkan oleh tubuh.

Yuk, mari kita langsung saja simak ulsan terkait beberapa khasiat dan manfaat yang bisa diberikan oleh daun singkon untuk kesehatan tubuh kita.

-->

Baca Juga: Terbaik! 15 Manfaat Air Garam Untuk Kesehatan, Wajib Tau!

Daftar Manfaat Daun Singkong Untuk Tubuh yang Harus Sedulur Ketahui!

1. Bagi Ibu Hamil

1.   Bagi Ibu Hamil
halodoc.com

Manfaat daun singkong yang pertama yaitu untuk ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan asupan gizi yang lebih banyak, karena mengandung janin dan bayi yang juga membutuhkan gizi untuk menjaga kesehatan kandungan. Dengan mengkonsumi daun singkong secara teratur, ibu hamil dapat menjaga kesehatan tubuhnya dan juga kesehatan kandungan.

Selain itu, mengonsumsi daun singkong juga dapat membantu ibu hamil dalam proses persalinan nantinya. Tidak ada salahnya mengkonsumsi daun singkong sebagai lalapan atau juga sebagai sayur yang bisa dikonsumsi secara berkala oleh ibu hamil.

2. Menambah Energi

2.   Menambah Energi
sipayo.com

Jumlah kalori yang terdapat pada setiap umbi-umbian akan dapat memberikan energi bagi tubuh. Terutama energi untuk menjalankan kehidupan sehari-hari. Kandungan daun singkong yang tinggi kalori tersebut bisa membuat stamina tubuh tetap bertahan, walaupun banyak pekerjaan yang telah dilakukan. Hal tersebut juga dimiliki oleh kandungan dari singkong itu sendiri.

Energi yang dapat ditambah oleh singkong adalah sekitar 110-150 kalori per 100 gram singkong. Oleh karena itu, singkong seringkali dijadikan makanan pengganti nasi karena jumlah kalorinya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

3. Menghindari Penyakit Jantung

3.   Menghindari Penyakit Jantung
klikdokter.com

Selanjutnya dalam manfaat daun singkong bagi kesehatan adalah dapat menghindari kita dari penyakit jantung jika dikonsumsi secara teratur. Baik penyakit jantung koroner atau pun stroke hingga hipertensi dapat dihindari dengan mengkonsumsi singkong.

Hal tersebut dapat terjadi karena daun singkong memiliki kandungan serat yang tinggi yang dapat meminimalisir atau menghindari penyakit jantung. Hal ini juga merupakan salah satu dari manfaat daun singkong rebus, karena mengolah daun singkong dengan cara direbus akan lebih sehat dibanding cara mengolah lainnya.

Baca Juga: Sederet Manfaat Kentang Untuk Wajah. Nomor 5 Wajib Dicatat!

4. Menyehatkan Mata

4.   Menyehatkan Mata
lifestyle.kompas.com

Daun singkong juga dapat menyehatkan mata. Hal ini disebabkan karena singkong mengandung vitamin A yang sangat kaya dan juga kandungan senyawa betakaroten yang ada di dalam daun singkong. Vitamin A dan senyawa betakaroten memiliki peran tinggi dan aktif untuk menjaga kesehatan mata.

Sedulur yang mengkonsumsi daun singkong secara teratur akan memiliki mata yang lebih sehat dibanding Sedulur yang tidak mengkonsumsi singkong.

5. Mencegah Kanker

5.   Mencegah Kanker
alodokter.com

Kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi singkong disebabkan oleh kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam daun singkong. Penyakit kanker biasanya berawal dari rusaknya sel-sel dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas.

Antioksidan berfungsi untuk menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi daun singkong secara rutin Sedulur akan dapat mencegah kanker menyerang kesehatan tubuh Sedulur sekalian.

6. Mencegah Kecanduan

6.   Mencegah Kecanduan
alodokter.com

Baik itu kecanduan alkohol, rokok atau bahkan narkoba dan zat adiktif lainnya, Sedulur dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi singkong secara rutin. Sedulur dapat mengkonsumsi daun singkong rebus secara rutin. Hal tesebut karena salah satu manfaat daun singkong adalah dapat mencegah kecanduan.

