makanan penambah imun tubuh

Agar tubuh Sedulur tetap kuat dan sehat, Sedulur harus menjaga asupan makanan untuk mewujudkannya. Selain itu, tubuh yang sehat juga berasal dari kekuatan imunitas tubuh yang baik. Maka dari itu, mengkonsumsi makanan penambah imun tubuh sangat penting untuk dilakukan.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar makanan penambah imun tubuh yang bisa Sedulur konsumsi secara rutin. Lantas apa saja daftar makanannya? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Untuk Diet Sehat Yang Harus Dicoba

1. Buah jeruk

makanan penambah imun tubuh
iStock

Makanan penambah imun tubuh yang pertama yaitu buah jeruk. Jeruk merupakan buah yang mengandung vitamin C yang tinggi. Hal ini tentu saja dapat membantu Sedulur untuk membangun sistem kekebalan tubuh.

-->

Vitamin C juga dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci dalam melawan infeksi. Buah jeruk yang bisa Sedulur konsumsi di antaranya yaitu jeruk bali, jeruk keprok, jeruk lemon dan jeruk nipis. Karena tubuh tidak memproduksi vitamin C sendiri, maka dari itu penting untuk mengkonsumsinya setiap hari. Agar sistem kekebalan tubuh Sedulur senantiasa terjaga.

2. Paprika merah

makanan penambah imun tubuh
iStock

Makanan penambah imun tubuh yang kedua yaitu paprika merah. Bukan hanya jeruk yang mengandung vitamin C tinggi, namun juga paprika merah. Setiap ons dari paprika merah mengandung vitamin C yang tinggi.

Bukan hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, namun juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan dari beta karoten yang baik dalam menjaga kesehatan kulit, plus juga menjaga kesehatan mata Sedulur.

3. Brokoli

makanan penambah imun tubuh
iStock

Brokoli merupakan rekomendasi makanan penambah imun tubuh selanjutnya. Di dalam brokoli terkandung vitamin A, C, E dan juga banyak kandungan antioksiden dan serat. Salah satu jenis sayuran sehat yang wajib Sedulur konsumsi sehari-hari.

Agar brokoli bisa tetap sehat dan kandungan di dalamnya tidak menghilang, Sedulur tidak boleh memasaknya dalam waktu lama. Semakin sebentar memasaknya, semakin baik untuk dikonsumsi. Bahkan jika perlu Sedulur bisa memakannya langsung.

4. Bawang putih

makanan penambah imun tubuh
iStock

Bawang putih adalah bumbu dan rempah yang hampir ada untuk membuat berbagai olahan makanan nikmat. Siapa sangka, bawang putih juga merupakan salah satu makanan penambah imun tubuh. Selain itu, bawang putih juga merupakan bahan makanan yang dapat menurunkan tekanan darah.

Serta baik dalam memperlambat pengerasan arteri. Bawang putih dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung konsentrasi tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut seperti sulfur dan allicin. Hal tersebut membuat bawang putih merupakan makanan yang baik untuk dikonsumsi.

5. Buah alpukat

iStock

Rekomendasi selanjutnya yaitu buah alpukat. Buah alpukat sangat efektif untuk menurunkan kolesterol. Bukan hanya itu, alpukat juga merupakan makanan yang cocok dikonsumsi saat diet. Hal tersebut disebabkan karena kandungan alpukat yang sangat baik di dalamnya.

6. Tomat

iStock

Tomat merupakan makanan sehat yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tomat bisa digunakan sebagai bahan untuk sayuran atau juga sebagai buah untuk jus. Tomat kaya akan antioksidan dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Sedulur bisa mengkonsumsi tomat mentah agar kadar kolesterol bisa turun dan dapat membantu proses pencernaan untuk mengolah berbagai makanan yang dikonsumsi.

7. Kacang-kacangan

iStock

Kacangan-kacangan juga bisa Sedulur konsumsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. . Di dalam kacang-kacangan terdapat aneka vitamin dan mineral, hingga zat besi dan folat yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Bahkan juga sangat baik untuk mencegah panyakit anemia.

8. Jahe

iStock

Jahe merupakan rempah yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit, hal ini juga yang membuat jahe merupakan salah satu bahan makanan penambah imun tubuh. Jahe juga memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan dapat meredakan sakit tenggorokan.

Bukan hanya, itu jahe juga efektif dalam mengobati sakit inflamasi. Jika Sedulur merasa mual, dengan mengkonsumsi jahe rasa mual yang Sedulur alami akan menghilang dengan cepat. Namun jahe memiliki sedikit rasa panas, ini disebabkan karena mengandung gingerol. Jahe juga memiliki sifat penurun kolestrol.

9. Daun bayam

iStock

 

Daun bayam adalah makanan lain yang bisa Sedulur konsumi sebagai makanan penambah imun tubuh. Kandungan dalam bayam sangat kaya vitamin C. Selain itu, bayam juga mengandung antioksidan dan beta karoten yang dapat meningkatkan sistem imun melawan infeksi.

Hampir sama dengan brokoli, bayam yang baik dikonsumsi adalah bayam yang tidak diolah begitu lama agar kandungan didalamnya tidak menghilang. Bahkan lebih baik jika dikonsumsi langsung atau dikonsumsi secara mentah.

BACA JUGA: Apakah Kriteria dari Makanan yang Sehat Beserta Contohnya

10. Yoghurt

iStock

Yoghurt merupakan makanan terakhir yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Sedulur. Yoghurt merupakan makanan yang mengandung vitamin D tinggi sehingga sangat baik untuk sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Sementara itu, vitamin D sangat baik dalam membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap dapat membantu sistem kekebalan tubuh untuk meningkatkan pertahanan alami tubuh untuk menghadang penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah daftar makanan penambah imun tubuh yang bisa Sedulur konsumsi secara rutin. Jangan lupa untuk disiplin dalam mengkonsumsinya tentu tujuannya agar tubuh Sedulur tidak mudah sakit dan tubuh bisa senantisa sehat dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

Sedulur juga harus mulai memperhatikan bahan makanan yang dikonsumsi, agar lebih sehat tentu Sedulur harus memilah bahan-bahan yang digunakan. Gunakan bahan yang berkualitas, agar mempengaruhi tubuh yang tetap sehat.

Nah, Sedulur bisa mendapatkan bahan-bahan makanan berkualitas dengan belanja di Aplikasi Super. Setiap bahan yang ada di Aplikasi Super sudah dijamin kualitasnya. Sedulur bisa langsung membuktikannya dengan belanja di Aplikasi Super sekarang juga!