Kandungan dari daun singkong dapat secara efektif dan bekerja secara perlahan menghilangkan kecanduan yang Sedulur alami. Awalnya memang terlihat agak sulit, namun jika Sedulur memang telah berkomitmen untuk berhenti dari kecanduan, tidak ada yang tidak bisa dilakukan, termasuk menghentikan kecanduan.

7. Mengurangi Resiko Diabetes

7.   Mengurangi Resiko Diabetes
soyjoy.id

Sedulur harus tetap senantiasa menjadi kesehatan tubuh dari kemungkinan setiap penyakit parah atau kronis. Terutama menghindari atau mencegah dari penyakit kronis seperti diabetes. Walaupun faktor gen dan keturunan berpengaruh besar, bukan berarti Sedulur akan terhindar begitu saja dari diabetes.

Mengkonsumsi daun singkong secara teratur dapat menurunkan dan membantu untuk mengendalikan gula darah saat setelah makan. Selain mengendalikan, singkong juga dapat secara efektif menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu kandungan serat yang tinggi pada daun singkong dapat membuat distribusi makanan dalam tubuh menjadi lebih lancar.

8. Mengobati Rematik

8.   Mengobati Rematik
klikdokter.com

Para lansia biasanya sangat akrab dengan penyakit rematik, karena rematik memang rentan menyerang usia-usia senja. Kandungan magnesium dalam singkong dapat memberikan manfaat untuk mengobati rematik. Salah satu manfaat daun singkong yaitu kesehatan tulang dan sendi.

Magnesium dapat menurunkan tekanan darah pada tubuh sehingga mampu untuk meredakan rematik dan beberapa penyakit lainnya yang berkaitan dengan tulang, sendi dan otot. Para lansia sangat dianjurkan untuk mulai secara rutin mengkonsumsi daun singkong dalam setiap harinya.

9. Menguatkan Tulang

9.   Menguatkan Tulang
kampoengilmu.com

Bukan hanya mengobati rematik, manfaat daun singkong selanjutnya adalah dapat menguatkan tulang. Hal ini semakin memperkuat keyakinan bahwa para lansia disarankan untuk mengkonsumsi daun singkong dan singkong sebagai pengganti nasi.

Terlebih, mengkonsumsi nasi secara berlebihan juga akan dapat memberikan dampak yang buruk. Hal tersebut bisa Sedulur selangi dengan mengkonsumsi singkong agar seimbang. Kandungan magnesium, kalsium, fosfor dan kalium yang terdapat dalam singkong dapat membuat tulang Sedulur lebih sehat setiap harinya.

10. Melembutkan dan Mencerahkan Kulit

10.   Melembutkan dan Mencerahkan Kulit
bukalapak.com

Manfaat singkong dapat diberikan bukan hanya dari daging dan daunnya saja, namun juga dari kulit singkong itu sendiri. Kulit singkong memiliki lapisan tebar dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk melembutkan dan mencerahkan kulit.

Caranya sangat mudah, untuk mendapatkan manfaat singkong satu ini Sedulur tingga membersihkan kulit singkong dan menghaluskannya dan menjadikannya sebagai scrub untuk wajah Sedulur.

11. Kaya Akan Antioksidan

11.   Kaya Akan Antioksidan
cookpad.com

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa antioksidan sangat baik untuk mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel-sel dalam tubuh. Selain dapat menjaga tubuh dari segala kemungkinan buruk akibat radikal bebas, Sedulur juga bisa mencegah kemungkinan buruk dari setiap penyakit lainnya.

Karena antioksidan dapat berperan sebagai pelindung yang akan melindungi tubuh dari segala kemungkinan buruk yang diberikan dari luar, seperti virus, bakteri dan sebagainya.

12. Sumber Serat dan Karbohidrat

12.   Sumber Serat dan Karbohidrat
cookpad.com

Tubuh manusia membutuhkan serat dan karbohidrat yang cukup dan sesuai, hal tersebut agar keseimbangan tubuh selalu terjaga dan kesehatan tubuh pun bisa didapatkan. Singkong merupakan umbi-umbian yang kaya akan serat dan karbohidrat, termasuk juga daun singkong itu sendiri.

Serat dan karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa Sedulur dapat dengan mengkonsumsi singkong secara rutin dan teratur. Sedulur juga bebas mengolah singkong seperti apapun, karena yang paling penting adalah kandungan yang terdapat pada singkong itu sendiri.

13. Dapat Membantu Diet

13.   Dapat Membantu Diet
alodokter.com

Bagi Sedulur yang tengah melakukan program diet, Sedulur bisa mengkonsumsi singkong mulai dari saat ini. Karena dengan mengkonsumsi daun singkong secara rutin, program diet yang Sedulur lakukan akan semakin mudah.

Terutama daun singkong rebus, manfaat daun singkong rebus untuk diet adalah  dapat membantu Sedulur merasakan lebih cepat kenyang dan menjaga kekenyangan lebih lama. Hal ini sangat cocok sebagai program diet. Selain lebih sehat dibanding nasi, singkong juga dapat memberikan berbagai manfaat lebih lainnya.

14. Menyehatkan Rambut

14.   Menyehatkan Rambut
bukalapak

Rambut merupakan bagian tubuh luar yang akan mempengaruhi penampilan. Rambut yang kusam dan terlihat tidak sehat seringkali membuat kita tidak percaya diri. Hal tersebut bisa saja disebabkan oleh rambut yang kekurangan nutrisi.

Salah satu manfaat singkong selanjutnya adalah dapat memberikan nutrisi bagi rambut. Selain dapat membuat rambut lebih sehat, nutrisi tersebut juga dapat membuat rambut lebih cepat tumbuh. Sedulur juga bisa menggunakan daun singkong sebagai masker untuk rambut, lho!

15. Meredakan Demam

15.   Meredakan Demam
hipwee.com

Air sisa rebusan singkong dapat secara ampuh untuk meredakan demam. Hal ini sudah dilakukan sejak dari zaman dahulu oleh nenek moyang kita. Sedulur bisa merebus singkong untuk dikonsumsi dan menyisihkan airnya sebagai bahan kompres untuk meredakan demam.

Atau Sedulur juga bisa merebus daun singkong, dan menggunakan air rebusannya sebagai bahan kompres. Baik daging atau daun, keduanya sama-sama memiliki kandungan yang dapat secara efektif meredakan demam pada tubuh.

16. Menyembuhkan Luka

16.    Menyembuhkan Luka
alodokter

Daun singkong merupakan salah satu penyembuh luka alami. Jika Sedulur mengalami luka dan tidak memiliki alat P3K, Sedulur bisa menggunakan daun singkong yang ada di sekitar Sedulur dan dijadikan perban sementara untuk menyembuhkan luka.

Sedulur tinggal ambil daun singkong, hancurkan dan remas-remas hingga mengeluarkan getah dan cairan, tempelkan daun singkong tersebut di atas luka yang Sedulur alami. Daun singkong tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan luka.

17. Melancarkan Sistem Pencernaan

17.   Melancarkan Sistem Pencernaan
harapanrakyat.com

Jika Sedulur termasuk yang tidak toleran terhadap laktosa, mengkonsumsi singkong dapat dilakukan sebagai alternatif. Karena singkong dapat mencegah kondisi pencernaan menjadi buruk, bahkan singkong juga dapat menyehatkan dan melancarkan sistem pencernaan.

Selain itu, kandungan dari singkong dapat menumbuhkan mikrobiota baik dalam usus yang akan menjaga usus selalu sehat. Usus yang sehat merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Bagi Sedulur yang ingin menyembuhkan gangguan pencernaan bisa mulai mengkonsumsi singkong.

18. Menurunkan Berat Badan

18.   Menurunkan Berat Badan
lifepack.id

Jika nafsu makan berhasil turun secara efektif, maka tidak salah lagi berat badan pun akan turun secara drastis. Program diet pun tidak akan sia-sia dilakukan. Namun tentu saja Sedulur juga harus senantiasa mengontrol kesehatan saat program diet dilakukan

Jangan sampai kebablasan dan tergiur akan efektivitasnya dalam menjaga nafsu makan dan menurunkan berat badan. Jika tidak, kondisi buruk akan Sedulur alami jika konsumsi terhadap apapun tidak dijaga dan kebablasan.

19. Menghilangkan Mata Panda

19.   Menghilangkan Mata Panda
kilkdokter.com

Kandungan antioksidan dapat memberikan manfaat singkong untuk membantu kesehatan mata dapat stabil, terutama retina pada mata. Selain itu, manfaat singkong juga dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penurunan fungsi mata pusat untuk memandang lurus ke depan.

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, kesehatan mata akan sangat terjaga selama Sedulur mengkonsumsi singkong secara rutin. Namun bukan hanya kesehatan mata saja, bagian luar sekitar mata yang mempengaruhi penampilan juga dapat dihilangkan oleh singkong, yaitu mata panda.

20. Mengurangi Stress

20.   Mengurangi Stress
heart.org

Dengan mengkonsumsi teh secara rutin, Sedulur dapat mencegah stress dan kecemasan berlebih yang Sedulur derita. Singkong dapat memberikan efek rileks bagi tubuh dan pikiran. Hal ini sangat baik bagi Sedulur yang memiliki gejala stress atau kecemasan.

Para pekerja yang ada di ibu kota, atau kota metropolitan dengan tingkat kemungkinan stress yang tinggi atau juga tingkat pekerjaan yang sulit, sangat rawan stress dan depresi. Mengkonsumsi teh dapat membuat tubuh mampu mencegah stress dan kegiatan sehari-hari akan lebih ringan untuk dilakukan.

21. Kandungan Singkong dan Daun Singkong

21.   Kandungan Singkong dan Daun Singkong
kilkdokter.com

Selain manfaat singkong yang telah dijelaskan di atas, singkong juga mengandung sejumlah kandungan yang baik untuk tubuh, sehingga bisa memberikan beberapa manfaat yang telah dijelaskan di atas. Berikut ini kandungan yang terdapat pada daun singkong dan singkong adalah:

  • Protein: 1,36 g
  • Kalori: 160 Kkal
  • Karbohidrat: 38,06 g
  • Serat: 1,8 g
  • Kalsium: 16 mg
  • Zat besi: 0,27 mg
  • Magnesium: 21 mg
  • Fosfor: 27 mg
  • Potassium: 271 mg
  • Sodium: 14 mg
  • Zinc: 0,34 mg
  • Vitamin A: 13 IU
  • Vitamin B2 (riboflavin): 0,048 mg
  • Vitamin B3 (niacin): 0,854 mg
  • Vitamin B6: 0,088 mg
  • Vitamin B9 (folat): 27 mg
  • Vitamin E: 0,19 mg
  • Vitamin K: 1,9 mg

Kandungan dari daun singkong di atas dilansir dari berbagai sumber kredibel yang telah dilakukan secara serius oleh para ahli dan para peneliti. Jangan lupa untuk mengkonsumsi secara rutin singkong agar Sedulur bisa mendapatkan segudang manfaat dari singkong.

Sedulur bisa membeli singkong dan daun singkong di Aplikasi Super dan beberapa bahan lain untuk membuat olahan singkong di Aplikasi Super. Karena belanja kebutuhan di Aplikasi Super akan sangat menguntungkan Sedulur sekalian.

Menggunakan Aplikasi Super bukan hanya memberikan keuntungan dan kemudahan dalam hal belanja sembako. Dalam kondisi apapun Aplikasi Super siap melayani setiap kebutuhan sembako yang dibutuhkan oleh Sedulur Super sekalian.

Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Jangan lupa juga untuk pantengin terus Aplikasi Super, karena sebentar lagi Aplikasi Super akan meluncurkan Super Bohay. Super Bohay merupakan flash sale akhir tahun dari Aplikasi Super yang diadakan pada tanggal 12-13 Desember. Banyak sembako yang dijual dengan harga super murah, seperti minyak goreng, mie instan, tepung serbaguna, sarden dan banyak lagi.

Klik di sini bagi yang tertarik untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut, dan jangan lupa untuk download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super agar hari-hari Sedulur lebih mudah dijalani. Jangan lupa juga untuk ikuti flash sale Super Bohay 12.12 dan 12.13. Super Borong Habis, Shay!